Selasa, 19 April 2022

Jurnal Harian Menu Buka Puasa dan Sahur Ala Mbul




Assalamualaikum semua...

Alhamdulilah sudah jalan hari ke-sekian puasanya bagi kita umat Muslim yang menjalankan. Senang hati Mbul karena puasa kali ini ga sehectic 2 tahun sebelumnya yang sempat bolak-balik ke kampung halaman karena ada hal urgent yang harus diurus (kepentingan keluarga). Alhamdulilah sekarang ga bolak-balik mulu yang menjadikan capek di jalan wkkk. Walaupun pas mudik kemarin formasi lengkap terus sih paling ketambahan 1 driver yang dengan sukarela mau menyupiri. 





Nah, kalau sekarang ga bolak-balik wae. Jadi bisa kumpul bersama keluarga kecilku dengan lebih fokus dan ibadah sholat taraweh bareng di rumah. Cuma tadarus Qurannya Mbul bisanya siang. Sebab kalau malam udah taraweh dan setelahnya leyeh-leyeh sambil nonton tipi. Nonton youtube sih. Nonton youtube lewat TV. Seringnya aku nonton master chef, Om Hao, Fearless and Far atau RJL 5 bagian Om Mamat ~Obrolan Malam Jumat wkwkwk. Tapi sering pula ngrandom. Lebih seringnya yang seru-seru kayak pendakian gunung (Cito Adventure Madiun), camping, atau masakan khas pedesaan. Kalau ga ngajinya itu sore pas everything would be done, hihihi.

Bulan Ramadhan bagi Mbul pribadi memang banyak kesan manisnya. Suasananya itu ngangenin terus. Alhamdulilah Ramadhan kali ini masih bisa ketemu ya. Bila sore hari, rasanya jadi seger banget. Itulah bentuk kesenangan Ramadhan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Walaupun suara masih serak-serak basah kayak kodok, tapi Mbul tetap ceria menyambut awal Ramadhan ini. 

Sebelum puasa kemarin malah sempat disibukkan dengan decluttering alias beres-beres rumah dan merongsokkan barang yang udah ga terpakai. Cuci-mencuci, jemur-menjemur. Bahu-membahu dan gotong royong menata ulang isi rumah. Intinya kebersihan. Karena kebersihan sebagian dari iman kan? Semalam sebelum keesokannya puasa akhirnya berhasil juga bersiin kamar samping yang kini beralih fungsi jadi tempat sholat dan juga ngaji. Segala barang yang menggunung udah dikasihkan ke Bapak Tukang Sampah yang biasa ambilin sampah per beberapa hari sekali, jadi rumah berasa lebih lapang dari biasanya. Cuma lemari komik dan novel-novel aku aja yang belum digeser. Soalnya dari kaca dan dia rawan roboh. Makanya bawahnya diganjel bata. Penyangganya aluminum sih. Tapi karena kaca ya jadinya teramat sangat fragile wkwkw. Pernah bagian alas bukunya pecah gegara pas mati lampu memuai cause aku lupa taruh lilin di situ. Pas mati lampu beberapa tahun lalu sih yang listriknya ga nyala-nyala sampai pagi sementara rumah belum selesai direnov. Ya langsung pecah itu alas buku di lemari kacaku wkwkwkw. Oh iya...acara beberes ini sebenernya udah lama Mbul agendakan. Cuma baru bisanya kemarin. Setelah diniat-niatkan dengan sangat. Biarpun capek tapi jadi sekalian olahraga. Mbul biarkan aja mandi keringat, kan segala kalori jadi terbakar...horeeeeh...tambah langsing deh gw wkwkwk. 







Lalu keesokannya mulai sibuk nyusun menu bukaan dan sahur. Walaupun kami sempat tepar semua. Tapi ntah kenapa seneng aja Mbul tuw menjelang Ramadhan tiba. Terutama pas hari pertama. Seneng karena bisa masakin orang puasa. Hari pertama masih dibonusin boleh beli makanan matang sih, xixixi. Tapi insyaalloh hari-hari ke depan mau ngejurnal masakan sendiri (kalau sempet). Ya memang Mbul ga selalu masak tiap hari tapi ada juga yang beli. Menyesuaikan sikon aja. Kira-kira pas lagi sibuk banget akhirnya beli matangan. Pas lagi slow baru bisa masak. Kan kita ini orangnya demokratis #eciyeh.

Lalu menu apa aja yang udah selama beberapa hari ini ada di rumah Mbul. Ini dia daftarnya. 

Hari Pertama : Asinan Buah, Es Kelapa Muda, Sate Kambing, Sop Kambing, Urap, Risol

Karena hari pertama jatuh pada hari Minggu, makanya kami ngiter deh liat bakul takjilan. Euforianya itu bagaikan apa ya....seneng lah pokoknya. Jadilah beli risol dan es kelapa muda di satu deret pedagang yang sama. Ini memang es kelapa muda langganan. Bahkan udah lama banget jadi langganannya Tamas sejak jaman beliau taksih nom dulu. Udah sering beli di situ biarpun di luar puasa. Jadi bapak penjualnya pun udah hapal dan langsung begitu Mbul yang beli ya dipilihkan yang bunder bulet gitu kelapanya. Yang banyak airnya biar seger. Ga dikasih gula sih. Tapi alami aja. Yang dagingnya lembut pas disendokin. Cuma semangkuk buat keperluan foto aku kasihkan sirop rasa pisang aja yang warna pink supaya cantik. Jadinya ya maniiiis banget. Yang lainnya putih bening alami ga pake sirop pisang ambon. tapi air kelapa mudanya tetep manis sih.

Nah, kalau di sampingnya itu ada bakul gorengan. Gorengannya pun cepat banget habis. Tadinya mau beli bakwan sayur dan tahu berontak, tapi cuma tinggal risolnya aja. Ini risol yang isi bihun sih. Dikasih sambal kacang encer dan cabe rawit hijau juga. Tapi aku lebih suka nyeplus yang terakhir.











Jalan lagi agak jauhan, tadinya mau beli masakan Padang. Eh, udah 2 warung makan Padang yang terkenal malah tutup di hari pertama puasa. Sebelumnya malah mau beli sop ayam juga tutup, yawes opsi lain dialihkan ke sate kambing dan sop kambing aja. Soalnya sekalian beli buat sahur. Terus karena di depan warung satenya ada bakul takjilan lagi, akhirnya beli urap dan asinan buah. Asinan buahnya enak banget. Sayangnya Mbul malah beli setunggal. Coba beli banyakan ya wakakkak. Enak diseruput dingin-dingin pedes manis setelah taraweh. Isinya ada macem-macem tapi yang bikin seger itu nenas, mangga muda, dan ketimun. Ngingetin aku waktu puasa di Bogor dulu deh. Daerah Bara 1 kalau jam 3-magrib penjual asinan berjajar banyak betul. Ya kan Bogor terkenalnya sama asinan.

Pas buka, Mbul ga makan nasi sih. Tapi  mam urap aja. Itupun udah kenyang wakakak...Sayur thok. Ama risol 1 deng. Sate dan sop kambingnya malah kemakan pas sahurnya. 







Hari Kedua : Asem-Asem, Dadar Jagung, Kerupuk, Teh Hangat

Hari kedua....eng ing eeeng! Semangat masak mulai menyala. Tapi belum sempat belanja banyak. Jadi masak apa yang ada di kulkas aja yaitu asem-asem dan dadar jagung. Hari kedua memang minimalis. Tambahan lain paling kerupuk bundar putih, dan teh manis hangat. Ada telor asin sih...tapi ga begitu masir kuningnya. Beli di warung depan. Memang lebih enak beli di pasar menurutku. 

