Senin, 04 September 2023

Terik Tahu, Dadar Jagung Manis, Gethuk, Kering Kentang, Tahu Goreng, Semangka & Kucing Unyu (。・ω・。)




Assalamualaikum wr wb....
Hallo...hallo...hallo, Shirahoshi Beby Mbul datang lagi. Ntar abis ini, aku mau rehat sejenak dari aktivitas ngeblog, sembari ngelist hal-hal yang masih aku ingat dari Majalah Bobo. Nanti kalau udah dapat, aku akan kembali lagi. Makanya biar aku fokus dan konsen, aku update dulu tentang menu masakanku agak banyakan biar bisa taktinggal baca Majalah Bobo dulu. 




Aku suka ngelist bacaan masa kecil karena ingin mengajak pembaca organik yang sama-sama pecinta Majalah Bobo untuk dapat mengingat kembali akan cerita-cerita seru yang ada di dalamnya. Ya, selain daripada itu aku emang pecinta bacaan anak-anak sih, hehe. 

Sebenernya selain Majalah Bobo, aku juga suka buku anak-anak yang ada ilustrasinya. Tapi bukunya yang kubaca saat masih kecil dulu. Ndilalah aku lupa beberapa judulnya apa, tapi gambar ilustrasinya tuh membekas banget dalam ingatanku, jadinya aku pengen membaca ulang lagi. Kalian ada yang suka baca bacaan anak-anak juga kayak aku ga? Apalagi yang ada gambarnya. Itu paling nancep di ingatanku. Aduh pembukaannya malah rencana topik tulisan ke depan. Sekarang kan aku mau ngepost jurnal masakan  ya hahaha... Ya, selain suka baca buku dan majalah anak-anak, aku juga suka masak di dapur, menata serta merawat rumah supaya selalu dalam keadaan rapi dan bersih. Jadi hari-hariku sebagian diisi dengan hal-hal demikian.







Terus, semalam begitu habis bersih-bersih teras ga sengaja liat si ganteng kucing outdoor lagi boboan. Yaudah aku foto aja dan tumben-tumbenan dia ga terlalu getap kayak biasanya. Biasanya angel didekep. Tapi sering liwat, hihihi. Gemes Mbul ama kucing gembil hiihihi... Mungkin udah ngantuk kali jadi sambil agak sedikit merem-merem si kucing rebahan. Tamas kalau di depan lagi kasih makan ikan dan si Unyu Ganteng Kucing Oren datang, pasti langsung panggil-panggil Mbul. 

"Noh, Dek, kucingmu dateng!" Tapi kami ga tau siapa namanya. Apa kucing tanpa nama ya. Biasanya aku panggil berdasarkan warna bulunya aja, atau kelebatan bulunya yang tercirikan dari buntutnya yang diwut-diwut, gegemesin deh hahahhah..






Okay, kembali ke post hari Senin 18 September 2023 ini. Selain bikin gethuk lindri, hari ini juga aku masak gurih-gurihan lagi, apalagi kalau bukan terik tahu karena ini kesukaan semua. Terik tahunya aku bikin sore-sore habis sholat magrib. Soalnya stok tahu masih banyak. Kudu cepat dimasak biar meminimalisir hacem. Karena kan tahu cepet hacem ya, jadi mumpung masih fresh aku bikin terik aja. Nanti lauk lainnya masih ada kering kentang, tahu coklat dan kuning goreng, juga dadar jagung manis. 

Aku belajar bikin dadar jagung manis on the spot lho alias dadakan aja. Sebab sebelumnya aku sama sekali ga kepikiran mau masak dadar jagung manis. Cause kemarin aku udah dibelikan jagung manis 2 tongkol yang masih ada kulitnya. Ayah bilang, jagung manis yang masih ada kulitnya itu tahan dan awet manisnya. Serta fresh. Jadinya beli deh 2 tongkol. Tapi yang aku masak 1 sih. 



































































Untuk bumbu dadar jagung manisnya, aku pake bumbu uleg ndiri, yaitu bawang merah, bawang putih, cabe yang udah dibuang bijinya, kencur, ketumbar butiran, garam, dan Masako. Itu nanti diuleg sampai lembut lalu dicampur sama jagung yang udah dipipil. Nah, abis itu si jagung diuleg pula ke ulegan bumbunya tapi ga usah terlampau halus. Biar masih ada teksturnya. Habis itu ditambahin potongan daun bawang biar lebih cantik lagi. Nah, biar adonanannya padat, kental, serta lengket, masukkan pula 5 sendok tepung terigu dan 1 butir telur. Habis itu baru deh digoreng di atas minyak panas sampai berubah warna.

