Kamis, 02 November 2023

Happy Batik Day dan Rekap Jurnal Masakan Mbul Kali ini ฅ(^・ω・^ฅ)




Assalamualaikum wr wb....
Hallo....hallo...hallo....Jumpa lagi dengan Shirahoshi Beby Mbul Nita di sini. Apa kabarnya Teman-Teman? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Kali ini Mbul mau rekap jurnal masakanku yang paling aku suka. Mungkin postingannya agak panjang ya, tapi ini sekedar buat catatan sendiri sih. Buat kubaca-baca sendiri andai suatu hari nanti aku lagi mentok mau masak apa. Masaknya masih banyak belajar, jadi baru bisa yang sederhana. Belum bisa yang susah-susah hehe...Okey, lalu apa saja yang udah kumasak? Ini dia.... kulistkan 10 ya...




1. Gulai Daun Singkong, Pepes Tahu Kemangi, Tahu+Tempe Goreng, Ayam Sayap Goreng
Kemarin itu sempet punya ide dadakan bikin gulai daun singkong, setelah pada malam sebelumnya aku diantarain Tamas ke pasar buat beli daun pisang untuk keperluan bikin lemper ayam. Nah, karena si Bapak penjual daun pisangnya sadean daun singkong juga maka aku sekalian beli seunting buat takbikin gulai daun singkong. Kalau lemper ayamnya aku buat di post terpisah ya. Nanti letaknya ada di bawahnya pos yang ini. 

Nah, untuk gulai daun singkongnya aku masak ga pedes, biar bisa dimaem ama semua. Terus bikin pepes tahu kemangi juga karena biar daun pisangnya kanggo gawe ga cuma di 1 menu thok hehehhe. Pepes bikin dikit aja sih, tapi ini enak. Aku pakein telur di tahunya suoaya gurih. Aku buat jadi 2 versi. Yang sama sekali ga pake cabe. Sama yang ada irisan cabenya walau biji cabenya udah aku ilangin. Terus aku juga kasihkan kemangi yang banyak supaya wangi dan seger gitu pepesnya. 














Untuk lauk lain, aku juga ada tempe goreng, tahu, dan juga ayam sayap. Ayam sayapnya dikit aja, pokoknya sekiranya yang habis dimakan ama serumah.












2. Bening Kelor, Ikan Bandeng Goreng
Bening kelor adalah andalan karena serumah emang pada suka bening bikinanku. Soalnya seger. Cause kuahnya banyak. Apalagi jagung manisnya masih seger jadi manisnya bener-bener berasa. Bening kelor ini kupadukan dengan lauk yang cepet aja ngolahnya yaitu ikan bandeng presto goreng. Ga usah pake telur lagi, langsung sreng sampe golden brown. Kata Tamas, maem ginian aja rasanya dah wuinak banget, hihihi...Sering-sering aja masakin ginian ya Mbul. Gitu katanya hahahha...













3. Oseng Cumi Asin, Tempe Mendoan 
Oseng cumi asin dan tempe mendoan adalah menu masakanku berikutnya. Ini dapatnya yang baby cumi dan kupakein irisan cabe yang banyak biar warna-warni hehehhe. Terus lauknya pake mendoan aja. Gini aja udah nikmat pol, hehehhe...




















4. Sayur Asem, Ikan Asin Peda, Pindang Balut Tepung
Sayur asem adalah kesukaan Ramane, jadi paling ga ada di 1 minggu tuh harus stok waluh jipang, jagung manis, so, melinjo uceng, ama bumbu sayur asem. Tak lupa pula kacang tanah yang banyak soalnya Ramane suka yang kacangnya Mbul itu penuh. Oiya, biar lebih maknyus lagi lauknya aku pakein ikan asin peda ama pindang balut tepung. Tepungnya pake tepung beras ya biar terasa renyahnya. 
































5. Balado Jengkol, Kering Kentang, Pepaya, Mangga
Menu selanjutnya aku masakin kesukaannya Ramane lagi apalagi kalau bukan jengkol. Jengkolnya takbikin balado dengan duan jeruk yang lumayan jadi ada seger-seger semriwingnya gitu deh. Nah, ini pas baru dimasak di wajan aja sampe dicemilin Ramane, hehehe. Katanya enak, apalagi padanannya adalah kering kentang dengan buah penutup pepaya dan mangga. Hmm...dijamin seger.













































6. Gulai Jantung Pisang, Bakwan, Kates
Menu selanjutnya adalah gulai jantung pisang, bakwan, dan kates. Jantung pisang adalah menu favoritku sih. Mau diapain aja enak. Mau direbus tok kayak bikinannya Ibuk dan Alm Bapak Dlg. Atau dioseng pedes or digulai semuanya enak. Soalnya jantung itu teksturnya berlapis-lapis, dan emang enak aja gitu dibikin masakan bikin nambah selera makan. Untuk lauknya, karena lagi ga ada stok lauk, maka memaksimalkan yang ada aja yaitu bikin bakwan sayur. Buahnya baru sigarin kates. Seger en manis hihihi..



























