Sabtu, 14 Oktober 2023

Malam-Malam Mbul Diajakin Ngupat Tahu Khas Purworejo ฅ(^・ω・^ฅ)



Assalamualaikum wr wb...
Selain Pasar Lama dan Cibodas, ternyata ada 1 tempat lagi yang bisa dibilang pusat kulineran malam di area Tangerang. Namanya itu daerah Keroncong, Jatiuwung yang kalau malem itu cukup rame ama warung tenda atau kaki lima gerobakan. Biasanya Mbul ama Tamas lewat sini tuh kalau pas lagi mau ke Lottemart buat belanja bulanan. 




Nah, berhubung Tamas orang Purworejo, maka dia selalu ajakin Mbul buat kangen-kangenan ama kulineran kampung halamannya. Salah satunya adalah Kupat Tahu Khas Purworejo yang berlokasi di daerah Keroncong Jatiuwung ini. Sebenernya aku ada cerita lucu sih saat pertama kali makan di sini. Itu pas awal-awal dulu masih beduaan aja ama Tamas dan ndilalah pas maem di sana langsung ketemu rombongan arek-arek pemuda Cepepe (CahPordjoPerantoan) lagi pada ngumpul. Kami ga ikut gabung grup sih, tapi karena sama-sama orang rantauan jadi tiep ketemu yang sedaerah ya kayak sedulur aja...Salim ngobrol en beramah-tamah #udah kayak Lebaran aja waktu itu heheh. Kebanyakan dari mereka masih pada bujangan dan kerja di pabrik. 

Lucunya adalah waktu itu si Ibu penjualnya ngira aku ma Tamas blon merried (padahal udah), jadi dikira kayak anak sekolah lagi pacaran gitu hahaha... Dipikirnya Tamas udah kuliah/kerja, sedangkan aku masih SMP ฅ(^・ω・^ฅ)(。・ω・。). Jyahahahhaha....pokoknya dikira akunya masih sekolah. Maka aku sempat disapa Dek sama si Ibu dan Bapak penjualnya, tapi Tamas tetep disapa Mas sih hahaha. Lha yagemana habis Tamas itu sukanya aku pake jilbab slup (bergo) gitu sih jadi kan pipiku jadi kelihatan tembem gitu hahahah. Mana bergonya bergo putih pula. Jadi dikira bocah sekolah... Nah, Si Ibu dan Bapak penjualnya emang nemuin langsung dan beramah tamah sama kami pengunjung kedainya sambil mangku anaknya yang masih beiby hehhehe. Bapaknya Asli Purworejo, tapi Ibunya orang Magelang (kalau ga salah inget).





Nah, kebetulan kan kemarin malam itu kami liwat lagi tuh area Keroncong karena baru pulang dari Lottemart. Belum pada makan sih. Jadi tetiba, Ramane tercetus ide buat ajakin aku ngupat tahu khas Purworejo aja. "Ngupat tahu yuk Dek...wes suwi banget ga ngupat tahu..." Iya juga ya, jadi kangen aku ama kupat tahu, meski kupat tahu bikinan Tamas dan Mbah Uti menurutku masih tetep yang terdebestnya sih. Tapi dikarenakan kami belum sempet beli perintilan kupat tahu, jadi akhirnya kami pikir mending beli aja hehhe.. 

Kalau bikin ndiri, paling mantab itu ke pasarnya malam-malam karena ya bisa dapat tahunya yang fresh. Juga kupatnya baru aja tanek dan biasa dijual ama Mbah-Mbah gitu yang dah sering kami beli tiap kali mau bikin kupat tahu. Terus ciri khasnya adalah pake kecambah (yang kecil-kecil) itu loh disamping tahunya adalah tahu coklat dan juga ada juruh gula jawanya. Nanti juruhnya itu pake rempah dan bumbu-bumbu lainnya sehingga rasanya itu di samping manis juga akan terasa seger dan anget. Nanti sebelum dikasih juruh manis, ditabur dulu pake irisan seledri dan taburan bawang goreng. Tambah sambel juga nikmat. Ini yang biasa bikin rame-rame pas lebaran itu ya Aku, Mbah Uti, dan Mbak Eni (Mbak kandungnya Tamas yang beda 10 tahun sama aku heheh)











