Minggu, 27 Agustus 2023

Bening Bayam, Tempe Goreng, Sambel Bawang, Kates ฅ(^・ω・^ฅ)



Assalamualaikum wr wb......
Hallo....hallo....hallo....Shirahoshi Beby Mbul Nita is baaaaaaaaaack. Apa kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik ya Teman-Teman. Kali ini Mbul akan tulis tentang jurnal masakan Mbul karena sekarang Mbul udah jalan puasa yang ke-5. Nah, yang akan Mbul tulis itu menu masakan Mbul Hari Kamis kemarin, 24 Agustus 2023 sekalian buat aku buka. 




Menunya simpel banget. Menu hari-harinya Mbul buat keluarga sih. Dan ya seadanya apa, sayuran yang dah dibeliin Paksuami di Om Dayat (Om Sayur) yang ngetem di depan kantor. Tapi kalau kates beli di Om Buah yang pake sepeda dan ngetem di sampingnya Om Dayat dan Om Mie ayam ceker.

Kebetulan, Mbul itu dibelikan peranti buat mbening apalagi kalau bukan bayam, jagung manis, dan kencur. Sayuran lain ada juga sih. Ada kangkung, cambah, wortel, kubis, dan seledri. Lauknya apa Mbul? Lauknya tempe aja. Untuk cambah, udah Mbul masak dari abis pulkam kemarin ya cuma ga sempat aku fotoin. Jadi keskip deh. Padahal kata Tamas wenak banget. Beliau sampai ketagihan masakan cambahnya Mbul. Itu aku oseng pake tempe aja udah nikmate pol. Lauknya tempe goreng dan pete yang digoreng bareng kulitnya itu loh.






Nah, sekarang giliran sayuran hijaunya yang takbikin beningan. Oiya, pas Kamis kemarin kan wortelnya belum datang. Datangnya baru Jumat pagi tadi, jadi bening yang buat buka puasa kemarin ga ada wortelnya. Cuma bayam ama jagung manis. Bumbunya pake brambang dan kencur aja. Itu udah seger banget. Brambangnya takirisin, kencurnya takuleg. Kencur sengaja takbanyakin biar beningnya kerasa seger. 

Habis itu takgorengke tempe polosan aja, nda usah pake tepung, soalnya kalau pake tepung takut mengeras. Kalau tempe polosan kan misal Kakak udah pulang siangnya, ketika takpanasin masih tetap enak. Kalau tempe tepung takutnya tepungnya makin mengeras hahahha. 










Nah, tempenya takcelup bumbu bawang, garem, dan ketumbar uleg, langsung sreng. Untuk pelengkapnya, Paksuami request sambal bawang jadi takbikinke langsung dadakan aja secobek kecil. Pakenya cabe oren, bawang, garem, dan sedikit penyedap rasa. Abis itu masukkan minyak goreng panas biar makin sedep lagi.

Tadinya tuh aku mau bikin sambel tempe. Cuma karena beli tempenya dikit, jadi kayaknya ga cukup kalau dibikin sambel juga. Jadi yawes, bikinnya sambel bawang aja sesuai request-an Ndoro Kakung.




















Terus buahnya aku dibelikan kates yeaaaaay! Kates buah yang banyak serat bikin perut tuh kerasa enteng deh karena pencernaan jadi lancar. Kates yang kami dapat adalah kates besar yang dalamnya oranye banget. Kates takkupas dan takbuangin bijinya lalu takiris-iris rapi. Ditaruh kulkas dulu biar anyes dan terasa lebih nikmat lagi. 

Gitu deh, menu masakan Mbul yang simple Hari Kemis kemarin. Untuk hari Jumat ini aku masak apa? Nanti di post berikutnya akan aku update lagi jurnal masakanku. 






















Okey, kiranya segitu dulu update-anku kali ini. See you and bye bye...

2 komentar:

  1. Beuugh pepaya nyaaaa, jadi pengen nyetok paya 😄. Tempe dari dulu aku LBH suka digoreng langsung drpd pake kulit, kecuali mendoan yaa. Itu beda.. kalo tempe biasa, pake kulit iyaa suka keraaas. Digoreng lagi malah ga enak.

    BalasHapus
  2. Wah!
    Hidangan berbuka puasa yang sangat lazat, menyihatkan dan penuh khasiat!

    BalasHapus