Senin, 26 Februari 2024

Kesukaanku ฅ(^・ω・^ฅ)



Assalamualaikum wr wb....
Mbul kecil is baaaaack. Apa kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik ya, Teman-Teman. Kali ini Mbul mau cerita tentang beberapa menu masakan yang selalu jadi favorit di rumah Mbul. Menu-menu khusus request-an yang bikin nafsu maem bertambah hehehe... Apalagi kalau bukan menu-menu masakan rumahan. Dimaem pas pemulihan kelar diare dan berat badan sempet mengecil dikit (dikit aja tapie, ga banyak wkwkwk), maka maem ini insyaAlloh pipi bakal menembem lagie (((menembem))). Lha nanti pipi jadi kayak punya kucing persia di bawah ini dunk Mbul? Oops...kok kucing persia ya, maksudnya kucing Oranye. Yap....nda pa pa.... embem itu uda ciri khasnya Mbul kalau kata Tamas wkkwkw....





Mbul memang suka menu masakan rumahan. Walau ga setiap hari masak sih, tapi kebanyakan emang sekarang masak wkkwkw. Itu semua berkat kerajinan Tamas yang kerap membelikanku sayuran sepulang kerja. Jadi Mbul dikode suruh rajin masak hahhaha... Biar ga beli mulu gitu, huft. Oiya, btw, Mbul itu udah bisa masak sedari SD lho. Kira-kira kelas 3 SD, Mbul dah rajin tandang ke dapur. Walau saat itu, Mbul cuma bagian bantuin petik-petik sayuran dan iris-iris bumbu tapi lama-kelamaan karena sering liatin ibu masak, jadi akhirnya Mbul bisa masak juga. Apalagi di sekolah juga selalu ada satu moment dimana kita sebagai siswanya disuruh praktik memasak sama Pak Guru. Biasanya ada di moment menuju unggah-unggahan kelas atau memang jadi penilaian ujian praktik. Jadi Mbul semakin terbiasa memasak. Hal itu berlanjut terus hingga SMP-SMA-kuliah mpe sekarang, jadi Mbul udah semakin terbiasa masak. 

Tamas juga sama sih, sedari kecil udah biasa bantuin Uti masak. Jadi berdua emang sama-sama bisa masak sedari kecil wkwkkw... Apalagi menu masakan rumahan yang emang paling gampil dipraktekkan. Nah, makanya khusus post kali ini Mbul pengen rekap beberapa menu masakan rumahan yang emang jadi favorit dan antusias pas masaknya. 





Menu-menunya bisa dalam bentuk menu berbasis sayur maupun lauk baik yang Mbul masak sendiri, maupun yang Mbul masak bersama Tamas. Mbul tulis beberapa ya. Yang terbarunya atau yang masak hari ini Mbul taruh di posisi paling atas. Lalu menunya apa saja? Ini dia selengkapnya.

Menu-Menu Favorit di Tempat Mbul

Oseng Telur Gemek,  Sop Telur Gemek, Rempeyek

"Dek Mbul, sini bentar..." Panggil Tamas suatu kali (lebih tepatnya hari kemarin sih), yang takkirain panggil-panggil nama Mbul dalam rangka apaan....
"Sini Mbul...."
"Ada apa Tamas?"
"Siro kan koyo gemek..." 
"Ew.......(???)"
"Jadi taktumbaske endog gemek, nih sesuk dimasak ya..."







Wkwkwkkw...Hacemm lah Tamas. Maca Mbul dikatain kek gemek. Ya mungkin karena imoet-imoet tapi juga demplon kali ya hahhaha #canda. Lha kok iso ngunuw??? Ternyata sepulang kerja, Beliau nyodorin sekresek telur gemek ke Mbul atau kalau yang nda tau apa itu gemek, sini Mbul bisikin nama lainnya. Yaitu burung puyuh. Yupss, karena di tempat Mbul puyuh itu disebutnya gemek. Daaaan...karena kata Tamas pantad Mbul ebot-ebot mirip gemek, maka biasanya Mbul diledekinnya mirip gemek, gegeggekkk... Gemek yang gemesin hahaha....

