Senin, 16 Mei 2022

List Belanjaan Minggu ini, Mbul Masak Apa ya?



Oleh : Beby Mbul
Assalamualaikum wr wb...

Hari ini Mbul mau nulis tentang aktivitas masak-masak lagi ya Pemirsa. Ehm....tapi sebelum ngomongin tentang masakan sepekan ini, aku mau nulisin rangkaian cerita mulai dari Minggu lalu ya. Mumpung udah mau Minggu lagi. Dari Minggu ketemu Minggu. Pas kan jadinya seminggu. Coba lagu apa yang paling pas untuk menyertai hari Minggu? Tulis di kolom komen ya.




Ngomongin soal lagu, Mbul memang suka lagu yang romantis. Begitupula cerita. Film juga begitu wkwkkw. Jadi baik lagu, buku atau film suka banget ama yang ceritanya romantis dan manis. Ya buat hiburan gitu kan. Ga suka yang berat-berat. Walau film genre horror atau thriller juga suka sih...tapi pilih-pilih. Yang penting gambarnya bening. Cuma emang kalau lagu sukanya romantis. Apapun genrenya. Ntah itu pop, alternatif rock, dangdut, swing, country, atau lagu jawa juga suka yang bikin senyam-senyum gitu deh hahahaha. Eh tapi beydewey, udah pada nemu lagu favorit kalian belum. 

Apakah yang nadanya asyik begini :

"Dalam sepiku kaulah candaku
Dalam gelapku kaulah pijarku
Dalam hatiku engkaulah cintaku

Kaulah lentera di dalam jiwa
Kuatkan raga peluk nan cinta
Semoga abadi cinta tuk selamanya"

Atau lagu yang ini...asyik!!

"Yen aku kangen
Kangen karo sliramu
Tak sawang-sawang
Fotomu ning dompetku

Yen aku kangen
Kangen karo sliramu
Tak elus-elus
Fotomu ning dompetku"











Okey, dari Minggu lalu. Mbul itu sebenernya ga semangat dan males nulis kan. Padahal sempat main ke pantai walaupun ga mainan air. Cuma mainan pasir, gelar tiker. Udah. Menanti sore. Aku boboan di bawah langit biru~ bawahnya pohon waru. Seekor kucing putih abu mendatangiku. Ia duduk membelakangi pantai. Tapi kemudian madep ke samping. Hidungnya mancung. Kucing kampung jantan. Ikutan menemani Mbul duduk di pantai #minta dielus-elus Pusnya.... 

Pantai sore-sore anginnya kencang. Daun-daun waru beterbangan. Begitu pula bunganya yang orens. Setel musik dari hp yang dipanjer lewat speaker blutut. Dengerin lagu-lagu romantis, asyik kan di pantai tuh. Ga pake ikini ottom sih aku..tapi pake gaun panjang. Tertutup lah ya. Hahhaha. Ya sambil ngawasin yang pada sarean, Mas Montogh uget-uget kayak tembukur dan kakak A mainan pasir. Mellow aku tuh ditinggal Tamas dinas ke Silangit. Dadakan pula. Hiks. Badan Mbul tetiba anget. Mriyang gitu. Sebelumnya Kakak A duluan yang udah serak, suara udah macam Doraemon. Dan tiyap malem sekarang Kakak A suka manja sama Mbul. Kakak A minta dikelonin Mbul. Ndusel-ndusel dan malah mainan tubuhnya Mbul yang menurut dia empuk dan lembut wkwkkwkw. Ini diajarin siapa sih....wkwkwk. 

Untung Kakak A ga berantem dengan Adik J.T. atau yang biasa kupanggil dengan panggilan sayang Mas Montogh. Wkwkwk. Tapi Kakak A selalu menang dan maunya dikelonin Mbul hahahha. "Mas Montogh nda buleh. Adik J sonoan!" Lalu kakak A kekepin Mbul kenceng-kenceng. Dua-duanya pengen nemplok di dada Mbul, wkwkwk. Dua-duanya pocecip sama Mbul...😂 Meski sebenarnya Adik J lebih pocecip daripada Kakak A. Hahahha.