Kebetulan hujan juga pas hari kedua kemarin, jadi masaknya yang bisa menghangatkan badan aja. Lauknya dadar jagung. Kenapa dibilang dadar? Soalnya tumben-tumbenan aku kasih telur. Biasanya kan langsung pake tepung bakwan serba guna. Kali ini aku akan sedikit effor memasaknya dengan bumbu ulegan sendiri dan kombinasi terigu plus sedikit tepung beras. Juga supaya menghabiskan stok jagung manis di kulkas, hehehe. Untuk lengkap resepnya aku tulis di bawah ya.







Resep Asem-Asem
Bahan-Bahan :

Labu siam
jagung manis
daun so
melinjo
pepaya mengkal
kacang panjang
kacang tanah
Bumbu siap saji sayur asam
Gula pasir

Bumbu yang dihaluskan :

Bawang merah
Bawang putih
Cabe rawit
kemiri
garam

Tahapan Memasak :

Cuci bersih bahan sayuran yang ada
Cuci bersih kacang tanah
Potong-potong labu siam dan pepaya mengkal dalam bentuk dadu
Potong kacang panjang
Potek-potekin jagung manis
Uleg semua bahan bumbu halus
Rebus air
Masukan bumbu halus
Masukkan jagung manis, kacang tanah, pepaya mengkal, melinjo dan labu siam terlebih dahulu
Tambahkan sedikit garam
Masukkan bumbu jadi asam-asam
Masukkan sedikit gula pasir (soalnya aku suka tipikal sayur asam yang manis)
Saat menuju matang baru masukkan kacang panjang dan daun so
Tunggu sampai matang
Sajikan hangat

Resep Dadar Jagung
Bahan-bahan :

Jagung manis
Tepung terigu protein sedang
Tepung beras
Telur
Seledri 
Daun bawang
Garam
Royko
Gula pasir

Bumbu yang dihaluskan :

Bawang merah
Bawang putih
merica
garam

Tahapan Memasak :

Pipil jagung manis
Masukkan bumbu halus
Tuang tepung terigu
Tambahkan sedikit tepung beras
Tambahkan sedikit royko dan gula pasir
Kocok lepas telur dan masukkan ke dalam adonan
Iris seledri dan daun bawang lalu masukkan ke dalam adonan, aduk sampai rata dan tambahkan pula air
Panaskan minyak
Goreng dadar jagung dalam bentuk pipih supaya renyah dan krancy













Hari Ketiga : Bakso, Sop Ayam, Sate Telur Puyuh, Sop

Hari ketiga dibeliin bakso dan sop ayam. Sebenarnya sebelumnya sempat masak sop-sopan juga. Tapi alhamdulilah ada tambahan lauk yang beli matengan. Akhirnya yah yang dari kemaren pengen sop ayam kesampaian juga bisa makan, sebab sop aku nda ada ayamnya. Cuma sayuran tok, hihihi. Baksonya bakso langganan. Ini bakso enak banget. Aku suka bakso uratnya. Diracik biasa pake komposisi kecap manis agak banyakan, sambel agak banyakan, dan saos sedikiiit aja. Udah deh, ke dapur bentar goreng keju buat takcemplungin ke baksonya. Rasanya jadi kayak bakso keju ahhahaha...#pintar kan gw? Kalau baksonya dimam saat itu juga, sop ayamnya bisa buat sekalian sahur. Pelengkapnya ada sate telur puyuh. Nyammmiiiih!

Resep Sop-Sopan
Bahan-Bahan :

Jagung manis
Kentang
Wortel
Kubis atau kol
Seledri dan daun bawang
buncis
Bawang putih
Bumbu Siap saji Sop
Gula pasir

Bumbu yang Dihaluskan : 

Bawang putih
Merica
garam

Tahapan Memasak :

Cuci bersih bahan sayuran yang ada
Pipil jagung manis
Potong-potong buncis, wortel dan kentang
Iris halus seledri dan daun bawang
Potekin kubisnya

Tahapan Memasak :

Cincang bawang putih
Tumis sebentar sampai harum
Rebus air
Masukkan tumisan bawang putih cincang beserta minyaknya juga bumbu yang telah dihaluskan
Masukkan wortel, kentang, dan jagung manis pipilnya
Masukkan bumbu siap saji sop-sopan
Tambahkan sedikit garam dan gula pasir
Tambahkan buncis, daun bawang dan seledri saat sop sudah hampir matang
Tunggu sampai matang
Sajikan hangat















Hari Keempat : Masakan Padang (Paru Goreng, Dendeng Balado, Ati Ampela balado, Daun Singkong Rebus, Perkedel, Sambal Hijau),Es Kelapa Muda, Semangka, Jeruk 

Horeeee! Sore-sore dibeliin Tamas masakan Padang favorit. Lauk yang kusuka itu ada paru goreng, ati ampela balado, dendeng balado, perkedel, daun singkong rebus dan sambal hijau. Ini dari rumah makan Padang yang kubilang hari pertama puasa tutup kemarin. Nah sekarang alhamdulilah udah buka lagi. Rasanya tuh nikmat banget mam masakan Padang, biarpun aku aslinya orang Jawa, tapi tetep aja lidahnya mau ama makanan nusantara dari Pulau manapun hehehhe. Dan ini cuma beli sayur en lauknya thok. Nasinya sih Mbul bikin sendiri. Kan cayank ama rice cooker wakakakkakagg.. Padahal kalau beli nasinya juga biasanya dibungkusin lumayan gede ya. Nasinya warung Padang kan enak...hihihi..Agak pera tapi enak. Ya kalau Mbul sih pake beras tumbas di minimart aja.





















Oiya, selain makanan beratnya, yang manis-manis juga ada kelapa muda dan buah. Kebetulan Om tetangga (samping rumah pas sekarang alih profesi jadi pedagang buah). Jadi lumayan bisa beli deketan kan, tinggal jalan ke depan terus buahnya dianterin ke rumah. Belinya 1 glundung semangka merah, jeruk medan, melon, juga tak lupa bumbu penting macam bawang merah dan bawang putih. Mantab! 





Aku kalau mam masakan Padang paling nikmat tuh ambil daun singkong rebusnya deh. Udah gitu atasnya takceprotin sambal hijau yang banjirrrr. Sambal hijaunya masakan Padang kan berminyak ya. Nah itu aku suka banget. Ga pedes tapi nikmat!! Sebenarnya aku juga suka sambal merah yang ada diantara dendeng baladonya sih. Cuma sedikit. Aku pengen request kalau sambal merahnya agak dibanyakin tapi ternyata emang porsiannya segitu wkkwkwk... Jadi ingat dulu warung padang dekat kantor di Jakarta kalau request sambal merahnya diambilin memenuhi atas piring loh wkwkwk...Tapi emang enak banget asli. Cabe merahnya itu loh biarpun masih diuleg kasar tapi kerasa gurih pedesnya hmmmm banget. Maknyusss huhah! Ga pedes sih. Lebih ke gurih nikmat pedesnya slamat-slamat aja. Makanya aku sukanya dari masakan Padang ya karena sambal dan daun singkong rebusnya ini.  Gimana aku ngejabarin kenikmatan masakan Padang udah bikin kemlecer belum? 






















Hari Kelima : Tumis Kulit Melinjo, Tempe Goreng, Telor Asin, Melon

Menu selanjutnya masakan rumahan lagi. Yaitu tumis melinjo, tempe goreng dan telor asin. Udah dimasaknya sedari sahur tadi dan masih ada buat buka ntar. Jadi udah tinggal ngangetin. Stok tempe kalau mau goreng lagi juga masih ada. Telor asinnya beli di pasar, tapi ternyata kuningnya juga belum terlalu masir jadi masih kayak telur rebus. Tapi ga pa pa sih hehehe. Kalau tumis kulit melinjonya ini dimasaknya dengan penuh cinta ya jadi rasanya udah pasti wenak, endes, dan pedes. Untuk tempe gorengnya, karena beli di pasar dan dapat yang baru maka begitu digoreng rasanya enak. Buahnya pake melon dapat beli dari Om Tetangga samping rumah kemarin. 








