Senin, 24 Mei 2021

Sinopsis Kiki's Delivery Service (1989)




Sinopsis Kiki's Delivery Service (1989)

Oleh : Gustyanita Pratiwi

Di atas padang rumput yang berangin, seorang gadis kecil berpita merah tengah sibuk mendengarkan prakiraan cuaca di radio sambil rebahan. Di sana, ia mendapatkan informasi bahwa malam ini cuaca akan cerah. Bulan akan bersinar penuh, dan ini merupakan sebuah pertanda yang baik untuk melakukan perjalanan.


Sinopsis Film Kiki's Delivery Service (1989), sumber gambar : imdb

Kiki, begitu ia biasa dipanggil kemudian berlari menuju ke rumahnya yang tak jauh dari situ dan harus menyeberang sungai kecil dengan pepohonan di kanan kiri. Sebuah rumah bergaya klasik yang dikelilingi oleh bunga-bunga dengan atap penuh dengan sulur-sulur tanaman. Di sana, ia mendapati Ibunya sedang membuat ramuan ajaib karena beliau memang seorang penyihir. Keahliannya adalah meracik obat seperti yang dikerjakannya saat ini yaitu meracikkan obat rematik untuk seorang nenek yang tengah menjadi tamunya. Sambil menyapa nenek itu, Kiki bilang bahwa sudah saatnya ia pergi ke kota untuk menjalani pelatihan seperti halnya tradisi penyihir yang sudah menginjak usia 13  tahun. Ibunya yang teramat sangat melindunginya merasa hal tersebut apakah tidak terlalu cepat? Karena ia sendiri khawatir kemampuan terbang anaknya itu masih belum seberapa. Namun karena yakin bahwa prakiraan cuaca yang mengatakan bahwa malam ini cerah, maka Kiki bersikeras untuk pergi. Lagipula untuk bisa bertemu dengan bulan purnama lagi masih jauh. Jadi ia putuskan untuk berangkat tanpa pikir panjang lagi. Ia pun pergi ke kamarnya untuk berkemas. Sambil ditemani Jiji, kucingnya, ia bertanya pada ibunya apakah boleh membawa radio kecil milik ayahnya. Ibunya pun memperbolehkan. Dilemparkannya radio itu hingga Kiki dengan cepat menangkapnya. Ayahnya sendiri tak bisa berkata banyak selain melepas putrinya untuk latihan mandiri di kota lain. Padahal sebelumnya ia sudah merencanakan akan mengajak putrinya itu kemping, namun terpaksa batal karena tiba-tiba Kiki memutuskan untuk pergi merantau.


Mendengarkan prakiraan cuaca di radio sambil rebahan di atas padang rumput yang depannya danau, sumber gambar : imdb

Rumah Kiki sebelum merantau ke kota lain, banyak bunga-bunganya, cantik ya? sumber gambar : imdb


Saat Kiki telah siap dan mengenakan jubah hitamnya, Ayahnya langsung berkata bahwa ia mirip sekali dengan ibunya dulu. Waktu pertama kali ibunya datang ke kota ini. Ya persis dengan Kiki ini. Kiki lalu bertanya maukah ayahnya menggendongnya seperti saat ia masih kecil dulu sebelum ia pergi. Dan tentu saja hal tersebut dijawab iya oleh ayahnya.

Malamnya, keluarga dan tetangga Kiki berkumpul di halaman untuk melepaskan kepergiannya meski sebelumnya sempat diwarnai adu mulut antara Kiki dan Ibunya. Kiki ngeyel ingin menggunakan sapu terbang buatannya sendiri sedangkan ibunya mengharuskannya menggunakan sapu terbang yang sudah ia siapkan. Sapu terbang tersebut diklaim ibunya mampu bertahan dalan badai meski Kiki bilang prakiraan cuaca menyebutkan bahwa malam ini cerah. Namun karena tidak ingin berdebat lagi, maka ia pun menurut saja pada perkataan ibunya sembari pamit.

Saat terbang, Kiki sempat beberapa kali menabrak pepohonan. Ibunya pun bergumam apakah Kiki akan baik-baik saja karena sebenarnya belum begitu bisa mengendalikan sapu terbangnya. Tapi ayahnya bilang everything just fine....karena begitu melewati danau tidak ada suara apapun, maka bisa dipastikan bahwa perjalanan Kiki akan lancar.

Kiki dan Jiji kucingnya berencana akan pergi ke selatan, sebuah kota yang dekat dengan laut. Ia berharap di sana ia akan menemukan tempat tinggal yang nyaman, dan tentu saja belum ditempati penyihir satupun. Untuk meramaikan suasana, Kiki meminta Jiji untuk menyetel radio yang dibawanya hingga terdengarlah sebuah lagu yang mengantarkan perjalanan mereka di udara. 

Di tengah jalan, Kiki bertemu dengan gadis penyihir lain yang sama-sama sedang terbang. Gayanya yang sedikit angkuh membuat Jiji melirik sebal. Bagaimana tidak, gadis itu meminta Kiki agar mematikan radionya karena ingin acara terbangnya lebih tenang. Tidak seperti Kiki yang masih pemula, tampaknya ia sudah menjalani masa akhir pelatihannya di kota kecil yang tidak begitu menarik tapi ia suka. Di sana, ia bercerita bahwa kemampuan meramalnya semakin terasah terutama ketika meramal masalah percintaan. Ia pun bertanya pada Kiki, kira-kira kemampuan apa yang dimilikinya. Kiki lalu menjawabnya dengan ragu-ragu sebab naik sapu terbang saja ia masih kesulitan. Tapi meski demikian, ia tetap optimis semoga suatu saat nanti kemampuannya akan terlihat dan pelatihannya lancar. Setelah itu si Gadis Penyihir itu pamit karena kota tujuannya sudah terlihat di bawah. Kiki pun meneruskan perjalanannya dengan  tenang.

Tiba-tiba hujan turun dengan derasnya.  Beberapa kali kilat menyambar-nyambar membuat Kiki dan Jiji kebasahan. Ia pun bertanya-tanya tentang prakiraan cuaca yang didengar tadi siang. Apakah prakiraan cuacanya meleset? Kebetulan di bawah sana ada rangkaian gerbong kereta yang tengah berhenti karena bersimpangan dengan kereta lainnya. Segera saja Kiki dan Jiji masuk ke atap gerbong yang terbuka dan berteduh di dalamnya. Bajunya yang basah segera ditanggalkan agar keesokannya kering sementara ia dan Jiji akan tidur beralaskan jerami. 

Pagi hari, kawanan sapi yang sedang makan sarapan paginya mendapati kaki Kiki terjuntai ke bawah. Segera dijilatinya kakinya itu hingga Kiki merasa geli. Ia pun menengok ke bawah, kira-kira mahluk apa yang ada di sana. Ternyata kumpulan sapi. Kiki minta maaf karena sudah menduduki sarapan pagi mereka. Ia dan Jiji segera mengecek keadaan di luar kereta yang ternyata sudah melewati pinggiran laut. Setelah itu, mereka pun bersiap terbang menuju ke kota tujuan.

Sesampainya di kota, Kiki merasa takjub dengan suasana yang sangat berbeda 180 derajat dengan tempat tinggalnya. Ia melihat kota ini memiliki menara jam yang sangat bagus dan berharap belum ada penyihir yang tinggal di sana. Semakin menukik, semakin ia menjumpai penduduk yang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Ia ingin memberikan kesan pertama yang baik agar cepat diterima masyarakat sebagaimana pesan ibunya. Kuncinya adalah senyum selalu. 

