Jumat, 21 Januari 2022

Contoh Menu Slametan Mendak di Desa Mbul



Oleh : G Nita

Hallo Assalamualaikum...

Kali ini Mbul akan menulis tentang contoh menu slametan mendak (pertama atau setahun) terutama yang khasnya di desa kami. Tujuannya adalah sebagai bentuk doa bersama supaya dijauhkan dari hal-hal yang membahayakan baik untuk keluarga yang ditinggalkan ataupun bagi anggota keluarga yang sudah berpulang terlebih dahulu mendahului kita. Menunya simple banget, tapi rasanya enak dan khas masakan sendiri. Lalu menu-menunya apa saja. Ini dia listnya




1. Krecek Rambak Telur Puyuh

Krecek atau Rambak Telur Puyuh ini memang salah satu item khas dalam besekan di kampung kami. Biasanya dimasak dalam porsi besar di dapurnya Simbah yang masih menggunakan tungku dan kayu bakar. Masaknya gotong royong dibantu tonggo teparo. Kira-kira besekannya diperuntukan untuk 1 RW sebanyak 50 KK. Tapi ya dilebihkan sedikit supaya jangan sampai ngepress banget apalagi kurang. Biasanya kulakan bahan-bahan makanannya di Pasar Kutoarjo pas pasaran. 

Krecek atau rambak telur puyuh dimasak bersamaan dengan kacang merah atau biasa disebut kacang merek dan juga kapri. Malah biasanya ada kentangnya juga. Warnanya sampai oranye dan sedikit berminyak. Untuk rasa memang dominan pedas gurih ya. Enak banget disantap pas masih panas.












2. Mie Goreng Jawa

Mie goreng jawa juga jadi salah satu item wajib yang harus ada dalam besekan di kampung kami. Kebetulan kemarin pakenya yang mie telor model keriting, walau biasanya yang lurus sih. Tapi biarpun begitu asal masaknya pinter ya rasanya pun dijamin enak. Mie goreng jawa biasa dimasak dengan tambahan telur, kubis, dan suiran ayam. Dimakan tanpa nasipun sudah enak. 





3. Ayam Goreng dan Ingkung Ayam Kampung

Ayam goreng hasil nyembelih ayam peliharaan sendiri sih. Ada yang digoreng biasa, ada yang diingkung untuk diserahkan ke pemimpin doanya saat kenduri berlangsung. Pakainya kami ayam kampung. Dan yang ingkung ambilnya yang gede. Jadi tampilannya masih utuhan gitu.










4. Tempe Goreng

Next adalah tempe goreng. Tempenya dipotong kotak dan digaris-garis bagian sisinya supaya sebelum digoreng ke dalam minyak bumbu bawangnya meresap. Tempe gorengnya ini enak banget dimakan sama nasi panas, biasanya gandengannya adalah serundeng.





5. Tumis Kubis

Dan favoritku adalah tumis kubis pedes. Ini khasnya sini sih. Diirisnya super tipis sekali dan pakainya kubis yang beli di Pasar Kutoarjo jadi warnanya itu kelihatan ijo banget. Nanti pas ditumis diberi ranjau cabe rawit lumayan banyak jadi rasa pedesnya ini mendominasi.




6. Apem

Apemnya ini bikin sendiri lho. Kebetulan memang ada cetakan bunga-bunganya gitu jadi beda dari apem yang biasa dijual di pasar yang diwadahi tenong lalu nanti diiris-iris.






7. Tumis Tempe Cabe Ijo

Yang ini juga khasnya isian besekan di desa kami. Tempenya dipotong dadu dan dicampur cabe ijo banyak-banyak. Rasanya pedes manis.

8. Gulai Nangka

Ini juga khasnya isian besekan untuk menu slametan mendak. Kadang pake gulai daging kambing juga sih. Tapi kemaren pakenya nangka muda atau thewel atau gori. Rasanya sedep pedes karena pakenya santan asli (bukan kemasan).