Hari Keenam : Cumi Goreng Tepung, Tumis Cumi Bawang Bombay, Mie Ayam, Es Buah

Wah! Sore-sore Mbul tandem nanganin cumikkkk hohoho. Mana cumiknya gede banget lagi. Nda tauk itu sotong apa cumik. Tapiiiih yaudahlahya akhirnya Mbul masak juga biar nda ngendon terlalu lama di dalam freezer. Sebenarnya ini beli waktu kami lewat daerah pesisir sih. Malem-malem habis pulang dari pantai, eh lewat pedagang seafood. Terus liat ada cumik kok gede banget akhirnya beli beberapa kilo. Tamas yang pengen beli sebenernya. Mbul mah manut aja. 

Satu Mbul bikin cumi goreng tepung, satunya lagi Mbul tumis pake bawang bombay. Mbul potong-potong bentuk cincin. Sebelumnya tentu udah Mbul rendam dengan perasaan jeruk nipis. Agak berkejaran dengan waktu cz ternyata udah mepet mau 'dung dung dung' bedug magrib. Untung aja pas azan udah kelar acara masak-masaknya. Maksudnya ini bisa buat sahur. En beydewey, cumi goreng tepung bikinan Mbul udah setara lah ya ama bikinan warung tenda seafood-seafoodan. Rasanya crunchy dan gurih. Terus ada tambahan mie ayam dari Tamas dan beliau juga bikin es buah dadakan. Selain masih ada semangka dan melon beli dari tempat tetangga samping rumah kemarin, juga ada tambahan timun suri. Jadi deh menu buka dan sahurnya seperti ini. 











Hari Ketujuh : Tumis Pepaya Mengkal, Cumi Goreng Tepung, Tempe Goreng, Manisan Pepaya Mengkal Basah, Alpukat

Hari ini Mbul masih ada persediaan pepaya mengkal. Sebelum matang dan menjadi oranye, Mbul harus segera eksekusi jadi 2 hidangan, antara main course dan dessert, eeeeh ketinggian ya bahasanya. Maksud Mbul sayur dan manisan. Savory en sweet. Jadilah tumis pepaya dan manisan pepaya. Lauk pelengkapnya tempe goreng dan cumi goreng, juga tadi ketambahan beli alpukat. Alpukatnya besar-besar. Belinya masih di Om tetangga samping rumah dan diantar sore-sore. Untuk manisan pepayanya aku kasih resepnya di bawah ya.

Resep Manisan Pepaya Mengkal Basah
Bahan-Bahan :

Pepaya mengkal
Gula pasir
citrid acid
air rendaman beras
vanili bubuk
sedikit garam
pasta rasa pisang ambon (aku pake yang warna merah)
air

Cara Memasak :

Kupas pepaya dan potong-potong dengan pisau garit (kalau ga ada pakai pisau biasa saja juga ga pa pa)
Rendam pepaya yang telah dipotong ke dalam air rendaman beras selama 2 jam. Sebenernya lebih efektif pake air kapur sirih, tapi aku punyanya beras. Jadilah kuakalin pake air rendaman beras.
Setelah 2 jam, siapkan air dan rebus 
Masukkan pepayanya
Tambahkan sedikit pasta pisang ambon agar warnanya merah ceria dan baunya wangi
Tambahkan sedikit citrit acid
Tambahkan gula pasir
Tambahkan sedikit garam dan vanili bubuk
Masak hingga matang
Sajikan dingin lebih nikmat

















Hari Kedelapan : Burung Belibis Goreng, Bebek Mercon, Tumis Daun Pepaya, Asinan Buah, Jambu Darsono

Hari kedelapan puasa jatuh pada hari Minggu. Jadilah Mbul dan keluarga ngabuburit cari makan di luar. Masaknya libur dulu. Sebenernya udah siap-siap dari jam 3 sore sih. Tapi pada ketiduran, jadilah berangkatnya jam 5-an udah peteng, dan udah blank mau beli apa aja. Ga jauh dari rumah, ya di deket jalan raya. Tapi tetep bingung juga. Alhasil awal-awal beli air dulu karena galon udah pada habis. Habis itu muter lagi nyari apa eh ga nemu-nemu juga. Agak terjebak macet di perempatan jalan dekat danau. Terus nemu asinan yang kemarin beli. Kali ini Mbul beli 2 bungkus buat ditaruh di kulkas, selain kolak dan juga bubur sumsum yang ada bola-bola tepung berasnya (bubur sumsum candil). 

Setelahnya balik arah buat beli jambu darsono yang acemmmnya minta ampun dan warnanya merah hati. Tak lupa kami juga beli semangka. Sebenarnya mau beli pepaya matang tapi ga jadi, udah kebanyakan stok buah-buahan. Dan makanan beratnya masih blank. Akhirnya diputuskanlah beli bebek mercon aja. Dapatnya bagian paha. Dadanya udah abis, atau sebenarnya ada tapi belum digoreng....ya udah ga pa pa Mbul suka paha juga. Meski dada lebih suka pake banget karena lebih gede. Tapi apa boleh buat dadanya abis. Ini udah sama tumis daun paya ya. Selain itu kami minta pula ditambahin ati ampela yang sambelnya jadi satu ama bebeknya. Karena bebeknya cuma dikit akhirnya melipir lagi tambahin belibis goreng yang biasa dijual gerobakan gitu dekat Indomaret. Wah asyik akhirnya Mbul mam manuk goreng. Rasanya gurih asin...dicampurin ke sambel bebeknya enak juga loh. Pedes banget hwahahahhahahah......















Oiya, sebenernya sebelum puter balik ke burung goreng, kami sempat belanja sayuran juga buat keperluan masak besok. Kebetulan di jalan ketemu abang-abang penjual sayur gerobagan jadinya langsung cabcus beli di situ aja. Kami beli kangkung, turi, seledri (buat soto besok) dan 1 papan tempe. Karena pada senang tempe gorengnya Mbul yang gurih. Jadinya diusahakan setiap hari harua ada stok tempe. Hehe..Udah sementara belanja sayurnya segitu dulu karena kalau kebanyakan takut ga kemasak.






Hari Kesembilan : Kolak Labu Pisang, Es Buah, Tahu Berontak (Tahu Isi + Bakwan), Soto

Foto sotonya nyusul...ntar sekalian takbikinkan resepnya. Sekarang pajang yang udah ada fotonya aja ya. Yaitu....eng ing eng...sore-sore tetangga yang seumuran ibuku ketok-ketok pintu rumah Mbul kasih kolak labu pisang. Alhamdulilah dikelilingi orang-orang baik. Lalu aku goreng ayam buat suiran soto, manasin kaldu sotonya, dan ngracik irisan kol, seledri, tomat, dsb. Ntar ya fotonya nyusul. Abis itu kami bikin es buah lagi. Kali ini ketambahan alpuket dari beli di Om tetangga samping kemarin plus timun suri, dan melon. Abis itu disiram sirup pisang ambon biar merah jambu dan wangi seperti Mbul, eh. Hahahha...Lauk lainnya dibeliin gorengan tahu berontak (tahu isi) dan bakwan sayur. Alhamdulilah. Nikmat...












