Sabtu, 18 Maret 2023

Mbul Ngadem di Pegunungan & Nyobain Sate Kambing Empuk H. Iding....




Assalamualaikum wr wb....
Shirahoshi Beby Mbul is baaaaack....

Kali ini Mbul akan cerita fresh from the oven banget, karena kejadiannya baru saja kemarin. Lebih tepatnya Maret 2023, Mbul diajakin ikut ke daerah bukit, salah satu desa di Bogor dalam rangka gathering kantornya Tamas. Tadinya mau diadain Februari pas ada tanggal merah tapi panitia acara baru bisa ngepasin ma jadwal semuanya di Maret ini. 





Alhamdulilah dapet nginep di Villa dengan pemandangan yang indah banget menghadap view Gunung Salak. Tapi sebenernya villa ini juga dekat dengan satu gunung lainnya yaitu Gunung Gede Pangrango. Wah, udah kebayang sejuknya Mbul bisa menghirup udara gunung, meski udah bisa dipastikan gerimis akan turun sepanjang hari.

Malam sebelum berangkat, Mbul sebenernya masih nge-blank. Soalnya sama sekali belom packing. Mbul masih konsen beresin barang-barang setelah renovnya rampung. Jadi packingnya kupikir besok aja lah, Hari Jumat. Ga nyadar kalau Jumat, hari kerasa lebih pendek. Ehehe, terus gegara ga sempat masagh...Mbul ditumbaske mie goreng tek-tek. Asyik! Mbultuw kesempatan dalam kesempitan ya, Gengs! Huft!

Mbul maem tuh dengan lahab sebab seharian belom sempat maem, jadi kerasanya nih mie tek-tek kok rasanya nikmat tenan. Mbul suka acar timun ma ampelanya. Kalau ati Mbul inggir-inggirin, karena Mbul lebih suka ampela kemana-mana. Untuk kerupuknya, Mbul goreng sendiri pake kerupuk udang yang waktu itu beli di Tokonya Bu Alfiah Soegiyo saat pulang kampung. Enak deh kerupuknya tebal dan renyah banget. Ga kalah sama kerupuknya abang mie tek-teknya langsung.





Keesokan harinya, tau-tau udah Jumat aja. Panik lah soalnya belom packing dan Adinda Beby Mbul ini kalau mau perjalanan jauh selalu dikesusu-susu gitu sama Kamase, jadinya saia nge-blank dan agak-agak bingung mau masuk-masukin apa aja, yang jelas baju renang masuk dong, soalnya di sana ada kolam renang. Walaupun udah kebayang akan sedingin apa karena di kaki gunung. Berenang di kaki gunung, sapa takut.....bwahhahaha...jitakin Beby Mbul.... Terus baju panjang, gaun tipis, handuk, dan baju-baju lainnya.

Sebenernya niat hati mau berangkat jem 10-an pagi, karena Mbul mau mampir ke Toko Ananda dulu because of ai mau beli kaos, nana dalam, dan juga sendal.... Kan waktu nukang kemarin sandalku keurug semen, jadilah pengen beli lagie. Tapi berhubung dah kesiangan jadinya hora sido. Aku bisa beres packing itu kelar Jumatan. Hahhahah....Yawes lah, ga jadi tumbas sendal akunya. Tetep pake sandal chubby yang waktu itu pernah kuceritain itu loh. Toh acaranya cuma keakraban ama makan aja. Selebihnya ngaso di villa yang dah disiapkan panitia. Ga ada acara jalan-jalan yang mengharuskan pake sendal wkwkwk. 

Kebetulan kami ga ikut rombongan bis. Jadi yang acara siang ga ikut. Mungkin acara siang itu outbound kali ya. Sebab rombongan bis udah berangkat pagian. Paling nyampe sana sore jelang magrib dan udah mau nyampe acara puncak sekalian pembagian doorprise. Mbul ikut kocokan doorprise ga? Ikut kocokan dung. Terus dapat pa nda? Alhamdulilah dapet sih, walau cuma voucher indomaret 😂






Kelar siap-siap semuanya, akhirnya berangkatlah ke sana. Meski dibayangi hawa mendung di sepanjang perjalanan tapi alhamdulilah lancar. Ah, malah tambah indah aja suasananya, sebab di sepanjang jalan mata beloku ini malah pengen nanam bunga yang kayak ada di pembatas jalan. Ada macam-macam bunga tumbuh di sana. Ada bougenville berwarna magenta, ungu, oren, juga putih. Ada lagi yang bougenville tumpuk dan warna pinknya lebih bold. Iiii.....Mbul gumuzh....pengen tanam semua. Terus ada pula deretan soka, astrid (ganyong), tabebuya, dan oleander.... wah-wah yang pink-pink itu mirip sakura.