Habis itu ya gitu deh bertiga di rumah kayak jadi sering takut kalau dah lewat magrib. Waktu Tamas udah sampai Silangit, Beliau cerita sama aku kalau di sana adalah kota makam. "Masa ga ada beberapa meter sekali ada makam Dek. Mana makamnya gede banget lagi. 1 makam bisa seukuran rumah loh. Kotanya sunyi. Sepiiii banget. Jauh darimana-mana." Hmmmm....aku kan jadi pengen ikut. Aku tanya. Kapan Mbul dibawa ke Silangit juga. Kata Beliau nanti ya kapan-kapan. Sekarang Mas dulu yang survey. Hwahahaha. Di tengah suaraku yang udah menuju serak juga akhirnya malam pun berlalu. Esok harinya nimbang ke timbangan digital, eh berat badanku turun. Soalnya semalam ogah makan apapun dan rasanya tenggorokan susah nelen. Hahhahahahah. 

Tapi alhamdulilah esok harinya udah ceria lagi (MasyaAlloh Tabaroqalloh). Kami bertiga udah pada sehat dan seger lagi. Daaaaan malamnya bisa belanja atau masak-masak lagi. Hasil belanjaannya dulu ya. Kami ke pasar beli 3 papan tempe, seikat kangkung, sayur asem, pete, terung, terung hijau imut, kecombrang, jeruk limau, ikan asin atau gereh, asam jawa, belacan, kecap cap benteng, mentimun dan penyedap rasa.  Niatnya masak yang simple aja. Bikin nasi pun dikit. Tapi masih pengen bikin sambel. Ini resep sambel ala Ramane tercinta. Terinspirasinya dari sambelnya Rumah Makan Cianjur yang ada rasa-rasa seger acemnya jeruk limau. Bikin seleyeh gede. Ditambahin tomat pula. Malam itu makanannya ala-ala lalapan dan sedikit lauk yang digoreng aja. Ada tempe, pete, dan terung ungu. 

Sebelomnya sebenernya ada telor dadar juga tapi sore dah abis, ga sempet kefoto. Ada pula mentimun dan terung ijo yang bulet imut. Uda mam ala-ala gitu yang banyak sayurannya udah enagh loh Pemirsa. Maklum tangan yang masak udah dikasih bakat serta cinta hehehehhe...

Tapi kalau yang di bawah ini, es bikin sendiri karena habis beli cincau hitam dan tape singkong di Rumah Buah dan jadinya setelah ditambah manisan kolang-kalingku menyerupai es teller singkawang langganan. 








































"Horeeee! Dapat petenya rapat-rapat dan manis, serta bijinya besar..."

Lalu pagi-pagi (tadi pagi maksudnya), aku ke depan bentar eh ga sengaja di pos ronda bunga krokot udah mekar cantik di jam-jam yang seragam setiap harinya...pun demikian waktu kuncupnya. MasyaAlloh sungguh kekuatan Alloh dalam menciptakan keanekaragaman tumbuhan termasuk di dalamnya bunga krokot. Ada yang warnanya merah hati, pink fanta, ada juga yang baby pink. Cantik sekali. Aku paling suka dimanjakan dengan pemandangan taman penuh bunga. 

Masuk sekitar jam setengah 10, saatnya masak. Aku numis kangkung bentar, goreng ikan asin atau gereh kesukaan dan nyambel dadak. Sambelnya kali ini resep ngawur Mbul hahahha. Tapi condementnya sih umumnya sambel aja. Ada bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe rawit, terasi, sedikit garam, dan tomat. Semuanya digoreng dulu hingga layu agar mudah diuleg. Tapi diulegnya ga halus banget sih, jadi masih ada teksturnya. Nah mam ini bareng ikan asin dan tumis kangkung wenak juga loh. 



























Sebenernya pagi juga sempat ke indomaret bentar. Biasa beli jajan favorit keluarga, apalagi kalau bukan Roma biscuit kelapa, hello panda rasa tobelih, ama roti tawar mr bread. Roma kelapa dan hello panda adalah biscuit kesukaan Kakak A. Maunya cuma itu kalau Mbul ajak ke Indomaret. Yang warna pink pula. Roti tawarnya udah yang kupasan jadi tinggal mam aja ga perlu copotin pinggirannya yang coklat. Di kulkas itu sebenarnya juga masih ada manisan kolang-kalingku dan tape hijau bikinan mamak kami di kampung. Terus ada bakwan juga. Bakwan ini favorit Mbul di tiap pagi saat berkesempatan mampir pasar atau Indomaret. Beli seplastik kecil udah sama bonus rawit hijau. Nikmatnya jadi teman ngeteh manis. Uhmmm...



















