Rabu, 20 April 2022

Resep Wedang Ronde Anget ala Mbul




Hallo assalamualaikum semua...

Jumpa lagi dengan Chef Beby Mbul Nita yang tektih, manis, dan montogh #eeeeh... Apa kabarnya? Semoga semakin ehem-ehem saja ya. Maksudnya ehem-ehem rejekinya, sehat selalu, bahagya dimanapun teman-teman berada, lancar selalu ibadahnya di Bulan suci Ramadhan nan penuh berkah ini, amiiin...Siapa yang udah kangen sama Mbul resep masakannya Mbul? Ngacccuuuunk? Kalau ada aku mau bebikinan lagi di dapurku yang sempid ini. Mau bikin apa ya kira-kira? Yuk intip apa yang akan Mbul lakukan...



"Cuaca Dingin, Badan Langsung Diangetin Pake Wedang Ronde Bikinan Beby Mbul Nita."

Siang yang terik dan hot begini, Mbul tiba-tiba keingetan masih punya stok jahe atau ginger di dalam kulkas. Terus Mbul kepikiran kenapa ga kubikin wedang ronde aja ya? Kalau wedang jahe biasa atau susu jahe kan udah sering, nah sekarang Mbul mau bikin yang sedikit agak rumit yaitu ronde karena ada indil-indilnya (baca : bola-bola dari tepung ketannya). Memang Mbul lebih terbiasa menyebutnya sebagai indil-indil karena bentuknya yang unyuk imuts dan minta dicups banget. Diceplus keleus Mbul. Iyaaaa..ya...dicap cip cups lalu diceplus, wkwkkwk. Klepon kali ah. Dicap cip cup dipilihin maksudnya. Warnanya merah jambu dan juga putih. Sebenernya pake warna lain juga bisa. Cuma kan memang umumnya itu. Jadi aku pake pasta pisang ambon untuk warna pink. Dan putih untuk yang polosan. 

Mbul awalnya itu ga kebayang mau bikin wedang ronde. Karena penganan wajib yang harus dibikin duluan itu manisan kolang-kaling. Cuma karena mikirku manisan kolang-kaling bisa jadi pelengkap wedang ronde, jadilah Mbul bikin aja sekalian minuman anget ini. Jadi kompor samping-sampingan bisa multifungsi baik itu nggodog wedang jahenya, sementara yang satunya lagi nggodog manisan kolang-kalingnya. Keren kan ideku, hihihi.

Yuk langsung aja Mbul bagiin resepnya. Biar nda lupa, makanya aku save di blog.
























Resep Wedang Ronde
Bahan-Bahan : 

Jahe
Gula pasir
Gula aren
garam
Air
Air hangat
Kolang-kaling
Kacang tanah
Tepung ketan

Cara Membuat :

Buat adonan bola-bolanya dulu. Pertama, bikin 2 adonan tepung ketan yang sudah dicampur air hangat, yang satu polosan, yang satu kasih pasta pisang ambon untuk membuat warna pink.
Sangrai kacang tanah yang sudah dibuang kulit arinya. Tumbuk halus kacang tanah sangrainya. Masukkan gula pasir, aduk rata, tambahkan air agar adonan kental.
Bulat-bulat adonan tepung ketannya, isi dengan sedikit kacang sangrai tumbuk tadi, taruh di alas piring yang sudah ditaburi tepung biar tidak lengket.
Panaskan air, rebus bola-bola ke dalamnya. Tunggu sampai mengapung yang menandakan bola-bolanya matang
Setelah matang, angkat dan masukkan ke dalam rendaman air es matang, supaya tidak lengket.
Untuk wedang jahenya, pertama, bakar dulu jahenya di atas kompor. Setelah itu digeprek agar keluar aroma wanginya.
Panaskan air.
Masukkan jahe bakar yang telah digeprek tadi.
Tambahkan gula pasir, gula aren, dan sedikit garam.
Tunggu sampai matang
Untuk penyajiannya, tata bola-bola tepung ketannya di bawah, taruh irisan kolang-kaling, siram dengan wedang jahenya, dan juga taburi dengan kacang tanah sangrai. Sebenernya biasanya juga pake roti yang dipotong dadu, cuma karena Mbul ga ada stok roti jadinya skip aja. 


















































