Assalamualaikum wr wb....
Alhamdulilah bentar lagi Bulan Ramadhan. Bulan puasa, bulan penuh keberkahan. Selamat menjalankan ibadah puasa ya bagi temen-temen muslim yang menjalankan ^____^. Ngucapinnya udah dari sekarang? Ceped amaaat? Hehehe....ga pa pa lah ya. Siapa tauk ntar udah ga kober nulis lagie. Siapa tau tar udah sibuk ini itu. Semoga puasa kita goal sampai tiba saatnya Ramadhan usai, kecuali kalau pas lagie ketabrak haid aka datang bulan, hihihi.
Ngomongin Ramadhan Mbul happy deh, soalnya udah kebayang mau bikin apa aja #tauk bakal kewujud apa ga? Tapi yang jelas kemarin liat ada orang bikin kolak di youtube pake kolang-kaling kelihatannya kok seger banget. Kolang-kalingnya masih glundungan ga diiris-iris. Aku pend ikutaaaand, tapi bisa ndak ya? #anaknya suka terpengaruh. Tapi kadang ya sore-sore pengennya ngider bentar di warung pecel lelenya Ibu langganan yang biasanya di Bulan Ramadhan nyeper jualan bakwan juga. Belinya harus cepat, soalnya udah jem 5 dikit udah abis, hihi. Ga tau kenapa cuma gorengannya si ibu pecel lele langganan ini yang paling enak bagiku.
Aku juga kadang pengen ngakak ndiri. Sebabnya berasa lutju aja tatkala keinget awal-awal tinggal di rantau orang. Kalau ga salah abis aku udah cabs dari Jekarda. Rasa hati tu amaaaan sentosa, ga riweh pas ngejer buka-traweh dari Tasiun Tenabang ke Duri menuju rumah hahahha. Berasa merdeka, pend tereak i feel free sambil boboan di atas padang rumput matjam Dongeng Heidy. Soalnya kalau pas sore jelang buka alamak kereta tuh ya sesuatu banget...sek-sekan alias umpel-umpelan...Jadi moment itu berasa awal-awal syeneng banget bisa full ngapa-ngapain dengan kyusuk di rumah. Ga tau kenapa kalau keingat momentum itu berasa i'm so bleesed aja.
Kelar buka, langsung dicepet-cepet ama Tamas buat ndang pake mukena. Sebabnya kami harus capcus ke masjid buat taraweh. Ada 2 opsi mesjid yang hendak dituju, tapi kami pilih yang deket jalan raya sih. Memang di situ agak cepet. Walau kalau udah mau adzan isya itu aku dikesusu-susu suruh ndang wudhu terus cepak-cepak peralatan sholat. "Ayo anak tembem!!! Cepetan, selak komat, nanti ketinggalan trawehe. Soale di situ ngimamine agak cepet!" ujar Beliau mengkesusu-kesusu diriku. Yawes aku langsung gladak-gluduk menuju pancuran and then wudhu, pake mukena terus jalan agak deh menuju masjid. Agak jauhan dikit lewat gang-gang sambil nyincing mukena supaya nda kangsrah tanah. Eh nyampe mesjid udah mulai aja rakaat kedua sholat isya. Waduh! Segeralah aku ke saf perempuan, Tamas ke bagian bapak-bapak.
Abis selesai isyaan, lanjut kultum cuma kultumnya juga cepet bianget jadilah trawehnya juga lebih cepet dibandingkan masjid satunya. Setelah selesai teraweh, langsung go nyari sendal yang ketumpuk-tumpuk dan agak parno juga takut ilang hahaha...Untunglah sandalnya cumak pake sandal jepit kebesaran, jadi aman. Abis itu biasanya mandeg tukang nasie uduk dulu, soalnya pas buka belom mam nasie wkwkkw. Iya soalnya depan masjid ada tukang nasie uduk yang buka sampai malam. Aku beli mie goreng, orek tempe, telor dadar nyempluk. Juga bihun, balado telur bulet, dan tahu kecap. Enaaagh! Kalau ga sebelahnya nasie uduk ada abang sop buah jadi kami beli beberapa bungkus. Tapi mamnya dibawa pulang. Sambil jalan liwat gang-gang sempid lagie, sambil cincing mukena lagi (angkat bagian bawah mukena disampirkan dikit). Sayang kan mukenanya udah aku cuci dan aku kasih pewangi. Sampai wangiiiii banget! Nanti di rumah tinggal lanjut baca Al Quran. Mam sop buah atau es-esannya paling seger kalau udah rampung ngaji.
Malamnya udah ancang-ancang bikin menu sahur. Nyiapin bumbunya dulu kek atau motong-motong sayuran dan marinasi lauk. Nanti begitu jem 3-an bangun baru digoreng atau dimasak. Ya, walau ga jarang kadang bablas kesiangan juga hingga ujung-ujungnya langsung denger sirene tanda imsak dari masjid...wakakka...Untung beberapa detik sebelumnya sudah nenggak air bergelas-gelas biar tenggorokan ga berasa gatel atau dehidrasi. Dulu pas masih kecil ibu selalu menyebut moment ini sebagai timing njembung. Alias mengisi air minum sebanyak-banyaknya sebelum imsak. Ya, nanti di atas meja makan udah berjejer gelas-gelas dan tempat minum yang dalam sekejab langsung gluk...gluk...gluk masuk tenggorokan isinya. Sampe sekarang pun ini masih aku lakukan. Walau kalau udah mapan bobok abis Subuhan ya ngalamat sering mimpi pengen pipis mau ke kamar mandi tapi ada aja halangannya hahahha....kayak ketahan-tahan dan jadinya anyang-anyangan. Akhirnya sampe kebangun sendiri padahal lagi ngantuk-ngantuknya. Serius kalau bobok jam-jam bada subuh ngimpiku sering kayak gitu....hwahahahha..