Tapi Mbul teteup suka yang biiiing (e pink.....kalau bing mah kelinci bing, tontonan kartun kesukaan Mbul wkwkwk)......Mbul suka yang pink maksudnya. Terus Mbul diledekin pasti pengen bercocok tanam sama semua. Uw ga dunk, soalnya Mbul suka yang pink aja. Yang magenta sama ungu juga Mbul suka warnanya... Kalau putih terlalu pucet di bougenville ya. Dan aku baru sadar, tiap bougenville dengan warna berbeda, itu pasti warna daunnya juga berbeda. Hahahaha. Musti sinau biologi lagi saya.














































Lama kami menikmati perjalanan yang ada, sampailah kami ke arah-arah Bogor kabupaten dan areanya dah masuk-masuk ke perbukitan di kaki gunung Gede atau Salak ya, aku lupa hahhaha. Tapi yang jelas jalannya dah naik turun, meliuk-liuk, menyempit, turunan....terus tanjakan lagi....wuih...serasa digoyang-goyang area perut Beby Mbul, hingga kepala mendadak jadi kliyengan...tanda-tanda menahan muntah hahahah...Mana perut Mbul masih kosong pula. Padahal yang lain dah pada sarapan bubur. Mbul aja yang sosoan ga mau bubur...pengennya maem yang lain hihihi....Tapi untunglah, ga sampai 15 menit kemudian nyampe dan tadaaaaaaaa....villanya ternyata cakep banget, hihihi. Yuk langsung turun ke sana.

Setelah koordinasi dengan panitia, akhirnya Tebung and the gengs dapat kamar namanya Edelweiss. Ngisor nduwur sama kamar keluarga Pak Boss n Bu Boss. Kalau Tebung di atas. Yang lain di bawah. Sementara para karyawan di sisi gedung lain terpisah oleh aula. 

Tadinya kan sendirian tuh...tapi kemudian dipulin sama keluarga Om Bro, istri, en anak mereka, jadilah ramean. Lagipula roomnya juga luas banget. 1 roomnya ada 2 kamar. Per kamar masih ada 4 ranjang single bed yang dididempetin, plus di ruang tipi ketambahan extra bed 3. Lha ini sih di luar ekspektasiku. Hihi...Alhamdulilah ya Mbul nanti boboknya bisa ngaplah-aplah telentang dengan nyaman ga empet-empetan kayak ikan pindang, wkwkwkk. 

Untuk kamar mandinya, udah pake shower (ada setelan hangat dinginnya), juga toilet duduk dan lainnya. Selain itu per room juga sudah ada dapur, ruang makan dan ruang santainya dengan fasilitas TV, AC, dan mini kulkas. Ada juga welcome drink and snack berupa pop mie, kopi, teh, serta gula sachet karena cuaca memang dingin banget jadi pas buat ngudap yang anget-anget. Ketambahan pula Mbul udah bawa tambahan cemilan beli di Indomaret. Ada Potabee, momogi, pop mie, keripik singkong kusuka, roti kasur, hello panda, nyam-nyam, roma kelapa, Pringles, hidrococo, yakult, kacang garuda, kacang kelinci, sama air mineral. Sorenya masih dibawain kue potong dan roti sosis....aw...tantaaab!!

"Mbul tuw mau bobok di kaki gunung, bukannya naik gunung, tapi kok bawa cemilannya banyak banget, Mbem!" 

Biarin....

hahahhaha




























Villanya lumayan luas. Belakangnya itu hutan pinus, dan pada satu sisi menghadap Gunung Salak. Yang lebih menariknya lagi adalah tiap roomnya dipakein nama bunga dengan halaman yang ditanam dengan bunga aslinya. Misalnya ada room cempaka, nanti di sisi halamannya akan ada pohon kembang cempaka putih yang aromanya wangi sekali. Apabila berbunga dan bunganya masih kuncup, maka bentuknya itu njembluk-njembluk chubby lutju seperti Beby Mbul itu sendiri #plaaaak. Ada pula room Bakung yang di sisi halamannya ditanami bunga bakung kuning diantara tanaman hias berbatang merah. Walaupun bakung kuning lainnya ditanam pula di sisi kolam air mancur dan dekat resto, tempat berkumpul pada malam harinya.

