Sabtu, 26 Agustus 2023

Mbul Bikin Risol Mayo Lagi ฅ(^・ω・^ฅ)




Assalamualaikum wr wb...
Episode membuat risol mayo masih terus berlanjut, Pemirsa. Agaknya Mbul anak yang gigih urusan perisol-risolan ini hingga aku masih penasaran dibuatnya kalau belum dapat adonan kulit yang okey. Nah, kebetulan kemarin sore aku bikin lagi dapat 2 loyang. Belum okey yang parfait banget sih, tapi mendekati okey dari yang sebelum-sebelumnya. Kali ini aku ada sedikit perombagan timbangan tepungnya dalam artian kubikin ga sebanyak kemarin. Kepengenku sih dapat kulit yang lentur dan ga gampang sobek, tapi apakah berhasil. Let's see !




Risol mayoku ini akan lebih banyak menggunakan isian mayo manis (mayo putih + kental manis, dimana di sini aku pake Mayumi karena aku penggemar Mayumi dari dulu hingga kini dan itu kutambahin sedikit kental manis sesuai dengan petunjuk resep-resep risol mayo pada umumnya). Untuk mayo pedasnya sendiri atau Mayumi Spicy yang bungkusnya warna merah rada oranye aku bikin dikit aja, itupun pas penghabisan bahan kulit di akhir-akhir nggawe, biar kepakai semua dan bisa dijadikan risol mayo. Mungkin mayo putihnya di atas 10, sedangkan yang spicy kalau ga salah cuma 5.

Untuk kulitnya, kali ini lebih tipis dari yang kemarin. Ga thick-thick banget sehingga kayak selimut. Lumayan lah ada peningkatan hahahah. Tapi memang sih karena pan atau teflonnya berdiameter agak kecil jadinya ya kulitnya pas dijembreng kecil. Ga lebar. Jadinya risolnya pas diisi mayones, irisan telur rebus, sosis, dan keju tuh ya begitu kulitnya ditutup tetep mungil imut gitu. Kalau kemaren kan rada gemoy, sekarang lebih agak kecilan gegeggegek... Ojo diguyu ya Sob, Mbul emang anaknya pantang menyerah urusan perbikin-bikinan kue ini. Apalagi di kulkas juga sudah ada gandengannya yaitu lombok ijo atau garis miring lombok cengis. Jadi cantik gitu disajikan dalam piring.







Nah, daripada berpanjang-panjang kata, langsung saja ya..... ini dia resepnya yang dah kuperbaharui sedikit dari yang kemarin. 

Resep Risol Mayo ala Beby Mbul Par yang Kesekian dan Kesekian...

Bahan kulit :
500 gram tepung terigu protein sedang
2 sdm tepung tapioka
2 sdt kaldu bubuk, aku pake Masako 
2 butir telor ayam
3 sdm minyak goreng
1000 ml air

Bahan Isian :
Mayonaise putih 
Kental manis
Irisan telur rebus
Irisan sosis
Irisan keju
Mayonaise spicy

Bahan baluran :
Tepung terigu
Air
Tepung panir




















































Cara Membuat : 
Campur tepung terigu dengan tapioka, Masako, 2 butir telor ayam, air, dan minyak goreng, aduk rata
Saring hingga adonan halus ga ada butiran tepungnya
Panaskan pan atau teflon
Cetak kulitnya dengan adonan tadi di atas teflon, jika sudah matang tandanya gampang lepas dari teflonnya
Dinginkan kulit di atas piring
Setelah kulit dingin, satu persatu isi dengan irisan telur rebus, irisan sosis dan irisan keju, juga 1 sendok makan mayonaise putih yang dikasih sedikit kental manis. Tutup kulitnya dengan rapi, celupkan di dalam adonan terigu yang dikasi air dan gulingkan di atas tepung roti sampai merata. Lakukan satu persatu sampai kulit habis. Begitu pula yang isiannya mayonaise spicy.
Setelah itu dinginkan sejenak ke dalam freezer
Setelah sedikit beku, maka siapkan minyak panas dan wajan, dan goreng risolnya sampai kuning keemasan
Sajikan hangat dengan lombok rawit ijo lebih nikmat lagi...



























Nah, kaaaaan risol yang kali ini Mbul pikir sih sedikit lebih okay dari risolku yang kemarin hihi...Isiannya pun penuh dengan mayonaise yang ketika digigit langsung meleleh berpadu dengan irisan sosis dan juga kejunya. Tapi ternikmatnya sih tetep irisan telur rebusnya. Oiya, risol mayo sangat enak dimakan untuk berbuka puasa juga lho. Yuk markicobs...Mari kita coba hehehe...




6 komentar:

  1. kok kelihatanya enak bangeet, coba mba kirim sini ta ikut nyicip 😂, risol saah satu gorengan kesukaanku mba, paling suka yang isi sosis telur, semua dehh 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak nif, ini aku dah percobaan bikin risol tuh sampai 5 kali hahhahahah...dan yang terakhir ini yang menurutku paling pas. Ayo dirimu bikin risol juga nif, gampang bikinnya 😊

      Hapus
  2. Aku sebenernya lebih suka ragout kalo risol nit. Tapi mayo masih mau makan juga 😄.

    Nah untuk urusan bikin sendiri ini yg sampe Skr blm ada mood 😂🤣🤣🤣. Udh keder duluan kalo liat cara bikin kulit hahahah. Mama sering bikin dulu, dan biasanya aku minta kulit yg udh jadi buat dimakan sendiri, enak , gurih soalnya 😄.

    Dulu zaman kecil aku justru lebih suka risol kosong, yg ga ada isi. Ntah kenapa LBH suka kulit doang drpd pake isi. Baru setelah gede jadi suka yg ragout dan mayo.

    Kalo Skr kangen risol, aku beli dr temen yg jualan. Kebetulan enak, ga mahal juga, ya sudahlaah. Itung2 bantuin. Tapi ada juga temen lain yg jual versi premium. Isinya memang yahud sih 😂. Aku beli Ama dia kalo utk acara aja, biar mantep 😁. Soalnya LBH mahal jauuuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang lebih praktis beli ya atau nglarisin dagangannya teman.

      Kalau aku emang kadang-kadang me timenya suka bebikinan sesuatu di dapur hehe...Rasanya aku penasaran kalau liat liat resep penganan atau masakan yang ternyata bahannya mudah didapat dan seringkali menimbulkan hasrat untuk kupraktekkan sendiri di rumah, kalau berhasil rasanya ada kepuasan tersendiri 😊

      Hapus
  3. Cantik kejadian risol mayunya Mbul.
    Cili padi yang ijo-ijo itu sudah tentunya pedas kalau digigit. Kalau jalan-jalan ke Indonesia, selalu kak Amie lihat cili padi ijo dimakan dengan tahu sumedang dan juga tempe goreng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak amie...enak risol mayo dan green chilipadi 😊

      Hapus