Minggu, 03 September 2023

Resep Telur Gabus Keju Ala Mbul



Assalamualaikum wr wb....
Snacking timeeeeeeee !!!! Hari ini aku akan menulis resep camilan renyah dan gurih bikinanku pada tanggal 19 September 2023. Aku bikin sesiangan saat waktu santai dan tau-tau udah dapat setengah lodong hehehheh... yup, salah satu camilan dengan bahan-bahan yang mudah didapat adalah telur gabus keju. 




Ini adalah camilan yang punya nilai kenangan tersendiri saat aku duduk di bangku SMP. Karena di sekolahku ada pelajaran muatan lokal Tata Boga, dan salah satu praktiknya adalah bikin penganan. Selain donat, kami yang waktu itu masih kelas 2 SMP disuruh bikin telur gabus. Aku benar-benar menyemak betul guru Tata Boga yang sebelum mengampu praktek membuat telur gabusnya menjelaskan bahan-bahannya padaku dan mengasih tahu bagaimana cara agar adonan pas dan tidak mudah patah atau remuk. Jadi adonannya itu cepet kalis atau menyatu gitu. Makanya antara tepung dan telurnya harus pas. Tapi waktu itu emang aku prakteknya ga pake keju, jadi cuma tekur gabus thok. Nah, kalau sekarang yang kubikin tentunya ada kejunya jadi namanya telur gabus keju.

Kalau suamiku karena dia lebih senior dari aku jauh hihihi (dan SMP-nya berbeda pula dengan SMP-ku, tapi tetep ada pelajaran bikin makanan ringan di sekolahnya). Nah, kalau suamiku dulu praktek bikinnya adalah tahu telur, telur asin, bolu kukus dan cilok. "Tapi cilok yang banyak glepungnya Dek ama Royko hahhahah." Etapi Beliau lebih sering belajar bikin cilok ama Lek Toyo yang punya kebun timun belakang rumah xixixi. Meski demikian yang selalu bikin antusias adalah pada saat bikin bolu kukus sehingga dia menchallenge diriku agar suatu hari bikin bolu kukus aja #okey takcatet dulu requestnya.




















Begitulah, jadi keingetan masa-masa pelajaran Tata Boga di sekolah ya, hihihi..

Nah, lantas bagaimana resepnya untuk telur gabus itu sendiri. Ini dia...

Bahan-Bahan 

500 gram tepung tapioka
4 butir telur ayam
160 gram keju parut
2 sdm margarin
1 sdt garam
1 sdt Masako

Cara Membuat 

Blender keju, telur ayam, dan margarin
Campurkan hasil blenderan dengan tapioka, garam dan masako
Uleni sampai kalis
Bentuk memanjang dan cemplungkan ke minyak dingin
Nyalakan api setelahnya dan goreng sampai telur gabus keju mengapung sendiri di atas permukaan minyak goreng 
Camilan renyah ini bisa dimasukkan ke dalam toples atau lodong setelah uap panasnya hilang dan minyaknya tiris












Okey, segitu dulu update-anku kali ini. See you and dadaaah...

2 komentar:

  1. Ohh malah dicemplungin ke minyak pas masih dingin ya nit. Blm pernah bikin sendiri, tapi ini Snack fav ku. Biasa pesen dari temen sih, 😄. Soalnya kalo udh acara ngadonin Ampe Kalis, aku nyerah 🤣🤣. Ga kalis2 yg ada wkwkwkkw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba jadi minyak jangan dipanaskan dulu, supaya adonan ga meletup, cobain mba fanny, memilin-milin dan memuntir-muntir adonan jadi bentuk telur gabus keju itu candu banget hehe 🤭

      Hapus