Pokoknya villanya itu cantik banget. Beragam tanaman hias ditanam di sepanjang area menuju ruangan-ruangan tertentu dan kamar-kamar. Pohon-pohon cemara menjulang tinggi berdampingan dengan tanaman hias lainnya seperti mawar, bougenville, nusa indah, kuping gajah, palem, pisang-pisangan, kaca piring, cempaka dll.
























Sebenernya hari itu puncak acara malam, diselingi sama makan prasmanan. Menunya ada ikan dori goreng, capcay, perkedel, kerupuk, ama sambal. Habis itu hiburan, dan ngaso. Cuaca malam itu juga dingin banget. Mbul sih langsung balik ke kamar hihihi. Jalannya agak jauh...ngliwatin taman, air mancur, kolam renang dan ruangan-ruangan lain yang malam itu lumayan sepi. Memang yang gathering hari itu ada 2 perusahaan. 1-nya ntah darimana. Tapi jem-jem 9 malem Mbul dah balik ke kamar. Adem....Brrrrrb...

Pagi-pagi, bangun jem 5, subuhan, habis itu mapan lagi. Eh kebangun udah jem 07.30 WIB. Yang lain dah pada senam, Mbul masih muka bantal #jadi malu hihi...Mbul pun papung sebentar dan habis itu dicepet-cepet suruh sarapan. Menunya kali ini lebih simple, ada nasi goreng, mie goreng jawa, bakwan, dan kerupuk juga sambel. Mbul sebenernya kalau maem kepagian perut masih ga konek. Ga tau kenapa berasa kekenyangan padahal belum diisi hhahaha....ntah lah, jadinya maem dikit aja. Setelahnya langsung pada menuju kolam renang, karena kita mau berenang...Padahal ga lama kemudian hujan gerimis turun, tapi ntah kenapa tetep lanjut aja renangnya wkwkwk..










































Habis itu balik ke kamar dan persiapan pulang. Iya, pulangnya itu ga sampai sore. Jadi sebelum dzuhur juga udah rampung. Yang pada bawa kendaraan sendiri langsung siap-siap, yang naik bis juga siap-siap. Sekarang acaranya bebas, jadi terserah pada mau kemana. Kalau Mbul tentu saja mandeg maem siang dulu karena pagi kan cuma mam sedikit banget. Otomatis siang ngelih lagie. Nah, direkomendasiinlah ke sate kambing favoritnya Tamas. Pertamanya ada 2 opsi, yang satu Kohar, satunya lagi H. Iding. Tapi kami akhirnya melipir ke H. Iding, karena katanya sih wenak. Ada sopnya juga, meski awal mulanya Mbul pengen tongseng tapi ternyata menunya itu cuma sate dan sop. Yaudah akhirnya fixed, mau nyate. Dada-dada dulu yuk sama villa di pegunungannya....Udah berasa kayak di novel akuuh hihi... 

Abis keluar Tol Caringin dan masuk puteran Tugu Bogor itu kami langsung ikutin arahan Google Maps dengan ditemani hujan rintik-rintik dari jendela. Aih, perut uda semakin meronta-ronta pengen segera diisi pake nasie hihihi.







Tapi sebelum ke tempat maem, Mbul mampir dulu ke Rest Area karena tiba-tiba ujan deres banget. Mbul liat ada tukang buah dan oleh-oleh khas Bogor. Ada banyak pisang yang menggantung, mulai dari pisang raja, pisang ambon, pisang tanduk, pisang mas, juga buah-buahan lainnya seperti alpukat, nangka, talas, durian, dll. Ada pula peuyeum yang langsung kepikiran apa Mbul beli itu aja ya sebagai pengganti tape, karena kapan hari aku mau bikin kue apem atau kue mangkok. Nah, salah satu bahan pelengkapnya itu tape singkong. Karena belum sempat-sempat beli tape singkong, ya udah aku kepikiran pake peuyeum yang udah matang aja. Nanti gampang lah Mbul bikinnya kapan. Pas mau puasa juga bowle heheheh..