Rasanya bagaimana Mbul? Tentu saja ronde bikinan Beby Mbul seger ya. Rasanya manis dan bikin anget. Terutama pas diseruput saat ujan-ujan, malam-malam dan dingin-dingin begini berrrrrr...hmmmmmmm...nikmat banget pokoknya, hihihi. Terus bola-bola ketannya pas digigit...creeetzz...alamak...makncoz ada isian kacang sangrai tumbuk yang manis banget. Mirip mochi Gimana? Mbul udah cocok jadi chef atau peserta Master Chef Junior blom? Atau minimal jadi neng tukang ronde unyu kayak yang ada di ftv-ftv? Hahahha....ngaco. Guyon aja Gengs. Intinya, bikin ronde ternyata ga serumit yang dibayangkan. Cuma bagian mbulet-mbuletin bola-bolanya pas diisi kacang yang agak tricky karena takut ga nutup jadi kacangnya kelihatan. Ya pokoknya kudu pinter ngulenin adonannya, supaya ga begitu lengket memang. Lumayan capek juga ya Mbul seharian di dapur, eh malemnya malah ada jadwal vaksin booster. Jadi baru aja kelar isya Mbul pulang dienjusss di polsek pake Astra Zeneca, wkkkwwk. Lengan Mbul jadi pegel-pegel dan nyut-nyutan senud-senud kayak habis disentuh tawon hoho...harus sering diuyeg atau diuyel-uyel lengennya, wkwkkwkw... Tapi lumayan lah, mumpung gratis sampai tanggal 27 nanti. Buat antisipasi aja, siapa tau ntar ditanya-tanya hihihi.

Okey, sekiranya itu dulu yang bisa Mbul update. Nantikan terus hasil prakarya masakannya Mbul di channel ini. Sekian dan terima kaciiiiih...

Da daa..

Mbul

96 komentar:

  1. Enakkk..anget² di malam yg dingin..ya, bola² tepung ketan mirip mochi..di Malaysia, ada kueh mirip begini...kueh koci, badak berendam, puteri mandi, tepung gomak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Nohas, mirip mochi tapi bentuknya lebih kecil atau imut. Sengaja Mbul kasih warna pink dan putih

      kalau putri mandi dicelup santen kan ya kak...mirip kue bugis, biasanya warna ungu kalau ga hijau

      γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž(^・Ο‰・^❁)

      Hapus
  2. Besar2 banget bola rondenya mbul...Dulu awal kenal ronde sewaktu disolo kalau nggak salah. Cuma bola buletan rondenya kecil2 mbul...pelit yang jualannya.🀣🀣🀣


    Kalau dijakarta Sekuteng sebutannya kalau dijawa Ronde. Bedanya ronde bulat2, Kalau Sekutang pakai pacar china + kacang hijau. Selebihnya nggak jauh beda. Kalau buah Atep ( Kolang-kaling ) itu cuma tambahan saja yang aku tahu mbul.😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suntik Booster.😳😳😳 Emang kamu mau mudik Mbul??


      Mungkin waktu disuntik kamu kondisi fisiknya lagi lemah, Jadi timbulnya meriang dan lain2..πŸ˜‰πŸ˜‰ Ok semoga lekas sembuh mbul.😊😊

      Hapus
    2. cepwt sembuh mba dam bisa nheblog lagi, emang gitu ya kalo abis suntik booater, gw jadi mweinding malah :D

      Hapus
    3. Alhamdulilah sekarang udah mendingan nif...kemarin yang agak parah sampe menggigil en panas segala...hari ini tinggal cenad cenud aja lengennya kayak dientup tawon wkwkwkkw, kalau kesenggol bisa hmmmm banget ini lengen wkwkkw

