Kamis, 11 Mei 2023

Pagi Hari di Desa Suamiku yang Permai ^_____^"



Waktu ngetik ini, posisi Mbul udah nyampe kota lagi. Sebab Tamas udah mulai nyambut damel. Dan Mbul pun kembali berkutat dengan 2 kesayangan aku yaitu si Kakak dan si Adik. Tadi Subuh sih lebih tepatnya kami nyampenya. Ya, setelah seharian terjebag di kemacetan Tol Pejagan, Palikanci dan Cikopo Palimanan. Hehehe... Jadi ngeliat telor asin dan brambang merah deh cause liwatnya kan Pejagan. Biasanya liwat Slawi. Kali ini nyoba liwat Brebes lanjut Pejagan. Soalnya kan Pejagan khasnya itu ya. Pinggir kali yang panjaaaaaaaaaaaaaang banget dan di sekitarnya ada deretan pedagang telor asin dan brambang merah. 




Alhamdulilah meski tersendat, tapi macetnya ga yang parah-parah amat. Cuma di beberapa titik aja yang kena macet. Selebihnya mulus. Walau ya masuk tol mulai thimik-thimik lagie jalannya. Tapi, alhamdulilah masih pinaringan sehat, waras, slamet, meski badan demplon ini jadi auto pegel-pegel dan aku udah ada jadwal mijitin 3 orang dunk. Ramane, Kakak A dan Adik J. Mana masing-masing pake minyak yang berbeda lagie. Ramane maunya pake GPU sereh kalau ga jahe yang ga gitu panas. A dan J minyak tawon wkwkkw.. Lalu capa yang mau mijitind Mbul coba? ๐Ÿ˜‚. Memang urusan pijit memijit, tangan Mbul ini udah jadi kesayangan Ramane, Kakak A dan Adik J. Tapi kali ini aku mau cerita dulu tentang 2 hari sebelum balik ke kota lagi. Kebetulan jatah nginap 2 hari terakhir adalah balik ke Dlg (Thorjo) setelah 2 hari sebelumnya ke Prb. 

Tapi sebelum balik ke Prb, tentunya kami didawuhi sarapan dulu karena udah dimasakin Ibuku. Menu masakannya itu aku request masakan rumahan aja. Jadilah karena di kulkas masih ada cumi asin, maka ibu keidean mengolah itu bareng kulit melinjo. Selain itu ada pula oseng pare, paru goreng dan mie goreng recycle yang dijadikan perkedel mie. Siangnya kami beli es dawet ireng khas Mbutuh sebentar tapi bukan yang terkenal di Jembatan Mbutuh. Tapi kami belinya yang di Klepu, depannya Indomaret. Jadi kami ke Dlgnya itu siang. Karena Bapak Ibu ternyata sekalian ingin ikut silaturahmi dulu ke Ibu Dlg. Dan setelahnya kami semua mau ke kenduri sebentar ke tempat Bulek, pulangnya sebelum isya.







Usai kenduri di tempat Bulek kami pencar ngetan ngulon. Bapak Ibu pulang ke Prb. Aku, Tamas, A dan J pulang ke Dlg. Udah lumayan malem itu....Nglintasin jalanan Klepu yang mau ke arah jalan rayanya itu peteng ndedet. Sebelumnya ada pasar sih rame banget...tapi sakbare Sate Partodrono yang kebetulan jam itu udah tutup~baru mulai sepi. Setelah alun-alun nurutin jalan aspalan ke pertigaan Klepu deng. Bener-bener sepi dan hanya ada suara jangkrik atau binatang malam. Kalau pagi aspalan sini kan buat liwat angkot kuning dan juga dukar. Dulu saat masih kecil, aku kan sering dititipin ibu ke tempat simbah, nah ke sananya itu aku naik dukar atau yang biasa disebut sebagai delman. Senang naik delman karena silir kena angin. Aku duduk nyamping (belakange Pak Kusir pas) sambil ngeliatin jalannya si kuda..... Yang jelas ga mabuk kayak kalau pas naik angkot hahaha. Tapi sekarang uda jarang naik delman. Padahal A dan J mungkin seneng kali ya kalau taktumpakin delman. Kapan-kapan ah takcobain hihi. 