Oh ya, karena Mbul dah ditumbaske telur gemek sekilo di tempat Bapak Pick Up penjual bahan-bahan sembako, termasuk diantaranya telur gemek, maka Mbul pun ditugasin suruh masak telur gemek pada hari ini. Mbul akan masak yang simpel aja tapi semua suka. Masak apakah itu? Mbul jujur lupa ga kepikiran mau bikin jadi sambel goreng telur puyuh yang biasanya ada di kendurenan desa, tapi Mbul malah masak oseng aja hahahha...Terlalu simpel memang, tapi justru itulah letak enaknya...




















































Satunya, Mbul bikin sop telur gemek yang lebih light dan juga gurih. Mbul lagi minim bumbu dan bahan-bahan karena belum ditumbaske lagi. Jadi sebisa mungkin Mbul habiskan yang ada dulu. Alhamdulilahnya bahan untuk sop masih ada dikit. Ada wortel, kentang dan juga daun bawang. Tapi daun bawangnya yang tinggal dikit hehe...Terus Mbul tambahkan dikit ama sawi hijau biar kelihatan manis. Sop telur gemek disruput pas hujan-hujan, hmmmmmm... nikmatnya, bikin perut serasa jadi anget...Cause tadi pagi di tempat Mbul hujan...Bagaimana dengan tempat Teman-Teman?

Ayam Goreng Basah ala Ciganea

Menu selanjutnya yang tiba-tiba terlintas dalam kepala adalah ayam goreng basah (pakenya ayam jantan kampung) ala Ciganea hehehhe...Yupppps, ini semua karena kegigihan Tamas dalam hal mempraktekkan resep dari Rudi Choirudin, dimana kelinci percobaannya adalah Mbul, maksudnya Mbul yang disuruh ngicipin gitu. Ternyata di moment masak kali ini berhasil dan rasanya enaaaak. Kalau sebelumnya kan mirip ayam opor hahhaha. Nah, kali ini ga. Yang ini ternyata Mbul suka ama tekstur ayam gorengnya yang emang sengaja dibikin basah sehingga teksturnya itu masih tetep empuk. Cocok dicolek-colek ama timun en sambal terasi atau sambal tomat... Pokoknya sambel yang rasanya gurih-gurih gitu deh. Ga terlalu pedes. 



























Tumis Pokcoy, Tempe Goreng

Yang ini juga favorit. Pokcoy, sayuran wajib yang harus ada di kulkas hihihi. Soalnya pokcoy bisa kepake di apa aja misal ketika bikin mie nyemek atau nasi goreng. Nah, tapi kali ini kami pengennya tumis pokcoy aja yang lebih simpel dengan bumbu yang lebih kerasa. Terus kuahnya dikasih sedikit maizena jadi agak kental gitu....Dan tentunya  pake bawang putih agak banyakan biar kerasanya lebih gurih dan sruputable. Untuk lauknya pake tempe goreng polosan aja. 

















Gulai Kembang Pisang, Bakwan Sayur, Kates

Selain buah pisang, Mbul juga suka bagian kembangnya untuk disayur. Teksturnya yang berlapis bikin terasa lebih enak aja pas dikunyahnya. Direbus tok buat pecel juga enak sih, tapi kali ini pengennya masak yang lebih berbumbu jadi judulnya adalah digulai. 

Gulai kembang pisangnya ditambah ayam kampung rasanya nikmat. Antara gurih, pedes, dan membuat nafsu makan makin bertambah. Lauknya pake bakwan sayur, sedangkan buahnya kates. Hmmmm....seger tenan.






























Rica-Rica Bebek

Selain entog, Mbul dan Tamas juga suka masak rica-rica bebek. Belinya bebek utuh yang mulus di Prima Food aja nanti bumbu marinasinya bikin sendiri. Makanya kalau pas lagi niat bikin masakan agak effort kayak rica-rica ini, Mbul selalu pastikan kelengkapan bumbunya. Paling ga harus selalu ada kemiri, ketumbar, merica, gula jawa, daun salam, lengkuas, asem jawa selain yang wajibnya ada bawang merah, bawang putih, dan juga cabai.

Nanti pas dimasak itu bebeknya dipotong kecil-kecil biar muat masuk ke dalam mulut Mbul yang kecil ini wkkwk...Sama kayak rica-rica hari raya yang potongan unggasnya itu kecil-kecil. Biasanya yang ahli potong-potong unggas pake pisau ala Shokugekino Shouma ya Tamas hahahha... Pokoknya urusan bebelian pisau ini Tamas lah hobinya. Pengennya koleksi pisau dia. Biar bisa buat masaknya tuh enakeun, termasuk pas ngolahi bebek buat dirica-rica ini.
































Rica-rica yang bumbunya meresep, pas udah matengnya enak banget buat disesep-sesep sampai balungannya. Gurih pedas manisnya seger banget, bikin jreeeeeeng hehehhe....
