Hari Kesepuluh : Soto Ayam
Resep Soto :
Bahan-Bahan Bumbu 

Ayam
Sereh
Lengkuas
Daun salam
Daun jeruk
Indofood Bumbu Soto Ayam
Garam
Gula
Minyak untuk menumis bumbu

Untuk isi soto :

Kubis
Tomat
Kecambah
Bawang goreng
Bihun
Seledri

Tahapan Memasak :

Rebus ayam yang telah dibersihkan sampai matang, tiriskan
Rebus di panci yang lain sereh, daun salam, daun jeruk, lengkuas
Tumis sebentar saja bumbu Indofood soto ayam dan buang minyaknya masukkan ke dalam rebusan tadi
Tambahkan ayam yang telah direbus sebelumnya ke dalam rebusan kuah soto sampai bumbunya meresap
Setelah ayam termarinasi bumbu soto, angkat, tiriskan, goreng sampai kecokelatan
Suir-suir ayam goreng 
Iris kubis, seledri, dan tomat
Rebus bihun sebentar saja, angkat
Jika ingin mengambil porsian soto, tata pada dasar mangkok berupa kecambah, bihun rebus, irisan kubis, tomat, dan suiran ayam lalu setelahnya baru siram dengan kuah soto
Kalau mau lebih sedep lagi bisa kombinasikan dengan kecap ataupun sambel ke dalam kuahnya (yang ini sesuai selera). Kebetulan kami bikinnya sambal kecap





Hari Kesebelas : Oseng Kangkung, Es Buah Ceria, Tempe Goreng, Telor Dadar

Makin ke sini masaknya yang simple aja. Mbul numis kangkung, sekalian goreng dadar telor dan tempe goreng. Soalnya semuanya suka tempenya Mbul. Ini menu yang ga pernah absen di rumah. Kalau dadarnya aku kasih irisan rawit juga jadi ada pedes-pedesnya dikit. Dessertnya es buah ceria yang bahannya masih sama yaitu timun suri, alpukat, manisan pepaya, disiram sirop pisang ambon pink dan susu kental manis.










Nah kira-kira presentasi fotonya seperti ini. Kemungkinan besar post ini akan selalu update sesuai jurnal menu harian buka dan sahur ala Mbul dalam bulan ini. Jadi nanti akan selalu ada pembaharuan hehehe..













142 komentar:

  1. Assallamualaikum, selamat malam mbak nitaku ?? Selamat menjalankan ibadah puasa semoga Amal ibadah kita diterima sang Maha kuasa. Amin. Dan, berbicara akan menu buka puasa saya Dan bunda justru hanya bikin tahu bumbu saja . Ayoolah?? Kirim makananya yang banyak itu untukku Dan bunda Mbak nit??πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ€«πŸ€­πŸ€­πŸ™πŸΌπŸ™πŸΌπŸ™πŸΌ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam Tari. Selamat berbuka puasa buat Tari dan Bundanya Tari ya. Alhamdulilah kok kayaknya enak tahu bumbu ya. Nita jadi kepengen bikin. Nih untuk tari...es kelapa muda dan makanan hehehhe 🍹🍹🍹🍲🍜🍜πŸ₯—πŸ—πŸ€πŸ₯πŸ₯©πŸ₯ž

      (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  2. Selamat berpuasa
    Enak2 menu berbuka puasanya

    BalasHapus
  3. Feliz ayuno, Gustyanita. Gracias siempre por tus manjares y exquisiteces... En especial la sandΓ­a!!

    Abrazo hasta allΓ‘, amiga!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sahabat Carlos dari Argentina yang selalu hadir dan drop komen di blog Mbul yang sederhana ini πŸ˜ƒπŸ˜„ begitu mbul update post baru.

      Benar Carlos, semangkanya segar banget. I buy this watermelon from my neighbour. It's so watery. Greetings

      (´∧Ο‰∧`*)

      Hapus
  4. duuh, jam segini lihat postingan mbul, enak banget dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti ke blog Mbul harusnya jem-jem menjelang buka ya mas fajar wkwkwk

      πŸ˜‚

      Hapus
  5. Wah tiap hari menu buka puasa nya beda-beda, jadi semangat kalo buka puasa ya mbul.πŸ˜„

    Aku kadang ke warung Padang 10 ribu tapi kok ngga ada menu Paru Goreng, Dendeng Balado, atau Ati Ampela balado, kalo daun singkong sih ada. Sering nya adanya ikan bandeng sama ayam, tapi sayangnya ayamnya kecil, mungkin disesuaikan dengan harganya kali ya. πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. He em iya Mas Agus, menunya sengaja beda-beda. Tapi itu dalam satu foto udah sekalian buka en sahur hehehehew πŸ˜πŸ˜ƒ

      Warung Padang serba 10 ribu juga banyak Mas di sekitar tempat tinggal Mbul. Pernah coba beli memang lauknya kebanyakan ayam, perkedel gitu kan. Bandeng malah belum oernah nyoba. Apa bandengnya yang dibalado sambal merah ya Mas? πŸ™„πŸ€”

      ama dadar yang tebal juga biasanya kan...yang ada campuran adonan tepungnya ituπŸ˜„

      Enak mas, favorit Mbul kalau ke Warung Masakan Padang itu ya lauknya paru goreng, dendeng balado (baik yang basah atau kering en sambal merahnya banyak), terus balado ati ampela. Sambelnya baik yang sambel ijo atau merah aku suka semua. Biasanya langsung taksiramkan ke atas daun singkong rebusnya. Mbul masih penasaran sih kenapa daun singkong rebus masakan padang itu gurih dan sedikit basah karena minyak tapi itulah yang bikin enak. Aku lebih suka daun singkong rebusnya ketimbang kuah santen yang ada nangka en kacang panjang atau kolnya. Tapi kalau daun singkong dikasih kuah dikit terua ditimpa sambal hijau sih enaaak bangeeed. πŸ€€πŸ˜πŸ˜„

      cobain mas kapan-kapan...

      tapi orang-orang kebanyakan suka rendang ya..kalau mbul justru lauk yang dah kuterangin di atas

      ^____^

      Hapus
    2. Emang masih ada warung pada serba 10 ribu...Bangkrut Biso udo.🀣🀣🀣🀣🀣


      Ditempatku warung nasi padang paling murah serba 13 ribu...Karena minyak mahal.πŸ˜₯πŸ˜₯

      Hapus
    3. Disini masih banyak kang, kalo mau bisa kirim 10 bungkus ke Depok, cuma 100 ribu.

      Tapi ongkir nya 10 kg 140 ribu, jadi totalnya 240 ribu.🀣

      Hapus
    4. itung itungan yang cerdas wkwkwk

      ΰΈ…(=ࢠᆽࢠ=ΰΈ…)

      Hapus
    5. Tukang warung harus pintar ngitung, kalo enggak ntar duitnya kebawa orang.🀣

      Hapus
    6. pinter emang mas agus...

      🀭

      ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)(´∧Ο‰∧`*)

      Hapus
  6. Duhh bikin laper aja nih mbul postingannya..😁😁 Ngomong2 itu anak Thoke dari mana sampai tepar gitu mbul.🀣🀣🀣


    Kalau aku buka puasa cuma makan lontong dan aneka gorengan aja mbul. Dan minumnya es kelapa muda. Baru pas pulang taraweh makan nasi seperti biasa.


    Kalau pas Saur cuma makan roti bakar aja, atau makan kolak biji salak. Tapi lebih sering makan roti.😁😁 Minumannya es cendol hitam yang sudah aku pesan jauh2 hari sebelum puasa.😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bukan cendol mbul tapi Cingcau hitam maksudku.🀭🀭


      Jadi kalau cingcau nggak ada terpaksa nutrijell Blue-berry gantinya yang rasanya manis dan sejuk segaarr!🀣🀣🀣

      Hapus
  7. Wiiih mantep dong menu buka puasanya. dan eh biasakan buka dengan yang manis manis ya... 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manteb kadang masak kadang beli hehehe πŸ˜„

      aku keingat iklan soalnya, iklan teh botol sosro πŸ˜πŸ˜‚

      iya Mas Ihsan itu anjurannya, pernah baca dianjurkan untuk berbuka dengan kurma tapi karena ga ada kurma bisa diganti yang lain, bisa air atau yang lainnya lagi hehehe ^_^ biar fungsi penglihatan yang tadinya menurun, setelah berbuka langsung 'jreng' segar kembali 😊☺

      Hapus
  8. ...a huge number of choices!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Tom, In Ramadhan, in the evenings, we breaking the fast with something sweet, then we can eat the other dish too, beside rice as staple food in our country 😊☺ and don't forget to consume fruit and water ^_^

      Hapus
  9. So many delicious treats! Those sweet corn fritters are looking good and I miss duck eggs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Angie, when i break my fasting, i hope my fasting today gets kindness...