Namun karena meleng, tiba-tiba saja ia hampir menabrak kendaraan dan menyebabkan kekacauan di jalan. Ia pun memutuskan turun ketika sudah menepi di tempat yang agak sepi. Saat dirinya turun dari sapu terbangnya, ia lalu mempenalkan diri sebagai Kiki si Penyihir meski kemudian tidak begitu mendapat sambutan hangat dari orang-orang di sekitarnya. Ia juga dihampiri polisi yang kemudian memarahinya karena terbang melawan arus hingga hampir membuat kecelakaan. Polisi itu tidak peduli, mau Kiki itu penyihir atau bukan tetap saja ia harus taat aturan. Saat hendak ditilang, tiba-tiba ada yang berteriak : "Maliiing!" Sontak orang-orang menengok ke asal suara itu termasuk Polisi itu. Ia pun beranjak pergi dari hadapan Kiki meski Kiki dimintanya untuk tetap menunggunya di sana sampai acara tilang-menilangya selesai. Tapi hal tersebut digunakan Kiki untuk kabur dan melanjutkan perjalanan.

Kiki pun berjalan gontai dengan memasang wajah lesu. Tak disangka kesan pertama yang diberikannya tidak begitu baik. Ia merasa orang-orang kota yang ditemuinya tidak ramah sehingga membuat semangatnya hilang. Saat ia menyusuri jalan setapak di deretan toko yang ada di sampingnya, seorang anak laki-laki seumurannya tiba-tiba bersepeda dan menghampirinya. Ia bilang bahwa ialah yang berteriak 'maling' hingga Kiki bisa terlepas dari acara tilang Pak Polisi. Ia terus mengikuti Kiki dan bilang bahwa ia sangat takjub dengan kemampuan terbangnya. Namun sayangnya suasana hati Kiki sedang kesal, dijawabnya dengan ketus segala perkataan anak itu yang ternyata  bernama Tombo. Ia bilang Tombo kurang sopan karena sudah mengajaknya bicara tapi belum memperkenalkan diri terlebih dahulu. Ia juga bilang tak meminta bantuan Tombo sebelumnya saat dimarahi Polisi tadi. Tapi Tombo tetap bersikap tenang. Berbeda sekali dengan Kiki yang jutek sekali terhadapnya, terlebih karena di ujung gang kawanan anak laki-laki lain kemudian meledek Tombo bahwa ini masih terlalu pagi untuk berburu wanita. Kiki pun bertambah sebal dan ia memilih terbang meninggalkan Tombo. 

Kiki menghabiskan hari di taman dengan roti di pangkuannya. Jiji sedikit khawatir karena sebentar lagi hari mulai petang dan mereka belum dapat tempat tinggal. Keduanya lalu memutuskan untuk terbang lagi melihat-lihat suasana.

Osono, pemilik toko roti Gutiokipan, yang akhirnya menampung Kiki dan memberinya pekerjaan sebagai pengantar barang, sumber gambar : imdb

Pekerja di toko roti Osono, dia kocak pas pamerin skillnya di hadapan Jiji, sumber gambar : imdb


Kiki akhirnya turun di sebuah pemukiman yang di depannya terdapat toko roti. Nama Toko Rotinya adalah Gutiokipan. Ia melihat pemiliknya yang sedang hamil tua sedang mencemaskan sesuatu. Salah satu pelanggannya meninggalkan dot bayinya di toko dan ia khawatir nanti bayinya itu akan rewel. Ingin sekali rasanya ia menyusul ke bawah tapi tidak mungkin sebab posisi mereka sudah jalan cukup jauh. Kiki akhirnya datang menawarkan bantuan untuk mengantarkan dot itu ke si pemiliknya. Ia berkata bahwa ia dapat terbang sehingga mampu menyusul si pemilik dot dengan cepat. Si pemilik toko pun merasa tertolong. Tak lama kemudian Kiki terbang dengan sapu terbangnya dan pemilik toko itu langsung terkesima. Bagaimana bisa ada gadis kecil yang bisa terbang kalau bukan karena penyihir. Kiki pun melesat secepat kilat mengantarkan dot itu sampai ke tangan yang empunya barang.

Sang pemilik toko roti yang bernama Osono tengah sibuk melayani pembeli ketika Kiki kemudian datang kembali  mengetuk pintu tokonya. Melihat gadis kecil itu datang, Osono sangat gembira. Ia mempersilakan Kiki masuk. Kiki pun menyerahkan secuil kertas yang diberikan Nyonya pemilik dot kepada Osono. Di sana tertulis ucapan terima kasih sudah mengembalikan dotnya, terlebih karena kurir yang mengantarkan sangatlah unik. Nah, sebagai tanda terima kasihnya, akhirnya Osono mengajak Kiki untuk ngopi-ngopi dulu di area dapur. Ya sambil ngobrol-ngobrol gitu.

Setelah mendengar penjelasan Kiki bahwa ia sedang mencari tempat tinggal untuk melakukan pelatihan sebagaimana tradisi penyihir yang sudah mulai akhil baligh, ia pun menawari gadis itu kamar yang sudah lama tidak ditempati sekalian bantu-bantu toko. Kiki pun mengangguk setuju, karena ia sendiri memang sedang mencari tempat tinggal namun sudah sepetang ini belum menemukan juga. 

Kamar yang ditempati Kiki sangatlah besar. Meski awalnya berdebu dan penuh dengan karung tepung, tapi setelah dibersihkan lumayan juga. Apalagi ketika jendela dibuka, terdapat pemandangan laut yang mengarah ke sana. Suara deburan ombak, angin pesisir dan burung-burung camar, tentu sangat indah bukan?  Mereka kemudian melihat jendela rumah tetangga sebelah yang sedang dibuka juga. Ada seorang wanita cantik yang konon berprofesi sebagai desainer pakaian di sana. Ia tinggal dengan kucingnya yang berwarna putih, yang kelihatannya berbeda ras dengan Jiji. Saat Jiji melihat ke arah kucing itu, kucing itu pun melengos bersikap angkuh dan membuat Jiji agak-agak menggerutu. Ia lalu bertanya apakah benar mereka akan tinggal di tempat Osono ini, tidak akan mencari kota lain lagi? Kikipun sebenarnya masih bimbang. 

Malam harinya, sebelum tidur Kiki bergumam akan tinggal sementara di sini. Siapa tahu kelak bertemu Osono-Osono lain yang baik dan menerimanya dengan hangat. Setelah itu ia tertidur dengan pulasnya. Tengah malam, ia terbangun karena ingin pipis. Iapun turun ke bawah menuju ke kamar mandi yang ada di luar. Saat selesai, ia mendapati pekerja di toko roti Osono berjalan ke area belakang. Karena masih canggung, Kiki pun cepat-cepat kembali ke kamar dan melanjutkan acara tidurnya. Ia berharap agar esok menjadi hari yang menyenangkan dan penuh dengan semangat.

Saat pagi menjelang, dibukanya jendela dan sudah ada pemandangan laut di sana. Sambil menyisir rambutnya ia sedang merencanakan apa yang akan dikerjakannya hari ini. Ia kemudian menghitung tabungannya, rencananya ia akan mendirikan bisnis delivery barang dengan kemampuan terbangnya itu.

