Kamis, 31 Agustus 2023

Soto Lamongan Bikinanku ฅ(^・ω・^ฅ)



Assalamualaikum wr wb.....
Alhamdulilah, yang namanya niat kalau dibarengi dengan usaha, pasti bakal kelaksana juga. Akhirnya ya aku bisa save sedikit resep yang agak effort dibandingkan dengan resep masakanku kayak biasanya karena di sini tadi aku bikin Soto Lamongan dari siang sampai sore hehehe...Seneng dan puas rasa hatiku, kayak ngebayanginnya tuh sebelumnya apakah riweuh atau ga, tapi pas kupraktekkan langsung, ternyata ga. Dan aku bisa juga bikin soto yang notabene proses masaknya panjang.....




Aku sendiri mempraktekkan resep masakannya Mama Bay di kanal youtube Beliau yang bernama Masak Yuk! Nah, karena beliau dah senior di bidang memasak, sementara aku masih yunior, maka aku disarankeun Tamas buat sering-sering pantengin resep masakannya Masak Yuk aja. Soalnya dia tampilan akhir masakannya enak-enak, hihihi. Dan pas kupraktekkan langsung, ternyata mudah juga. Alhamdulilah masakanku juga jadi ikutan enak, dalam artian aku udah nemu resep yang pas....bahkan hasil akhirnya menurutku udah mendekati rasa Soto Lamongan yang biasa kutemui di warung tenda, hihihi.

Kebetulan tadi pagi aku dapat belanjaan pelengkap soto yang terdiri dari seledri, daun bawang, dan juga tomat. Terlintas pengen bikin soto sebenernya dadakan aja. Sebelumnya malah ga kepikiran sama sekali. Sempet bingung mau masak apa. Tapi tetiba pagi tercetus ide, kok kayaknya masak soto enak juga. Paling tinggal nglengkapin bahan yang belum ada aja. Kayak yang dah kusebutkan di atas, ada seledri, daun bawang, dan juga tomat. Kalau lainnya sih bukan buat soto, tapi mungkin bisa buat acar kali ya karena aku dibelikan seplastik timun. 

Kalau bumbu sotonya sih udah ada. Yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, merica, ketumbar, daun salam, batang sereh, jahe, garam, gula dan kaldu bubuk. Untuk kaldu bubuk, aku pakenya Masako rasa sapi. Sebenernya ada petunjuk suruh pake pala, tapi ndilalah palanya lagi ga ada, jadi pala ku-skip. Di resep lain malah ada jinten jug, dan karena jinten juga lagi ga ada, maka dia juga ikutan ku -skip juga hehehhe...







Terus aku juga udah dibelikan paha ayam lehor aka broiller, ceker, dan juga kepala, jadi itu bisa untuk kaldunya, meski untuk ayam goreng suirnya udah ada yang dibumbuin ya. Dan itu beda ama yang dimasukin ke dalam pancinya sebagai bahan kaldu. Untuk suiran nanti ayam goreng marinasinya digoreng lagi beda dari yang di dalam panci. Kalau yang di panci dah abis lha baru dah tuh si ayam yang ada di kuah sotonya diangkat, ditiriskan lanjut digoreng lagi buat ayam suiran. Atau dimakan begitu aja tanpa digoreng juga udah enak, soalnya bumbunya aja udah wangi. Aku baru tau lho bahwa salah satu ingredient pentingnya si Soto Lamongan ini ada udangnya. Sebenernya umumnya pake ebi yang dihaluskan bareng bumbu lain, cuma di kulkas adanya udang kupas jadi aku pake itu aja dan ditumis dulu bareng bumbu lain sebelum semuanya dihaluskan.

Bumbunya aku uleg sendiri ya, ga pake bumbu jadi...jadi semuanya beneran fresh from tangan Mbul sendiri. Dari A-Z-nya mulai dari bikin bumbu, goreng ayam buat suiran, ngracikin isian sotonya, bikin sambal, goreng bawang buat taburan, juga goreng empingnya. Lengkap (´・ェ・`)ฅ(^・ω・^ฅ)












































































Untuk isiannya, kali ini aku cuma pake irisan kubis, seledri, daun bawang, tomat, bihun, ayam suir, telor rebus, potongan tomat, dan taburan bawang goreng. Nanti disiram kuah sotonya yang maknyus tenan. Kentang yang biasanya ada di Abang-Abang Soto Lamongan aku ga pake, soalnya lupa beli, xixixii...Tapi segitu tadi juga udah cukup. Udah lebih dari cukup malahan. Maksudnya udah bikin isian sotonya munthuk-munthuk munjung hehhehe.... Koya sebenernya jadi khasnya Soto Lamongan juga ya, cuma kali ini aku skip karena ga sempat bikin hahahha. Paling nanti aku bikin sambal dadakan juga karena akan lebih nikmat rasanya bila mengudap soto dengan dikucrutin sambal dan kecap manis. Terus aku juga paling suka kalau bawang gorengnya agak banyakan.