      Hapus
    4. Wah habis vaksin AZ malah meriang ya, padahal aku pengin vaksin booster, ntar habis lebaran saja deh, takutnya ntar mriyang tidak bisa pulang kampung.πŸ˜‚

      Hapus
    5. me-ri-yang mas wkwkwkw πŸ˜‚πŸ₯ΊπŸ₯ΆπŸ€’

      tapi itu kemarin, sekarang udah seger lagi nih si Mbul 🀭 udah siap beraktipitas lagi kayak gini nih---> 🦝🦦πŸ¦₯🐼🐨🐰🐻🐱

      Mas Agus mauk ke Tegal juga tah? Jadi ingat bebek blengong kalau ingat Tegal mas...blengong ntuh angsa bukan sih mas? 🦒🦒🦒

      Hapus
    6. Bebek Blengong...πŸ™„πŸ™„πŸ™„ Bebek itik kali.??


      Atau Menila yang badannya pendek dan bisa terbang.😁😁

      Hapus
    7. Blengong itu perkawinan silang antara bebek sama angsa mbul, jadinya blengong. Tapi aku juga kurang tahu, soalnya jarang makan sate blengong juga.

      Hapus
    8. Hmmmm...iya tah perkawinan silang bebek dan angsa? Kirain mbul bebek ama entog wekekekekekke...πŸ¦†πŸ¦†πŸ¦†

      jadi penasaran ama blengong

      ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)

      Hapus
  3. dlu waktu kecil enggak suka ronde, karena bola bola nya itu, teksturnya aneh
    heuheuheu
    tapi sekarang suka banget, enak anget anget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku juga suka banget wedang ronde. Kalau dulu pas masih kecil di rumah prembun biasanya bapak yang jual ngetem di depan alun-alun prembun, nyebrang jalan raya, depan toko toko dipan kayu dan lemari..deket pos polisi. Ga tau sekarang masih ada pa ga. Kalau di kutoarjo di alun-alun Kutoarjonya
      (´∧Ο‰∧`*)

      tapi sekarang aku coba bikin sendiri di rumah, ternyata ga begitu susah xixixi

      Aku suka yang rasa jahenya agak strong, jadi takgeprek agak banyakan supaya menambah aroma wangi wedang jahe...enak disruput pas dingin dingin dan tombo demam abis suntik wkwkwk

      Hapus
  4. I miss those glutinous rice dumplings! My mum used to make them and we all enjoyed it a lot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya angie, rasa glutinous rice dumpling yang kalau di negaranya Mbuk disebut ronde ini rasanya lembut. Isinya kacang sangrai ditambah gula...jadi manis gitu. diseduput bersamaan wedang jahenya joss tenan. Bisa untuk menyegarkan badan agar tak masuk angin atau meriyang (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  5. Our "tang yuan" is somewhat similar. I am craving for some now!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya betul sekali Kak, kalau versi bahasa mandarinnya Tang Yuan...sementara di tempat Mbul disebutnya ronde. Mbul bikin kemarin by tangan mbul ndiri hihihi...Asyik mainan adonan, teringat masa kecil main masak-masakan, eh tapi ini bikin penganan beneran ding (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  6. ...this seems to be a lot of work!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Tom, cukup memakan banyak waktu saat membuat adonan bola-bola rondenya terutama memastikan tidak lengket saat dimasukin kacang πŸ˜„πŸ˜Š

      Hapus
  7. Wonderful photos of your preparation for these meals. It is very informative. Enjoy your day!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih apresiasinya Bill. Lumayan effort juga tapi alhamdulilah happy soalnya ini pertama kalinya Mbul bikin wedang ronde yang biasanya Mbul hanya bisa beli hehe

      (´∧Ο‰∧`*)

      Hapus
  8. Boa tarde minha querida amiga. Obrigado pelas maravilhosas receitas. Vontade de provar essas delΓ­cias.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sahabat Luiz, salah satu beverage yang ada di daerah Mbul...Tapi Mbul coba bikin homemade dari awal hingga akhir