Kiki dan Jiji kemudian turun ke bawah karena untuk membantu Osono mengurus roti. Osono mempersilakan Kiki dan ia mengerjakan aktivitasnya dengan semangat. Ia lalu menceritakan idenya bahwa ia ingin membangun bisnis delivery itu pada Osono dengan kemampuan terbangnya. Untuk itu ia berencana ingin memasang telepon di kamar atas. Osono sendiri tidak setuju karena untuk memasang telepon butuh biaya. Ia menawarkan saja teleponnya di bawah. Ya sekalian agar Kiki bisa membantu Toko dengan benefit bahwa ia tidak usah membayar lagi sewa kamar, telepon, dan  dapat makan gratis pula. Nanti ia juga akan diupah oleh Osono. Mendengar hal itu Kiki tampak gembira dan menyanggupinya. Ia berjanji akan melakukan pekerjaannya sebaik mungkin. 

Kiki lalu bersih-bersih kamar dan melanjutkan belanja untuk keperluan sehari-hari dengan uang tabungannya. Di perjalanan ia mengamati anak-anak perempuan seusianya tampak sangat modis. Lalu saat melintasi sebuah toko, ia melihat sepatu merah tergeletak di balik etalase kaca. Sepasang sepatu yang sangat cantik. Ia berharap bisa secantik anak-anak perempuan itu hingga dapat diterima dengan baik oleh siapapun. Saat itulah Tombo dan geng lewat dengan mobilnya namun sekali lagi diacuhkan oleh Kiki.

Sesampainya di Toko Roti Osono, ada satu pelanggan yang ingin menggunakan jasa layanan antar Kiki. Ia meminta Kiki mengantarkan boneka kucing hitam yang sangat mirip dengan Jiji. Boneka itu dikirimkan untuk ulang tahun keponakannya di kota lain. Kiki pun menyanggupinya dan ia mendapatkan upah yang sangat banyak.

Saking semangatnya bekerja di hari pertama, Kiki sampai terbang lumayan tinggi untuk menghindari tilangan Pak Polisi. Ia juga menyeberangi pesisir dan pemandangan lain yang tak kalah indahnya. Sekawanan bangau terbang di sisinya walau akhirnya tiba-tiba mereka berbunyi aneh seperti sedang mengindikasikan sesuatu. Jiji pun menerjemahkan hal itu sebagai akan adanya angin kencang yang berhembus sebentar lagi. Benar saja, ketika angin berhembus Kiki kehilangan keseimbangan sehingga jatuh diantara pepohonan. Celakanya ia jatuh di sarang burung gagak dan dikira akan mencuri telurnya. Kawanan gagak itu pun marah. Kiki segera minta maaf dan menjelaskan bahwa ia tidak sengaja ada di sarang mereka. Bukannya mau mencuri telur, tapi ia tetap diserang. Sapunya dicucuki, sampai akhirnya ia menyadari bahwa sangkar bungkus kadonya terbuka dan boneka kucing hitam yang harus mereka antar jatuh di tempat gagak tadi. Karena sudah tidak ada waktu lagi, Kiki terlintas ide untuk sementara membiarkan Jiji menyamar menjadi boneka kucing itu sementara ia akan segera mencarinya di tempat gagak. 

Lucunya, saat sudah diantar ke tujuan, si keponakan Nyonya pengirim kado amat antusias dengan boneka kucing itu. Gawatnya, di lantai juga ada anjing yang kini tengah tertidur pulas walaupun hidungnya seperti sedang mengendus sesuatu. Jiji yang diletakkan di dekatnya merasa gemetaran. Ia takut anjing tersebut bangun. Benar saja, begitu si keponakan beranjak pergi, Anjing itu tiba-tiba meraih jiji dan mengeloninya. Jiji berdoa dalam hati semoga Kiki cepat menemukan boneka kucing yang terjatuh di sarang gagak agar ia bisa selamat.


Kiki diserang kawanan gagak, sumber gambar : imdb

Kiki dan burung gagak di atap rumah Ursula, sumber gambar : Imdb


Sementara itu, saat mencari boneka diantara pepohonan dimana sarang gagak itu berada, Kiki tak menemukannya. Namun ketika melewati sebuah rumah yang berdiri sendirian di tengah hutan, boneka itu terpajang di depan jendelanya. Kiki yakin boneka itu lah yang dicarinya. Jadi, tanpa menunggu waktu lama lagi, ia pun segera memanggil sang empunya rumah yang pintunya dibiarkan ngablak dengan pemandangan di dalamnya cukup berantakan. Ternyata sang empunya rumah yang bernama Ursula itu sedang sibuk melukis kawanan gagak di atas atap. Kiki pun diajaknya menemuinya di sana. Gadis itu terpana dengan hasil lukisan Ursula si perempuan tomboy yang gayanya mirip lelaki. Lukisannya natural sekali dan sepertinya ia harus menunggu agak lama untuk mengutarakan maksudnya yang ingin mengambil boneka kucing itu. 

Singkat kata, akhirnya lukisan Ursula rampung. Ia pun mempersilakan Kiki mengambil boneka kucingnya. Sayangnya, ternyata leher boneka itu robek karena digigit gagak sewaktu jatuh ke sarangnya. Kiki panik dan bingung harus bagaimana agar bonekanya layak antar  karena tak mungkin ia meninggalkan Jiji di sana selamanya. Melihat hal itu, Ursula pun menawarkan kesepakatan, bonekanya akan ia jahit tapi sebagai bayarannya Kiki harus membersihkan rumahnya. Kikipun setuju. Tak lama kemudian bonekanya sudah rapi lagi dan Kiki berpamitan kepada Ursula untuk segera menukar Jiji dengan boneka itu.

Di lain hari, Kiki mendapati beberapa telepon untuk mengantarkan 2 barang dalam satu waktu. Pertama, sekardus besar yang harus ia antar ke sebuah flat. Kedua sesuatu yang harus ia ambil sendiri di rumah yang memiliki atap biru. Ia juga tiba-tiba mendapat undangan dari Tombo untuk menghadiri pesta klub penerbang jam 6 petang. Rencananya nanti Tombo akan datang menjemputnya di toko. Tombo berharap Kiki bersedia menemaninya pergi. Awalnya, Kiki ragu karena ia tidak punya gaun bagus untuk pesta. Tapi setelah diberitahu Osono bahwa gaun yang dikenakannya saat ini juga sudah teramat bagus, Kiki pun jadi percaya diri. Warna gaunnya yang gelap mengesankan bahwa dia gadis yang misterius. Ia minta ijin pergi mengantarkan barang dulu sebelum akhirnya pergi ke pesta usai magrib.

Setelah mengantarkan pesanan yang pertama, ia segera menuju ke rumah kedua yakni rumah yang memiliki atap biru. Rumah itu sangat indah dan dikelilingi taman bunga yang luas. Ketika pintunya dibuka, seorang pelayan yang sudah uzur bernama Barsa mempersilakan Kiki masuk dan menemui Nyonya rumah yang ingin mengatakan seuatu. Ternyata Nyonya rumah tersebut juga sudah berusia senja meskipun wajah cantiknya tak lekang oleh waktu. Wajah cantik seorang wanita bangsawan. Ia sebenarnya ingin sekali mengantarkan kue ikan haring labu pada cucunya yang sedang ulang tahun nanti malam, tapi sayangnya ovennya sedang rusak. Ia berniat membatalkannya tapi tetap akan membayar Kiki karena anak itu sudah susah payah datang menemuinya. Sambil melihat jam, Kiki kemudian berpikir sesuatu. Rasanya sayang saja kalau tak jadi mengantarkan pesanan sementara upah masih ia terima. 

