Jumat, 01 September 2023

Mbul Jalan-Jalan ke Pasar Kemis



Assalamualaikum wr wb...
Pada kesempatan kali ini Mbul akan cerita tentang daily life aja (kayak biasanya), utamanya yang terjadi pada Hari Minggu kemarin. Jadi postingan ini fresh from the oven banget bukan lagi latepost.....karena eh karena Mbul dan Tamas ada agenda mlampah-mlampah random aja sambil cari maem siang. Kemanakah itu? Ke area Pasar Kemis aja.






Kami bangun emang ga gitu gasik. Biasa, habis subuhan langsung jadi beruang lagi, tapi bukan beruang kutub lho ya, melainkan beruang yang manis weteteteted...*bercanda. Terus begitu kumpul nyawa ada acara goler-goler dulu sambil liat youtube channel para food vlogger yang berasal dari Jawa Timur. Ada Om Rafa Ahrul ama Yusuf Farda. Itu kok, nemu aja ya tempat-tempat makan legend dan harganya masih terjangkau banget. Apa di Jatim makanan masih segitu murceunya. Kan aku jadi pengen dolan Jatim. 

Ga semuanya di Jatim sih, semisal Bojonegoro, Gresik, atau Suroboyo, tapi ada juga yang di Jateng. Misal di Blora, Pati, dan lainnya. Adududuuduh...Mbul jadi kemlecer semua. Tamas sih yang nyetelin itu pagi-pagi dan bilang ke Beby Mbul kalau sekarang traveloka juga kasih fasilitas ngiter-ngiter pake kendaraan andaikata kita lagi liburan ke luar kota atau luar pulau yang pas kitanya ga bisa pake kendaraan sendiri. Jadi acara liburannya itu bisa menjangkau ke banyak tempat termasuk yang jauh-jauh. Hmmmm...tuh kan mengen-mengenin duang, kan jadi pengen hahahah... Tapi ga kok. Soalnya liburannya udah habis. Jadi nanti seandainya ada liburan lagi, bisa lah ya pake ituw wkwkkw. 






Sambalnya bikin Mbul kabita....nyem...nyem....

Yaudah, daripada Minggu ga ada acara, akhirnya diputuskanlah kalau kami cari makan siang aja. Siapa tau nemu kulineran random dan bisa buat isi-isi blog ini, iya kaaaaaaan hihihi...

Singkat cerita, setelah Mbul nutuwin Adik dan kasih sarapan Kakak maupun Adik, barulah kami berempat bisa jalan. Kira-kiranya jem 10.30 WIB, bismilah panasin kendaraan terus let's go jangan lupa baca doa sebelum bepergian bersama biar dilancarkeun, amin.... 









Nah, mulanya kami kan ga tau tuh tujuannya mau kemana? Apakah deket-deket rumah atau jauh sampai ke Pandeglang atau Lebak sana? Soalnya maren Tamas sempet nyetelin youtube dan liatin ke Beby Mbul tentang budidaya ikan Mas yang gede-gede itu dimana lokasi perikanannya itu ada di daerah Lebak atau Pandeglang. Wah udah mau nggunung dong. Kan aku pengen kalau yang areanya adem-adem gitu. Tempatnya sih asyik tuh, soalnya bisa kecipukan mainan air sembari betis dindusel-nduselin ikan. Tapi dikarenakan kami budhalnya agak siang, maka kayaknya kok nda nyandak waktunya. Akhirnya diputuskanlah buat jalan-jalan random aja di sekitar-sekitar situ. Lagipula pelud juga udah lapar, jadi mau ga mau harus maksi kan. Makan siang. Tapi pancen belum nemu tempat makan yang oke sih, jadi ngiter-ngiternya itu agak lamaan. Tadinya mau ke Warung Makan Kabita, tapi pas diliat-liat lagi, warung makannya libur...hahahah.....tak terasa kami malah jalan terus ke arah Jalan Raya yang masih ada di area Pasar Kemis, setelah pabrik-pabrik. Sebelumnya aku sama Kakak A juga sempet mampir ke minimarket dulu buat beli cemilan. Ga lupa detergen cairan konsentrat yang waktu itu sedang ada promo apalagi kalau bukan So Soft dari Wings.....Kali ini So Softnya yang rasa Berry lho jadi warnanya ungu. Wanginya enak deh. Bikin pakaian dan jilbab-jilbab yang Mbul kenakan terasa lembut, licin, dan wangi setelah dicuci dan disetrika.




