      (´∧Ο‰∧`*)

      Hapus
  9. waah enaknyoo :D, cocok nih mba emang saat dingin-dingin gini yak :D, jadi teeingat waktu beli wedang ronde untuk pertama kalinya, jauh dari bayangan gw ternyata :D... disrutup sambil santai abis buka cocok banget nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya Nif, di Jepara ada ronde juga ga? Memang bayangan awalnya kayak gimana nif rasanya wkwkkw

      πŸ˜πŸ˜‚

      iya diseruput pas lagi meriyang atau cuaca dingin dan hari hujan, awak langsung seger Nif

      ᕦʕ •α΄₯•Κ”α•€

      Hapus
    2. ada banget di jepara wedang ronde, jadi tempat gw ada juga makanan yang namanya kolak ronde, semacam kayak kolak biasa gitulah, tapi ada bulet2nya gw gatau buatnya dari apa, dibayangan gw waktu itu ya sejeneis itulah wedang ronde 🀣

      Hapus
    3. kolak ronde? Kok aku baru denger ya nif? Apa kolak biji salak kalik yang ada indil-indilnya. Kalau kolak biji salak mah indil-indilnya setahu aku dari tepung beras apa ya...πŸ€”

      Hapus
    4. engga tau sih, tapi itu buatnya dari tepung di campur pisang kayaknya mba, entahlah gw sendiru juga ga tau cara buatnya :D

      Hapus
    5. kayaknya yang dimaksud khanif kolak biji salak deh hihihi...tapi aku kalau kolak biji salak ga begitu suka nif, lebih suka ubinya dalam bentuk aslinya belum diolah jadi biji salak wkwkwk

      Hapus
  10. Haha angin banyak keluar lepas makan.
    Suka jahe(halia) dalam masakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...iya kak na..meriyang langsung caow atau bablas...wah baru tahu kalau di Malaysia jahe disebut halia ya kak?
      (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  11. Wedang ronde sama sekoteng sama apa beda mbul? Soalnya minuman dari jahe aku tahunya cuma sekoteng.

    Tapi bikin bola-bola nya kok gede banget, kayak bikin klepon ya. Tapi warnanya merah jambu sama putih, bukan merah kuning hijau di langit yang biru.😁

    Wah habis vaksin booster, sepertinya mbul mau mudik nih.πŸ˜„

    Jangan lupa oleh-olehnya ya.πŸšΆπŸƒπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya beda mas agus, walau sama-sama basicnya wedang jahe (✪Ο‰✪)/

      Kalau ronde umumnya isi bola-bola ketan, kolang-kaling, kacang tanah sangrai, ama potongan roti. Sayang rotinya Mbul lagi nda ada, jadinya cuma indil-indil merah jambuw, kacang, ama kolang-kaling. Kolang-kalingnya Mbul alhamdulilah dapat yang gede jadinya mbul iris-iris lagi deh. Mbul warnain pula pake warna merah (pasta pisang ambon) biar kolang-kalingnya cantik dan rasanya manis
      (^・Ο‰・^✿)

      Kalau sekoteng itu ada pacar chinanya mas, yang warnanya merah jambu juga, kadang ada kacang ijonya juga kalau versi Jabodetabek. Kalau beli versi sachetan, dulu pas masih kecil waktu ibu mau penataran dinas luar kota, salah satu hal yang buat ngebujuk Mbul umur-umur Paud biar ga nangisπŸ₯ΊπŸ˜­πŸ˜’😰 akhirnya dibeliin buku mewarnai yang ada ceritanya ama wedang sekoteng instan. Isinya ada kenyil-kenyil bentuknya kotak warna-warni selain bubuk jahenya. Nanti kalau dah direbus itu kotakan kenyil-kenyil jadi agak gede lalu dimakan ya rasanya kenyil-kenyil manis mas...diseruput bareng bubuk jahe manisnya 🀀