      The dish with sweet corn called bakwan or dadar jagung in 'bahasa', sometimes we use sweet corn, sometimes we use cabbage and carrot that blend with flour and seasoning and cooked in deep frying methode ^^

      this salted eggs have not 'masir' texture in their yolk πŸ˜πŸ˜‚ so i feel their taste look alike boiled eggs ^_^

      Hapus
  10. Delicious. Blessings on Ramadan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks for dropping by Dear. God Bless you ^_^

      Hapus
  11. Es kelapa, tadinya saya pikir itu ager-ager..hihihi

    Asinan buahnya itu kayaknya enak banget kalau dimakan pas tengah hari bolong, segerrrr..hihihi

    Itu urapnya pakai wortel ya?

    Oh asem asem ternyata sayur asem, daun so itu daun ninjo ya?

    Sayur sop pakai jagung, unik juga jadi ingat teman yang orang Bangka Belitung minum susu dicampur pipilan jagung manis.

    Bakso diskip..hihihi

    Itu telor puyuh semur dibikin jadi sate, rajin amat.

    Semangka, dari awal puasa berbuka sama semangka. Semangka merah sama kuning seger banget kalau dimakan dingin-dingin.

    Kalau masakan padang saya sukanya ikan patin atau ayam sayur sama daun singkong plus sambel cabe ijo

    Tumis kulit ninjo belum pernah makan, mungkin rasanya agak jauh berbeda kali sama yang disayur asam?

    Telur asinnya banyak banget, belinya cara lusin apa kodi tuh?

    Cara beli melon yang manis yang kayak gimana sih soal kalau beli melon keseringan dapat yang adem alias tawar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya ya, setelah dikeker-keker memang mirip ager-ager ya mas her kalau diliat dari atas wakakakkakak

      betul. Asinannya enak dan segar. Malah besok amu beli lagi hahhaha

      Wah keren juga temannya mas herman, makan pipilan jagung dicampur ke minuman wkwkw..temen apa temen tuh mas her hihihi

      wakakak baksonya diskip kasihan bener tuh bakso

      Iya kan kalau telur puyuh dibacem biasanya habis itu ditusukin dan dijadikan sate

      Betul banget, semangka baik yang merah atau kuning asal milihnya pinter..kemungkinan besar dapat yang manis.

      Kalau lauk ayamnya masakan padang sih aku lebih demen ayam pop, biarpun warnanya putih tapi enak dan gurih soalnya digorengnya bentar banget jadi luarnya oily tapi dalemnya lembut

      kalau kulit melinjo yang merah ini ditumisnya dipedes. Rasa kulit melinjonya sih sama dengan yang diasem asem. Cuma kalau asem asem biasanya melinjonya masih ada bijinya

      sedangkan tumis kulit melinjo sudah tidak ada bijinya, sebenernya lebih enak lagi jika dicampur tahu atau kecambah en daun so. Cuma waktu itu ga nemu akhirnya kulit melinjo thok

      telur asinnya beli beberapa kilo aja haha

      nah aku juga bingung sih soalnya dipilihin langsung sama om tetangga yang jualan ituh melon, eh ndilalah dapat yang manis. Alhamdulilah deh πŸ˜„

      Hapus
    2. Nah itu... wkwkwk

      Kalau beli lagi saya titip satu ya, satu ton..hihihi. Ongkir ditanggung penjual kan? Hihihi

      Bukan keren tapi aneh..wkwkwk..Tadinya temen terus jadi temen akhirnya cuma temen.. wkwkwk

      Kalau beli semangka saya takut milih soalnya kalau milih pasti ditabok-tabok sama perdagangnya.

      Dicampur tahu tahu atau kecambah pasti jadi unik rasanya, sepetnya rasa kulit melinjo, empuknya tahu dan renyahnya kecambah..hihihi

      Beberapa kilo berarti lebih dari sekilo bisa tiga, empat atau sepuluh kilo.. lumayan banyak..hihihi

      Hapus
    3. hahahha...ongkir ditanggung penjual? Rugi bandar dong kita orang jualan wkwkwk


      oh ini beda lagi dengan mbak dara banjarnegara ya (kan asalnya babel), juga beda lagi dengan mbak ningsih xixixi...temen trus jadi temen hidup juga ga pa pa mas herman 🀭, asal mas her n temannya itu sama sama masih sendiri wkwkwkkw #kaboor sebelom dilempar sendal...eh tapi yang paling penting harus lawan jenis ya, ntar temannya ternyata cowok juga hahahhahahaha
      #canda

      iya memang sih ada cara tersendiri untuk pilih semangka yang konon katanya manis, tapi aku juga ga paham, mungkin dengan ditepuk-tepuk kali ya

      betul besok lain kali harus ditambah tahu cokelat dan kecambah

      busetdaaa ga sampe segitu juga kiloannya...marem marem dah makannya hahhahahahhaha

      Hapus
    4. Ngga rugi cuma ngga pulang modal aja.. wkwkwk

      Emang teman hidup kan saya sama dia sama-sama masih hidup.. wkwkwk

      Nah itu ditabok-tabok kadang naboknya pakai pisau kan serem..hihihi

      Marem-marem itu apaan? Ngga kedeteksi sama google translate.

      Hapus
    5. berarti tinggal minta modalin ongkir balik ke mas her dan mba dara banjarnegara #eh wkwkwkwk

      bisa aja dia ngelesnya, malah pake arti denotatif temen yang beneran masih hidup hahahah...temen hidup beneran juga boleh mas her itu temennya yang dari bangka belitung segera dipinang wkwkwk...

      sadis ya ditabok tabok pake pisau.

      marem itu kenyang mas her alias wareg wkwkwk

      Hapus
  12. Lots of nice delicious food there!
    Best wishes for on Ramadan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Bill, In this holy month, I hope it cleans ourselves from any wrongdoings and seek Allah's blessing. And some side dish are special made by me as signature dish in my house when we break our fasting ☺😊

      Hapus
  13. Boa tarde. Esse menu que vocΓͺ trouxe, parece ser maravilhoso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas apresiasinya Sahabat Luiz. Salam dari Indonesia untuk temanku dari Brazil πŸ˜ƒ

      Hapus
  14. Saya suka tengok Master chef Australia.
    Wah bagus bersihkan bilik jadi bilik solat dan mengaji. Saya mengaji tidak tetap kadang-kadang siang kadang-kadang malam.
    Hehe buku-buku saya sudah penuh di rak. Niat untuk sedekah sebahagian buku-buku.
    Banyak lauk sudah dimasak. Saya makan lauk ringkas. 2 lauk sehari. 3 orang tinggal di rumah.
    Selamat berpuasa dan beribadah Mbul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salim kak na...Mbul juga gemar liat Masterchef australia yang jurinya terkenal humble dan ramah...beda dengan Master Chef US dimana khasnya ada si sangar yang frontal yaitu Chef Gordon Ramsay...selain itu ada juga Joe bastianich...tapi yang lebih nyentrik lagi kalau masterchef Kanada itu jurinya Alvin Leung hehhehew

      Iya kak na, mbul baru ada kesempatan pindahin ranjang dari kamar samping ke ruang lain dan jadikan kamar samping tempat sholat jadi agak luas

      γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž(^・Ο‰・^✿)

      buku buku kak na kebayang udah numpuk ya...mbul juga sih..Sampai kadang pengen bikin perpustakaan mini dengan segala koleksi novel dan komik komik mbul 😜🀭

      iya kak..lauknya udah mbul jembreng selama 6 hari buka puasa dan sahur jadi kelihatan panjang postingannya. Rencananya mau Mbul update tiap hari karena jadi semacam postingan jurnal gitu kak (❁´◡`❁)

      Hapus
  15. Food looks good and delicious. Have a meaningful Ramadan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Nancy (´✪Ο‰✪`)♡

      ya, for me Ramadhan bring the best of us to use this holy month to do more good deeds and spread kindness to each other
      γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž(^・Ο‰・^✿)

      Hapus
  16. Balasan
    1. Thank's Sunika...

