Sabtu, 11 Maret 2023

Mie Goreng Jawa, Acar Timun, Es Melon, Tempe, dan Bening Ala Mbul



Sore hari waktu aku sedang bikin acar, tiba-tiba pintu rumah diketuk. "Tuk...tuk...tuk!" Siapa ya? Ternyata tetangga samping rumah yang bawakan sekantung es melon untuk berbuka. Istrinya Om Tjie Kang, yang jualan DVD dan sekarang nyambi jualan parcel buah, ngantarin es sambil panggil-panggil nama Kakak A yang sedang bermain di dalam kamar, sementara adiknya sudah bobok duluan karena kecapean. Tadinya hendak cantelin esnya ke gagang pintu, cuma aku keburu datang jadi bisa nampanin esnya, meski masih pake kaos kebesaran milik Tamas hahaha.., suara Beliau yang menggelegar pun langsung menyambutku.  




"Ta, ini buat A ya. Buat bukaan ntar." ujar Beliau sambil menyodorkan kantung es-nya ke arahku dan buru-buru pamit karena ingin mengantarkan es lainnya ke rumah-rumah sebelah. "Ah, iya Tante...Aduh sore-sore dikasih es buah, makasih banyak ya Tante." ujarku sambil menerima kantung plastik tersebut dengan rasa syukur. Ternyata setelah kutengok warna es-nya hijau dengan isian jeli dan juga melon. "Yaudah, aku ke sana dulu ya. Mana si A?" tanyanya ramah. Kujawab : "Ada. Lagi main di kamar." "Kamu lagi masak ya?" He em. "Oke, lanjutin gih. Aku masih mau ke sana bentar. Mau ke tempat Pak Dhe. Ayok Ta." Pamit Tante Susi yang masih membawa es-es lainnya untuk satu deret rumah blok kami. "Iya Tante. Sekali lagi makasih ya."

Alhamdulilah rejeki sore. Memang tetangga samping rumah orangnya pada baik-baik semua. Termasuk Koh Tjie Kang family yang notabene beragama Konghucu, beliau sering srawung dengan tetangga lain meskipun berbeda keyakinan, karena memang lingkungan tempat tinggal kami beragam, ga semua muslim. Ada yang nasrani, ada pula yang Budha dan Konghucu...tapi semua bisa hidup rukun dan berdampingan dengan baik, termasuk beliau ini yang sering bagi-bagi es atau takjil pada kami yang sedang berpuasa. Selain itu, Beliau juga sering kasih makanan kecil atau snack ke A...misal permen, kue-kue, dan lainnya. Pokoknya orangnya royal.

Tak lama berselang, wanita seumuran ibuku itu pamit. Badannya yang subur dengan potongan rambut cepak ala laki-laki mengingatkanku akan tokoh-tokoh Ahjooma di film-film korea. Orangnya memang cekatan dan prigel. Beliau dan suaminya yang dulu paling rajin ngecekin rumah kami saat masih renovasi kemarin. Titip nengokin tukang waktu kami masih di apartemen selama 2 bulan. Walau Amas tetap saja memantau tiap kali pulang kerja. Keduanya udah kami anggap seperti Om dan Tante kami sendiri. Ya, maklum sudah senior karena sudah tinggal di sini sejak 20 tahun silam. Sedangkan kami masih hijau. Masih bau kencur. Masih baru. Kami yang lebih muda dari segi usia ini tentunya harus ngajeni dong. Tapi ngajeni yang tanpa rasa sungkan sih. Soalnya beliau-beliau ini orangnya humble dan juga asyik kok. Hehehe... 





Usai menerima es melon tadi, akupun masuk ke dalam dan bilang pada A...."Alhamdulilah kita dapat es melon Kak." A pun menghambur ke pelukanku, menggelendot ke badanku sambil bilang mau minta tempe. Iya, nanti aku gorengkan tempe. Tapi setelah aku selesai rampungkan acar timun ya. Ia mengangguk. Lalu kugoda sedikit supaya mencium pipiku. "Sayang dulu...nanti digorengnin tempe!" Cuwps... Dan jam pun bergerak semakin sore. 

Resep Acar Timun :
Bahan-Bahan :

Timun
bawang merah
cengis ijo
Cuka
gula pasir

Cara Membuat :

Cuci bersih timun dan bahan-bahan lainnya
Kupas kulit timun, potong kecil-kecil, sebelumnya buang dulu bijinya ya
Kupas bawang merah dan belah
Masukkan timun, bawang merah dan cengis ijo dalam wadah
Tuang gula pasir sedikit dan juga cuka
Aduk hingga rata
Tutup wadahnya dan tunggu sampai beneran jadi acar
Dinginkan ke dalam kulkas







Hari itu puasa ke-7. Cuaca lumayan cerah meski paginya disambut hujan deras sampai pertengahan hari. Akupun baru siap memasak usai sholat asyar dengan memanfaatkan apa yang tersisa di kulkas. Kebetulan aku baru ingat masih punya mie telor cap Atoom Bulan yang kubeli di Lotte Mart awal Maret kemarin sehingga membuatku keidean untuk membikin mie goreng jawa. Sayangnya sayuran hijaunya sedang ga ada. Adanya cuma kubis yang tinggal seperempat. Aku wa Tamas minta dibelikan sawi di Bapak Sayur yang ngetem depan kantor pake mobil pick up, walaupun dudulnya aku adalah tak bilang dulu bahwa sawi yang kumaksud itu adalah sawi hijau alias cesin atau pokcoi. Eh, tapi karena requestku ga detail akhirnya malah yang dibawakan sawi putih hahhahaha... Soalnya pas difotoin adanya sawi putih itu, posisi aku lagi pakpungin dan cebokin si J (si adik). Jadi udah keburu dibeli sawi putihnya.