      Iya bikin bola-bolanya agak ngrandom nih bentuknya mas, ada yang imut-imut ada yang gede. Yang imut-imut ga ada kacangnya hahahaha...yang gede baru ada kacangnya. Takutnya kalau kekecilan kacangnya ngintip ga nutup kulit ketannya. Kalau yang gede agak tebel bolanya tapi pas digigit meleleh itu kacang sangrai gulanya hahhahah

      mau dibawain oleh-oleh nopo to mas? wkwkwk..oleh-oleh konten kulinernya Mbul aja gimana ?? 😁😜

      ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)(。・Ο‰・。)

      πŸƒ‍♀️πŸƒ‍♀️πŸƒ‍♀️

      Hapus
    2. Sama mbul Sekuteng sama Ronde...Cuma beda tempat beda penyebutannya.😁😁 Sekuteng juga pakai roti tawar juga.😁😁


      Kaya tape ketan item betawi sama tape cirebon cuma beda warna dan bungkusnya doang.😁😁

      Tape cirebon warna putih dibungkus pakai daun jambu air. yang sama Uli atau ketannya saja sama2 warna putih.😁😁

      Hapus
    3. masa sih kang satria...kalau sekuteng perasaan ga ada bola bolanya hihihi, kalau ronde ada bola bolanya hahahhahah

      jadi pengen tape yang dibungkus daun jambu air...pasti berasa wangi banget...aku kalau makanan dibungkus daun selalu kepengen deh huhu

      🌿🌱☘️πŸƒ

      Hapus
    4. Kayaknya mas agus udah mauk nyampe tegal nih, ati ati di jalan ya mas, salam buat keluarga besar mas dan mbak sarilah di kampuang halaman...jangan lupa uleh-ulehnya

      ΰΈ…(^・Ο‰・^ΰΈ…)ΰΈ…(=ࢠᆽࢠ=ΰΈ…)

      ᕦʕ •α΄₯•Κ”α•€

      kang sat : pasti lagi bungkusin thr nih hahahahha

      Hapus
  12. Biyuh ini segar sekali jika di minum
    ronde banyak dicari saat musim hujan begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas, cocok diminum pas musim hujan. Tapi ini bulan udah musim apa ya? kemarau apa masih penghujan? 😁

      Hapus
  13. aku baru tahu proses pembuatan wedang ronde kayak gini mbul. Yaa belum pernah bikin. Biasa beli tukang ronde yang biasa lewat depan rumah. Sepertinya wedang ronde buatanmu enak mbul...sini oper ke semarang..hahahhaa
    Semarang hari ini mendung, kemarin hujan deras. Menu wedangan di semarang banyak yang jual sih. kayak ronde, jahe, kacang ijo, kacang tanah, wedang roti, dll :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga intip resep di cookpad kok mas vai wkwkwkwk

      enak seger en manis hahhahaha..coba kalau dekat dan tetanggaan sudah aku kirimi sepanci mas πŸ˜„

      semarang emang sering mendung ya...aduh jadi pengen dolan semarang..kapan bisa jalan jalan ke semarang lagi ya #lalu menerawang jauh hahahhah

      iya isiannya kurang lebih kayak gitu. Banyak di kota kota di jateng emang. biasanya di pinggir jalan atau alun-alun. Di jogja juga banyak kan ya. ☺

      Hapus
  14. Yummy glutinous rice dumplings.

    BalasHapus
  15. This looks very interesting and delicious 😊

    BalasHapus
  16. Aih, bikin ronde memang mantep pas dinikmatinya lagi hujan-hujan. Tapi buat daku masih belum nyaman minum (apa makan ya) ronde, soalnya sudah pasti bikin perut anget dan ujung-ujungnya sebadan kerasa anget bahkan panas, jadi gerah. Dibawa tidurnya jadi nggak nyaman. Makanya saya penasaran nih, idealnya menyantap ronde ini kapan ya Mbak? Jangan deket-deket waktu tidur kali ya?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Adin. Betul. Pasnya memang dinikmati selagi hujan atau mendung atau pas lagi meriang, panas demam. Nah tapi pernah pula aku mengkonsumsinya saat cuaca terik..cuma wedang rondenya kutaruh di kulkas jadi dia dingin gitu cuma rasanya tetep pedes manis jahe 😊☺