Sambel Tempe

Sambel tempe adalah favorit Mbul pake banget apalagi tempenya yang masih fresh dan kedelenya belum terlalu 'jadi', (baca : buletan kedelenya masih kerasa)...Nanti digoreng sampe keemasan, dan abis itu bumbu ulegnya juga digoreng semua. Ada terasi, cabe rawit, cabe merah keriting, bawang merah, dan bawang putih. Abis itu entaskan dan uleg kasar atau masih ada teksturnya. Mau ditambahin kencur boleh biar seger, mau tambahin kemangi juga boleh biar semriwing, tapi kalau pas lagi abis juga ga pa pa skip aja. Jangan lupa kasih garem dan sedikit penyedap rasa. Bener-bener penambah nafsu maem apalagi kalau sandingannya adalah nasi anget...hmmmm...nyamleng sekali hehhehe...





























Tempe Goreng, Pete Goreng

Kalau pas belum sempat belanja bahan makanan dan ndilalah adanya cuma ada tempe, maka tempe goreng aja Mbul dah suka lho. Nanti tambahannya pete goreng dan juga sambel. Yang penting pas dibumbuin, bumbunya itu gurih asin biar makin menambah nafsu maem hehehe...












Nasi Goreng Pete

Mbul ama Tamas juga suka bebikinan nasgor pas lagi mager banget bikin masakan effort ataupun beli di luar. Nah, karena biasanya yang nyisa itu nasi, maka ga ada salahnya kalau kami bikin jadi nasi goreng enak. Apalagi kalau nasinya pera jadi kerasa banget enaknya. Dipadukan dengan taburan pete makin sedep lagi. 
























Oseng Godhong Kates, Bebek Sambel Mercon, Asinan Buah

Nah, kalau yang terakhir ini ga masak, melainkan beli. Tapi ini menu favorit Mbul dan Tamas kalau pas lagi males masak dan waktu mau maem di luar bingung mau maem di mana. Ujung-ujungnya ke Bebek Sambel mercon karena kami terinspirasi ama oseng godhong katesnya yang nda pait sama sekali itu, dan rasanya sedep. Apalagi kalau ada segeran lainnya misal asinan buah, buah jambu darsono dan hacem-hacem seger, hmmmm....nikmat tenan...



























Oiya, sebenernya Mbul juga suka olahan makanan dari rebung. Cuma karena kemarin pas Tamas nyari di pasar ga ada jadi rebungnya skip dulu. Ntar taktambahin kalau dah nemu rebungnya. Mbul tuh kepingin masak lodeh bung bendet deh campur daun so ama tahu....keknya enak. Tapi itu ntar deh...




























































Nah, sebelum penutupan, kayak biasanya Mbul mau sertakan gambar Mbul juga untuk Februari ini. Gambarnya kayak biasanya gambar Mbul sendiri hihi...Gambar Mbul versi kartun, makanya kartun ceweknya Mbul pake baju merah jambu semua heheh. Kayak biasanya gambar di kertas gambar dulu tar diwarnain pake Autodesk Sketchbook. Oiya, sebenernya selain gambar Mbul versi kartun, Mbul juga pengen kapan-kapan bikin gambar pemandangan alam ah...ntar Mbul gambar di kertas gambar dan Mbul warnain pake pulas atau pinsil warna secara manual. Kayaknya kok asyik juga. Atau pake kanvas, Mbul bisa nglukis juga lho walau masih pemula hihi.... Dulu aja pas ada kemah PMR SMA suruh ngumpulin karya seni, Mbul ajukan lukisan ternyata menang hahhaa....Tapi itu ntar di edisi selanjutnya. Tungguin aja ya.




























Okey kiranya segitu dulu update-an Mbul kali ini. See you and bye bye...










~Mbul Kecil~




12 komentar:

  1. ...Mbul, I like your drawings and of course you many beautiful flower. Have a wonderful weekend.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Tom, everything about drawing activities make me feel happy, because it's my hobby...
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  2. Love the cute drawings, cat photos and of course, your enticing food, Mbul!

    Happy Friday!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Kak Veronica for your appreciation....Senang kalau bisa masak dengan belajar banyak resep baru biarpun belajar secara otodidak dari youtube youtube khusus yang suka share masak-masak...(´✪ω✪`)♡

      Kucing Oranye sedang 'mood' takfotoin Kak, rupanya dia makin betah aja semenjak Mbul rajin kasih makan ikan basah

      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  3. Masaknya byk amat sih Mbul, emang mau buka warteg ya... ups 😂
    Aku aja kalo istri masak byk2 suka aku komplen, lha bukannya pelit cuma yg ngabisinnya itu kagak ada... perutku kan kcl Mbul... 😂😂😂

    BalasHapus
  4. mbak mbul dari kecil udah bisa masak cocok sama tamas bisa saling melengkapi :D, kalo aku jujur gabisa masak, bisanya masak mie aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ditreat ama Ibuku suruh bantuin masak jadinya mau ga mau udah terbiasa dari kecil nif 😂

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)