Aku juga iriskan semangka yang udah dibeli Ramane waktu Sabtu ngiter sore-sore kemarin, hihi. Biasa, kalau Sabtu saatnya Ramane momong Embul hahahhaha...Jadi aku dibeliin semangka merah yang lonjong imut tapi ternyata dalamnya merah, renyah serta berair. Seger banget deh, aku iriskan agak gede-gede biar puas dan dahaga ilang seketika...






























Okey, kucukupkan sekian dulu jurnal masakanku kali ini. Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya ya. Dadaaaaah...


31 komentar:

  1. Exotic food! The kitty is very cute.

    BalasHapus
  2. Dadar jagung manis ini kalau di sini macam kuih jemput-jemput jagung. Mewah letak satu tongkol jagung untuk dadarnya.

    BalasHapus
  3. enakkk..dadar jagung dimakan panas2....kucingnya cute lohh..

    BalasHapus
  4. weh isinya makanan semua jadi ngiler ini :D, penasaran sama dadar jagung dari chef mbul, pasti rasanya ga di ragukan lagi yah :D

    BalasHapus
  5. Hello kucing... namanya siapa???? ih gemeessss

    ups, kok yg disapa mpusnya doang sih...

    BalasHapus
  6. i love watermelon:) is is so sweet and has got low calories:)

    BalasHapus
  7. ...your watermelon has seeds, ours is seedless and doesn't seem as sweet as I remember those with seed to be.

    BalasHapus
  8. That is a beautiful cat and it is relaxing comfortably.

    BalasHapus
  9. Cute kitty 😺
    Your food photos look enak as always 😋

    BalasHapus
  10. Dadar jagung tu, saya panggil cucur jagung. Sedap, lama tak makan.
    Comel kucing oren. Dekat Malaysia, kalau bulu kucing warna oren, selalunya dipanggil Oyen. :D

    BalasHapus
  11. Boa tarde de quarta-feira. Excelente trabalho maravilhoso, minha querida amiga.

    BalasHapus
  12. aku malah salah fokus sama getuknya mbul. warnanya cakep dan sepertinya enak :D
    getuk kayak gini jadi ingat tetangga yang biasa jualan getuk yang slalu dicari orang di kampungku. Setelah beliau meninggal, tidak ada lagi yang meneruskan usaha getuknya. Pernah orang lain menjual getuk yang sama, tapi rasanya belum seenak yang sebelumnya. Biasanya para penjual getuk menjualnya pakai gerobak yang dilengkapi toa dengan suara musik yang kenceng dan berisik :D

    Dadar jagung ini aku mengenalnya dengan nama bakwan jagung. Sayur terik ini biasa ditemui di ibu-ibu penjual bubur dan sarapan di pagi hari. Terik jadi menu yang ga pernah ketinggalan untuk disajikan. :D

    BalasHapus
  13. Udah waktunya aku bikin menu mingguan, jadi kepengin masukin terik tahu 😄. Iya nih tahu itu kalo kelamaan jadi agak kering rasanya, dan anyep. Akupun sebisa mungkin masak tahu lebih cepet, kecuali tahu sutra yg biasa belinya udh dibungkus segel. Cuma ga enaknya, tahu sutra hambaaar 🤣.

    Tapi karena menu tahu harus ada di rumahku, jadi aku paling banyak belanja tahu buat seminggu nit. Biasanya beli tahu sutra, tahu air, tahu susu, tahu China hahahah. Komplit 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak semua kalau tahunya masih fresh atau baru, makanya kalau habis beli tahu di Om tahu yang ngider pake sepeda motor liwat depan rumah tiap pagi...biasanya 1-2 hari langsung aku masak..biar masih enak dan fresh

      Hapus