Terus di awal-awal Ramadhan itu masih razin masak dan bikin menu berbuka macem-macem, segala kolak atau es buah, Mbul racik pake recipe sendiri. Kolak pake bahan lengkap, apa aja dibeli. Bahkan sampai penuh nuh nuh isi panci, wkkwkw. Tapi tetep sih primadonanya itu kolang-kaling atau singkong. Maksudnya pengen takbikin ala-ala singkong Thailand juga sebagian. Terus abis itu sering ada yang ngelirik : "Owalah Dek-Dek siro sih lagie bikin opo toh Nduk...Nduk....cuba dicicip dulu toh Cah Manis!"
"Nih!" kusodorkan sendok ke arah Tamas. Dan katanya.. : "Maniiiiis banget Mbuuuull, cubo'o jajalen dewe manise ra eram...gula jawane piro toh Dek...Dek!" hwahahaha...Salting saia ada yang mengunderestimate kolak saia. Tapi tetep aja ya Say...itu kolak kadang-kadang nda habis loh sepanci. Pasti ada sebagian yang sayup juga #kraiii. Terus abis itu ada yang nyubit pipi Beby Mbul karena eh karena nda pernah kapok juga bikin kolak dan lagi dan lagi dan lagie, wkwkkwkw.
Ya, begitulah, di awal-awal Ramadhan biasanya amunisi masak masih prima. Ntar menuju tengah-tengah udah ga fokus akhirnya yuk sore-sore nyari takjilan aja yuk...wkwkkw. Anak tembem bernama Mbul ini kemudian berinisiatip menggandeng belanja makanan matangan. Lumayan kan aku bisa leyeh-leyeh tjantik sambil nongton tipi.
Oiya di tempat kami juga biasanya ada tradisi bernama Punggahan gitu. Ya semacam kenduri atau pengajian menyambut Ramadhan. Acaranya ba'da Isya sampai selesai. Yang ikutan bapak-bapaknya sih. Kebetulan kemarin tempat Paklik yang ngadain, dan pulang dari sana kami dapet oleh-oleh kue potong yang ada cerinya sama pisang. Berkatannya nda mau dibawain soalnya masih ada nasi. Jadi malem-malem kami mam roti potong yang ada creamnya. Ada rasa coklat, ada juga rasa keju. Yang cokelat aku inggir-inggirin. Aku ambil creamnya aja. Sedang yang keju aku sukaaaa. Kejunya diparut di atas creamnya sih. Alhamdulilah nikmat mana lagi yang kau dustakan.
Jelang Ramadhan juga biasanya disibukkan dengan bersih-bersih rumah. Sebenarnya aku pengen banget nata kamar tidur samping. Tapi gimana ya...bingung mulainya darimana wkwkwk. Seandainya barang-barang yang ada di kamar samping ga gitu ngegunung, pasti cepet tuh beresinnya udah macam sulapan. Tapi bismilah moga-moga aku bisa menanganinya. Insyaalloh mau atur waktu dulu gimana ngatur penempatan barang di kamar samping. Huft!
Jadi cerita random yak. Ga pa pa lah ya. Mudah-mudahan ga pada bosan. Kalau bosan ama blog Mbul, ga pa pa kok diskip aja hahahhahaha #sungguh teganya dirimu teganya teganya....#anggur merah mode on. Tapi ya beginilah bahasa blog Mbul dari dulu. Bagi yang baru kenal mungkin aneh atau gimana, ga pa pa. Orang ga kenal kan biasanya belom terbiasa. Atau merasa gemana. Kalau udah kenal lah baru maklum kalau Mbul apa adanya ya memang begini. Dari dulu juga udah begini. Jadi ya wes lah ya, maklumi aja kalau suka ngrandom ngalor ngidul ga tentu arah. Model ceritanya kayak gini. Model reply komen ke pengunjung blog kayak gini. Akhir-akhir ini juga jarang blogwalking kecuali mengunjungi yang sudah sowan duluan ke blog ini. Atau kalau udah baca post teman tapi belum sempat meninggalkan jejak. Balas komen di blog sendiri juga ga saat itu juga. Ya nyari waktu santainya aja. Cause ngeblog juga buat santai aja akunya. Nanti insyaalloh akan dirapel. Sesuai sikon aja.
Tapi makasih banget bagi teman-teman yang udah sering mampir ke sini. Tanpa kalian apalah arti dari blog ku ini. Mohon maaf kalau pernah ada salah-salah kata atau pernah terselip kata-kata yang kurang berkenan karena biasanya bahasa blog Mbul udah seperti ini sejak dahulu kala. Mau diubah kayak gimana juga ga bisa. Mau diubah kayak orang serius aku ga bisa. Ya, intinya memang cara ngeblogku begini. Style nulisku begini. Banyak absurdnya, banyak randomnya, banyak bercandaannya hehehe. Yang penting nulis juga cerita pengalaman sendiri, kisah sendiri, hasil masakan sendiri, kulineran sendiri, review ala-ala sendiri. Cz niatku ngeblog salah satunya adalah mengabadikan moment dan nambah teman supaya seru seperti saat postingan paling awal dari blog ini. Walau mungkin memang akan jarang-jarang update ga seperti dulu kala. Tapi untuk resensi buku masih pengen sering update sih #lho cubiittt.
Intinya, semoga Bulan Ramadhan kita nanti selalu dilimpahkan keberkahan ya.
Saia tak nyuci mukena duluuu..Byeeee byeee!!





















