9. Snack 

Snack kami ingin praktisnya aja jadi beli di pasar tradisional. Sifatnya opsional aja sih. Cuma kemaren itu ada  wajik (yang bikin sendiri), lumpia, martabak, dll.

Okey, kiranya segitu dulu updateanku kali ini. Moga dapat menambah khazanah menu slametan walaupun mungkin di tiap-tiap daerah beda ya. 

Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya. Dadah...

xoxoxo
Mbul






60 komentar:

  1. Duuuuuh aku paling suka makanan khas rumahan yg utk acara2 giniiii 🀀🀀. Jarang banget bisa ngerasain. Bersyukur tetanggaku ada yg jago masak, dan tiap ada acara lingkungan, dia suka bikin besek begini. Enak enak walaupun simple. πŸ˜„πŸ‘.

    Tapi aku belum pernah coba yg rambak krecek telur puyuh tuh nit. Diliat dr penampakan yakin enak sih πŸ˜„. Apalagi kalo pedes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau di tempat kami masak masak sendiri dibantuin tetangga dan saudara soalnya rumahnya dekat-dekat. Alhamdulilah slametan mendaknya lancar...makanannya abis mateng ituw aku krmlecer ama krecek rambak telur puyuh 😍😘

      Hapus
  2. Kalo mendak di daerah ku itu memperingati setahun meninggalkannya orang tua atau kakek nenek mbul, kalo Sewu Dino kayame jarang, biasanya tiap tahun saja. Misalnya meninggal Januari 2020, maka mendakinya Januari 2021, Januari 2022, Januari 2023 dst.

    Wah ada rambak telur puyuh segala ya, kalo di desaku jarang yang pakai telur puyuh, biasanya pakai telor ayam biasa atau telor asin kalo ada duitnya.

    Kalo tempe goreng dan mie memang sepertinya menu wajib sih.πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya, udah Mbul edit mas, maksudnya mendak pertama atau setahun
      ☺πŸ˜³πŸ˜‰

      kalau telur ayam biasa biasanya malah direbus mas agus...tapi kalau telur asin malah jarang. Apa karena tegal deket brebes yang penghasil telur asin ya Mas?
      (´・ο½ͺ・`)ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)


      hu um mas tempe goreng n mie goreng jawa ini enak mas kalau masih anget baru mateng dari dapur πŸ€€πŸ™„

      Hapus
  3. duarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr
    duarrrrrrrrrrr
    ya allah aku wingi iku kan onok wong slametan ndek langgar
    arep njupuk situk lah wis entek gak kebagian
    dijupuk cah cah cilik huhu
    terus ngerti postingan iki
    aku mupeng mbak ambek krecek pedese
    terus mie ambek endoke pisan
    tahune jek akeh lengone
    segoe anget ya alla dipangan pas udan
    duh aku tak slametan disek cek iso mangan iki wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk kedisitan cah cilik cilik yo mas ikrom...kudine jupuke nggo kekuatan cahaya hahahhaaha

      mie dan endok kolaborasi tiada tertandingi

      udu tahu kui mas tapi krecek rambak seko krupuk kulit sik dipedesi

      Hapus
  4. So many wonderful food! Hopefully I can get to taste some of them someday!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Angie memang banyak sekali makanan dalam satu besekan untuk kenduri slametannya. Kalau di kampung kami kayak gini ☺😊

      Hapus
  5. Everything looks so yummy! I want to try Mie Goreng Jawa.