Tapi kalau sekarang naiknya obing dulu ya.... Naik obing juga enak, soalnya aspalnya alus. Sepanjang jalan juga jadi banyak canda-candanya, bahkan Mbul didongengin Kangmase bahwa waktu kecil Beliau sering jalan kaki sama Bapak dari Alun-Alun sampe rumah setelah nonton wayangan. Umur-umur Beliau SD. Bahkan kadang dibawain Alm Bapak sate partodrono buat oleh-oleh di rumah. Jaraknya lumayan jauh juga itu. Apalagi jaman Beliau SD itu kan penerangan belum sebanyak sekarang. Orang jualan gembus dan kacang rebus aja masih pake senthir kalau pas ada yang nanggap wayang hihi. Tapi jalan kaki ga kerasa ya. Setengah jam kalau naik kendaraan. Dan waktu kemaren itu akhirnya nyampe rumah lagi sekitar abis Isya. Lewatnya yang sisi setapak satunya. Yang pinggirnya sawah dan pekarangan. Biasanya kalau siang banyak biri-biri atau kambing yang diangon. Merumput atau turun ke tegalan berdampingan dengan burung blekok atau bangau yang naik ke air mencari ikan. Capung-capung berseliweran diantara tanaman enceng gondok yang berbunga ungu dengan batang bawah menggembung lucu. Juga daun lumbu atau talas yang jika terkena embun airnya bakal membentuk bulatan kecil terombang-ambing sampai mencapai ke pinggir lalu jatuh ke tanah. Kalau malam ga kelihatan. 






































































Tapi besokannya kami lewat lagi ke sana karena mau ngurus administrasi keperluan tindak hajinya Mamak dan gantikan Alm Bapak ke beberapa pelayanan desa jadi liat lagi. Ya, soalnya seharian itu ada agenda ngurus ke Kelurahan, Kecamatan, Departemen Agama, Dukcapil dan lainnya, hihihi. Ngrewangin nemenin Tamas ngurusnya Mbultuw lebih tepatnya. Sambil pula bawa A dan J karena siapa tahu di sela-selanya nanti kami bisa nemu hidden gem kuliner yang menarik. Yah, tapi sampai rumah emang malem sih. Di desa emang sepi sih. Jem 8 malem itu udah sepi nyenyet. Orang-orang desa kayaknya pada mulai tidurnya jem 8 malem kali ya. Soalnya sepi banget.

Pagi-pagi, biasanya aku udah bangun duluan setelah Mamak. Mamak nanti ngopenin ayam kampung peliharaan biar keluar dari kandang. Kan ayam kampung biasanya disuruh sobo ya. Notol pakan dewe-dewe. Walau ada yang timing untuk dikasih dedak juga. Walau mainnya ga jauh-jauh amat sih. Paling di pekarangan samping rumah dekat rumpun bambu atau kalau mau naik ke sisi kali dekat pohon klandingan juga bisa. Nanti ayam jantan oranye merahnya sekalian kluruk membangunkan warga desa yang masih terlelap krukupan sarung. Kalau pas lagi pasaran, Mamak biasa nitih sepeda mini dan melipir ke pasar buat beli lauk untuk cucu-cucunya. Mbul sendiri begitu bangun langsung ke sumur. Mbul mandi sekaligus nyuci karena nyucinya masih pake tangan. Airnya nimba pake kerekan. Atapnya masih semi terbuka, tapi pintu sudah dikunci pake lipetan kain. Ya, itu menandakan kalau di sumur sedang ada orang. Untungnya A dan J masih pada bubuk, jadi belum terlalu kesusu-susu nyiapin susu hangat buat mereka. Ramane apalagi. Masih mlungker kayak trenggiling wkwkwkkw. Maklum, rumah masa kecilnya ini kan comfort zone-nya banget wkwkkwk. 

