Kamis, 24 Agustus 2023

Cerita Randomku Semalam ฅ(^・ω・^ฅ)



Assalamualaikum wr wb...
Semalam tu, waktu Mbul lagi menuntaskan bikin dadar jagung manis request-an Ramane, tetiba dari arah depan terdengar bunyi 'ngeok-ngeok' panjang lalu disusul bunyi.....graoooor. Waduh apaan tuw? Mbul langsung kepikiran kucing. Mpuss Meow. 




Jadi tanpa pikir panjang lagi, Mbul langsung matikan kompor di dapur karena Tamas juga panggil Mbul suruh ngecekin kucingnya. Sambil nunggu Mbul selese masagh, Beliau jagain Mas Montok sambil nonton film action di Netflix yang bintang utamanya Om Mark Welbergh, abis itu nonton lagi yang bintang utamanya Kakek Liam Nesson hehehe...

"Dek...kucinge kae loh neng ngarep!" 
"Ngko sek... lagi tanggung niw."

Tapi bunyi kochengnya semakin berad (serak-serak basah gitudeh). Ibarat kata kalau di film action matjam timbre suaranya Om Jason Statham. Jadi bikin konsentrasi masakku buyar. Waduh ga kayak biasanya si Oranye masuk ke rumah. Bahkan ke teras aja ga pernah. Lha kucingnya getap ngunu. Licin kayak Unagiinu di serial Bakabon, padahal mau dielus-elus doang, secara Mbul pecinta kucing kan. Sayangnya ia getap. Jadi ga pernah mau dipegang. Tapi akhirnya semalam kucingnya masuk sendiri. Soalnya pintu depan diblag Ramane abis doi ngempanin ikan. Ga cuma 1. Melainkan 2. 






Seekor lagi, yaitu temannya adalah kucing jantan oranye tapi yang ini badannya lebih kecil dari si big oranye.. Jadi ada 2 kucing oranye. 1 yang kayak Garfield yang wajahnya bulet unyu ngegemesin, satunya lagi lebih kecil. Ya mukanya mirip Puss in Boots. Dua-duanya garangan. Eh, kucing lanang. Nah, itu tau-tau dah ada di ambang pintu aja. Udah klekaran dan mengobrol (mungkin pake bahasa kucing). Kakak aja sampai penasaran dan susulin Mbul. Dia senang amat liat si Kucing Oranye datang. Tapi pas Mbul ke situ, keduanya langsung anteng sih. Ga seramai sebelumnya. Tau-tau si Little dan Big jalan ke arah teras. Yang Big jalan ke pos ronda. Yang Little (pake bracelet biru) ndekem bentar di teras, tapi abis itu pamitan. Mbul sih udah foto. Soalnya lutju. Lalu aku balik ke dalam lagi soalnya mau nuntasin bikin dadar jagung manisnya.





"Kenopo Dek?"
"Kucing oren 2 Mas..."
"Owalah siro photo aneng?"
"He em...Abise gemes...hihihi."
"Owalah Nduk...nduk...wes ndang maem ae yo...wes rampung durung masake?"

Masuwami sih ndelok panci isi sopnya Mbul tapi abis itu keliatan mengunyah bakwan atau dadar jagung manis yang tadi Mbul tiriskan di piring. Lha, og dadar jagunge tinggal dikit Maaaaas? 

"Lha habise dedek suwi siiih, ndadak moto kuceng mbarang, selak ngelih ki loh. Nduk. Kono jupukke pireng ben segone adem sik Cah Ayu..." ujar Beliau yang kemudian iseng nowel vantad pinggul Mbul sambil nyemilin lauk yang kutaruh di serogan. Waduh, dadar jagungnya juga belom difoto udah dicemilin Tamas hahahha. Kan mau Mbul taruh resepnya di blog taukkkk, hehehhe. 

Jadi gimana resepnya supaya dadar jagungnya itu renyah. Langsung saja ini dia resepnya...























Kalau yang ini Kaliko



Resep Dadar Jagung Manis yang Renyah dan Gurih Ala Mbul

Bahan-Bahan :

1 Tongkol jagung manis (yang masih ada klobot jagungnya)
Tepung terigu
Tepung beras
Irisan daun bawang
Air
Garam
Kaldu bubuk (aku pake Masako)
Bawang merah
Bawang putih
Minyak goreng

Cara Membuat :

Pipil jagung manis
Tumis bawang merah dan bawang putih, uleg halus
Tumis lagi bumbu yang dah dihaluskan
Masukkan ke dalam adonan terigu dan sedikit adonan tepung beras
Masukkan jagung manisnya
Masukkan air
Masukkan irisan daun bawang
Masukkan sedikit garam dan Masako aduk sampai rata
Panaskan minyak
Goreng dengan bentuk pipih supaya renyah dan kranci, caranya ditempelkan  dulu di sisi pinggiran wajan, ntar kalau satu sisi dah matang langaung luncurkan ke minyaknya. Balik kalau satu sisi dah golden brown. 
Sajikan hangat sebagai lauk atau camilan
















Okey, segitu aja dulu update-an Mbul kali ini. See you and dadaaah...