Lalu, kali ini Mbul dichallenge suruh beli ndiri. Karena kan yang jago nawar aslinya Tamas, nah kali ini Mbul yang disuruh latihan belanja hahahha.... Soalnya kalau belanja itu aku cupuw.... Jadi buat ngetes apa Beby Mbul bisa nawar apa nda, maka disuruhlah Mbul yang ucluk-ucluk-ucluk mudun sendiri en nyamperin abang bakulnya. Ternyata apa saudara-saudara, Mbul ga bisa nawar dong....hahhahah..#jitak. Mbul tuw sungkan mau nawar..walau si abang bakul buahnya dah senyam-senyum aja karena baru Mbul yang beli dagangannya. Mbul beli nangka 3 pack, pisang ambon sesisir dan peuyeum total Rp 75 ribu. Coba kalau sama ahlinya pasti bakal lebih murceu lagi bhihihi...Kalau ma Mbul cuma turun dikit hahhaha













"Udah pas Neng, ga bisa turun lagie. Ini udah yang paling manis. Ni saya pilihin iya."

"Beneran ga bisa turun Pak?"

"Ya ga pa pa dah, saya tambahin nangkanya. Tapi harganya tetep ya. Total 75 ribu. Cakep soalnya!"

Baiiiiiique...

Review Sate Kambing H. Iding, Bogor

Emang ga salah, diendegin di Sate Kambing H. Iding, tempat rekomendasi Tamas sama Pak Boss yang dah biasa maem di sini. Memang tempatnya sederhana, cenderung kecil dengan 4 meja bangku berkaki dan dapur di sebelahnya pas, tapi ternyata peminatnya lumayan juga. Seperti saat itu, dimana selain kami, 2 orang Bapak-Bapak turun dari mobilnya dan segera mengetag bangku untuk makan di tempat.





Sate kambing Pak H. Iding ini ternyata terkenal karena rasanya yang nyamleng. Dia modelnya kiloan ya. Bisa pesen hati kambing atau daging selipin gajih. Nah, kami pesen sate hati dan juga sate daging plus gajih. Ada pula sop kambing yang dikasih tetelan daging iga dengan kuah bening penuh taburan bawang goreng. Sluuuuuurpt...gurihnya..Mbul suka...Mbul suka.

Sate kambing dan sopnya diproses kurang lebih 10 menitan. Fresh! dengan potongan gede-gede. Hati sih aku ga terlalu suka, tapi daging kambing dan menul-menul gajihnya aku like banget. Sambelnya disediain 2 macam. Ada sambal kacang, ada pula sambal kecap. Sambal kacangnya kental dan manis. Sedang sambal kecapnya penuh dengan irisan bawang merah, rawit hijau, dan potongan tomat. Seger banget deh. Apalagi dimaemnya bareng acar timun bawang merah wortel sama sambel. Dududuududuw....siang yang diguyur gerimis tipis-tipis, ga kerasa karena perut dimanjakan bareng sate yang wuinakkkk.






















Sopnya sekali lagi seperti yang kubilang, kuahnya daging banget. Warnanya bening tapi rasanya eco tenan. Tetelan dagingnya lumayan banyak dan iganya juga full. Dikreketi dari tulangnya, ehmmm sedep banget. Gurih dan nagih serta ngangetin badan Mbul di musim penghujan, hihi. 









Untuk mimiknya, karena kebetulan es lagi habis, jadi adanya teh anget tawar hihihi. Tapi ga pa pa, penting anget, peyud Mbul juga uda welcome! Total semua kena Rp 125 ribu. Okey, kusudahi sementara updatean Mbul di sini. Sampai jumpa di post kulinerku yang lainnya ya. Dadaaa...






26 komentar:

  1. Berani nyemplung toh mbk.... dingin "di mandiin..nanti masuk angin..eeeh kok lagunya Joshua🤣

    Aku ga kebayang dingine mbk..secara Bogor itu pan apalagi Deket puncak udah pasti hawane berrrr...enak banget sih mbk jalan"bareng misua and the gank..maksude acara kantor yaak,😁

    Fasilitas vilanya lengkap banget,asri dan sejuk,banyak bunga bunga...
    Memang biasanya kalo di vila itu dibsediain cemilan yak kayak minuman"di kulkas atau makanan",kalo di hotel kulkas dikamar kudu bayar yak wkwkkk

    Sate kambingnya ituloh mabk..bikin ngiler..hawa"dingin gini pas banget maem sate kambing,badan jadi angeet...Sinipun mendung mabk...palingan bentar lagi ujan deress..wes gelep☁️