Okey, intermezonya udah ya. Jadi kembali lagi pada cerita, dimana saat jam menunjukkan pukul 11.30 WIB, tak sengaja Tamas melihat warung makan ayam bakar yang depannya itu berjajar-jajar mobil. "Wah...rame Dek." Bentuknya saung-saung gitu. Dan adanya di pinggir jalan. Udah gitu, yang paling menariknya lagi adalah karena di depannya itu ada area buat bakar-bakar ayam bekakak serta ikannya. Ayamnya dijembreng telentang dan dibakar di atas drim dengan bawahnya itu masih menggunakan kayu bakar.  Wah-wah...meski nggembuleng asapnya, tapi kok menarique. Maka diajaklah Mbul untuk melipir. Namanya Ayam Bakar Beda Rasa. Wah kenapa namanya begitu ya? Apa beda rasa dengan resto lainnya?

"Dek, ke situ aja yuk. Pesti Siro dah pengen foto ayam bakare tow?" Hmmm...og tau sih isi kepala Beb Mbul. Memang Tamas sangat memahami Adinda Beb Mbul pake banget karena dimanapun ditemukan, Beby Mbul itu selalu antusias ya bagian foto makanannya walaupun bagian makannya ga patio pengen sih. Maksudnya maem sakcemilan aja, yang penting dapat foto kulineran ahhahahahah...#plaaaak. 





















"Ayo, Mbem! Wes podo ngelih tow. Yuk neng kono ae." Ujar Beliau yang langsung menggamit tangan Beby Mbul supaya masuk. Jangan bengang-bengong aja ngliatin plangnya. Yo wes lah, karena dah jam makan siang juga, daripada tar ga nemu tempat makan lagi, lebih baik mandeg ke situ. 

Akhirnya kami semua masuk, meski di dalam sedang ada acaranya Bapak-Bapak dari Suzuki, jadi kami memilih saung yang area depan. Ga tau sih acaranya masih berlangsung atau dah rampung, soalnya udah ga rame. Maksudnya pengunjung yang ada rata-rata pengunjung keluarga non perusahaan yang sedang gathering. Padahal grand prize mobilnya masih terpajang di situ hahahah...







Nah, setelah dapat saungnya, kamipun segera dihampiri Mas-Mas Waiternya yang menyodorkan buku menu. Sempat bingung juga mau pesan menu apa karena pilihannya banyak. Tapi setelah diskusi, akhirnya sepakat pilih ayam kampung goreng lengkuas setengah ekor, belut goreng lengkuas, cah kangkung bawang putih, bening bayam, tempe goreng, jus naga, jus wortel, es teh manis, pete bakar, sambel serta lalapan. Nasinya model bakulan, jadi emang paling pas buat maem bareng-bareng. Tadinya kami pesan pula pepes ati, cuma ternyata lagi kosong. Jadi yawes lah segitu juga udah cukup. Dan tarnya akhirnya banyak yang dibungkus buat maem malam di rumah hahahah.

Seperti halnya nama warungnya yaitu Ayam Bakar Beda Rasa, maka bisa dipastikan rasa menu-menunya emang lain dari yang lain. Beda dari resto kebanyakan maksudnya. Di sini mostly itu lebih ke asin gurih ya. Karena kan kalau ayam bakar pada umumnya lebih ke manis. Nah, kalau di sini lebih ke asin...tapi  gurih dan pas pas dicocolin bareng sambal terasinya yang dah ditaruh di tatakan kecil 3 biji. Memang sambelnya itu sedep. Terasinya yang bikin ketagihan. 




























Pulang jalan-jalan, paketan komik aku dah nyampe di rumah dengan selamat...horeeee!!!

Terus belut goreng lengkuasnya juga asin gurih dan emang pasnya itu begitu dicocolin ke sambel terasinya. Maksudnya setelah ketemu nasi dan sambel rasanya jadi netral ga begitu kuat ke asin. Jadinya enak. Begitu pula tempe gorengnya... untuk petenya, sepengamatan Mbul ini direbus dulu baru abis itu dibakar. Beli 2 renceng dan aku potek-potek biar keliatannya ada banyak difoto wkkwkw... Petenya rasanya manis dan bijinya pun besar-besar....

Kangkung bawang putihnya juga enak. Ini kerasa banget bawang putihnya sehingga dominan asin gurih. Bening bayamnya juga tipikal bukan bening yang manis, melainkan bening gurih. Dan di dalamnya itu juga ada potongan labunya. 