Nah, kiranya sekian dulu updatean dari Mbul. Sebenernya Mbul lagi baca beberapa novel. Cuma kok ya tiap kubaca sebagai pengantar bobok itu gaaaa maju-maju halamannya. Yang kubaca bukunya Eka sih. Yang dah difilmin itu. Sebenernya itu baru pertamanya aku baca bukunya Eka. Daaaan...karena aku lebih terbiasa dengan buku yang romantis alus makanya agak kaget juga pas baca bukunya Eka. Tapi ga pa pa sih seenggaknya ini buat nambah referensi bacaan dari sudut pandang penulis pria. Ya ceritanya seru dan gampang dicerna, meski demikian untuk masalah gaya bahasa dan unsur romannya, aku masih cenderung sering terhanyutnya modelan buku-bukunya Dee. Romannya aluuuuuuus. Tapi ini seru juga sih meski sejujurnya lebih suka stylenya Dee atau penulis roman perempuan hihi, atau yang lebih mendebarkan lagi novel-novel Harlequin sekalian wkwkwk (piece masalah selera), nanti kalau ada waktu insyaAlloh direview juga. Tapi ga tau kapan, nyari waktu selow buat namatin halamannya aja ga maju-maju...moga-moga bisa rampung bacanya. Tapi pertamanya aku penasaran baca bukunya Eka yang ini sih abis liat reviewnya Mbak Pipit xixixi.

Ini Mbul tadinya mau cerita list belanjaan sepekan dan masakan kok jadi ngomongin banyak hal ya. Hahahahah...Ga pa pa lah ya. Sekali-kali ini. Ya kali bentar lagi aku bakal rehat lama kan sambil mencari ide tulisan atau persiapan review buku dan komik selanjutnya. Ya udah. Sekian dari Mbul. Sampai jumpa lagi. Dadaaah...

Salam Manies
Beby Mbul

12 komentar:

  1. Hidangannya kelihatan enak sekali

    BalasHapus
  2. Dua lirik lagu di atas tak satu pun yang saya tau.. wkwkwk

    Kucingnya sangar amat.. wkwkwk

    Yang serem itu petenya.. wkwkwk

    Lalu yang warna ijo di mangkok itu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang ijo bukanya timun yak 😁

      Hapus
    2. Kucingnya ngajak berantem ye mas her wkwkkw..kucing di pantai entah ga tau tiba tiba datang mendekat ikut duduk di tikar hahhaha...mungkin tahu kalau kami penyayang kucing, makanya mendekat 🤭

      Petenya manis dan rapat rapat kok. Alhamdulilah nemu di pasar hehehe

      Hapus
    3. naitu dibantu jawab ama khanif 😁

      Hapus
    4. Kalau di sini udah dibilang kucing garong itu.. wkwkwk

      Kan saya ngga suka pete.. hihihi

      Masa ketimun bentuknya seperti itu, itu ketimun dari planet mana?
      Yang warna ijo di mangkok yang satu frame sama beluluk.

      Hapus
    5. hahhahaha....kasihan juga kucingnya

      owalah itu tape mas herman, yang kemarin kubawa dari kampung halaman hehehe...

      Hapus
  3. emang mba mbul lagi males nulis kah, tapi sekali update kok langsung sepuluh postingan 😁😁

    btw aku kalo makan jajan roti roma kok gampang selegen yah, harus sambil minum air biar lanacar ngunyahnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya sekalian update 20 post ya nif, nanggung 😁😁

      Iya sih, emang makan biscuit roma aku juga seret...makanya harus nyanding minum nif wekekekek

      Hapus
  4. Lama ga main ke mari karena hiatus blogging. Minal Aidin Mbak Gustya *sungkem*

    Ini kok dampak postingannya bikin nelangsa ya, saya lagi baca post ini pas baru bangun, hujan gerimis dan belum sarapan hahahaha. Melihat itu pete yang bentuknya sempurnya seketika bikin ngiler, apalagi sambel nya, waduh, nelan ludah saya mbak.

    Anyway salam sehat yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sungkem juga mas cipu....aku juga baru sempet silent readeran.belom sempet ninggalin jejak ke blog temen temen karena setting kolom komen blogspot lagi eng ing eng sekali hheheheh...salam sehat juga untuk mas cipu en keluarga...

      wkwkwkwk...postinganku kalau lagi nulis menu masakan emang ga ngadi ngadi jembrengannya banyak banget ya mas cipu...#timpukin gustya wkkwkwkw

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^