Selasa, 31 Oktober 2023

Mbul at Beautiful Village...



Assalamualaikum wr wb...
Hallo hallo hallo...jumpa lagi dengan Shirahoshi Beby Mbul Nita yang pagi-pagi udah ngetik blog hahhahah....Pukul 06.09 WIB. Udara pagi di desa masih dingin. Brrrrrr.....Maklum lagi liburan. Waktunya bersantai dari segala aktivitas yang ada. Ini mumpung ada waktu sedikit buat ngeblog, jadi aku sempatkan nulis loh. Padahal baru kemarin ya masih bebikinan kue ku atau kue angku di rumahku yang di rantau. Sekarang udah ngetik aja di desa. Kurang lebih mau 9-11 hari ada di sini. Ntar juga balik lagie karena kan Mbul rumahnya di sana... Ini karena ada 1000 harinya Mbah Kung, jadi sekalian ngijing, dan nanti ada kendurenan minggu depan. 







Oiya, Mbul itu sama Tamas start dari rumah tuh agak siangan. Kira-kiranya pukul 14.00 WIB. Ga taunya pas nyampe Jakarta menuju Bekasi dan Cikampek padat merayap. Kupikir kosong kan soalnya bukan hari libur. Ternyata jalanan padat juga. Tapi itu Jakarta Bekasi aja deng. Baru setelah Tol Cipali mulus.... Oiya, kami sempet mampir ke Ciganea itu pas udah mau magrib sih. Maem bentar buat 'isi bensin' abis itu jalan lagi. Sepanjang perjalanan mulus terus, paling diselip-selip ama bus gede yang kalau malam keliatan kelap-kelip bagian jendela belakangnya. Kami ambil jalur alternatif Pejagan setelah Palimanan lanjut Bumiayu, Paguyangan, Tambak, Gombong, Kebumen dan seterusnya...

Nyampe desa, kira-kiranya pukul 01.00 dini hari. Wow mbengi juga ya? Bukan mbengi lagi. Tapi udah pagi lagi, Pemirsa. Itu aku abis bobok, begitu bangun og ternyata udah nyampe penggokan brug tempat biasa kendaraan atret. Lumayan peteng juga tuh? Sebab depan-depannya itu banyak pohon jati, rumpun bambu, pohon randu, dan lainnya. Malah aku liat ada entog juga lagi ndekem di situ....Mungkin lagi bobok kali dianya. Nah, abis itu ya udah nyampe rumah Mbah Uti, kami memutuskan untuk istirahat karena kecapean. Tentunya sesudah bersih-bersih badan supaya nda lengket-lengket, hehehhe...






Esok harinya, malam-malam usai magriban, Tamas ajakin Mbul jalan-jalan ngiter ke Alun-Alun Kutoarjo. Kami sebenernya mau beli galon karena persediaan air udah habis. Ya ama beli cemilan juga sih plus susu rasa buah. Ga taunya di depan minimarket ada Bapak penjual kacang godog dan gembus. Nah begitu melihat Bapak penjual tersebut, Tamas otomatis langsung ajakin Mbul buat beli kacang godog dan gembus. Kacang godog beli Rp 10 ribu. Gembus beli Rp 15 ribu. Enak lho malam-malam maem kacang godog dan gembus. Tapi Mbul lebih suka gembusnya, kalau kacang godog agak tjapek ngunyahnya wkwkkw..

Ngiter Alun-Alun Kutoarjo ga begitu ramai. Tapi ya ga sepi juga. Paling yang sepi area Pasar Kutoarjonya. Sebab kan udah malam kan? Nah, ngetan dikit kami ngeliwatin area bakmie jawa nih. Tamas pun nowel pipinya Beb Mbul. Dia bilang, "Bakmie Kangen tuh....arep mbakmie ga Dek?" Mbul emang suka Bakmie. Utamanya bakmi nyemek. Bakmie jawa. Dan kalau yang di Pasar Torjo ini ya paling terkenalnya adalah Bakmi Kangen. Tapi kali ini kami ga mandeg, sebab dari rumah udah maem...Mungkin lain kali boleh lah mam di tempat hehhe.... "Ora arep mbungkus aneng?" Egak ah...kapan-kapan aja bakmienya hehehe... Tapi kapan-kapan pengen maem juga di sana hahahh...






















Di Masjid dekat alun-alun sendiri sebenarnya sedang ada acara. Kebetulan bagian Bapak-Bapak hadrohnya (kencrengannya lagi pada pukul rebana). Tapi ga tau acara apa. Lumayan meriah juga sih. Walau kami cuma lewat aja. Soalnya udah mau pulang kan? Tamas sendiri akhirnya ngendegin Mbul buat beli sesuatu lagi. Apalagi kalau bukan enjus enjus jus. Di deket situ kan ada kedei jus (plus makanan juga sih sebenernya), tapi utamanya adalah jus. Nah, karena ditawarin begitu akhirnya ya Mbul mauuuuuuuuuuk...hohoho.

"Siro arep opo, Mbem?" tawar Ramane pada naq tembem bernama Beby Mbul (si admin).