Terus kalau nyuci memang enaknya pagi, soalnya mumpung matahari bersinar cerah. Jadi ga sampai pertengahan hari jemuran udah pada kering. Ndilalah Lebaran pertama kayak beda dari seminggu terakhir puasa. Kalau seminggu terakhir puasa hawanya panas banget (ga di desaku, ga di desa Tamas), tapi mulai Lebaran hari pertama hingga hari ke-5 dan ke-6, setelah setengah hari panas semromong, eh sorenya langsung hujan. Alhamdulilah berkah ya. Hujan kan pertanda berkah. Bumi jadi basah dan wangi hujan membuat suasana menjadi nyaman dan tenang. 
















Nah, mumpung masih pagi. Maka setelah sarapan pake jangan bening sawi dan kubis, Tamas ngajakin Mbul, A dan J ikut ke kelurahan, kecamatan, dukcapil dan lainnya. Jarene mau ga. Kujawab mauuuk hihi. Siapa tahu kan nanti siangan bisa sekalian kulineran. Akhirnya berempat budhal pergi dan beres ngelarin semuanya sampai sore tiba. Kami sempatkan juga buat tilik pesarean Alm Bapak setelah sebelumnya beli kembang tabur di pasar depan Jodo Supermarket Purworejo. Walau yang turun ke pesarean cuma Tamas seorang sih. Soalnya ngepasin sana udah mau surup. Jadi aku di mobing jagain A dan J. 

H-7 setelah Hari Raya, saatnya balik ke perantauan. Makanya pagi-pagi mruput aku udah siap-siap. Nyuci sisa baju terakhir dan undies yang dipake hari itu, nanti dijemur dan ditinggal aja buat ganti klambi kalau pas ke sini lagi kapan-kapan. Memang selain Mamak, yang paling gasik bangun itu aku. Packing sih udah kusiapin dari semalem. Biar pagi tinggal masukin aja ke mubil. Sempat dibelahin semangka merah sama dibawain Mamak sisa pacitan lebaran yang ada. Tapi tape ketan hijaunya ga bawa..takut lengket. Jadi bawa klethikannya aja kayak kacang bawang, kacang koro pedes, jipang hijau, rempeyek, sama sriping pisang. Nanti mampir ke Bu Alfiyah Soegiyo dulu buat beli abon ayam dan sapi (khusus buat maem A dan J karena abonnya enak). Lainnya paling lanting, slondok, kerupuk rambak dan kerupuk udang buat oleh-oleh kantor.














































Cek WA bentar ternyata ada WA dari ibu Prb. Suruh mampir sebelum pulang ke kota. Soalnya lagi ada sate ambal, sop jamur, tempe bacem dan perkedel. Buah baru beli jeruk manis dan kelengkeng. Asiaaaap.

Jadilah, usai sarapan kami gas ke Prb. Liwatnya ke sisi jalan desa sebelah barat. Jadinya lagi-lagi bikin ku pengen ngledekin Tamas karena desanya mirip ama desa yang ada di kartunnya Studio Ghibli. Masih alami banget. Kebanyakan mata pencaharian warga desa adalah bertani. Kalau nda ya mengangon kambing atau biri-biri. Kalaupun unggas biasanya yang diingu itu bebek, entog dan juga ayam. Peternakan ayam yang lebih besar lagi ada 2 sih. Dekat dengan sawah. Tapi baru dipanen sebelum puasa, jadi masih kosong. Pinggir setapakan yang masih rerumputan digunakan untuk kambing merumput juga bebek berbaris siap turun mencari makan. Burung-burung bangau tampak bertengger mengangkat kaki sambil kaki yang satunya dicelupkan ke air. Sesekali seekor ikan gemuk berada diantara paruhnya. Srengenge menyembul diantara pepohonan pisang yang ada di pekarangan yang bersisihan dengan rumpun bambu dan tanaman liar entah namanya apa. Tapi yang jelas pemandangan asri seperti ini masih ada di desa ini. 

18 komentar:

  1. Dulces y frutas, sandรญa (mi preferida) y gatos nuevos (mรกs que preferidos) aunque no veo por allรญ a Klawa y Orange Boy. Hermoso lugar donde cultivan...
    Abrazo amiga Mbul...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Sahabat Carlos, red watermellon is the best idea for our sunny day ๐Ÿ‰

      Kucing Klawu dan Oranye Boy ada di rumah Prb...kalau di Desa Dlg ini ga sengaja pas Mbul ngadem di teras liat kolong mubil ada kucingnya tetangga yang ndekem di situ 2 ekor...1 nya pake kalung dan satunya tidak

      (เน‘ↀแ†บↀเน‘) ini adalah emoticon kucing

      Hapus
    2. Gracias por el emoticรณn...