      Ramadhan is coming! for all Muslims, Let's get prepared to do more good deeds so we can have the grace of Allah (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  17. enyak-enyak semua mrnu buka puasanya mba, hati pertama mantap banget ada sate :D

    seneng ya puasa bisa kumpul keliarga, gw lagi di masa2 langen suasana itu, padahal dulunya gw aga bosen pas puasa ko dirumah mulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Nif...lumayan nih...mumpung lagi semangat masak dan kadang beli juga sih hehehe...aku coba praktikkan berbagai resep yang bervariasi

      (´∧Ο‰∧`*)

      iya hari pertama dapatnya jackpot, di tempat yang sama bisa dapat sate kambing, sop kambing en asinan buah xixixi

      iya senang rasanya, ayo nif manfaatkan kebersamaan dengan keluargamu di Jepara mumpung belum sibuk ini itu 😁

      Hapus
    2. gw malahan udah sibuk kerja di piasa minggu pertama, nanti palingan dua minggu terahir atau tiga minggu terahir baru bisa kumpul :D

      Hapus
    3. wah semangat nif, semoga pekerjaannya lancar ya..dan nanti bisa kumpul keluarga pas lebaran, amin 😊☺

      Hapus
    4. Semangat mas khanif, siapa tahu di tempat kerja nanti dapat kenalan janda.πŸ˜„

      Hapus
    5. semangat...mudah-mudahan nanti di tempat kerja mas khanif dapat kenalan janda 😁🀭

      Hapus
    6. Betul mbul, siapa tahu nanti mas khanif kenalan sama janda tua yang anaknya sudah lima, lumayan tidak capek lagi bikin anak.🀣

      Kabooorrrr πŸšΆπŸƒπŸ’¨

      Hapus
    7. Waaaaaaaaaakk...bukan mbul yang bilang sih πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    8. Orangnya ngga nongol, lagi sibuk sama rongdo nya.πŸ˜„

      Hapus
    9. waparahhhh ⊂(● ̄(エ) ̄●)⊃

      Ni nif diledek mas agus

      πŸ˜‚πŸ€£

      mas mendingan minum wedang ronde yang ada indil indilnya aja nih, gratis....tapi cuma fotonya aja...kabooooor

      🍑🍑🍑

      kapan kapan takbikinke resep ronde beneran aja deh ya, biar nambahi label menu masakanku πŸ˜„πŸ˜‚

      Hapus
    10. gw sibuk kerja kali, paling mas agus yang sibuk nyari janda tapi ketauan iatrinya terus di gampar :V

      Hapus
    11. ΰΈ…(ΰΉ‘⊙Π΄⊙ΰΉ‘)ΰΈ…!!δΈ‰δΈ‰α••( ᐛ )α•—

      Hapus
  18. Bom dia. Desejo um bom final de semana, com muita paz e saΓΊde para vocΓͺ e toda a sua famΓ­lia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good Morning, Luiz My Friend from Brazil. I wish you in a good weekend too, with lots of peace and health for you and your whole family ^_^

      Hapus
  19. This food looks so yummy. I'd love to try it.

    Kisses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Joanna, makanan khas Ramadhan, walau sebagian di luar Ramadhan pun tetap ada. Kalau dish harian umumnya makanan yang kumasak sehari-hari dari bahan yang dibeli dari pasar tradisional γƒΎ(´︶`♡)οΎ‰

      ciuman besar untuk sahabat pembaca juga.

      have a nice day

      Hapus
  20. Paling pengin yang asinan buah itu mbak mbul.. kayake seger banget. Tapi di sini ndak ada yg jual asinan buah. Mau bikin sendiri udah parno sendiri.takut gak enak! Hehe

    Menunya komplit ni mbak mbul. Saya paling seneng ada kuahnya kalau pas sahur. Bikin cepet maemnya :)
    Tapi kalau buka pilih yang garingan aja. Paling oseng dan gorengan.

    Met lanjut puasa mbaak mbul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Wi, asinan buahnya Mbul suka banget..bahkan rencananya besok weekend mbul mau beli lagi πŸ‘πŸπŸ‹πŸΉ

      aku juga belom pernah bikin sendiri kalau asinan Mbak Wi. Pernah kapan hari pengen bikin tapi takud rasanya ga sama kayak yang biasa aku beli dari pedagang asinan

      (´・ο½ͺ・`)ΰΈ…(=ࢠᆽࢠ=ΰΈ…)

      iya, sahur emang pengenya yang cepet dimam, soalnya kadang masih ngantuk xixixi en ayip-ayipen..masih pend bubuk karena kayak nyawa blom kumpul. Tapi begitu alarm hape bunyi sekali lagi..akhirnya kebangun deh

      ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      sama sama mba wi, met berpuasa juga untuk mba wi en keluarga ^_^

      Hapus
    2. Ayoo mbak mbul coba praktek bikin asinan sendirii
      Kelapa muda sirupnya d best deh
      Segeeer

      Hapus
    3. insyaAlloh nanti kapan kapan mbul pengen bikin mbak dewi πŸ˜„

      Hapus
  21. Halo mb Nit, selamat puasa ya.

    Btw foto-foto makanan yang lezat ini saat dilihat pada siang hari saat puasa akan terasa horor lo hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo juga bang day..lamo tak bersuo..selamat berpuasa juga buat Bang Day dan keluarga πŸ˜ŠπŸ˜„

      Berarti kalau ke sini pas ga sengaja siang hari sambil merem aja ya bang wakakkakaakakkak

      Hapus
  22. enak enak menunya...
    bisa endut setelah Ramadhan...
    πŸ˜πŸ‘πŸ€£

    BalasHapus
    Balasan
    1. endut pipinya aja pak tanza 🀭🀭

      kalau pipinya emang ga bisa digembesin

      hahahhahah

      kalau perut mah gampang, tinggal sit up dan plank siang malam πŸ˜‚πŸ€£πŸ˜

      Hapus
    2. Kalo aku malah susah gendut mbul, apa sih rahasianya?

      .

      .

      .

      .

      .

      Gendutin isi dompet.πŸ˜‚

      Hapus
    3. Lha harusnya Mbul yang tanya mas agus...wkwkwkkw

      cara gendutin isi dompet pegimane?

      sini takkasih tahu caranya...

      pertama, kumpulkan struck indomaret, lalu bon-bon makanan, bill-bill belanjaan, dan kartu-kartu seperti KTP, sim, stnk, dll...nah abis itu dimasukin di dompetnya mas...ntar kan tebel jadinya. Belum ditambahin ama daon tetean wkwkwkwk

      kabooooor dulu sebelum dilempar sendal jepit swallow

      (´・ο½ͺ・`)(。・Ο‰・。)(*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      δΈ‰δΈ‰α••( ᐛ )α•—

      Hapus
    4. Kirain aku suruh jaga lilin biar dompet tebel. -_-

      Hapus
    5. nah kalau yang spesialis jaga lilin biasanya kan mas agus...tapi khusus lagi bungkusin emping pake plastik jadi ujung plastiknya direkatkan pake panas api lilin 🀭

      Hapus
  23. saya suka perkedel jagung dan sayur asem...
    thank you resepinya......