Ia pun berspekulasi bahwa seharusnya si kue ikan haringnya masih bisa dipanggang dengan menggunakan oven tradisional satunya yang menggunakan kayu bakar. Maka ia utarakan saja idenya itu. Toh di rumah ia juga terbiasa membantu ibunya menyalakan oven tradisional. Nyonya rumah pun setuju. Setelah menggotong beberapa bilah kayu bakar yang tersimpan di gudang, Kiki menyalakan pemanggangnya dan ternyata berhasil...kue matang dengan sempurna di detik-detik menuju petang. 

Sebelumnya sambil menunggu kue matang, Kiki juga turut membantu memasangkan lampu di rumah itu hingga akhirnya ia dijamu minum teh. Tak terasa waktu ternyata berjalan begitu cepat, dan jam yang ada di sana ternyata terlambat beberapa menit. Sontak saja Kiki kaget karena ia teringat akan undangan Tombo. Ia pun ijin pamit dan bergegas terbang untuk mengantarkan kuenya ke cucu sang Nyonya. Tak disangka, saat tiba di rumah sang cucu, cucu tersebut sombongnya bukan main. Bahkan ia menggerutu mengapa neneknya masih saja mengiriminya kue kampungan itu. Melihatnya berkata kasar tentang Nyonya rumah yang menurut Kiki sangat baik hati itu, Kiki pun menjadi ilfeel dengan cucunya ity. Tapi ia tidak punya waktu lagi karena ia harus segera tiba di pesta dalam kurun waktu 15 menit. Sementara Tombo sudah cukup lama menunggunya di eperan toko.

Di tengah jalan, ternyata hujan turun. Kiki pun merasa tak yakin bisa berangkat pesta dengan penampilannya seperti ini. Ia pun kembali ke toko dengan wajah lesu. Osono yang melihat kedatangannya bilang tadi Tombo datang untuk menjemput, tapi sekarang sudah pergi.  Kiki sendiri sudah tidak semangat lagi untuk pergi. Ia pun memilih tidur di kamar untuk menghilangkan rasa sedihnya.

Keesokan harinya Osono memanggil-manggil Kiki tapi anak itu tidak turun-turun. Dari jendela, Jiji mencakar-cakar permukaan kacanya seperti ingin memberitahukan sesuatu. Osono pun naik ke atas dan memeriksa bagaimana keadaan Kiki. Ternyata saat dicek suhu tubuhnya, Kiki demam. Osono pun segera merawatnya dan memasakkan bubur agar ia sehat kembali.

Keesokan harinya, badan Kiki sudah jauh lebih enak. Osono memanggilnya untuk turun karena ada pesanan yang harus diantar meski tidak jauh dari situ.  Nama yang tertera di kertasnya adalah Koppori. Dan Osono tetap membayar Kiki meski awalnya Kiki menolak. Osono bilang kerja ya tetap kerja. Meski Osono yang pesan tapi terhitungnya ia juga harus membayar jasa layanan antar Kiki.

Sambil jalan kaki karena tujuannya dekat, Kiki pun akhirnya sampai di rumah Koppori. Tak disangka ia bertemu dengan Tombo yang ternyata nama aslinya adalah itu. Kiki pun langsung membatin pasti Osono yang telah mengatur semua ini agar ia bertemu Tombo. Saat itulah ia minta maaf pada Tombo karena kemarin kehujanan jadi tidak datang ke pesta padahal sebelumnya Tombo sudah lama menunggunya di eperan toko. Seperti ingin melupakan hal yang telah lalu, Tombo malah mengajak Kiki untuk melihat sepeda rancangannya yang sudah ia pasang dengan baling-baling agar bisa terbang. Mereka juga mengetesnya dengan berboncengan dan jalan agak jauh. Setelah sampai taman, mereka duduk-duduk dan mengobrol. Ternyata Tombo orangnya asyik juga. Mungkin karena usianya yang sudah puber, Kiki pun jadi ada ketertarikan tersendiri dengan anak laki-laki itu. 

Sayangnya, setelah bercengkrama agak lama, datanglah kawanan anak perempuan teman Tombo yang naik mobil. Mereka menyapa Tombo dan menanyakan Tombo sedang apa. Salah satunya kelihatan seperti cucu nenek pemilik rumah beratap biru. Melihat Tombo agak akrab dengan anak-anak perempuan itu, timbul rasa yang aneh dalam diri Kiki. Ia seperti kurang suka begitu Tombo bercanda ria dengan mereka. Mungkin cemburu...hohoho. Akhirnya saat dipanggil untuk dikenalkan pada teman-teman perempuannya, Kiki memilih pamit pulang dan tak ingin bicara lagi dengan Tombo.


Di kamar Kiki ada dapurnya, sumber gambar : imdb

Di suatu pagi, Kiki kehilangan kemampuan membaca bahasa kucingnya Jiji, sumber gambar : imdb


Keesokan harinya, saat Kiki sarapan dan Jiji datang, ia mengomeli kucingnya itu agar jangan suka terlambat sarapan mentang-mentang sudah punya pacar (kucing putih bernama Lili yang tempo hari Jiji katakan sombong). Jiji pun hanya mengeong padanya. Aneh? Tidak seperti biasanya Jiji mengeong. Biasanya kan banyak bicara. Dari situ Kiki sudah merasakan kejanggalan. Apakah ia suda tidak menguasai bahasa kucing lagi? 

Iseng ia mencoba menaiki sapu terbangnya. Dan tebak apa yang terjadi? Ia tidak bisa terbang seperti biasanya? Gawat!!! Apakah kemampuan sihirnya sudah hilang? Kiki pun stress tak tahu harus berbuat apa. Sinopsis ditulis oleh Gustyanita Pratiwi.

Review Kiki's Delivery Service (1989)

Film lawas Ghibli, tapi aku baru nonton kemarin. Sungguh wadidaw sekali.

Begitu nonton...alamaaak cressss.... hangat hati ini langsung dibuatnya. Cerita yang sangat simpel, tapi ngena di hati. 

Karakter Kiki yang manis seperti admin #eh, yang diharuskan mandiri karena sebuah tradisi di usianya yang menginjak 13, digambarkan polos dan baik hati, juga tidak pernah perhitungan membantu orang, tapi di sisi lain ia juga pemalu terutama saat pertama kali diajak bicara oleh lawan jenis yang mencoba mengakrabinya. Khas cerita jaman SMP gitu deh, hihi. Ia juga agak perasa karena paling anti ketika menghadapi orang yang suka berkata sinis atau tidak ramah padanya.