      Hapus
  17. Like other your posts! This one has many different new foods dear friend. Glutinous rice dumpling looks tasty and hearty. Thanks for sharing. Happy Ramadan month again. Greetings.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kak. Iya ini mungkin aslinya dari Chinese kak...tapi di kami disebutnya ronde...ronde yang bikin rindu, rindu suasana yang penuh syahdu...terutama kesyahduan di Bulan Suci Ramadhan...asheeegh hahay...selalu menemukan kehangatan setiap meneguk semangkuk wedang ronde hihihi

      (´✪Ο‰✪`)♡

      terima kasih atas apresiasinya. Lumayan kak masih latian bikin penganan kecil. Jadi malu dibilang hearty hahayyy

      γƒΎ(❀╹◡╹)οΎ‰οΎž(❁´◡`❁)

      Hapus
  18. Ukuran ronde sedap banget, warnanya juga menggoda. Wedang Ronde yang super spesial ini, jadi ga sabaran nungguin buka puasa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukurannya variasi kak hihihi..ada yang besar ada yang imoets hahahhaha 😁😜

      iya kak lumayan bisa menghangatkan badan mbul hihihi

      (´✪Ο‰✪`)♡

      Hapus
  19. weedang ronde, weeenak itu ? mahu doong kirim sini ke blitar, disini hawanya lagi dingin jadi pas minum yang hanget - hanget. dan, mbak nitaku udah persiapan apa saja buat menyambut lebaran ? bisikin sini ke tari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah (´✪Ο‰✪`)♡

      pas banget ya tari di blitar pasti dingin....cocoknya minum yang hangat-hangat. Lebaran belum persiapan apa apa nih nita tari hihihi..

      Salam buat tari en keluarga di sana ya ^____^

      Hapus
  20. wah ...menu yang betul-betul baru buat saya

    BalasHapus
  21. Saya suka banget wedang ronde. Perpaduan anget jahenya, ada kacang tanah yang crunchy, kolang-kaling yang kenyal, dan kesan manis tradisional dari gula arennya itu benar-benar klop.
    Belum bisa buat sendiri sih wedang ronde ini, tapi thanks God, elalu ada yang dagang rutin malam-malam lewat rumah, cocok banget pas dinginnya malam lewatlah si tukang wedang ronde. Klop banget.
    Apalagi pas Ramdan gini, wedang ronde bisa banget buat jaga stamina tubuh kita agar tetap fit selama ibadah saum, ya.
    Matur nuwun ya Mbul, sudah ngasih resep wedang ronde ala Mbul-nya. Next harus dicoba bikin sendiri nih sekali-kali di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak Yonal, kalau ronde memang kebanyakan dijual pas malam hari jadi memanfaatkan fungsi jahe yang menghangatkan tubuh ditambah perintilan lain kayak kolang-kaling, kacang sangrai, ama bola-bola ketannya yang kenyal seperti mochi...cocok disantap saat dingin...tapi kadang mbul iseng masukin kulkas jadi kayak es jahe manis dan diteguk pas cuaca panas heheheh

      sama-sama Pak Yonal semoga resepnya bermanfaat dan bisa dicoba kapan-kapan ^_^

      Hapus
  22. baca ndil ndil jadi inget mamaku suka sama bubur candil, ini sama kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya kalau yang di bubur candil bola-bolanya dari tepung beras ya mba ri πŸ˜‰πŸ€”πŸ‘

      Hapus
  23. alemong ronde ini pas banget buat disantap pas dingin hujan
    aku suka banget makanin kacangnya malahan mbak heheheh
    teleten mbak sampen bikin dewe
    menurutku agak ribet soalnya
    tapi lega ya
    bisa dapat banyak gitu
    biasanya selain ronde juga angsle