Sebenernya aku masih ada sisa kubis. Itu juga aku tambahkan ke dalam mie goreng jawanya supaya sayurannya itu melimpah. Ga pake suiran ayam, ga pake kopyokan telor. Tapi mie goreng jawa plus sayuran aja dengan bumbu ulegan sendiri. Bumbu bawang merah, bawang putih, cabe oren, dan sedikit garam. Nanti ini ditumis dan dibubuhkan sedikit maggie kaldu blok yang bikin rasanya jadi gurih. Tak lupa pula sedikit gula pasir dan kecap supaya mienya manis nyemek-nyemek basah dan full sayuran. 























Nah, karena mienya agak pedes walau dominannya tetap saja manis, maka untuk A dan J, tentu sayurnya pake yang lain. Yaitu bening bayam. Aku gorengkan lagi tempe bawang dan kupaskan pepaya djinggo lokal yang bentuknya imut. Pepaya kecil tapi manis dan berair. Subhanalloh warnanya juga oren sekali. Manissss....

Semakin mendekati magrib, belanjaan sayurnya datang. Ada bayam, terung, timun, kubis, rawit oren, tempe, timun suri dan pepaya djinggo itu tadi. Rawitnya dapat yang bagus-bagus...bentuknya panjang amat dan warnanya cakep. Terung ungunya juga masih mulus dan mengkilap. Lumayan dibalado lagi nih esok harinya. Kalau timun suri, pastinya buat bikin es buah meski untuk bukaan kali ini esnya adalah es melon. Alhamdulilah menu kali ini simple tapi semua suka. Paling happy deh kalau udah masak, lalu yang maem pada lahap. Kebetulan nasi juga baru aja ceklekin jadi masih pulen, anget, dan wangi, jadi pada semangat aja menikmati apa yang Mbul sajikan. 






Resep Mie Goreng Jawa ala Mbul :
Bahan-Bahan :

Mie telor (aku pakenya yang cap Atoom Bulan)
Kubis
Sawi
Bawang merah
Bawang putih
cabe rawit
sedikit garam
Maggie kaldu ayam
Gula pasir
Minyak goreng

Cara Membuat : 

Rebus mie telornya sebentar aja, angkat. Tiriskan. Kasih sedikit minyak di permukaannya supaya mienya tidak lengket.
Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, sedikit garam
Iris-iris kubis dan juga sawinya, cuci bersih di atas air mengalir
Panaskan minyak
Tumis bumbu yang telah dihaluskan 
Tambahkan maggie kaldu ayam 
Masukkan sedikit gula pasir
Masukkan sayur-sayurannya
Masukkan mie telornya
Tambahkan sedikit kecap manis
Campur hingga rata
Tunggu sampai matang
Sajikan hangat
Sebenernya kalau ada daun bawang dan pokcoi lebih enak lagi, tapi pake yang ada saja juga udah maknyus












































Apalagi mie goreng jawanya. Uhm...ini di luar ekspektasi. Kupikir kurang manis atau kurang asin kan ya karena kan yang masak lagie puasa. Ternyata alhamdulilah rasanya itu 'pas' banget. Pas manteb. Setelah ditambah kecap di finishingnya, manisnya itu tambah sedep lagi. Kebetulan kami emang suka mie goreng jawa yang dominan manis. Walau tetep antara gurih-manis-sedikit pedes-dan nyemek-nyemek basahnya. Udah mirip bakmi-bakmi yang biasa diosek di gerobagan nih...uh....enak bangad. Malah akhirnya ludes deh mie goreng jawa bikinanku ini ga sampai sahur sampun telas. Dimaemnya bareng acar timun, bawang, dan cengis. Sayang nenasnya abis. Jadi next time aku akan bikin lagi, dengan ditambahin wortel dan juga nenas. Alhamdulilah...


8 komentar:

  1. This looks like a really tasty and satisfying meal!

    BalasHapus
  2. entah kenapa sekarang kalau buka puasa pasti mentok2nya kekenyangan, jadi mau solat magrib g konsen karena perut penuh

    BalasHapus
  3. tetap tempe dan pepaya yang menjadi favorit...
    👍😁

    BalasHapus
  4. The food looks very tasty. Have a wonderful day!

    BalasHapus
  5. Mengapa ya mbak nit kalau puasa itu bawaanya khilaf pengen beli semua makanan yang ada, tapi pas dah buka hanya separuh makanan yang dimakan 🤷‍♂️🤷‍♂️🤷‍♂️🤷‍♂️,

    BalasHapus
  6. Menu buka puasanya lengkap sekali. Sudah termasuk buah pepaya. Mie goreng jawanya juga terlihat lezat. Kemudian masih ditambah es buah pemberian tante susi.

    Di bulan puasa kayak gini berbagi makanan kepada tetangga menjadi hal yang biasa ya. Di kampungku sering berbagi makanan seperti yang diceritakan.

    BalasHapus
  7. Aku jadi pengin bikin acar nit ❤️😍😍. Acar ini diliat simple tapi bikinnya tricky 🤣. Kalo ga pas takarannya, ya kombinasi rasanya ga dapat. Dan aku termasuk masih parah yg namanya membumbui masakan 🤣. Suka ga balance.

    Tapi kebetulan lagi banyak cabe rawit juga dan timun , jadi kepikiran deh bikin acar. Memang paling enak buat temen makan nasi goreng atau mie goreng Yaa. Jadi seger . Tapi kalo bikin acar, aku slalu skip bawang merah 🤣. Ga doyan kalo mwntah

    BalasHapus