Tapi terlepas dari itu, yang paling kusukai dari film ini tentu saja dari segi penggambarannya. Warna-warni 'khasnya' Ghibli. Aku suka banget setting toko roti milik Osono yang mengekspouse gambaran rotinya yang gemuk-gemuk dan kelihatannya wangi sekali ketika habis dikeluarkan dari panggangan. Kamar Kiki yang letaknya ada di rumah sebelah juga bayangable banget (eh bahasa apaan ini ya bayangable banget wakakka). Kamarnya peteng, lantainya kayu, dipannya kayak dari besi dan banyak karung tepungnya di situ. Bahkan Jiji bilang kalau ia seharian ada di situ, bisa-bisa besok ia jadi kucing putih. Wakakakka!!! Jiji emang frontal banget kalau ngomong, tapi suka bener loh dia...mirip siapa ya...mirip admin (Lol). Terus di kamarnya itu ada dapur mini dan meja makannya juga. Termasuk luas banget sebenarnya kamarnya ini. Mungkin kalau dibikin indekos bisa nyampe jutaan kali ya per bulannya hihi...Untung Kiki dapat gratis. 

Aku juga suka sama karakter Osono yang periang dan helpfull. Meski aku selalu bertanya-tanya dalam hati, dia kan sedang hamil ya, tapi ga terlihat dimana suaminya. Yang ada di toko itu hanyalah Pekerjanya yang berbadan kekar seperti Popeye yang hobinya makan bayam, hihihi. 

Setting rumah beratap biru milik Nyonya pembuat kue ikan haring labu juga cantik. Kerasa klasik dan ada panggangan tradisionalnya yang masih menggunakan kayu bakar. Aku suka banget sama bentukan kue ikan haring labu yang sudah matang. Kelihatan lezat...huhuhu.

Aku juga suka setting rumah Ursula yang di tengah hutan, yang untuk melaluinya harus melewati serangkaian trek yang agak jauh sampai harus berganti-ganti jalur transportasi. Malah setelah dari bis, ganti numpang ke mobil yang lewat. Itu loh pas masuk jalur pedesaan meski ia sempat dicueki karena penampilannya yang tomboy seperti lelaki, hahaha...Kan kalau yang nyegat cewek biasanya sopir-sopir pada cepat mandeg ya,....Nah, ini keduanya dilewatin begitu saja dong oleh beberapa mobil. Soalnya kelihatan dari spion yang nyegat kayak cowok, terus satunya masih anak-anak (kali), jadi auto dilewatin #pedih #Dasar sopir pilih-pilih, hahahaha. 

Oh ya, kupikir tadinya Ursula ini penyihir juga loh, soalnya wajahnya aja udah pantes, ternyata ia hanya pelukis tok. Malah yang wajahnya seimut Kiki lah yang ternyata penyihirnya.

Karakter kucing hitam Kiki yang bernama Jiji juga kocak. Dia kalau ngomong terlampau jujur. Kadang lawak juga sih jadi bikin fun suasana. Contohnya pas dikasih bubur Osono waktu Kiki sakit, uda dibilangin ati-ati ntar kepanasan eh dia main sruput aja, ya auto berdiri lah bulu-bulunya, wakakkakak. Tapi paling epik sih pas dia nyamar jadi boneka kucing buat jadi pengganti sementara kado ulang tahun keponakan Nyonya pelanggan yang ga sengaja ilang di sarang gagak. Pas dikelonin anjingnya, Jiji auto keringetan...Tapi alhamdulilahnya anjingnya baik sih, hihihi. Ga musuhin Jiji yang sebenernya adalah kucing betulan.

Over all, aku suka banget ama film ini. Ini jauh lebih ringan dari cerita khas Ghibli tentang pencarian jati diri yang ini. Tapi lebih kompleks dari cerita Ghibli tentang kucing yang ini. Kalian udah pernah nonton film ini belum? Tonton yuk...Filmnya nyenengin banget...

Nah, berhubung ketikanku sudah panjang, kiranya segitu dulu updateanku kali ini. Nanti kalau sudah kumpul amunisi buat nulis sinopsis lagi, maka aku bakal kembali. Sampai jumpa di sinopsis film selanjutnya ya. Mau request sinopsis film apa wes, tulis di kolom komentar boleh loh, Kakak!


Xoxoxo
Embul







55 komentar:

  1. mbak mbul rekuest dong sinopsis film deadpool, wkwkwk :D

    emang ciri khas film studio gibli dari cerita dan gambarnya beda banget, ceritanya sederhana tapi kena banget, aku sendiri belom pernah nonton film dari studio gibli, mingkin akan aku mulai dari film ini wkwkwkw :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. deadpool? film lawas kan ya mas nif? yang agak agak nganu alias dewasa banyak jokesnya bukan sih hahhahahah

      ayo mas khanif, kamu kurekomendasikan banget nonton film produksi ghibli (yang sebagian udah aku ulas di sini dan di blogku yang sinopsis film, itu salah satunya ada di link merah di postinganku di atas).


      Ni taklistkan yang bagus bagus ya

      1. Spirited away
      2. My neighbour Totoro
      3. Grave of the fireflies
      4. Ponyo
      5. Arriety
      6. Only Yesterday
      7. Whisper of the heart
      8. Cat return
      9. When marni was there
      10. From up and poppy hill

      kalau yang belom aku tonton

      11. Howl moving castle
      12. Porco Rosso
      13. Naussica of the valley of the wind
      14. Wind rises
      15. Princess Mononoke
      16. Castle in the sky

      lumayan buat hiburan

      ☺😄

      Hapus
    2. Jangan mau nonton film yang di list mbul mas khanif, mendingan minta mbul request yang ini.

      1. Bandung lautan asmara
      2. Vina Garut
      3. Belum ada judul

      Hahaha...😱

      Kaboorrr 🚶🏃💨

      Hapus
    3. maaaaaaaaaassssss.....
      ( ˘⌣˘)づ)˚з°)

      ternodai sudah sinopsis film akoooooh sama 2 kata kunci itu wkakakkakakakak...

      ni pak ustadz mas agus cubit aja nih
      (`˘⌣˘)-c<´⌣`“)

      Hapus
  2. kayaknya udah pernah nonton deh, apa belum ya? Hehehe.. kayak pernah lihat gitu.. Jadi penasaran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang benar mpok Ncep...Ngagul kali ahh!..🤣🤣🤣

      Hapus
    2. Ayo kak naiii coba ceki ceki hihihi..uda nonton apa belum ya kira kira

      bagus aku suka banget, ceritanya heartwarming

      (´✪ω✪`)♡

      Hapus
    3. kang satria, ngagul bahasa betawi kah? wkwkwkk...bentar kang aku lagi beli martabak telor ni di depan rumah, ntar tungguin balesnya agak panjangan soalnya wkwkkwwk

      Hapus
    4. Eallaa Buseehh!!...Nawarin doang bagi kaga, Olaa Pie mpok.🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    5. Hussss...si mbul tidak ado mpok panggilan ambo mbul sajo udha satria wkwkkwkw

      nih tangkap yo, 🌮🌮🌮 pakainyo telor ayam, telor bebeknyo indak ado udha ! Happ!!! 🥚🥚🥚 awas yo, nanti pecah takana kepala udha 😁

      Hapus
    6. Pernah sekilas aja kayaknya.. orang th 89 itu kan aku baru 4th, mbul.. wkwkwk.. Abangku kebetulan emang suka nonton film2 kartun begini. Film candy-candy aja aku gak terlalu inget ceritanya.. wkwkwk padahal kata mama, aku suka banget duduk nonton candy-candy