Nah, tapi karena kemaren pengen praktisnya aja, jadi akhirnya kami pilih mlipir beli aja di Kedai Kupat Tahu Jawa Purworejo yang ada di Keroncong, Jatiuwung. Ini bukanya setiap hari dari siang sekitar jam setengah dua sampai malam. Isiannya ya hampir sama kayak kupat tahu yang biasa kami bikin. Ada irisan tahu coklat yang sebelumnya digoreng dulu, kecambah, kubis, irisan seledri, dan taburan bawang goreng. Nanti di bagian paling dasarnya ada kupat atau ketupatnya yang dipotong-potong baik 1/2 atau 1 ktupat. Soalnya 1 ktupat aja udah gede banget jadi dijamin wareg. Makanya kalau yang ga kuat maem banyak biasanya kupatnya paroan sih hahah. Kalau ga, Tamas itu kan biasanya kupatnya 1. Nah, punya Mbul kupatnya Mbul belah, trus separonya Mbul taroh di piring Tamas hahahahha...#abis itu Mbul langsung diglitho. Nah itu nanti tinggal dikasih kuah juruh dan kalau suka pedes ya tinggal dikasih sambel aja. Ini rasanya enaaaak. Banget. Aku biasanya suka yang taburan bawang gorengnya banyak sih soalnya renyah. 

Nah, kalau di kupat tahu Jawa Purworejo ini tambahan lainnya bisa dimaem bareng kerupuk, telor dadar atau ceplok juga tempe mendoan. Enak deh.... Walau ternomor satunya paling wuinak tetep bikinan Paksu ma Ibuk Dlg hehehe..







"Kupat Tahu Jawa Purworejo"
Perum Keroncong, Jl. Prabu Kian Santang, RT.004/RW.003, Keroncong, Kec. Jatiuwung, Kota Tangerang

Keesokan Harinya...

Mbul ada agenda bikin risoles mayones lagi Teman-Teman....hahahha...Ga ada menyerahnya urusan belajar bikin risoles mayo. Kali ini Mbul pake wajan yang diameternya lebih luas, biar nanti kulitnya itu bisa rapi dan tipis, juga lentur tapi ga gampang sobek. Apakah berhasil? Alhamdulilah berhasil. Walau risolnya menurutku tetep embem ya hahahahha...ga memanjang kayak yang biasa dijual di abang-abang gerobagan. Tapi soal rasa....rasanya dah mendekati percis punyanya abang risol gerobagan. Ini risolnya kuisi pake mayones campur kental manis dan telur puyuh yang dibagi jadi beberapa bagian. Ga kupakein sosis tapi ini aja udah enak loh, sekali digigit mayonesnya langsung meleleh....anget enak hihihi. 













Nah, untuk konco nonton tipi sambil nyemilin risolnya, tau-tau sepulang kerja Ramane belikan aku Teguk yang rasa red velvet. Nyam....nyammm....mam risol mayo sama Teguk rasanya gini banget dah ฅ(^・ω・^ฅ)(´✪ω✪`)♡

Okey, sebelum kuakhiri postinganku kali ini biar lebih semangat lagi nulisnya, Mbul mau pake tema merah-merah kali ini. Ya kan sesuai moto bulan Oktober yaitu semangat. Kalau September kan ceria, maka Oktober itu semangat. Semangat nanti bakal ada liburan ke desa lagi....Acara slametan Alm Bapak Dlg, jadinya sekalian stok nulis tentang pedesaan lagi hehehhe...Entah kenapa aku paling senang tuh kalau ngisi blog ini justru karena nulis pedesaan gitu hahhahah...Ya mungkin karena asalnya Mbul adalah anak desa. Tapi biarpun dari desa, mudah-mudahan rejekiku kota ya hahahhah...amin...
















Okey, kuakhiri dulu tulisanku kali ini. See you and dadaaa...

6 komentar:

  1. Banyaknya cili tu! Tak pedas ke?

    BalasHapus
  2. ...have a yummy day, my friend.

    BalasHapus
  3. Haven't had those crackers in a long time..what are those rolls?

    BalasHapus
  4. Looks like a delicious feast. Enjoy.

    BalasHapus
  5. Kupat tu, ketupat ya, Mbul?
    Mbul wajahnya comel, itu yang ibu tu salah, ingatkan masih sekolah. :)

    BalasHapus