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bahan dasarnya jagung manis semua wekekekk..soalnya sekalian penghabisan 🌽🌽🌽 di kulkas pak πŸ˜‚

      Hapus
  24. hemmm seger seger cocok buat berbuka puasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe..makasih Om Jasa Pindahan Rumah πŸ˜„☺

      Hapus
  25. uenakke tempe kuwi πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya wak...bikin ginian aja yang simple simple...kadang masaknya juga kesusu-susu udah jelang bedhug magrib πŸ˜‚

      Hapus
  26. Salam Ramdhan Gus..
    Asinan buah sama sate kambing bikin saya pengen sekali.Sayangnya asinan buah tiada dijual di tempat saya.Sate kambing saya pernah cubahi di warung Bu Ani di Puchong Malaysia..Ya ampun,pedes tapi enak ya ampun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Ramadhan Gus.

      Mbul sudah ganti nama jadi Agus ataukah aslinya Agus.😱

      Hapus
    2. Salam Ramadhan juga Kak Cella dafi Malaysia. Tetima kasih sudah singgah ke blog mbul yang sederhana ini

      (❁´◡`❁)

      asinannya sedap sekali kak...Asam-asam manis pedas. Segar dimakan setelah tarawih

      sate kambing yang akak ceritakan kedengarannya enak...jadi terbayang pedesnya (´∧Ο‰∧`*)

      Hapus
    3. Mas Agus : hwahaaaaa...mas...

      gus nya dari Gus penggalan depan tyanita 😜🀭

      !(*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      Hapus
    4. aslinya tetep mbul maaaas

      (。•́ωก̀。).。oO

      πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    5. Oh kirain udah operasi ganti kelamin jadi Agus.🀣

      πŸšΆπŸƒπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Hapus
    6. butkanlah huft (。•́ωก̀。).。oO

      Hapus
    7. bukanlah huft wkwkwkw

      (。•́ωก̀。).。oO

      mbul wanita, prinses, putri, young woman, young lady wkwkkwkwkwkkw

      Hapus
  27. asinannya bikin ngiler beneran mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak asinannya aku beli di bakul takjilan faozi 😊

      Hapus
  28. Waaa ..salah timing aku buka blogmu nit. Awan2...isine marai kemecerπŸ˜€. Salut, mamah muda 2 bocah yang masih mungil2 masih sempet masak+ ibadah+nulis postingan blog.

    Blogku nyaris lumutan.. jarang sempat update nit...kakean nonton drakor seperti nya...

    Btw, toss! Bumbu racik andalanku juga saat harus masak, tapi kudu cepet mateng

    BalasHapus
  29. Kok link dan judul blognya beda ya
    satu minggu ini, menu berbuka dan sahur saya adalah sayur asem dan risol
    sesekali mau sate ah,biar ada variasi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga ya...aku malah baru 'ngeh' baca komen sampeyan mas bumi. hehehe

      yuk sekali sekali mas bumi dan keluarga cobain berbuka dengan sate..dijamin sensasinya beda πŸ˜ƒπŸ˜„

      Hapus
  30. Yeah, masa ramadha dah sampai. Saya suka masa ini sebab pasar Ramadha ada pelbagai makanan dan saya tidak perlu masak makan malam, beli saja dari pasar Ramadha!! Es kelapa muda is so refreshing tetapi di Msia, kami tidak tambah warna merah. Kami ada sate tetapi biasanya daging ayam dan lembu, susah nak dapat dapat daging kambing. Dadur jagung sini pun, jarang dapat dadar jagung. Saya tidak pernah makan dadar jagung sehingga berkawan dengan orang Indonesia. Sekarang saya goreng dadar jagung sendiri sebab jarang dijual di gerai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak...kalau Ramadhan salah satu hal yang mengangenkan adalah keberadaan pasar Ramadhan yang menjual beraneka macam takjil dan makanan berat. Iya kak aslinya pas beli es kelapa mudanya original without sirop, sesampai rumah karena mau kufoto untuk ilustrasi blog jurnal kuliner harian Mbul makanya aku kasih sirop supaya kelihatan hihihi...sate ayam di sini juga banyak kak...ada sate madura, sate ambal, sate maranggi, dan sate padang dari daging sapi. Iya kak ini sengaja bakwan jagungnya aku kasih telur supaya kemriuk makanya kusebut dadar sebagai penyatu antara tepung beras dan tepung terigunya selain air

      γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž(^・Ο‰・^❁)

      Hapus
  31. Fix aku mau sate ama sopnya mbul itu udah perpaduan lezzatos, eh es kelapa juga mau, tapi cumi goreng tepung juga mau, pokoke sing gak mau cuma kulit melinjo karena aku gak doyan hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mbak Meta mau beli sate sama sop nya silahkan pesan di M-Store (mbul store), gratis ongkir se Indonesia.😊

      ...

      ...

      ...


      Tapi gratis ongkir nya cuma Rp1.000, kekurangannya bayar.🀣

      Hapus
    2. Ni sate buat Meta 🍒🍒🍒
      sop 🍲🍲🍲
      cumik goreng tepung 🍀🍀🍀, eh adanya gambar udang hahahahaha cuminya masih mentah πŸ™πŸ¦‘πŸ¦‘

      es kelapa muda 🌴🍹🍹🍹πŸ₯›πŸ₯›πŸ₯›

      (´✪Ο‰✪`)♡(*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      Hapus
    3. Mas agus : bwahahahhahahah



      kalau mbul bikin Mbul store yakin deh logonya itu anak terwelu atau anak kelinci atau anak marmut warna jambon hahhahahahhaha...atau kucing persia ΰΈ…(=ࢠᆽࢠ=ΰΈ…) yang dijual nanti kue kue dan masakan Mbul hahhahah #padahal aslinya ga bakat masagh
      🍰🧁🍧

      πŸ‘πŸŽ‚πŸͺ(´・ο½ͺ・`)

      Hapus
  32. All od this looks very delicious! I'd like to try these food😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Martyna. Have a nice day

      (❁´◡`❁)

      Hapus
  33. Aghhhhh liat dasar jagung jadi pengen masak ituuuuu 🀣🀣🀣. Udh lama ga bikin dadar jagung. Ama tumis kulit mlinjo. Dulu trakhir sering dibikin Ama almarhumah asistenku .. tapi sejak dia meninggal blm pernah bikin lagi. Jadi kangen ih mau makan itu πŸ˜„

    Salut loh nit, rajin banget masaknya 🀣🀣. Aku walo dibantu Ama asisten ttp ga sebanyak itu hahahahaha. Bukaan puasa juga lebih sering beli drpd bikin. Eh yg benernya sih belum pernah bikin wkwkwkwkwkw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba fanny ingat banget yang asisten mba fan yang pertama memang pinter masak ya, sering lihat fotonya dulu yang dah sepuh itu kan...sayang beliau sudah berpulang, alfatihah...

      hahahha sebenernya ini udah hari-hari kayak gini mba fan...kadang malah lebih ribet lagi...tapi kadang dibonusin boleh beli sambil ngabuburit kalau hari libur seperti Sabtu Minggu (´✪Ο‰✪`)♡

      (❁´◡`❁)

      Hapus
  34. Selama puasa ramadan memang banyak yang berkreasi, masak apa aja atau bikin minuman yang agak berbeda. Keren mbak, udah masak banyak banget dan konsiten hehehheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Itam, mengasah kreatipitas. Ga konsisten sih..kadang beli juga hehehe. Selamat berpuasa juga untuk mas itam dan istri ☺😁

      Hapus
  35. A yummy menu for breaking fast.

