Minggu, 10 Desember 2023

Mbul Jalan-Jalan ke Jakarta Timur ฅ(^・ω・^ฅ)




Assalamualaikum wr wb....
Hallo...hallo....hallo...apa kabarnya Teman-Teman? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Kali ini Mbul mau cerita-cerita waktu Minggu kemarin Mbul menghadiri acara ulang tahun kakeknya Mbul di Jakarta Timur sebelum akhirnya mampir ke Cimanggis buat nyobain menu-menu enak di Waroeng Keboenkoe Loji Ageng, Cimanggis, Depok. 




Nah, karena rumah Kakek ada di bilangan Jakarta Timur jadi Mbul tuh dari rumah agak pagian. Ga pagi-pagi banget sih. Tapi termasuknya masih pagi. Sekitaran jam 08.30 WIB dari rumah. Dan btw, Ini bukan kakek langsungnya Mbul sih. Melainkan adik dari Alm Mbah Putri (ibunya ibu) yang ada di Jakarta. Jadi tetep aja manggilnya Mbah Kakung atau Kakek kan. Soalnya Alm Mbah Putri kan adik-adiknya banyak dan beberapa juga masih ada, walau beberapa juga udah ada yang ninggal. 

Nah, salah satu yang masih ada ini ya Kakek Mbul yang satu ini. Yang hobinya jalan-jalan dan nengokin cucu, termasuk nengokin cucunya yang gembil ini. Siapa lagi kalau bukan Beby Mbul Nita atau si admin hahahha. Tamas sih sebenernya yang paling antusias tiap kali Kakek Mbul datang. Bahkan Beliau udah dari semingguan selalu ngledekin Mbul, arep nderek urak ikutan acaranya Mbah di Jakarta? Kalau nderek bangunnya musti pagi lho ya. Jangan sampai telad. Soalnya undangannya jam 10 pagi. Dan sebelumnya kami ga tau kalau itu hari ulang tahun Kakek. Kupikir cuma kumpul-kumpul biasa. Ternyata syukuran ultahnya Kakek biarpun cuma sederhana, tapi karena Kakek orangnya seneng rame-rame, maka beliau pengen adain syukuran. Sampai Beliau naik motor ke rumahnya Mbul buat antar undangannya langsung 2 bulan sebelumnya Hahhaha... Memang Beliau ini masih sugeng. Jadi masih gesit naik motoran. Makanya Tamas itu selalu nasihatin Mbul biar semangat datang, kan undangannya dah dianterin langsung ama Kakek, hehehhe.






Sebenernya Mbul itu aslinya anaknya pemalu atau kalem sekali ya jadi kalau ada acara kumpul-kumpul keluarga besar, malah yang paling semangat tuh Tamas. Bahkan Beliau sampai beli kaos oblong segala buat acara di tempatnya Kakek. Biarpun itu keluarga besarnya Mbul. Tapi alhamdulilah Tamas orangnya bisa ngimbangin. Malah lebih supel dan lebih pandai ngobrol ama tiyang sepah ketimbang Mbul...makanya Mbul jadi tertolong deh kalau ada Tamas pas ada acara keluarga besar heheheh.

Nah, singkat cerita, tadi kan akhirnya kami memutuskan untuk datang ke acaranya Kakek di Jakarta Timur. Dari rumah bangun pagi, godogin air buat mandi, terus sarapan susu. Ntar maem agak beratnya di jalan aja beli McD. Kebetulan sebelum masuk tol ada McD, jadi beli take away aja yang paket ayam, nasi, cheese pie and blueberry, es krim oreo, ama Cola. Kentang gorengnya lagi abis. Jadi udah itu aja. Dimaem sambil jalan. Eh tapi ntah kenapa aku lagi agak masuk angin. Agak mabuk kendaraan dikit dan kayaknya kok kembung hahahha. Tapi pas diisi dikit pake cheese pie blueberry lumayan lah. 





Suasana di sepanjang tol berawan. Mendung tebal menggelayuti langit, tapi ga hujan. Aku malah seneng lho soalnya suasana jadi adem. Jadinya ga kesumugen. Ow iya, tempat acaranya tuh semula di taman dekat jambore gitu. Tapi berhubung musim ujan, maka kata Kakek pindah tempat di aula aja. Nah, sampai sana sih jam 10.30 WIB, cuma terhitungnya masih dateng awal. Soalnya yang lain juga belum pada datang. Sesampai sana Mbul ketemu Om, Tante, Budhe, Pakdhe, juga Mbah. Langsung deh jadi tau kalau acaranya adalah syukuran ultahnya Kakek. Kebetulan di tengah-tengah udah disiapkan nasi kuning dan segala lauk pauknya buat dimaem bareng-bareng. Tapi ini nunggu kumpul semua sih.
























































Nasi kuning lumayan lengkap. Ada kluban atau urap, orek, ikan peda goreng, telur rebus, ayam goreng, buntil, dan lalap juga sambel. Menu lainnya ada soto, dan aneka snack piringan. Ada awug-awug, pastel, lopis, semangka, dan lainnya. Acaranya termasuknya simpel. Cuma doa bersama dari yang empunya hajat, makan-makan, silaturahmi, udah kelar. Makanya abis dari situ Mbul bisa dolan ke Cimanggis Depok, heheheh... Pulangnya juga masih dibawain nasi kuning, buntil, awug-awug, lopis ama pastel. Alhamdulilah, hehheheh..

6 komentar:

  1. Ya ampuuuun liat buntil aku kangeeeen nit 😍😍😍😍. Ini makanan fav mama mertua. Aku JD tau buntil ya dari mama. Kalo ga nikah ma Raka, mungkin ttp gabtau buntil apaan hahahahah.

    Dan ternyata aku suka sih. Dulu mama sering beli pas ramadhan, di bazar2 gitu.

    Ga tau deh mau cari kemana kalo pengen buntil gini 😄

    BalasHapus
  2. kalo ngeliat kakek atau nenek yang udah tua banget rasanya amazing banget mbak, msh bisa hidup sehat melihat anak cucunya, sayangi mereka mbak selama msh sempet :)

    BalasHapus
  3. Favorit banget kue yang ada pink pinknya...kue tradisional kapan kapan pengen bikin ah...

    BalasHapus
  4. The eggs and other garnishes surrounding golden rice look really tasty!

    BalasHapus
  5. Berapa usia kakeknya, Mbak?
    Selamat berulang tahun saja untuk kakeknya Mbak. Semoga selalu dalam lindunganNYA dan berkah di usianya.

    Mbak, ngiler nih lihat foto nasi uduk plus teman-temannya...

    Salam,

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)