      Hapus
    7. hihihi bulan rilis ni film yakni Juli 89 si embul belum lahir kak nay hahahhahahahha

      aku nontonnya baru aja kemaren ceritanya lagi cek list ada animasi eh ya udah aku ketemu film film studio Ghibli akhirnya maratonan deh hihi

      ayo kak naia ajak si kembar dan si kakak nonton ini pasti suka deh...gambarnya bagus dan banyak pesan pesan moralnya ni film
      (*´︶`*)ฅ♡

      Hapus
    8. btw nontonnya di mana, Mbul? pgn ajakin kembar nonton

      Hapus
    9. kalau yang legal netflix aja kak biar aman 😜🤭

      Hapus
    10. Bagi link nya dong, kayaknya mbul ngga nonton di Netflix.😁

      Hapus
    11. nih sini takbisikin mas....pssst...psssstt ssssst...

      huuuusssss oi oi...maaaaas tetep ya atas anhuran pemerentah kitah harus nonton di situs legal hihihihi

      kabuuur

      ♪~(´Îµ` )

      Hapus
  3. Ternyata Kiki ini perempuan, saya pikir lelaki..hihihi

    Masih cerita tentang sihir ternyata

    Ternyata penyihir takut ditilang juga, makanya Ki jangan lawan arus kayak pengendara negeri antah berantah yang suka lawan arus..hihihi

    Ada aja ya problem si Kiki tapi selalu ada solusinya..hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. perempuan mas her, rambutnya sebahu, ciri khasnya pake pita merah di kepalanya, anaknya manis, baik hati, suka membantu, ya mirip mirip admin blog ini pas masih SMP kelas 1 lah hahaha #timpukin si mbul wkwk

      iya polisinya ga pandang bulu, ga penyihir ga manusia biasa klo melangar aturan ya tilang...kudu naik pangkat dia...tapi kiki berhasil kabur wkwkk

      iya beruntung si kiki orangnya mujur terus, mungkin karena hatinya baii jadi tiap ada problema selalu bisa clear masalahnya

      coba klo dari alur menurut mas her part mana yang menarik?

      Hapus
    2. Oh, pantesan di review ternyata tokoh utamanya mirip sama adminnya..hihihi.. mirip banyak apa mirip dikit nih?

      Kaburnya juga karena ditolongi sama si bocoh laki-laki..hihihi

      Keuntungan jadi orang baik selalu dapat kebaikan, angkat topi buat sutradaranya karena telah membuat tokoh yang baik hati.

      Kalau menurut saya part yang menariknya yang pas ada angin yang bertiup kencang yang membuat Kiki jatuh dan akhirnya kehilangan boneka kucing

      Hapus
    3. Oh ya mumpung boleh request, saya request film Star Trek 2 - The Wrath of Khan sama Star Trek 3 - The Search for Spock.

      Hapus
    4. mirip banyak aja kali ya hahhahahah

      #halu deh gw wkwkkw

      iya si Tombo ini ceritanya tertarik karena kiki bisa terbang, mungkin sebelumnya belum pernah lihat penyihir jadi dia ngikutin terus wkwkkw...tapi Tombo kayaknya anak yang baik hati soalnya perhatian betul sama si Kiki ini

      betul mas herman, untuk info sutradaranya yaitu Hayao Miyazaki, seorang master animasi di negeri Jepang sana 😊

      iya betul, aku pun setuju, part dia awal awal antusias dan semangat kerja di hari pertama sampe terbang tinggi ga taunya kena angin kenceng, makanya jatuh eh apesnya ketemu sarang gagak ya udah deh rampung wkkwkwk

      aku uda deg degan aja takut boneka kucingnya ilang dan ga ketemu lagi nanti Jiji yang dikorbankan

      (๑ↀᆺↀ๑)

      wkwkkwkw

      Hapus
    5. waduuhhh pada hobi film scifi ama action nih yang request...filmnya berat banget wkwkwkkwwk

      sanggup nonton ga ya aku kalau perang galaxi gini hahahhahaha

      Hapus
    6. Kalau 50 50 aja gimana? (Langsung nego)

      Mungkin juga atau jangan-jangan udah ada rasa, rasa nanas, rasa anggur, rasa apel dan rasa strawberry..hihihi.. makanya si Tombo ngikutin terus..hihihi

      Nah itu saya juga pikir boneka kucingnya ngga ketemu atau lama baru ketemu sampai si Jiji kesal eh ternyata bonekanya langsung ketemu jadi sedikit hilang geregetnya.

      Lah belum tentu film star trek 2 dan 3 ada adegan perang galaxy-nya?

      Hapus
    7. lha draw dong kayak pertandingan sepak bola kalo fifty fifty wkwkwk

      nah itu dia, kurasa si Tombo sebenernya naksir kiki begitupula kiku, tapi namanya anak baru usia 13 tahun ya masih malu malu kucing wkwkwk

      rasa aneka buah ya 🍍🍇🍎🍏🍓

      iya aku pas awal awal wah dapet nih konfliknya...secara itu adegan paling menegangkan, e ga taunya bonekanya gampang banget diambil di rumah ursula timbang tuker nego pake bersih bersih rumahnya doang dan leher boneka dijahit lagi sama Ursula wkkwwk

      oh iya tah? aku terus terang belum oernah satupun nonton star trex..dulu sering bacanya cuma di pengetahuan majalah bobo wkwkkw

      Hapus
    8. Apa kita protes aja ke pembuatnya?

      Memangnya dulu di majalah Bobo ada cerita tentang star trek? Saya taunya cerita si Bona sama Nirmala.. hihihi

      Hapus
    9. hihi mas her yang protes yak wakakka

      eh apa star wars ya, aku star trek ama star wars suka kebalik balik deh

      (。>ㅅ<。)💦sorry…

      Hapus
    10. Mas Herman mah Aya Aya wae, Kiki ya nama cewek mas, Kiki Amalia, Kiki Fatmala, Kiki Layne, Kiki pritiwi.😁

      Hapus
    11. yang paling cantik pasti kiki pritiwi...uda jelas ituw wkwkwkkw

      🤣

      Hapus
  4. naluri ibu ya yang masih berat melepas gadisnya tetapi ya bagaimana lagi
    ia mbak suasana dapurnhya aku suka berkhayal bisa masak di sana hehe
    perjalanan yang sungguh panjang sekali

    dirimu suka banget ya liat film kartun jadul semacam ini
    aku kemarin ingat ada film dari ghibli yang jadul pernah tak liat
    kalau engga salah judulnya only yesterday
    udah lama si soalnya juga liatnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. apik iki mas ikrom...aku nek liat animasi film film ghibli kelingane film film dongeng produksi tora home entertainment sik biyen kerap diputar di rcti jam 12 siang, misale putri duyung, gadis korek api, heidi dll...suasana n gambar orange mirip...ning ghibli lebih panjang durasine dan lebih detail

      iya mas...Only yesterday dah takreview juga tapi di blogku yang satunya yang sinopsis film, itu sek tak link e di kata ini warna merah :

      nih link lengkapnya reviewku di blogku yang atu lagi :

      http://soksinopsis.blogspot.com/2017/03/only-yesterday-1991.html?m=0

      Hapus
  5. Belum nonton nih, kalo baca daei tulisannya mbak aku jadi pengen nonton.. bagus juga ya jalam ceritanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. recommended mba amirotul, monggo ditonton mbak 😀

      Hapus
  6. Bagus nih Film Mbul kalau untuk anak2 meski khayalan tapi ada lucunya juga, Apa masih satu produk dengan Film yang kemarin..☺ Gw ceritain ke anak gw, terus gw tambahin2 horor sedikit langsung tidur.😆😆

