Senin, 11 September 2023

Tumis Pare, Telur Dadar, Tempe dan Tembikai ฅ(^・ω・^ฅ)



 
Assalamualaikum wr wb...
Kali ini Mbul mau update jurnal masakan Mbul hari Senin kemarin, 28 Agustus 2023. Sekalian buat bukaan aku. Masakannya simpel aja, karena kebetulan dibeliin Tamas agak sorean pas hari Minggunya (depan kantor, tempat Om sayur), jadi emang udah entek-entekan.  Dapatnya itu pare, tempe, ama daun bawang. Parenya dioseng aja hehehe. Tapi lucu deh, parenya dah agak lodong. Maklum kata Tamas om sayurnya dah entek-entekan kan. Jadi parenya ya tinggal itu. 2 biji aja.




Tadinya kan kalau parenya dapat yang belum terlalu lodong mau takpotong agak gede-gede terus takmasak ala-ala Manadoan yang pake blondo (ampas dari santan yang dimasak hingga mengeluarkan minyak berbentuk gumpalan-gumpalan kecil di mana pengolahannya membutuhkan waktu berjam-jam). Terus takkasih irisan rawit yang melimpah. Tapi karena parenya lodong, maka yawes takkiris mandan tipis-tipis aja. Selain takpakain bumbon khas osengan, taktambahin lagi terasi biar makin sedep lagi. Jadinya pas matang emang super sedep sih. Walaupun ga ada campuran lain semisal rebon atau ebi.

Untuk lauk, berhubung telur tinggal beberapa butir, langsung aja takjadiin satu buat dadar. Dadarnya pake sekjumput garam dan sedikit penyedap rasa, selain juga irisan bawang merah dan bawang putih biar makin sedep.   








Terus aku goreng pula tempe. Walaupun tempenya takgoreng aja pake bumbu bawang kilat, ditambah garem dan juga ketumbar. Kali ini takirisnya mandan tipis biar asin gurih meresap dari garitan di permukaan tempenya pas dialub-alubin bumbu.

Ga lupa tambahan lain berupa penghabisan tembikai atau semongko merah #tarik Mbul semongko hehehhe. Semangkanya alhamdulilah manis berair dan renyah pol. Padahal dapat harganya per kg lebih terjangkau ketimbang pas beli di dekat kantor ibuku. Yang ini per kg Rp 8 ribu..Eh ndilalah pas diplekah merah pol. Dah gitu manis dan segar banget apalagi kalau dah ditaruh di kulkas. Rasanya nyes banget menyegarkan tenggorokan.



















Oiya, lipgloss aku baru aja dateng siang ini hehhehe (ingat cerita lipgloss aku yang ketinggalan di kampung halaman kemarin pas mau balik ke rantau), akhirnya ama Tamas diledekin "Yang itu kasih ke ibu aja, Dek." Waaaaakkk...ituw kan lipgloss kesayangan Mbul hihihi...

"Udah kasih ke ibu. Tar punya Dedek beli lagie." Hmmm... kalau diganti sih mauuuuk. Hahhaha...Yawes, akhirnya aku disuruh beli lagi dan dapatlah aku di official storenya langsung Rose All Day yang Chill Pill dan Thrill Pill. Kalau yang ketinggalan itu Posh Pill, Wardah yang peach, Esqa Tokyo dan Esqa Dubai hahahha.... 






Foto bawah, terakhir nimbang tadi pagi, 31 Agustus 2023



Nah sekarang aku mau nyobain yang Chill Pill dan Thrill Pill ini gimana di bibir aku...hehehe...Semoga cocok kayak yang Posh Pill..




14 komentar:

  1. Lauk ringkas, akak suka tempe goreng.
    Hehe beli pengilat bibir baru jenis lain pula.

    BalasHapus
  2. ...water melon looks great, I haven't had any thing year. But ours are seedless, I like the seeds.

    BalasHapus
  3. I haven't had a watermelon in a few years, they are not very popular here.

    BalasHapus
  4. Me encanta la sandía... Pero me faltan los gatos!!

    Abrazo grande, Mbul amiga.

    BalasHapus
  5. Yummm! Watermelon! It's my favourite fruit.
    Congrats in the weight loss!

    BalasHapus
  6. Aku suka pare, apalagi yg size kecil2 itu nit. Enak dimakan mentah pakai sambel belacan 😄👍. Kriuk2. Kalo ditumis juga suka sih, tapi justru aku ga doyan pake ebi. Enaknya ya terasi Ama rawit aja 😄

    Cuma sayangnya ga bisa bikin sering2, Krn yg doyan cuma aku 😔. Kalo dulu ada si mba asisten enak, dia masak menu terpisah. Tapj kalo aku males nit, mending semua yg bisa dimakan bersama 😅. Lah skill masak aja masih begini2 😂

    Ntr mau cari semangka deh ah. Dah pengen banget abis buka blog mu selalu liat semangka segeeer begitu 😄

    Rose all day enak dipakai yaa. Aku lagi ngabisin liptint Base ku dulu. Ntr baru deh mau coba ini. Dulu zaman kantoran, aku suka beli lipstik atau liptint nit. Paling ga bisa nahan soal pewarna bibir. Tapi skr, udh nahan diri. Udh ga kerja, jadi banyak lipstik ga kepake. Malah ada yg exp jadinya. 😂. Yo wis belinya kalo yg lama udh abis aja.

    BalasHapus
  7. makanan yang simple tapi enak banget, kecuali parenya, aku gadoyan mbak pare :D

    BalasHapus
  8. Boa tarde de sábado e bom final de semana. Um excelente mês de setembro.

    BalasHapus
  9. kalau aku suruh sarapan menu ini bakal nambah sih. Aku doyan pare dan tempe goreng. Itu perpaduan yang sangat cocok. Aplagi ditambah telur.
    kebetulan aku dan temanku doyan pare. Jadi kalau beli batagor atau siomay pasti parenya ga ketinggalan. Bahkan ada yang minta parenya dobel..pare banyak yang ga suka, tapi kami doyan banget..hhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kita bisa rebutan pare nih mas kalo pesen siomay 🤣🤣. Aku juga sukaaaa. Ga boleh ga ada pare. Mendingan ga ada kol drpd ga ada pare 🤣🤣

      Hapus
  10. Kok jadi pengen makan Pare ya, biasanya makan pare cuma waktu makan Siomay aja. Pasti ditanyain sama yang jual tuh. "Pake pare atau nngak Mas?" kadang kuiyakan, kadang kutolak.

    BalasHapus
  11. Pare @ peria itu ibaratanya pahit-pahit ubat. Bagus untuk diet sihat.

    BalasHapus