Rabu, 10 Mei 2023

Review Bakso dan Mie Ayam Pakde Solo, Cabang Depan Pintu Gerbang Bumi Indah



Di Minggu siang yang mendungnya tipis-tipis itu, Mas Suami mengajak Mbul buat ngiter cari makan. Karena pada hari itu Mbul ga masak *sengaja biar bisa ngebacooow, #bhihihi. Kami akhirnya mandeg di salah satu kedai bakso yang belum pernah kami cobain sebelumnya. Taste the water gitu lah, mau nyobain sekenyal apa bakso yang dijuluki Bakso dan Mie Ayam Pakde Solo ini. Sebab bukan cuma bakso yang dijual di sini, tapi juga ada mie ayam. Dan kedai yang kami sambangi ini adalah Cabangnya yang di Depan Gerbang Perumahan Bumi Indah. Kalau pusatnya dimana, jujur aku ga tau.




Nah, bila dilihat dari asalnya yaitu Solo, maka kami berekspektasi bahwa baksonya itu enak. Karena kan Solo terkenal dengan baksonya yang enak selain tentu saja Wonogiri. 

Pada saat itu, yang parkir di depan kedainya cuma kami, jadi udah bisa dipastikan bahwa tempatnya sepi. Tapi menurutku malah lebih nyaman sih karena aku suka tempat yang sepi. Maksudnya biar kuw bisa selonjoran gitu gegegegek. Dan kedainya juga luas, meski bangkunya ada yang bangku kursi biasa. Lalu di depannya ada kali yang pembatasnya sedang ada peninggian tanggul sebagai upaya untuk mengantisipasi banjir di Bulan yang berakhiran 'ber'.





Singkat cerita, abis nyampe kedainya, kami segera pesan mie ayam dan bakso komplit berikut fresteanya. Tadinya mau pesen es jeruk, tapi jeruknya lagie ga ready. Yodah teh dalam kemasan aja yang udah jelas kelihatan dari kulkas showcasenya.

Pesanannya apa? bakso dan mie ayam dong ya, biar beda dan bisa saling icip. Sebenernya Tamas pesan bakso dan mie ayam juga sih karena daharnya banyak 🤭... Tadinya beliau cuma pesen mie ayam, tapi abis nyruput kuahnya BebyMbul, eh dia kepingin juga. Dan pesanlah bacow 1 mangkok lagi abis nelaske semangkok mie ayam....mana banyak gajih dan sandung lamurnya lagie. Sedangkan sandung lamur yang ada di mangkokku aku kasihkan ke Beliau semua soalnya aku ga suka. Aku maem indil-indil baksonya aja ama sawi dan juga taugenya. 










Oh ya, khusus baksoku, aku emang minta tauge yang banyak.. Karena baco enak versi Mbul adalah tauge. Bakso tanpa tauge, bagi Mbul kurang kranci. Jadi aku suka yang tauge dan sawinya melimpah. Mienya dikit aja ga pa pa. Mie kuning atau bihun ga masalah yang penting sayurannya banyak.  

Untuk baksonya sendiri, semangkok itu indil-indilnya ada 6 ya. Bakso uratnya 1, bakso alusnya 5. Mbul emang paling suka bakso urat. Lebih 'daging' gitu deh berasaku. Cuma ya tetep aja musti dikasih bakso alusnya juga. Nah, yang ini tumben-tumbenan jumlahnya banyak. Kalau di kedai lain biasanya ada 3. Yang ini 5 dong. Mana bakso uratnya gede lagi. Jadi ini termasuknya banyak banget. Porsi munjung kalau boleh kubilang mah sebab selain bakso kan kami pesen komplitan alias asa mie, sawi, dan tauge. Gajihnya juga banyak, walau sekali lagi tetep aku inggir-inggirin ya itu gajihnya dan minta Beliau yang makan karena aku sendiri ga gitu suka gajih. Terus untuk kuahnya menurutku agak bening ya. Rasa bawang dan dagingnya kentara. Waktu belum diracik ama sambel, saos, kecap dan cukanya udah sedep. Apalagi pas udah diracikin itu....wuh makin sedep lagi. Aku lebih suka yang manis pedes sih, jadi khusus sambal dan kecapnya aku kucrutin agak banyakan. Kalau saos ga terlalu. Cuka sakucrutan aja...ntar keaceman hihi.....





Terus aku makannya, pertama adalah mienya dulu, abis itu sawi ama toge, and then bakso alusnya. Untuk bakso uratnya aku makan belakangan. Rasa baksonya enak sih. Kenyelnya itu pas. Walau porsinya itu banyak ya. Tapi masalah rasa sih aku suka. Kuahnya enak, baksonya juga enak. Maksudnya perpaduan antara daging dan tepungnya itu imbang. Ga keras, ga alot. Empuknya pas. Tengah-tengah. Diseruput bareng kuahnya yang pedes manis terasa ntab banget. 

Kalau mie ayamnya Tamas, aku ga cobain sih. Cuma Beliau kekeuh nyodorin sesuap ke aku biar tahu kalau racikannya Beliau itu enak. " Nih cobain Dek, enak pasti bikinanku!". Aku maem sesendok, eh emang enak lho....Racikan sambel, saos dan kecapnya beliau itu emang selalu pas. Ga kemanisan kayak aku karena aku suka mie yamin manis. Terus abis aku ngicip itu, aku pengen mie ayam juga dong. Cuma aku wareg hahahha. Jadi ga siyos pesen meski kata Beliau aku disuruh pesen. Tapi aku wareg jew. Cause sebenernya bakso alusnya Beliau yang 3 biji itu dikasihkan ke aku semua karena Beliau pengen aku tambah gembil jadi dengan bar-barnya itu indil-indil dikasihkan ke mangkokku juga #ow ow. Tapi ga semua sih, cuma 3 biji doang yah dengan alasan Beliau udah tuwuk juga abis maem mie ayam munjung-munjung ketambahan lagie ama bakso kosongan yang ada tetelan ama gajihnya hahhahah...

































Tapi secara harga, bakso dan mie ayam di sini terbilang murah loh. List harganya udah terpajang dalam foto ya. Silakan dizoom in zoom out sendiri. Okey, sekian dulu dariku. Dan sampai jumpa lagi di post selanjutnya. Dadaaaaah!!!



2 komentar:

  1. Bakso urat 13 ribu termasuk murah sih, minuman juga lumayan murah. Jadi tidak terlalu nguras kantong.

    Aku juga suka bakso urat, enak. Apalagi kalo dikasih gratis.😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau gratis ya Mas 😁🤭

      yang ini murah mas...memang agak sepi...mungkin karena depan perumahan kali ya...jadi ga gitu kelihatan dari jalan raya.. Tapi enak juga kok mas...solo dan wonogiri kan termasuknya terkenal baksonya wuinak 🍜🍜🍜

      Hapus