Adapun yang paling seger diantara semuanya jelas jusnya. Cupnya itu cakep deh. Ada tutupya dan lubang kecil buat sedotan. Jadi ga kuatir wutah. Jus wortel itu punyaku. Dia warnanya cantik dan rasanya pun manis seger. Aku suka banget ama wortel karena biar mata jadi jreng gitu kan sebab wortel banyak mengandung vitamin A untuk kesehatan mata. 






Usai makan, kami sekalian sholat dhuhur gantian dan habis itu lanjut lagi ke arah Cengkareng karena Tamas masih ada agenda cari pakan ikan di Pusat Pasar Ikan Hias Cengkareng. Tapi baru jalan beberapa meter dari Ayam Bakar Beda Rasa, lewatlah kami ke Kedai Ubi Bakar Cilembu. Maka ga pake lama, Tamas ngajakin mandeg buat beli ubi beberapa biji, persiapan buat cemilan Adik dan Kakak selama perjalanan menuju Cengkareng. Asyik ah...beli ubi manis hangat dan pas dibelah ternyata dalamnya legit banget...nyuuum...

Kami lalu masuk ke Tol Cikupa dan keluar Kalideres lanjut masuk Cengkareng lewat bawah...Nglewatin beberapa kali jembatan layang dan lampu bangjo sehingga sempat terjadi kemacetan. Tapi abis itu perjalanan mulus walau cuaca sedang hot-hotnya dan memasuki area perumahan atau jalanan kecil di Cengkareng kok ya sepi nyenyet. Pada kemanakah orang-orang.  Memang setahuku beberapa bagian dari Jakarta tiap weekend tuh sepi deh. Sama kayak pas aku waktu masih tinggal di Jakarta dulu. Kalau weekend ntah kenapa juga sepi. 










Nah, setelah nyampe lokasi, yang beli pakan ikannya itu Tamas ama Kakak A. Mbul ama Adik tunggu di kendaraan sembari ngadem. Setel AC-nya paling pol.....

Nah, dikarenakan Minggu cuaca begitu hotnya, akhirnya di Pasar Ikan Hias Cengkarengnya ga lama. Kata Tamas masih lengkapan di Toko Ikan Hias Pisces dan juga Pasar Ikan Hias Jatinegara. Jadi diputuskanlah buat go home aja lewat Kalideres aja. Pengen baliknya itu ngaso bobok karena siang itu ntah kenapa rasanya ngantuuuuk betul. Tapi sebelum beneran pulang kami mampir dulu beli sop buah buat temen makan ubi cilembu sore-sore.












Okey, kiranya segitu dulu updatean Mbul kali ini. Sampai jumpa lagi di post kulineran atau masakanku di lain kesempatan ya. See you and dadaaaaah...


10 komentar:

  1. Ayam bakarnya besar. Sungguh menggoda. Aku belum kepikiran rasa ayam goreng lengkuas itu bakal kayak gimana. Yaa memang belum pernah.

    Rasa ubi cileumbu kayaknya ga pernah gagal. Selalu manis dan kegit. Apalagi dimakan ketika hangat. Waah, bakal nambah dan ga bisa berhenti sebelum habis.

    Foto makannya emang mantap mbul :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayam bakarnya dijembreng di ruang depan digrilled di atas drim gitu sampai asap kemebul...Tapi justru itu yang menarik pengunjung untuk mampir...😂

      Hapus
  2. I want to try some of those exotic foods! Are those grilled chicken?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Angie, they are stinky bean and sweet potatoe from Cilembu Village, Sumedang, West Java

      (´✪ω✪`)♡āļ…(^・ω・^āļ…)

      Hapus
  3. ...I'll have the chicken please!

    BalasHapus
    Balasan
    1. grilled chicken was so tasty... I like the sambal because it makes my tongue addicted !!! 😄

      Hapus
  4. ayam bakarnya nyus banget bikin ngiler mbak mbul :D, tapi lebih pengen yang merah-merah itu bikin seger :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mas Khanif, kapan kapan cobain makan ayam bakar kalau singgah Pasar Kemis 😊

      Hapus
  5. Hari minggu suka makan² di luar, nyobain menu enak rekomendasi food vlogger...enak ayam bakar sama sambal...banyaknya ubi..

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging āļ…(^・ω・^āļ…)