Kubaca di plangnya jus jambu sedang ada promo. Harganya Rp 5000. Jambu biji yang dalamnya warna merah jambu itu lho. Kayanya lagi panen raya. Jadi paling banyak ndiri diantara buah-buahan yang lain. Aduh jadi pengen beli oleh-oleh jambu biji kalau udah balik nanti. Sedangkan buah yang lain itu dibanderol Rp 10 ribu-13 ribu. Ada jus naga, jus alpuket, terong belanda, jus mangga, jus jeruk sunkist, ama jus sirsak. Kalau alpuketnya kebetulan masih kurang mateng. Jadinya skip.
























"Siro opo Nduk?"
"Emmmmm....emmmm apa yaaaa?"
"Ayo ndang...mau stroberi pow?"
"Haaa...tobeliii? Kayaknya di kacanya ga ada tobeli deh..."
"Terus opo, cintaku, manisku, tembemku?"
"Yodah Mbul jeruk sun dan kiss aja.
"Opo tuw?" #mulai meledek
"Maksud Mbul jeruk sunkist."
"Okey.."







Habis itu kami pesen jus jeruk sunkist, mangga, sirsak, sama jambu. Terus balik deh. Ada beberapa sisi ruas jalan yang sedang dicor. Jadi cukup lama juga nungguin antrean kendaraan gitu. Apalagi banyak bus malam yang udah mau jalan ke Jakarta. Nah, abis ngentenin Pemuda yang kasih aba-aba di beberapa ruas jalan tersebut, barulah kami menggok ke jalan ke setapakan desa yang pinggir-pinggirnya adalah sawah. Suara kodok dan jangkrik bersahut-sahutan, menggema diantara tanaman padi dan galengan. Beberapa pemuda desa tampak sibuk menyalakan obor dan mengarahkannya ke sela-sela pematang, sepertinya hendak mencari belut. Belut di sawah lumayan juga buat dibikin lauk. Atau disade di pasar. Dikasih plastik terus dibuntel dan di dalamnya dikasih air. Aku kurang tau apa belut pada musim ini akan banyak atau ga. Tapi kalau jangkrik udah pasti banyak. Suaranya bergema bersamaan dengan kawanan kodok sawah yang membuat tentram suasana. Indah pemandangan desa ditemani kerdipan sang rembulan yang menggantung di sisi langit mengingatkanku akan kebesaran Yang Kuasa. Sesekali semilir angin menerbangkan dedaunan jati di antara pepohonan yang lebih rendah di bawahnya seperti menegaskan bahwa ini sudah memasuki musim rontok. 











Keesokan Harinya...

Hari Jumat. Mendung pagi-pagi menyelimuti bumi. Tapi siangnya mendadak cerah. Matahari terasa semromong di atas kepala hingga jemuran yang kucuci cepat kering. Tapi gegara kemaren Ramane mengabarkan diriku pulangnya dadakan, jadi aku ga sempat masukin nana dalam jumlah banyak. Berarti ntar beli nih harusnya hahahha...Juga handuk lupa kebawa hohoho. Tapi di kepulangan sebelumnya sebenernya aku ninggalin handuk. Jadi kalau handuk sih masih aman lah ya. 

Ada kue-kue yang dibeli dari pasar waktu pagi. Ada serabi (yang tadinya kupikir lemper), roti daging, bolu kukus, dan pisang ambon. Pisang ambonnya dapat yang warnanya ayu sekali. Hijau dan panjang. 









Sehari sebelum pulkam ada yang ultah di sekolah, jadi Mbul bungkusin kado dulu, btw itu yang gambar kucing aku loh hahahha...kocag ga?



Hari Jumat sore, kami ngolahi ayam jago yang dikasih tetangga dalam rangka jumat berkah. Tamas sih yang motongin dan cabutin bulunya, habis itu diungkep pake bumbu marinasi ayam, dan nanti kalau oada lapar tinggal digoreng aja. Soalnya udah ada sambel, ikan asin, dan daun kates rebus. Ini aku nih yang petikin sore-sore karena kayaknya buat rebusan dan cowelan sambel manteb juga. Tamas yang petikkan dari batang yang agak tinggi, habis itu aku yang potek-potekin dan ambil daunnya aja. Tapi emang pe er sih. Soalnya ada pulutnya. Jadi tangan Mbul lengket-lengket deh.
























Pamitan dulu ama kucing Oren sebelum libur ke desa



Maem sama ayam goreng, ikan asin, rebusan kates dan sambel alhamdulilah nikmat. Masakan sederhana khas pedesaan yang pastinya akan selalu dikangenin kalau kami balik ke kota lagi ^_____^



4 komentar:

  1. Lama tak mudik nih
    wah itu sampai kampung jam segitu, pagi amat
    saya biasanya jam empatan
    menu yang selalu ada saat saya pulkam tu
    ayam goreng, ikan goreng plus sambal
    terus makannya di depan emper rumah hehehe

    BalasHapus
  2. Beautiful flowers and the foods look great too.

    BalasHapus
  3. menu biasa tapi kalau makan panas2 dan nasi nya juga kalau panas2.. mmg sedap bangat :D

    BalasHapus
  4. The flowers are very pretty and the food looks lovely.

    BalasHapus