7. Nasi Kuning, Kluban, Mie Goreng, Ayam Goreng, Telor Rebus, Kering Tempe
Ini adalah masakan terniat yang aku bikin beberapa hari terakhir. Nasi kuning tapi kumasaknya by rice cooker sih. Soalnya biar cepet. Nah, yang agak lama prosesnya itu ya bikin pelengkapnya. Kebetulan kala itu aku bikin kluban, mie goreng, ayam goreng, telor rebus, dan juga kering tempe. Ga sempet bikin sambel, karena ginian aja udah enak. Dan Tamas approved ama rasa nasi kuningnya. Adek ama Kakak aja suka. Alhamdulilah ya sesuatu...






















8. Soto Lamongan
Ini juga salah satu masakan terniat yang aku bikin. Ampe njinggleng di dapur karena bebikinan ini dari siang sampe menuju asyar hahahah...Tapi alhamdulilah sukses. Rasanya juga seger. Dan pas banget mateng, pas Ramane dah kondur kerja, jadi tinggal racik-racik dan tuah kuahnya karena paling pas mantab maem kuahan anget di malam yang dingin.































9. Indomie Rebus Seafood
Yang ini lagi mode pengen maem mie. Aku ga sering-sering maem mie kok. Paling sebulan sekali atau 2 kali. Pas lagi pengen aja. Dan masaknya kumodifikasi dikit pake tambahan bumbu ulegan sendiri. Kutambahin pula pake sayur mayur (yang dalam hal ini pokcoy) juga seafood (cumi dan udang kupas). Seger juga rasanya. Sruputable gitu mie rebus kuah kentalnya Beby Mbul hehehe..

































10. Bening Bayam, Tahu Goreng, Sambal, Kerupuk, Sop Buah
Kembali ke menu bening. Beningnya bening bayem. Kelornya nunggu numbuh lebat dulu. Udah lumayan agak lebat sih. Tapi nunggu lebat banget sampau rimbun. Tar kalau dah rimbun baru dipanen dan dibening lagi. Sementara ini pakenya bayem aja, campur jagung tapi ga pake wortel. Itu karena pas stok wortel abis, jadi yang ada aja yang dimasak. Tapi ginian aja udah seger kok. Serumah kalau dimasakin bening tuh sampai nanduk hehehe...
















Kalau untuk lauknya sih pake tahu goreng aja. Ga lupa sambel dan juga kerupuk. Ada pula sop buah yang dibeliin Ramane sepulang kerja. Alhamdulilah ginian aja udah nikmat tenan. Gimana dengan Teman-Teman? Masak apa hari ini?

















Oiya, berhubung Senin, 2 Oktober kemarin Hari Batik Nasional, dan Aku sangat cinta ama batik, maka aku mengucapkan Selamat Hari Batik ya. Okey, segini aja dulu update-anku kali ini. See you and dadaaaaah... 

5 komentar:

  1. Rajin Mbul memasak. Enak-enak nampaknya, hidangan. Masak sendiri lebih puas kan, banding kita beli.

    BalasHapus
  2. The food looks delicious, like always. :-)

    Kisses

    BalasHapus
  3. suwe ga mrene tibake isih awur awir emplok eh saiki ganti ara ara ding wkwkwk

    aku pengen banget mangan bothok tapi durung keturutan mbak jan angel ndek nggenku
    padahal botok luntas wis koyoke wenak
    'wih janhan kelor pas panas panas ngene jan sip
    tambah bandenge masya allah

    BalasHapus
  4. Isssh gulai daun singkong ENAAAAK tuh 😍😍😍. Udh lama ga bikin inb. Zaman msh ada asisten aku sering buat. Tapi skr udh ga pernah Krn yg doyan cuma aku 🤣. Jadi rasanya males kalo bikin tapi yg makan cuma aku Thok hahahaha.

    Ntr beberapa menunya mau untuk ide buat menu mingguan Minggu depan deh nit. Hari ini baru aja selesai bikin menu, dan udh KSH list belanjaan ke personal shopper. Moga aja ada semua barangnya 🤭

    BalasHapus