Rabu, 23 Agustus 2023

Oseng Cumi Asin, Tempe Anget, Semangka Merah



Assalamualaikum wr wb...
Selasa (26 September 2023) saatnya tema masakan Mbul cumi asin. Kemarin aku beli di hari Minggu cuma Rp 23 ribu dan rencananya mau kuoseng aja. Cause lagi pengen maem cumi dari kemarin, hihihi. Nanti lauknya aku mau pake tempe. Rencana bikin mendoan ala Beby Mbul Nita soalnya si Kakak dan si Adik suka banget tempe mendoan hahahhah..




Untuk cumi asin supaya nda patio asin, aku rendem dulu di air panas beberapa saat. Habis itu dicuci bersih lagi baru diiris-iris biar ga kepanjangan. Jadi dimodel cincin. Nanti pakai cabai yang banyak biar sedep kayak ala-ala sambel cumi. Cuma ini bukan sambal cumi deng. Melainkan lauk cumi oseng. Kalau ngomongin sayur, yang lebih banyak cuminya hahahha...Sayurnya cuma biar sedep aja yaitu cabai. Nah, tapi ga pa pa lah ya. Sing penting judule enak. Sengaja masakin keluarga kayak gini saban hari itu karena seneng kalau perutnya pada sejahtera. Apalagi kalau sampai nambah, dan Paksu maupun anak-anak tambah swehat, pastinya aku double-double senengnya hehehhe...

Oiya...sebenernya hari-hari di luar sayur pedes itu selalu ada sayur lain yang ga pedes. Nah, tapi emang kadang-kadang nda difoto hahaha...Misalnya sop, bening (tapi bening sering aku foto deng ya hahaha), sup krim jagung, atau santenan yang ga pedes. Cuma emang dia selalu di belakang layar, hahahha...






Untuk tempe, seperti kubilang tadi, kali ini aku latihan bikin mendoan ndiri. Kalau biasanya kan beli. Nah, ini sembari nungguin kakak pulang sekolah, aku mengisi waktu dengan bikin mendoan ndiri. Nah, biar warna adonan tepungnya cantik aku kasih kunyit biar golden brown hehehe. Komposisi tepungnya itu 250 gram tepung terigu ditambah 3 sdm tepung beras. Terus aku kasih irisan daun bawang juga di samping bumbu ulegnya ada bawang putih, ketumbar, garam, dan kaldu bubuk. Nanti goreng secara deep frying biar matang di semua sisi. Ternyata mendoan bikin sendiri enak juga ya, hehehe.. 

Untuk buah masih ada semangka, jadi belah semangka merah aja ^^ Semangkanya seger dan manis. Kami beli Hari Sabtu kemarin dan Paksu yang nyetok sekalian banyakan untuk hari-hari. Jadi tiap abis mam ada seger-segernya gitu hehehe...
































Okey segitu aja dulu update-anku kali ini. Sampai jumpa lagi di jurnal masakan harianku selanjutnya ya ^^

1 komentar:

  1. Liat cumj asin, jadi pengen 😄. Udh lama ih ga makan ini. Sebenernya aku suka banget, apalagi kalo suwiran cabe rawitnya banyak. Tapi suami yg ga doyan 🤣🤣. Aku tuh males kalo bikin masakan tapi dia ga doyan. Yg ada ntr mubazir, trus dia nyuruh aku masak lain 😅. Kan mending ga masak dr awal hahaha.

    Jadi palingan kalo mau menu yg dia ga doyan tapj aku suka, aku milih beli jadinya nit 🤭

    BalasHapus