Okey, langsung saja ya, aku save resepnya di sini, biar aku ga lupa kalau misalkan kapan-kapan mau bikin Soto Lamongan lagi. 

































Resep Soto Lamongan 
Bahan-Bahan :

1 kg ayam (aku adanya bagian paha, kepala dan ceker)
Jeruk nipis
1 sdt ketumbar
1,5 sdt merica
gula pasir
garam
kaldu bubuk (aku pake Masako)

Bumbu yang Dihaluskan :

7 butir kemiri
11 siung bawang merah
11 siung bawang putih
1 ruas kunyit
1 ruas lengkuas
1 ruas jahe
beberapa lembar daun jeruk
beberapa lembar daun salam
5 batang sereh

Cara Membuat :

Cuci bersih ayam
Setelah bersih, kucrutin pake jeruk nipis, diamkan selama setengah jam
Rebus air, masukkan ayamnya
Sambil menunggu ayamnya direbus, iris-iris bumbu yang akan dihaluskan yaitu bawang merah, bawang putih, kunyit dan kemiri. Kenapa diiris-iris? Ini menjaga agar saat ditumis bumbunya ga melompat-lompat. Terus tambahkan pula udang kupasnya yang ikut ditumis sebentar ke dalam minyak goreng. Angkat tiriskan untuk selanjutnya kesemuanya ini diblender dengan ditambah sedikit minyak goreng atau air.
Siapkan ulegan dan leyeh satu lagi, uleg merica dan ketumbar sampai lembut
Panaskan wajan kembali
Tumis daun jeruk, 5 batang serai, daun salam, lengkuas, jahe yang sudah digeprek biar wangi. 
Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi serta ulegan ketumbar dan mericanya
Tambah garam, gula pasir dan Masako
Masukkan ayam yang tadi sudah direbus
Tunggu sampai bumbu matang dan padat serta wangi.
Habis itu masukkan ayam yang dah bercampur bumbu tersebut ke dalam air rebusan baru untuk kuah sotonya
Iris-iris kubis, seledri, daun bawang, dan tomat
Iris-iris bawang merah lalu goreng sampai wangi untuk taburan
Rebus telur ayam, bihun dan tauge untuk pelengkap isian soto
Goreng ayam dan suir-suir untuk isian soto
Goreng emping untuk pelengkap
Nanti diracik dalam mangkok untuk selanjutnya disiram kuah soto sebelum dinikmati dengan sambal, emping dan kalau suka bisa juga tambahkan kecap manis

Bahan-Bahan Sambal Soto :

Cabe rawit 
Cabe keriting merah
Bawang putih
garam
penyedap rasa
minyak goreng

Cara Membuat :

Rebus air sampai mbulak-mbulak atau mendidih
Masukkan cabe rawit kecil, cabe merah keriting, dan bawang putihnya
Setelah lunak, angkat dan tiriskan
Uleg cabe rawit kecil, cabe merah merah keriting dan bawang putih
Setelah halus, tumis ke dalam minyak panas, jangan lupa tambahkan penyedap rasa dan garam supaya sambal soto terasa lebih sedap lagi.





























Alhamdulilah, setelah matang, soto bikinan Admin Beby Mbul Nita terasa hangat dan lezat. Mbul tata dalam mangkuk dan piring saji supaya lebih cantik lagi sebelum diracik dan dinikmati, kalau mau request isiannya ada apa aja juga boleh. Bahkan ada yang mau dipundutke nasie juga lho heheheh. 

Malam yang dingin menyeruput soto dan isiannya, tentu sangatlah nikmat bukan. Mbul sendiri, seperti yang kukatakan tadi paling suka kalau bawang gorengnya agak banyakan selain sambal dan juga kecap manisnya sampai kuahnya benar-benar pedas manis menyegarkan....






9 komentar:

  1. The soup looks very delicious and flavourful.

    BalasHapus
  2. wii enak banget makanan kesukaanku nih mbak soto, bikin sehat, karna dalam satu masakan ada berbagai macam sayuran, kol, tomat, dll :D, ada ayamnya nya juga :D

    BalasHapus
  3. Puas hati buat sendiri. Boleh letak atau tidak letak bahan.

    BalasHapus
  4. ...you have made me hungry, I need to go and have my breakfast. Have a wonderful weekend.

    BalasHapus
  5. sedapnya tu. terliur saya melihatnya. kena pergi ke Indonesia untuk mendapatkan rasa soto yg asli...

    BalasHapus
  6. Mbul, pertama kali Kak Amie makan soto lamongan sewaktu kami jalan-jalan ke Samarinda di Kalimantan. Melihat hasil air tangan Mbul ini, rasanya sudah pasti berganda-ganda enaknya!

    BalasHapus
  7. Langsung lapar lihatnyaaa, enak banget ini pasti yaaa

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)