    Happy Tuesday!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Veronica...Mbul pun sangat lahap makan mie gorengnya terlebih pas masih panas baru matang dari dapur. Mbul cari cari digado bareng kubisnya...Mbul sangat suka kubis soalnya (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  6. dulu sebelum era yang apa-apa serba mudah dan efisien, keluarga sering masak kayak gini kalau untuk mendak (1th-3th) atau acara syukuran. Menunya bisa bervariasi. Mulai dari ayam goreng, ikan bandeng, bakmi, sambel goreng, acar, dll. Berhubung sekarang semuanya mudah akhirnya diganti dengan roti. Kemudian balik lagi ke pesen makanan ke tetangga yang kebetulan punya catering. Jadi jarang banget masak sendiri. Yang pasti ada dan tidak boleh ketinggalan itu snack yang berisi pisang, kue pasung, dan apem. Menu makanan boleh berganti, tapi snack tersbut tidak boleh tergantikan.

    Emang jaman serba mudah, tapi esensi masak-masak ketika punya gawe itu sebagai sarana untuk silaturahmi antar anggota keluarga dan tetangga. Semuanya akrab melalui kegiatan bersama. Esensi kayak gitu akhirnya sedikit memudar dengan perkembangan jaman yang serba mudah dan gampang seperti sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah baru tau di semarang ada bandengnya ya mas vai besekane...nek acar identike slametan bukan memperingati kematian sih. Tapi sik paling khas kih emang kue contong dan apem. Kue contong kih dibungkus daun nangka atau gori kan? Trus ada pula srundeng kering yang ada blondo blondo dari kelapa dan irisan kelapane

      Hapus
    2. Kue contong mungkin kue pasung yaa. Bungkus pasai daun pisang, bukan daun nangka sih. Susah nyari daun nangka. Lebih gampang daun pisang. Banyak dijual di pasar-pasar.

      Hapus
    3. oiyaaaa sinonimnya kue contong ☺πŸ˜„

      Hapus
  7. Enak-enak sekali semuanya, ya suka mee goreng, ringkas dan mengenyangkan. Stay safe and happy ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak...mie gorengnya sedap dan Mbul suka yang banyak Kubisnya kak πŸ₯¬πŸ₯¬πŸ₯¬

      Hapus
  8. Woow foods look so good and nutritious! Especially fried chicken looks fingerlickingly delicious. I loved. Happy and healthy 2022 to you and your family.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fried Chickennya sangat juicy kak...Mbul tapi suka kulitnya sih kak soalnya gurih...

      happy 2022 juga buwat kakak sekeluarga di Turki 😍

      salam

      Hapus
  9. ...you have a quite a feast there!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sure Tom...lebih tepatnya untuk kenduri selamatan...☺😊

      Hapus
  10. It all looks good and delicious.

    BalasHapus
  11. Boa tarde minha querida amiga. Que vontade de provar essas delΓ­cias.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sahabat Luis..rasanya enak. Soalnya ada semangat gotong royong saat memasaknya...jadi masaknya lebih ke pake hati...hehehe

      Hapus
  12. Ini untuk kenduri doa selamat ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Na slametan Mendak tahun pertama ☺

      Hapus
  13. Nangka muda, thewel atau gori kalau di Purwokerto namanya cecek mbul hahha, jangan cecek, atau nyayur nangka muda.

    Masakan ini emang khas bgt ya nek ono slametan mendah pertama, tp nek nang kampungku gak ada tumis kubis loh hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..mbul baru ngeh namanya di kampung halaman meta cecek ya...eh iki diwacane udu cecek cicak toh say? Cecek e nya gimana tuw ?


      ((o(*>Ο‰<*)o))


      enak kan meta...walaupun sederhana tapi bulek ku pinter masake jadine khas kalau ada hajatan panggil beliau beres...padahal bulek wes sepuh tapi urusan masak di kampung kami paling terkenal enaknya (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  14. So much wonderful food. I like the fried chicken and the snack in banana leaf.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayam gorengnya jadi ingat ayam gorengnya Upin Ipin ya Nancy...

      yang dibungkus daun pisang wajik atau jadah...Terbuat dari ketan dan gula merah Dear 😍(´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  15. Balasan
    1. Nyam..nyam sekali sunika...Mbul suka semua masakan ini. Soalnya dimasak bareng bareng dengan sana famili 😍