    Film Kiki's Delivery jadul juga yee sejak tahun 1989. Dalam film ini dikisahkan seorang anak yang berusia 13 tahun bernama Kiki, Setelah mendapat info cuaca iapun pamit izin untuk merantau meninggalkan desanya. Dengan berbekal sapu terbang ajaib yang diberikan oleh sang ibu, Meski sianak juga punya sapu terbang tapi masih kurang sakti menurut ibunya. Nah disini sudah masuk cerita Khayalan tingkat tinggi nih...Mobil terbang aja masih proses, Ini malah sapu bisa terbang...Pake mesin apa kira2 tuh sapu yee..😁😁

    Dan setelah berpamitan dengan warga desa tempat kiki tinggal berserta kedua orang tuanya Kikipun dengan menggunakan baju penyihir hitam ia mulai terbang meninggalkan desanya meski sedikit oleng namun perjalannya tetap berjalan dengan semestinya melewati gunung sungai dan laut. Dengan sapu terbangnya kikipun ditemani Jiji yang kucing kesayangan berserta radio 2band tahun zebot milik ayahnya.😆😆😆😆

    Sampai akhirnya hujan deras mengguyur kiki dan jiji, akhirnya keduanya berteduh disebuah gerbong kereta khusus hewan ternak sapi. Dari sana pula ia melajutkan perjalanannya sampai bertemu dengan banyak orang lagi dan sempat mengalami insiden penilangan karena melawan arah...Naah sampai disini khayalan juga, Karena apa iya polisi nggak bisa bedain Kendaraan sama Sapu lidi..🤣🤣🤣

    Hingga akhirnya kiki terus melanjutkan perjalanan meski belum mendapatkan tempat, Akhirnya ia berheti disebuah toko roti Gutiokipan. Yang dimiliki oleh seorang Osono, Dan berkat kiki pula Osono dapat bantuan mengantar dot bayi pelanggan yang tertinggal, Karena ia sedang hamil tua pula. Akhirnya kiki dan jiji tinggal dirumah Osono, Dan dari situ pula kiki dan jiji punya banyak pengalaman hidup dari mulai pesanan kuenya yang berbentuk kucing jatuh disarang burung gagak, Sampai Jiji harus berjibaku dengan seekor anjing, Tetapi setelah boneka itu dapat dibarter dengan roti berbentuk kucing Jijipun bertemu kembali dengan Kiki. Dalam perantauannya baik Jiji dan kiki akhirnya sama2 punya perasaan terhadap lawan jenisnya. Jiji punya Lili...Sedang Kiki punya Tombo.😁😍😍

    Karena Tombo punya banyak teman wanita Kikipun cemburu dan akhirnya ia pergi meninggalkan Tombo. Hingga pada suatu hari Jiji mengalami keanehan karena hanya bisa meong, Mungkin luntur kali ilmu 'Meraga Sukmanya' apa mungkin baru tingkat 3, Belum senpurna sampai 9.Lalu apakah yang akan terjadi dengan Jiji, Nggak tahu saya juga. Karena keburu mati lampu.😊😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang satria, ini masih satu produkan ama film Ghibli yang judulnya Ponyo kemarin 😄☺😊

      Wakakakakkakkk..oh di situ mati lampu ya? Nyalain senthirnya mas agus tuh kang, atau lampu teplok dari minyak kelapa atau minyak jarak wkwkkwkw

      Yeayyyy...makasih kang sudah disariekeun sinopsisku ini sampai untuk mendongengin anaknya sampeyan segala, ga sia sia dong yekan aku bikin sinopsis...

      (*・ω・ノノ゙☆゚゚

      oiya ya aku jadi keinget ama mobil terbang yang masih digodog lom kelar kelar ya hahahhaha

      wakakak tau amat kang radio 2band itu era era segitu...berarti kang satria mengalami eranya nih hihihi🤭🤭

      pas terbang pertama mau ngantar barang itu bukan berupa kue kucing kang, tapi boneka kucing item yang mirip jiji...ga ada kuenya wkwkkwkw...jadi pas tuh boneka jatuh, jiji nyamar jadi bonekanya...mematung gitu dengan posisi membatu, kocak deh pas dia keringetan karena dikelonin anjingnya hahahhaa 😂🤣🤣

      nah iyak betul, pas epiknya itu adalah bagian kemampuan menerjemahkan bahasa kucingnya Jiji dan ga bisa terbang pake sapu...itu mulai menegangkan 😱😳😋

      jiji dan lili kocak deh wkwkwk

      Hapus
  7. senang melihat gambar gambarnya.... beautiful....

    Thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak Tanza, gambarnya bikin betah nonton, ceritanya pun mengalir sesuai umuran anak anak teenagers 😊☺


      you're welcome Pak 😄

      Hapus
  8. Wah ...., pantasan banyak orang dewasa suka nonton film anak2. Ceritanya seru.Terima kasih telah berbagi ananda Nita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama bunda :)
      Film Kiki's Delivery Service ini ceritanya sederhana tentang pengalaman anak usia 13 tahun yang mulai latihan mandiri dan hidup jauh dari kedua orang tuanya. Cocok ditonton untuk anak-anak maupun dewasa (´✪ω✪`)♡

      Hapus
  9. Walaupun film ini udah jadul banget di thun 89 tapi animasinya keren yahh pdahal kalau dipikir dijaman itu teknologi masih terbatas....

    Memang ceritanya tentang penyihir tp gak ada goib2nya sama sekali haha

    Tp saya heran kok kiki bisa kehilangan ilmunya?? Terus gimana mbull, apa kiki bisa kembali dpt ilmu sihirnya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya allu...kebanyakan film ghibli studio digarapnya uda lama, e aku yang telat nontonnya wakkakakaka...tetus abis dari satu film langsung penasaran pengen marathonan filmnya yang lain, dan mostly bagus semua...jadi bingung mau review yang mana aja wkwkwk

      iya ini lebih ke penyihir yang membaur ama manusia biasa, jadi hidup berdampingan. Kebanyakan penyihirnya juga baik baik hihihi

      nah itu dia yang masih misteri lul...soalnya ini kejadian pas suasana hatinya Kiki lagi sedih, teringat beberapa hari sebelumnya yang ngantar kue ikan harjng ke cucu nenek orang kaya e cucunya itu jutek, abis itu ga jadi oergi oesta ama Tombo dan malah kehujanan. Esoknya ketemu ama tombo e cemburu segala oas tau Tombo dekat ama banyak temen perempuan seusianya wkwkwkkw...jadi mungkin karena masalahnya numpuk, akhirnya Si Kiki yang lagi masa pubertas ini sedih kali ya, jadi agak sedikit memoengaruhi kemampuan sihirnya. Pas awal awal dia juga sebenernya belom terlalu piawai ngendarain sapu terbangnya sih