    BalasHapus
    Balasan
    1. alemong cucok ya neiiik wkwkkwkw

      iya mas ikrom serasa klethuk klethuk sing ditabur di wedang jahenya...tapi sek ning njero mochinya makceprot mannyress kayak tekstur pasir tapi manis wkwkkwk

      angsle wingi malah aku tau weruh ning solo

      Hapus
  24. Duh, mbul sisakan untuk lebaran ya. H+3 dirikuh mau singgah. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mas ozy, silaturahmi ke Pulau Jawa wkwkwkw

      Hapus
  25. Wedang ronde enak tuh, mau dong..hahaha.

    Terakhir makan wedang ronde tahun 2018 di alun-alun Purwokerto dan semenjak pandemi covid 19 belum pernah kelayapan ke jawa tengah lagi sampai sekarang dan udah lupa sama rasa wedang ronde, apakah rasanya masih sama seperti rasa wedang ronde tahun 2018?

    Bulatan rondenya ada yang kecil ada yang gede, kalau yang kecil saya yakin isinya pasti kacang tanah yang disangrai plus gula jawa kalau yang gede itu isinya mungkin telor kali ya?

    Wah udah bikin manisan beluluk aja, kalau di rumah bikin manisan beluluknya biasanya tiga atau dua hari menjelang lebaran.

    Warna manisan beluluknya sangat menggoda merah menyala dan pastinya rasanya seger banget tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beluluk...πŸ€”πŸ€”πŸ€” Buah Atep kali.😳😳😳 Atau kolangkaling.🀣🀣🀣

      Hapus
    2. Bukan buah atep tapi buah enau..hihihi

      Hapus
    3. Boleh mas herman, semangkuk harganya 5 ribu ya wkwkwkk

      rasanya sih masih sama mas herman, ga pernah berubah kalau ronde tuh hahahahha

      hayo mas her ke jateng lagi, kali mau nengokin mbak dara atau mbak ningsih #eh wkwkkw

      yang kecil justru ga ada kacangnya mas her..yang besar baru ada isinya...tapi bukan telor rebus melainkan kacang tanah yang dah takkupas kulit arinya lanjut disangrai dan ditumbuk terus dikasih gula pasir biar padet

      bukan telorrrr wakakkak kalau telor mah buletannya segede bakso tenis kalik

      kok beluluk? Aku nyebut beluluk itu kelapa yang masih imut dan ada bagian permukaannya yang warna merah jambu..tempat untuk bertumbuh tunasnya...kalau kolang kaling baru tau ada sinonimnya beluluk atau atep...wkwkwkkw

      Hapus
    4. Kang Satria : Baru tau ada sinonimnya atep wkwkwkkw

      Hapus
    5. Mas Herman : Nah loh pada jago jago banget nguasain KBBI ini...xixixi

      Hapus
    6. Lima ribu, oke saya ambil dua kirim ke sini ya, bebas ongkir kah? Hihihi

      Syukur dah kalau masih sama jadi ngga penasaran lagi..hihihi

      Pengen sih ke Jawa tengah lagi tapi masih ngeri mungkin nanti kalau sudah pulih bener baru ke jawa tengah lagi, incaran saya sih Wonosobo pengen banget ke dataran tinggi Dieng.

      Gula pasir atau gula jawa eh gula merah..hihihi

      Bisa aja ngga segede tenis tapi pingpong kalau telornya telor puyuh.. wkwkwk

      Kalau di sini disebutnya beluluk walau abangnya yang jual teriaknya buah atep dan jarang banget yang bilang kolang-kaling apalagi buah enau hampir ngga ada yang bilang.

      Kelapa ijo kali yang warnanya merah jambu?

