Rabu, 30 Agustus 2023

Gulai Jantung Pisang, Bakwan Sayur, Kates ฅ(^・ω・^ฅ)



Assalamualaikum wr wb....
Hari Sabtu ada masakan apa ya di tempat Mbul? Aroma-aromanya udah kecium sedep banget dari dapur Mbul. Yak, betullll....Hari ini di tempatku ada gulai jantung pisang, bakwan sayur, dan kates atau pepaya. Siapa yang suka gulai jantung pisang kayak Mbul, ngacung? Kalau ada sini yuk merapat. Gulai atau lodeh, atau santenan jantung pisang kesukaan Ramane karena kalau dah dicepakin ini, Beliau daharnya bisa nambah nasie hehehe...





Aku ada semangkuk sayur gulai jantung pisang  dengan tambahan kepala ayam jantan, juga sepiring bakwan sayur yang secara dadakan kubikin agak beda dari pas aku bikin bakwan tempo hari dan dah sakseis kusave di blog ini.

Kok bisa beda Mbul? Iyach....karena Mbul sambil liatin berbagai macam resep bakwan sayur yang ada di youtube secara random hehehe..Kebetulan kali ini aku mau coba praktekkan yang pake air es loh buat ngulenin adonan tepung dan sayurnya. Terus disarankan juga pakenya sayuran tertentu biar bakwannya tetep cantik saat dideep fried.  Sayurnya tuh disarankannya ga usah pake toge dan brambang. Jadi yang cantik-cantik aja di finishing bakwannya yaitu wortel, kubis, serta daun bawang. Untuk kubis dan daun bawang diirisinnya setipis mungkin, sedang wortelnya diserut pake parutan serut itu loh. 






Untuk bumbu bakwan sayurnya, aku ada sesuatu yang beda dari resep bakwanku sebelumnya. Kali ini kupake kunyit biar warnanya tuh kuning cantik gitu deh. Kunyitnya seruas aja, nanti diuleg bareng bawang putih, kemiri, ketumbar, merica, Masako dan garam. Abis itu diuleni bareng sayur-sayurannya sebelum dikasih air es dan digoreng. Bakwannya renyah di luar tapi tetep lembut dan menul-menul di dalam.

Kalau untuk penutupnya sih kemaren baru dibeliin kates. Yaudah, Mbul kupas dan sigar-sigar aja lalu taruh piring karena seger sebagai dessert heehhe... 

































Okey, habis ini Mbul mau ngelist hal-hal yang aku paling ingat dan selalu membuat perasaanku menghangat tiap kali membaca Majalah Bobo. Apa sajakah itu? Nanti aku post abis post menu hari Sabtuku ini ya. Kutujukan khusus buat Teman-Teman pembaca blognya Mbul yang emang suka Majalah Bobo dan ingin mengingat-ingat memori tentang Majalah Bobo. Tapi ini aku baca dulu majalahnya ya, maklum ada beberapa yang rada lupa. Jadi nanti aku bikinkan listnya singkat-singkat aja, dan abis ngepost tulisan yang ini. 














Okey, sekian dulu dariku ya. Sampai jumpa di postingan mendatang 

(。・ω・。)

2 komentar:

  1. Wak suka juga kalau dapat jantung pisang kepok.
    Godog aje pun enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak Wak...jantungnya digulai atau dilodeh, pisangnya digodog...teman medangan 🫖

      Hapus