      Hapus
  16. Una buena comida es lo mejor para superar los cansancios

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Juan pokoknya kalau di tempat mbul itu seringnya akan pajang makanan heheh termasuk pas acara slametan kemarin 😍

      Hapus
  17. aduhh..enak2 semuanya..bikin penasaran sih..sayur nangka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayur nangka gurih kak nohas karena memakai santan...tapi yang ini dimakan bersama sambal jadi ada sensasi pedasnya nanti...lauknya pake remahan peyek hihi (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  18. Balasan
    1. Enak apalagi pas baru matang dan masih panas Wak ☺😊

      Hapus
  19. Semua masakan hame-made di sini luar biasa, apalagi gulai nangka dan krecek rambak telur puyuh, wah wah menggoda banget.. πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu um kak lantana...enak-enak semua..Mbul aja suka. Kreceknya dimaem bareng telur puyuh pedes kak (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  20. Acara mendak ini kalau di kampung saya mungkin namanya Haol.
    Menunya yang beda, kalau versi Mbul lebih lengkap.
    itu liat gulai nangka sama ayam gorengnya looks yummy Mbul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya tah? Tempat Pak Yonal Haul...

      Iya Pak Yonal, gulai nangka terasa sedap dan ditambah lauk yayam goreng mantul nikmatnya ☺πŸ˜ƒπŸ—πŸ—

      Hapus
  21. tetap yang menarik perhatian itu tempe dan tahu....hehehe..
    πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    asiik ya, banyak makanan enak enak.... yummy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak tanza..tempe goreng anget...dan krecek pak...bukan tahu 😊😜🀭


      asyik dan nikmat rasanya Pak ☺

      Hapus
  22. wow dear so many great dishes! I am so hungry now

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kathy...Mbul sedang adakan slametan mendak krmarin jadi di rumah masak-masak untuk kenduri (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  23. Pagi-pagi udah jadi laper mbak liat postingannya. 🀀

    BalasHapus
  24. Aku lho gumon, Mbul.. Kenapa ya mesti selametan mendak gini selalu ada apemnya. Apem tuh sebenarnya enak ya, tapi karena warnanya putih dibentuk bulat (di kotaku gini semua), jadinya apem adalah makanan yang paling disingkirkan kalau dapat kajatan ngirim doa gini. Ya itu tadi, karena bawahnya gosong.

    Coba apemnya dibuat semenarik kayak tempatmu dan dipastikan bawahnya gak gosong, mesti banyak yang suka sama apem ya/

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakkakak...mba ran..bisa ae loh..mosok tempat mbak ran apemnya disingkirkan karena gosong hihi..aku ngerti pesti sik mirip serabi kan?

      kalau apemnya Mbul rmang warna pink sih...di sini gawe dewe ada cetakane pula kembang kembang (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  25. Gulai nangka dan tempeh goreng, saya suka. Di Malaysia, kami masak nangka dengan santan - cahra lemak. Tempeh, kami goreng dengan sambal atau sos kicap pekap. Semua sedap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Kak Kestrel, Mbul juga doyan sayur ala ndeso tapi enak ini. Rasanya ada sensasi sangit karena dimasak pake tungku, tapi ajaibnya sangit sangit enak...
      tempeh dengan sos kicao pekatM Wah kalau di sini yang pake sambal kecap itu namanya Mendoan kak asli banyumas, tapi kicapnya dikasih biji cabe. Jadi pedas (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  26. Tidak rugi berkunjung ke sini. Mbulrajin kongsi masakan tradisi. Kak Amie dapat tambah ilmu. Terima kasih ya Mbul yang manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik...makacih kak amie. Komen kak amie bikin Mbul mendadak jadi cemangaaadh (´✪Ο‰✪`)♡(*´︶`*)ΰΈ…♡

      😘😍

      Hapus
  27. Thank you very much for helpful post)

    BalasHapus