      ಥ‿ಥ

      Hapus
    2. pas akhirnya ia dapat kembali ilmu sihirnya....jreng jreng...awas Kode SPOILER !! yakni saat itu Kiki yang sedang bimbang bin galau akankah dengan ketidakmampuannya terbang lagi ia akan tetap menjalankan usaha layanan antar terbangnya? karena toh ga mungkin, maka Ursula yang suatu ketika dolan tempatnya mengusulkan bagaimana kalau kiki cuti beberapa hati dan pergi menginap di rumahnya yang di tengah hutan untuk menenangkan pikiran. Nah Kiki pun setuju. Di sana Ursula juga banyak cerita bahwa ia sempat mengalami masa masa ga bisa nglukis tapi dengan mindset kuat dicobanya untuk melukis lagi eh akhirnya bisa. Nah abis itu Kiki balik ke tempat toko roti Osono lagi. di sana ada 1 pesanan ke panggilan ke tempat nenek yang tempo hari bikin kue ikan haring. Nah oas sesampainya di rumah nenek itu, ternyata pesanannya itu kue yang ditujukan untuk kiki...kikipun terharu dibuatnya sebab tu nenek baik banget, sayang cucunya jutek. Nah...pada saat itu barsa, pelayannya si nenek nyetel tv. di situ lagi heboh siaran live balon udara yang dikendarai rombongan tombo dkk kebocoran gas helium dan nabrak menara jam dinding. Tombo pegangan tali dan kayak mau jatoh. Akhirnya Kiki ijin pergi mau nyusul ke tkp. Sesampainya di tkp, ada sapu ijuk eh ga tau kenapa tetiba bisa loh dia menerbangkannya lagi meski dengan susah payah wkwkkw...sapunya kadang meliuk liuk susah banget dikendalikan. Pada saat tangan tombo yda ga kuat lagi mau pegangan, akhirnya hap....ketangkep deh ama kiki dan akhirnya boncengan pake sapu ijuk. Terus warga bersorak sorai deh memberi applause kiki yang telah berhasil jadi pahlawan 😃

      Hapus
    3. Emangnya gobli studio gak uodate animasi bru lagi mbull?? Kok bobtonnya yg jadul banget,, malah 1 dekade sebelum aku lahir...

      Iyya yah kayak harry potter gitu, penyihir tp gak ditakutin,, beda cerita kalau indonesia yg buat pasti penyihirnya jahil dan ingin menguasai dunia hahaha

      Oalah,, gara2 baper toh kekuatannya kiki jadi lowbat

      Ahah spoilernya sdah bocorr,,
      Haha kok tiba2 kiki bisa lg dapet sihirnya, cuman gara2 pengen nyelamatin tombo?? Emang labil nih jalan ceritanya haha...
      Kalau saya biarin aja mati tombo kan udah bikin kiki sedih #jomblojahat..
      Tp syukurlah kiki bisa lg dpet kekuatanyya,, jd bisa ngurir lagi deh hihi

      Hapus
    4. pas aku cek teranyarnya itu yang when marni was there kalau ga salah allu..eh apa ada yang baru lagi ya wkwkwk...tapi yang lawas lawas juga cakep cakep gambarnya...uda bening pula...hihi aku liat film suka cek yang jadul jadul memang lul..

      bahkan kalau horror thriller yang klasik kayak hallowen, nightmare of elm street tahun awal (meski aku belom lahir juga aku tonton). soalnya mau buat keerluan nulis konten sinopsis kan ga pandang tahun berapa tuh film dibuat wkwkkwkw

      nah penyihir yang jahat biasanya modelannya kayak nenek nenek di film hansel and grettel yang mau bikin sop dari daging anak anak yang kejebak di rumah kuenya #horror

      iya kiki agak baper juga sih, mungkin hatinya selembut sutra dan serapuh gelas kristal, kalau ada yang melukai hatinya sedikit bakal praaaaaang pyaaaaar...pecah berkeping keping dah tuh wkwkkwkwkwk

      iya mungkin kekuatan bulan eh cinta kali makanya begitu ngliat tombo dalam keadaan bahaya langsung cuzzzz kiki bisa nerbangin sapu lagi hihihi...

      parah si allu wakakakakakakka

      iya akhirnya di ending dia tetep di tempat Osono dan berkarir seperti biasa, juga jiji bisa pacaran dengan kucing tetangga yang cantik

      wkwkwkwkkw

      Hapus
  10. Hai Kak,
    Cara nyampain sinopsisnya asyik banget, bisa urut begitu meski panjang. Aku jarang bisa nulis panjang. Tapi, anyway, aku bukan tipe pecinta film sejenis. Sayangnya itu. Meski begitu, sinopsis ini bermanfaat untuk teman-teman yang membutuhkan, tentunya.

    Hanya saja, dari foto-foto yang ditunjukkan, kelihatan cakep dan Kiki juga gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Einid, harapanku dengan nulis panjang (cenderung ke sinopsis mentahannya) bukan review ala ala kritikus film soalnya buat menyasar pembaca yang mau tau urutan jelas adegan adegannya wkwkkwk

      betul mbak einid, gambarnya ini bikin seneng aja mantengin dari awal mpe akhir, soalnya serasa nonton kartun jaman jadul

      (*´︶`*)♡Thanks!

      Hapus
  11. Ini beneran tahun 1989 bikinnya ya, kok gambarnya sudah bagus banget ya, tak heran kalo studio Ghibli jadi terkenal.

    Kemarin baru download film Ponto tapi belum sempat nonton, jadinya untuk yang ini belum baca sinopsisnya, takutnya berkurang rasa serunya.

    Tapi tadi sudah baca dikit sih, Kiki lagi dengar siaran radio yang katanya malam itu cuaca akan cerah, jadinya ia minta ibunya untuk pergi karena ingin menjalani pelatihan karena usianya sudah 13 tahun.

    Walaupun awalnya agak alot tapi akhirnya ibunya mengijinkan, Kiki pergi dengan ditemani kucingnya si puspus ke kota.

    Ternyata Kiki pergi ke kota untuk menjalani pelatihan sebagai artis, dan lima tahun kemudian ia terkenal di tivi sebagai bintang film dengan nama Kiki Fatmala.😱

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaaaaaakkk ~ (Û³˚Д˚)Û³

      ketemu Ozy Syahputra dong Mas.....???

      wakakkakakka


      sek sek...mas mas...sini takeditin dulu...ponyo mas sanes ponto, kalau phonto mah aplikasi buat watermark foto hihihi

      o mas agus ada rencana nonton ponyo ya? Asyik aku berhasil kan mempengaruhi hihihi

      iya mas, di sini dikisahkan kalau tradisi penyihir jika uda baligh maka harus mencari pengalaman di kota lain berbaur dengan manusia gitu deh...biar skill nya makin terasah

      ʕ ˵ ̿–á´¥ ̿– ˵ ʔ

      iya Si puss puss ini ngintil terus mas, bahkan di sana ia dapat gebetan wkwkkwk

      (●´Ï‰`●)ゞ♪

      Hapus
    2. 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

      Hapus
    3. kang satria, kurang emot tawa miring 6 lagi ntar bisa jadi bangun persegi panjang

      (* ̄(ï½´) ̄*)

      # 👆👆👆 btw ni beruang wajahnya uda pengen ditampol lom kang ??? wakakakkakak

      Hapus
    4. Memang rencana nonton ponyo sih ada cuma belum nonton soalnya sibuk nulis terus, entah yang ditulis apa.😂

      Hapus
    5. nulis apaan sih...kepo deh si mbul?

      🤔🤭

      Hapus
  12. Fantastic! It is a long synopsis 😍 and easy to understand.
    Thank you for review.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awww..thank you kak


      very pleased to read your comment

      ★⌒ヽ(●^、^●)Kiss!

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...