      Hapus
  2. Awalnya aku baca fokusnya ke pijit memijit, Kak. Tapi lama-lama beralih ke mengamati foto dan ngerasain narasinya. Serasa di sana. Dtambah lagii foto2nya semua menarik dn menggiurkan. Asrinya terasa sh.
    Btw, kakak telaten yah fotoin berbagai hal gitu๐Ÿ˜๐Ÿ˜ aku jdi inget pas ke Ngawi, seasri itu. Beneran candu suasananya. Bikin kangennnn desanya almrhum mbah uty baca ini mah

    BalasHapus
  3. Senangnyaa kumpul bersama keluarga. Mana suasana rumah Mamaknya begitu asri dan alami, pasti langsung berasa segar dan tak merasa penat lagi. Saya paling ngiler lihat pohon belimbingnya yang berbuah banyak, rasa pengen minta untuk dibuat sambel mbak hehe

    BalasHapus
  4. hati2 jika lewat jalanan gelap
    karena diintai preman dan genderuwo lo mb mbul

    BalasHapus
  5. Are those roses edible? Those green fruits are new to me...

    BalasHapus
  6. minal aidzin wal faidzin ya mbak nita
    sepurane lek akeh lupute
    hmmmmm jan syahdu banget riyayane
    aku pengen jajan plastikan malahan wkwkwk
    pengen tak cemili
    nganti saiki arep nang jembatan butuh mangan dawet kok yo durung kesampaian

    BalasHapus
  7. A wonderful post and village. Thanks for sharing your photos with us. Have a great week and month of May.

    BalasHapus
  8. thimik thimik itu apa, Mbul? btw itu belimbing wuluh banyak bangeeettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. thimik-thimik itu rindik-rindik kak jalan pelan...heheh..iya blimbing wuluh di depan KUA waktu ngurus administrasi tindak hajinya Mamak kami

      Hapus

  9. Tahun ini tak mudik
    hanya anak yang gede yang pulang
    wah jadi kangen sate ambal
    tempe bacemnya mantap tu
    kemarin anak bawa oleh oleh kerupuk kulit
    mantap sekali

    BalasHapus
  10. Suasana desanya menenangkan sekali ya Mbak. Ohya itu bunga taburnya bunga mawar ya? Di sini jarang banget bisa ketemu bunga mawar seperti itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Bu, di tempat kami bahkan profesi pedagang kembang tabur di pasar tradisional menanam kembang mawar rambat di halaman rumahnya, beberapa tetangga ada yang tanam soalnya. Kami ke sana waktu itu beli di depan Plaza Jodo Supermarket Purworedjo untuk keperluan nyekar alm. Bapak mertua

      Hapus
  11. Minal aidzin wal Faidzin , mohon maaf lahir dan batin ya mbul karena banyak salah selama ini.๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    Berarti mbul ke Jakarta akhir April atau awal Mei ya? Kalo itu memang lagi puncak arus balik jadinya macet. Solusinya balik tanggal 1 Juni, udah ngga macet tuh.๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami-sami nggeh mas, minal aidzin wal faidzin juga, maaf lair batin pabila tiap ngeramaikan cerpen cerpennya mas agus yang lucu mbul kadang suka terlalu banyak ya hehehe...atau kepanjangan ๐Ÿ˜‚ salam buwat mba sarilah en si adek...hehehe

      akhir april mas...kalau balik juni atuh panjang banget liburan mbul ๐Ÿคช

      Hapus

Panggil aja aku Mbul. Happy blogging ^___^ Tiada kesan yang lebih bermakna selain kehadiran Teman-Teman/Sahabat Blogger baik yang sengaja atau tak sengaja mampir. Semoga tulisanku bisa menghibur Teman-Teman semua. เธ…(^・ฯ‰・^เธ…)