      Hapus
    7. waduuh hahahha langsung tumpah tuh ronde di paketannya wkwkwk

      iya gula pasir di kacangnya
      di wedang rondenya perpaduan gula pasir dan gula merah atau gula jawa mas her...sinonimnya lagi gula sisir..wkwkwkkw

      kalau isinya telor puyuh atuhlah gurih dong lebih cocokan bakso wkwkkwkw

      oh berarti beluluk kalau tempate mas herman adalah kolang kalingnya tow...kalau tempatku mah kelapa cilik alias sebelum jadi kelapa atau cengkir wkwkkwk

      bluluk perasaan juga ada yang merah jambu. Kelapa ijo juga sih wkwkkw

      Hapus
  26. pas kalau diminum saat musim dingin....

    Thank you resepnya....

    BalasHapus
  27. Ahhhh mbul iki favoritku banget mbul, dan aku jujur banget aku baru suka ronde iki sejak aku pindah ke Bekasi, belum ada 4 th yg lalu, sebelumnya aku ora doyan ronde blass hahahha.

    Yg bulet2 tp emang mochi kan, aku ngirane mochi ala2 hihihi, tp aku gak pernah pake kacang kalau beli ronde mbul, merusak citarasa menurutku hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak meta....bikin sendiri paling pe er gawe bola bola atau indil indilnya..opo maneh sik diisi kacang...takut mencrotssz wkkwkwkwk

      Hapus
  28. It looks really interesting. Thanks for sharing.

    Kisses

    BalasHapus
  29. mmm dear you did so jummy staff:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dear lagi iseng dan kumat rajin masaknya si Mbul ^^

      Hapus
  30. mmm dear you did so jummy staff:)

    BalasHapus
  31. Wahhh perlu dicatet ini resepnya. Sebetulnya nggak terlalu suka sama ronde, tapi kadang emang kalo hawanya dingin, suka tiba2 pengen ronde. Dia diinginkan ketika dibutuhkan saja wkwk
    Lebih suka manisan kolang Kaling sebetulnya. Tapi dua-duanya punya khasiat sendiri-sendiri sih yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mbak. Silakan dipraktekkan resepnya ^_^

      Hapus
  32. Sekarang nggak ada tulisan 'komentar anda menunggu disetujui' gitu ya. Jadi bingung tadi udah masuk atau belum komentarnya πŸ˜₯

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampun tuh. Makasih dah berkunjung ke blog saya nggih :)

      Hapus
  33. Wedang rondenya dijamin manis karena ada foto mb nit :)

    BalasHapus
  34. Sepertinya enak itu Kak, wah lagi puasa baca ini jadi pengin heheπŸ˜….

    Bola warna pink & putih itu kayaknya Teddy pernah makan deh Kak, memang cocok untuk yang hangat-hangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teddy...xixixi...mbul kalau lagi penasaran ama resep penganan kecil suka pantang menyerah pengen bikin hahhahaha

      Hapus
  35. Tumben belum ada post baru, apa adminnya sudah pulang kampung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. adminnya lagi ngendon

      wkwkwk

      ngendon bikin ketupat lebaran ama rica rica...ntar postingan kuliner lebaran bakal aku upload kalau ga ntar malam ya pas lebaran hahahhah

      Hapus
    2. Ternyata lagi ngendon bikin ketupat kirain saya udah pulang kampung makanya blog ngga update..hihihi

      Palingan kuliner lebarannya manisan beluluk sama tape uli..hihihi

      Hapus
    3. wakakakak sekarang udah sampai di kampungnya mas her...lagi nyari sinyal diantara pohon pohon hahhahahah...

      iya kemarin kami bikin manisan beluluk juga cuma warnanya agak gelap, soalnya Budhe yang bikin...bukan mbul..kalau mbul yang bikin warnanya merah dan ada di tangerang wakakkak

      Hapus
  36. Minal aidin walfaidin Mbak nitaku ?? Udah persiapan kue lebaran apa saja ?? Terus mudik atau gak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minal aidzin walfaidzin juga tari...maap baru balas komen soalnya di kampung sinyalnya susah, maklum kampungnya agak banyak pohon pohon tinggi hehehe ^_^

      salam ya buat tari en keluarga di sana πŸ˜ƒ

      Hapus