Rabu, 01 November 2023

Blooming Flowers in the Upstair..



Assalamualaikum wr wb...
Pagi-pagi bangun paling pagi yaitu jam 04.30 WIB. Badan berasa pegal-pegal. Tapi abis itu langsung bangun karena kayak udah punya alarm tersendiri tiap jem-jem tertentu dan langsung pengen kerjain ini-ini-ini. Nyiapin bekal sarapan, rebusin air angetnya Tamas dan Kakak (kalau adik mah keri-kerian nanti mandinya sama Mbul, hihihi), udah gitu penced-penced rice cooker, goreng lauk seadanya dulu,  dan seterusnya. Semua udah reflek aku lakukan setiap hari dengan sangat rapi dan tentu saja sistimatis hahhaha.




Tapi, sebelum beneran rebus-rebus air, aku biasanya iseng dulu naik ke atas. Mau liat tanaman sekalian hirup udara segar. Olahraga kecil. Streching nglemesin badan, ngulet-ngulet kayak kucing hihihi. Tapi agenda utamanya sih tetep nyiramin tanaman. Ini kulakukan genti-gentian ama Tamas. Biasanya doi yang rajin siram tanaman. Tapi setelah kasih makan ikan. Jadi ada waktu duduk-duduk sante dulu depan akuarium barang beberapa menit. Sementara aku akan sibuk ngopenin Kakak. Nah, karenanya matahari jadi bergerak agak tinggian lalu tau-tau jam di dinding udah di angka 7 dan 12 #hectic tapi seneng. 

Kalau si Adek mah masih bobok dengan bibir manyunnya yang bagian atas selalu gemas minta dikecup. Pipi itu rasa-rasanya pengen disayang deh walaupun bau beiby besar tanpa dosa waktu masih merem itu kecut-kecut seger ya hehehe...

Nah, tapi beberapa hari terakhir, karena aku yang bangun lebih pagi dari Ramane, maka dengan senang hati pasti aku gantikan tugasnya nyiramin. Udah gitu aku tambahin bonus dengan nyapuin lantainya yang penuh dedaunan kering pula di sela-sela potnya. Kalau Tamas kan biasanya cuma nyiramin thok hihihi. Kalau aku lha baru takresikin kabeh sampai lantai tuh bener-bener kinclong hahahahha...






Kayak tadi pagi, aku langsung bangun abis itu subuhan kan. Mata udah kena percikan air langsung berasa seger kayak dicharge. Jadi saatnya buat aktivitas pagi karena aku cewek yang bisa dikatakan termasuknya adalah morning person. Kalau ngerjain sesuatu ku maunya sat-set. Gercep. Ga mau yang namanya ditunda. Biar jem 10 an udah beres dan ntarnya bisa santai-santai. 

Ke atas itu aku sempet kaget juga lho. Cause dari pinggir sangkar pterodactyl kami (baca pager rancangannya Tamas red), si Kucing Oranye buntut diwut sedang sobo (dolan) di tempat tetangga. Di sana ia lagi main sama kucing jantan yang badannya lebih langsing lagi darinya tapi keliatannya berdua itu akur heheheh. Cuma meang-meong dikit. Abis itu aku langsung fokus sama kembangan. Yang paling rajin kuncup si yang pink. Kembang sepatu (Hibiscus). Yang pink ini yang paling sering, jadi aku tag harus ada di taman paling pertama pas awal-awal kami mau bikin kebun mungil di atas atap. Ya, karena dia cepat banget bloomingnya. Kalau yang merah tumpuk akhir-akhir ini belum tunas lagi. Mungkin karena musim kemarau panjang kali ya, jadi kalau siang lumayan terik. Mawarnya juga cantik deh...ku paling suka yang pink. Memang Mbul itu identiknya ama pink sih huft hahahha...





Satu lagi yang aku lumayan surprise. Apalagi kalau bukan bougenville yang dibangga-banggakan Mamasew....Cause tadinya sempat ga kueekspektasikan bakal urip dan akhirnya berbunga. Eh taunya berbunga juga. Bunganya warna pink cantik. Dan aku emang paling suka varietas bougenville yang pinknya gini. Semula itu kan Tamas cuma bawa oyotnya aja, menjulang dengan batang tanpa daun. Aku bilang apa itu bisa kembang Tamas. Kan gundulan gitu hahhahaha. "Biso dong Dek...sopo sek sing nandur. Tamaaaas." Padahal kan ga ada daun atau tanda-tanda muncul tunas. Apa Aku yang ga ngliat soalnya pake mata telanjang? Tapi guess what??? Dibawa pas awal-awal kelar renov dan nukang, akhirnya awal September kembang juga...Dari sini aku berasa kayak dapat kado September yang paling indah karena aku emang paling suka banget ama bougenville yang pink ini. 



























Oiya, ngomongin sepanjang Agustus dan September. Rasanya kok kayak summer ya. Ehem...maksudnya kemarau puanjaaaaaaaaaaaaaaang banget sampai a-nya ada berapa tuh saking panas bulan Agustus ke September kayak masih awet gini. Belum ada tanda-tanda mau ujan huhu.. Eh tapi ada 1 hari deng kemarin sempet hujan dan itu cukup deres pula bikin seger. Cuma ya minggu berikutnya full of sun lagi. Jadi paling pas adalah ngisi siang dengan menyiapkan masakan. 