    BalasHapus
    Balasan
    1. masyuk angin beneran Mbul mba hen wkwkwkwk....kudu dikerok dan diblonyohi minyak tawon atau GPU yang hot si embulnya wkwkkwkw 😂🤣

      welcome snacknya pop mie duank mba, jajanan lainnya mbul beli di Indomaret hahahahha....udah kayak mau kemping berapa hari mbontot jajannya mbul...padahal boboknya di kaki gunung, bukan ndaki gunung......😂

      Mba enak banget sate kambing di sini, dagingnya empuk gajihnya kenyut kenyut kenyil wkwkkwkw...gurih apalagi takcocolin sambal kacang kental...biasane aku anti sambal kacang, ini pengecualian, sambal kacange manis legit en ngeblend ama sate kambinge...ditambah acar timun...asem asem krancy...enak banget...☺

      Hapus
    2. Nah pan....tapi gak popolah..wes di kerok pake GPU yang hot..yg hot GPU ne Opo mbke wkwkk...canda Yoo🤭🙏🙏

      Enak sate kambingnya ada pilihan bumbu kecap atau kacang,jadi bisa milih yaa..biasanya kambing jarang pake bumbu kacang,tapi bumbu kacangpun kalo enak suka tak jilati mbk sampe bersih wkwkkk🙈

      Hapus
    3. hahahhaha...mbulnya mba...hihihi
      canda...🥵🥵🥵😹😹🔥🔥🔥

      Hapus
  2. suasana villa ya mirip pas aku KTS SMA dulu
    penuh bunga bunga serasa mau joge india
    duh pas udan ngene ngadem ndek villa ancen wenak
    opo maneh ambek bakr-bakaran
    eh aku ket ngerti mbak lek tuku sate iso kiloan
    tapi ancen menul menul daginge
    aku ya gabegitu suka ati kambing maupun ayam

    BalasHapus
  3. Kalau dilihat dari bentuk villa dan kolom renangnya serta tangganya kayaknya itu Villa Bukit Pancawati, Caringin Bogor dah.

    Itu yang buahnya orange bukan jeruk kan ya tapi sejenis berry cuma saya lupa namanya apa?

    Bunga Azaleanya cakep banget jadi pengen..hihihi

    Nangkanya seger dan menantang..minta dong..wkwkwk

    Satenya kelihatannya enak tapi sayangnya bukan sate sapi..hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas herman....bukan jeruk itu. Soalnya kecil...jadi tanaman hias yang warna oranye bulet bulet dulu pas masih kecil sering buat masak-masakan 😊

      iya bunga azalea bagus ya, kalau aku merasa mesmerized cempaka soale wangi, terus mawar merah en yang warna magenta..

      iya mas herman nangkanya manis sekali...

      iya nih sate kambing, tapi enak lho...bagi lidah ini, soalnya ku pecinta kambing hahahahha

      Hapus
    2. Kalau ngga salah ingat itu nama berry orange biasanya dijadikan tanaman pagar.

      Kalau mawar yang warna apapun bagus dilihatnya, yang hitam aja masih enak dilihatnya.

      Daripada sate kambing lebih enak sate kelinci.. wkwkwk

      Hapus
    3. Yakkkkk....betul sekali mas her...#padahal aku baru tau namane loh abis disebutin barusan wkkwkwk...orange berry

      (。・ω・。)

      iya mas herman mawar mah aku suka macam warna baik yang mawar merah, putih, pink, oren, kuning, bahkan hitam...bagus..apalagi yang kelopake bertumpuk...jadi ingat mawar kubis wkwkkwk

      sate kelinci sih enak rasanya lebih ringan tapi kasihan

      (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)

      🤪🤭

      Hapus
    4. Waduh, wkwkwk

      Mawar kubis? Memangnya ada mawar kubis?

      Kalau kasihan ganti sama kodok aja kelincinya..wkwkwk

      Hapus
  4. Nit, itu villanya ga ada yg dikasih nama Kamboja kan ya? 🤣🤣. Duuhhh sereem, ntr malah jadi tempat nongkrong neng Kunti dkk 😂.

    Baguuus villanya. Bogor pasti ujan Mulu pas sore kan? Di sini aja pagi sore ujan, apalagi di sana ya 😄. Makin deh dinginnya

    Btw itu satenya menggoda amaaaaat 😱😍😍😍😍😍. Blm pernah cobain aku. Tapi kalo udh sate gini aku sukanya saus kacang. Saus kecap sih sbnrnya suka, tapiiii aku benci bawang merah mentah 🤣🤣. Dan seringnya lupa ingetin penjual utk ga KSH bawang. Makanya supaya aman, udh paling bener kacang aja 😁

    BalasHapus
  5. Estuviste de paseo por un paraíso, Mabul, esa villa es magnífica... y qué bueno que tengas la sensibilidad para mostrar la vegetación esplendorosa... Siempre tus frutas y exquisiteces, son un clásico en tus entradas. aunque me faltaron los gatos... me encantó, amiga.