    Selamat Berbuka Puasa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Veronica my friend, happy Tuesday for you

      (´✪Ο‰✪`)♡

      greetings

      Hapus
  36. Makanan-makanan Mbul ga pernah gagal bikin ngeces nih air liur, apalagi lagi Ramadan gini... hehehe. Suka semua makanannya Mbul, rajin banget masaknya, apalagi itu asinan buahnya, look so fresh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...lagi rajin nih pak yonal, nanti tengah tengah biasanya udah beli makanan matengan tuh wkwk
      makasih pak yonal☺

      iya asinannya seger banget, terutama paling enak ada nenas dan mangga mudanya (´∧Ο‰∧`*)

      Hapus
    2. Duh langsung ngiler deh ngomongin nanas dan mangga muda. Kebetulan di sini mangga belum musim, tapi kalau nanas banyak, kemarin aja buka pake nanas... seger banget

      Hapus
    3. iya oak yonal seger banget emang kedua buah itu, favorit ^_^

      Hapus
  37. duarrrrrr jan wis lengkap
    aku sek membayangkan es berwana pink ichuuuuu
    alemong pingin tak kokop ae mbak hwhwhw
    astaghfitullah poso
    alhamdulillah yo ga bolak balik maneh
    iso khusyuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ilo ilo city....Gustyanita frommmm....Indonesiaaaaaa...
      #hore euforia miss universe wkwkkwk


      (((dikokop dong))) hahhahaha...seger mas ikrom...gawea...gampang kok

      πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
  38. Luar biasa manajeman menu sahur dan berbuka puasa, sudah diatur sedemikian rupa per harinya agar variatif dan menarik, dan sempat difoto juga hehe... Semoga berkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah enggak kok pak vicky...wakakakka...ini mah sebenernya hari hari udah masakannya juga kayak gini, kadang beli juga pas lagi capek hehehe πŸ˜„

      amin ya Robbal alamin ☺😊

      Hapus
  39. Bukaannya enak semua, seger lagi.
    Acar buahnya mantap, apalagi kalo ada jambu dalamnya...yummy,,,yummy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak kak.. mbul juga suka banget ama jambu...jamnu air berbagai varian mbul suka kak πŸ‘

      (´✪Ο‰✪`)♡γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž

      Hapus
  40. Aku dulu mikir e mbak nita ini ngeposting tulisan masak-masak plus ditambah foto step to step dari bahan mentah sampai tersaji "di-plating" rapi ala-ala master chef itu gampang. Setelah berumah tangga dan nonton istri masak, ternyata ribet juga ya. Hebat mbak. Pas potong-potong bahan, difoto. Pas dicuci, difoto. Pas proses masak/ngolah, juga di foto. Sampai mateng pun harus ada foto demi menunjang tulisan di blog. Dan ya, mateng-mateng wae dan terlihat enak (terlihat tok iki mbak, karena aku belum merasakan masakan e mbak nita -wkwkwk, canda mbak). Masak biasa wae kadang lama, ini ditambah foto-foto dokumentasi butuh berapa jam mbak? Penasaran aku....

    Jambu merah itu namanya jambu darsono? Baru tau. Di tempat embah juga dulu punya pohon jambu kayak gitu. Misal pas panen seneng banget, karena bisa makan jambu itu sepuasnya. Tapi bukannya kalau udah merah tua kayak gitu rasanya manis-manis enak ya mbak? Kok ini tadi tak baca katanya asem?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku ketinggalan berita...Inu udah merried...Selamat ya Nu...asyik ya sekarang ada yang masakin Inu...

      hehe...iya agak repot. Tapi seneng. Tapi nek wes repot banget akhire tumbas sih heheheh

      Iya itu jambu darsono atau jambu jamaica nu, sing asem...kecut gulo legi...eh salah maksude kecut pol. Nek sing legi kayake beda deh...sengertiku jambu kaget atau jambu bol sik merahe ga semerah iki nu

      Met Ramadhan juga buat Inu dan istri

      (´∧Ο‰∧`*)

      Hapus
  41. Menariknya juadah berbuka, yang terbaik yang hijau-hijau kan, ulaman banyak khasiatnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, Mbul suka yang hijau hijau...terutama sayuran (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  42. Balasan
    1. Iya Dear Kathy mbul buat perhari takjadikan satu postingan. Jadinya agak panjang

      γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž(*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      Hapus
  43. Balasan
    1. Selamat berpuasa juga, terima kasih sudah singgah di blognya Mbul ^___^

      Hapus
  44. Keren bener Mbul masak menu berbuka puasa maupun sahur pakai jurnal begini wkwkwkwkwk :D AKu mah bisa kaboooorrr hahahahah. Itu bakwan jagung termasuk menu favoritku dan anak2 loh. Biasanya udah aku campurin segala bumbu, bawang, cabe rawit kecil2 ke dalamnya. Sayur asem aku juga suka. DItemenin ikan kembung. Kalau rujak kesukaan suamiku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaaan aja Mbak Nurul, jadi pend malu mbul (⁄ ⁄•⁄Ο‰⁄•⁄ ⁄)


      wah sama ma mbul, ternyata anak-anak mba nurul suka bakwan juga kayak mbul

      tapi kalau versi mbak nurul ada ranjau rawit kecil dalam bakwan jagungnya ya mba..kreatip banget...pengen nyuba resepnya jadinya

      ikan kembung gorwng garing itu fav banget. Rujak dan asinan mbul suka banget (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  45. Wah sudah 111 komentar, angka cantik itu, bisa buat nomor togel.🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmmb ...pasti mas agus yang mau main πŸ€­πŸ˜‚πŸ€£

      mas....puasa mas..puasa ojok main dulu hahhahahaha

      Hapus
    2. Oh ngga boleh main kesini dulu ya, hiks...πŸ˜‚

      Hapus
    3. boleh maaaaaas...bolehhh...bercandaa tadi...maksudnya nda boleh main togel wkwkwk

      cup cup jangan nangis...wkwkkw πŸ€­πŸ˜πŸ˜‚, sini sini main blog mbul sepuas hati, mbul kalau dikunjungin bolak balik malah seneng 😊☺

      ntar dulu lagi ngelist cerpen dan dongeng bobo 90-an lagi mas, tapi mau aku taruh di bawahnya post ini. Tungguin ya...ᕦʕ •α΄₯•Κ”α•€

      Hapus
  46. enak2 semuanya..sate kambingnya beda ya cocolannya..kalau di sini, makan sama kuah kacang..

    es buah..nyaman ya buka puasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak nohas di sini umumnya sate kambing dari sambal kecap dikasih bawang merah dan rawit ^^

      Hapus
  47. Bolak - balik sini belum ada afdetan, terus ini kenapa kotak komentar ya jadi begini ??

    BalasHapus
  48. menu buka puasa biasanya lebih ringa ketimbang menu buka puasa.
    Itu yang ada degannya rasanya pasti sejuk segar

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas es kelapa muda memang manis dan segar. Buka dengan yang segar dan manis mata langsung melek dan 'jreng' hehe

      Hapus
  49. Lots of different and unique foods. Looks great. I am sure Your Ramadan days go on very colorful with these delicious foods. Greetings.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak kak...amin ya robbal alamin, semoga Ramadhan ini membawa Mbul pada keberkahan en kebaikan...amiiiin (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  50. halo gembul


    kamu kok gembal gembul c

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ini siapaya, iya ya pipinya mbul emang chubby huhuhu πŸ˜‚, tp alhamdulilah pipi doang sih wkwk

      Hapus
  51. Hadir mbak, Keren blognya! Salam hangat dari Ciamis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya sudah singgah ke blog aku ^__^
      salam untuk teman teman dari Ciamis :)

      Hapus
  52. Waaa ..salah timing aku buka blogmu nit. Awan2...isine marai kemecerπŸ˜€. Salut, masih muda, masih sempet masak+ ibadah+nulis postingan blog. Blogku nyaris lumutan.. jarang sempat update nit...kakean nonton drakor seperti nya... Btw, toss! Bumbu racik andalanku juga saat harus masak, tapi kudu cepet mateng

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah bisaan aja mba lis...ga kok, aku kadang juga mager juga loh hehehehheh

      bumbu racik mang penyelamat di saat repot hihi

      Hapus