Kali ini aku ga akan masak yang terlalu ribet. Aku mau yang santai, slow, tapi jadinya tetep enak. Sayur apakah itu? Adanya sop. Sopnya ga ada daging atau tetelan. Cuma sayur aja. Tapi aku malah seneng yang ginian cause kuahnya lebih bening. Aku kupas dan iris beberapa siung bawang merah dan bawang putih, lalu aku tumis sebentar dan uleg bareng merica butiran. Tujuannya ditumis dulu adalah biar wangi bawangnya itu kecium. Sebab kalau diuleg dalam keadaan mentah ga sewangi pas udah ditumis  mateng. Abis itu kutambahkan pula dengan sejumput garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Untuk kaldu bubuk aku pakenya Masako. Nanti isian sayurnya itu ada wortel, kentang, daun bawang pre dan loncang seledri. Juga akan ada kubis di akhir. Karena dia cepet matang ya. Kalau kaprinya lagi kosong. Biasanya tambah cantik kalau ada kapri sih. Tapi berhubung lagi kosong, ya udah seadanya aja yang mau dimasak. 






















Nah, agar lebih sedep lagi aku iris-iris tipis dulu bawang merah buat selanjutnya kugoreng dan kutaburkan ke sayur sop. Nanti sambelnya pake sambel bawang putih kecap yang resepnya dah kupelajarin dari Tamas (kini bisa kupraktekkan sendiri heheheh).

Untuk lauk pendampingnya ada jamur krispi. Semalam aku ditemenin Tamas belanja sayuran dan pas nyampe di rak kedai sayurannya aku liat ada jamur. Makanya dari situ aku langsung kepikiran bikin jamur krispi keesokan harinya. Ya selain itu aku juga udah beli tape yang rencananya mau aku bikin kue mangkok untuk next post menu masakanku. Sebenernya aku pengen bikin lemper ayam, tapi nunggu aku beli daun pisangnya dulu. Semalam aku lupa ga beli soalnya hehehe..






Sebelum kututup tulisanku kali ini, aku mau reminder dulu siapa tau ada yang lupa. Besok hari libur kan...hehehe... Oleh karenanya aku mau mengucapkan Selamat Memperingati Maulud Nabi, semoga keberkahan menyertai kita semua...Amin ya Robbal Alamin...







Nih penutupnya kukasih kucing oren yang lagi merem-merem unyu hehehhe...







11 komentar:

  1. Beautiful flowers and the meal looks delicious!

    BalasHapus
  2. Kalau sudah punya rutinitas, tubuh rasanya kayak berjalan dengan sendirinya. Berasa tahu apa yang mesti dikerjakan. Bahkan jam tubuh pun bakal terbiasa bangun sesuai dengan kesehariaannya.

    Aku iri lihat bunga-bunganya. Sudah jarang lihat orang-orang pelihara bunga. Terakhir om ku yang telaten merawat bunga kamboja. Bunganya sampai berkembang dengan cara distek. Kmudian beliau meninggal dan akhirnya ga ada yang meneruskan mengembangbiakkan bunga kambojanya.

    BalasHapus
  3. ...I enjoyed your flowers. In my garden I am cutting back the plants in preparation for winter. Enjoy your week.

    BalasHapus
  4. Food looks so good and beautiful flowers

    BalasHapus
  5. Rajin nit, bertanam bunga... Aku nanem pohon kemangi doang sekarang. Di kebun blkng rumahku akeh nit...daun pisang klutuk... Neh meh mbikin lemperπŸ˜€ biasane aku mbuat pepes jamur, daun pisangnya metik belakang rmh...kemanginy metik depan dapur. Jamurnya, beli di bakul sayuran yang tiap hr lewat depan rumahπŸ˜€

    BalasHapus
  6. Beautiful flowers and plants. We have to bring some of our plants in because the weather is getting cooler and it's raining hard. Have a nice weekend.

    BalasHapus
  7. Seger banget liat gambar-gambar bunga bermekaran, warnanya itu lho bikin mata fresh dengan ragam merah mulai dari muda (pink) sampai merah hati, semuanya lengkap ada. Definisi rumahku surgaku ini mah. Keren

    BalasHapus
  8. Ihhh udh lama ga lihat bunga Raya 😍😍. Itu yg warna merah ada putik sari kuning di tengahnya nit. Dulu daun bunganya sering dijadiin obat kompres Ama papa. Dipetik, remes, kasih air secukupnya. Kayak lendir, tapi itu cepet ademin badan kalo demam.

    Aku suka tanaman, tapi memang tangan ku panas, ga hidup Mulu semua tanaman yg aku pegang hahahahha.

    Dulu mama sih yg paling suka gardening di rumah. Semuanya hidup, besar berbunga pula. Memang enak dipandang kalo udah berbunga ginj yaa πŸ˜πŸ‘. Tapi ya itu hrs sabar dan telaten ngerawatnya.

    BalasHapus