    Abrazo agradecido hasta allá.

    BalasHapus
  6. The villa looks like an inviting place. Your food looks delicious. Thanks for sharing this nice post.

    BalasHapus
  7. ...many of the plants I've seen in Maui.

    BalasHapus
  8. The villa is lovely.
    And as always, the food looks delish.

    BalasHapus
  9. Mbk Mbul selalu cetar membahana postingannya. Gak pernah ragu untuk membagikan semua foto terbaiknya.

    Saya malah belum pernah nginep di villa. Tapi nanti kalo dah berkeluarga wajib sih sekali dua kali. Itung-itung bulan madu ya kan ☺️.

    Khusus Foto bunganya saya suka banget terutama foto mawar merahnya.
    Di daerah aku tinggal, aku belum pernah nemu mawar merah.

    Kalo ada pasti aku foto dan sdinagikan ke blog.

    Untuk makanan jangan ditanya lagi, semua yang ada digambar bisa saya habiskan kalo ada didepan saya( dan mbk mbul yang bayarin)

    BalasHapus
  10. Jadi pengin nginap di villa juga tapi penginnya yang free hahaha.

    Kalo nginap di villa kaki gunung kebayang gimana dinginnya, penginnya ndekem saja soalnya dingin.

    Bunga Bougenville nya cakep, begitu juga jeruk yang warna Oren. Eh jeruk apa bukan sih? Kok ngga mirip jeruk.🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini mbul free mas, soalnya gathering kantor (´∧ω∧`*)

      he em....ndekem kayak mpuss meow wkwkkwkwk

      ฅ(^・ω・^ฅ)(๑ↀᆺↀ๑)

      bukan jeruk itu tanaman hias mas, bentuke cuwilik cuwiliiik...mirip anggur tapi kecil warnanya oren wkwkkwkw...ada pohonnya juga loh...

      iya pengen rasanya ku nandur bougenville sing warnanya magenta atau pink ew...biar ngebentuk bonsaiii...tar daune agak digundulin biar bunganya ketok mekrok mas hahahhahahahah

      Hapus
  11. Suasana sekitar villa kelihatannya nyaman banget, bikin betah berlama-lama stay di sini, tambahan lagi nangkanya, daaann, satenya itu lho...ga bakal cukup satu kilo buat sekali makan....:)

    BalasHapus
  12. jadi pengen makan sate malem2 ni hehe

    BalasHapus
  13. jadi ingat saat saya nginap di bandung
    kamarnya juga pakai air hangat
    villanya keren banget ya, bersih dan indah
    iya tu, sopnya kuahnya terlalu bening

    BalasHapus
  14. kebetulan tanggal 3 kemaren aku baru balik dari daerah bogor mbak, kayaknya cuacanya cerah-cerah aja ya mbak :D, tapi emang sebelum itu hujan gerimis terus di daerah sana :D

    duh itu satenya menggoda sekali yaah, aku dari semua masakan daging paling suka sate, au sua bumbu kecapnya yang di campuri bawng merah hihhi D

    BalasHapus
  15. saya suk sakali dengan sate kambing
    apalagi saat tensi darah rendah, bisa abis dua porsi
    itu kameranya pakai apa ya, jernih

    BalasHapus
  16. vilanya bagus banget ijo, adem. ditambah lagi di daerah pegunungan, suka bgt sama perbukitan

    BalasHapus
  17. Nampak menarik tempatnya.
    Sate kambing tu pastinya sangat enak

    BalasHapus
  18. Duh...asik banget ini mah bisa nginep di villa...
    Tentang sate kiloan dan sop nya....bikin saya ngiler...
    Dulu tahun 2000 saat saya bekerja di pabrik sepatu di bogor, sering diajak teman-teman untuk menikmati sate kiloan plus sop di daerah Babakan Madang... Enak banget!... tapi suka lupa diri makan sate bertusuk-tusuk, pas malam mau tidur baru terasa pundak kiri kanan pada pegel...

    Salam dari Sukabumi, Mbak

    BalasHapus