Kamis, 09 November 2023

My Vacation ฅ(^・ω・^ฅ)



Assalamualaikum wr wb....
Yeayy! Akhirnya berkesempatan juga menginap di rumah masa kecilku. Meski tinggal tersisa 2 hari aja di penghujung liburan, tapi aku seneng banget. Alhamdulilah Bapak Ibu sehat. Dan kesan pertama saat nyampe di sini tuh lucu deh. Sore-sore, waktu aku mau mandi, ga sengaja aku malah ketempelan sesuatu. Ooow...cekiiit...Ternyata diriku malah dientup tawon wkwkwkkw....Aku kadang lupa sih, di kamar mandi emang sering ada tawonnya kalau lampu diurubin hahahha... Dari kecilku, area dapur hingga kamar mandi sering ada tawon menclok. Jadi tawon-tawon pada ngrubung sesuatu yang bercahaya. Tapi ga pa pa, yang penting sowan dulu di sini 2 hari sebelum besokannya kami harus kembali ke kota.





Jumat, ibuku dah kondur gasik. Biasanya sampai sore. Dari kantor sampe rumah tuh jam 13.00 WIB. Tapi kami sampainya abis magrib. Soalnya kami mau ngiter-ngiter dulu di sekitar Kutowinangun karena Tamas ngajakin aku ke Rumah Makan Asli dulu buat medang-medang santai. Ya, mumpung di sini kan, jadi Beliau ajakin aku pacalan hahaha. Tapi kali ini rumah Makan Aslinya yang pelopornya ya atau yang dikelola generasi pertama, beda lokasi ama rumah makan Asli yang pernah kureview di blog ini soalnya kalau ga salah yang itu dah dikelola generasi berikutnya. Kalau yang di sini yang kelola kan dah sepuh-sepuh. Apalagi tempatnya emang klasik gitu. Jadi yang dah jualan emang udah Mbah-Mbah semua. Nanti review detailnya aku post di bawahnya post yang ini ya.

Nah, habis medang-medang santai di Rumah Makan Asli Kutowinangun, ga lupa bungkusin 4 wedang susu jahe dan martabak telor (pake 3 telor bebek) buat Bapak Ibu, akhirnya kami sampai juga di rumah. Bapak Ibu udah nungguin dan menyambut kami dengan hangat. Ibu tanya, habis dari mana Nduk? Kok lama sampainya. Iya nih. Soalnya kami nemenin ngobrol Paklek dan Budhenya Tamas dulu di rumah wetan jadi baru bisa cabcus ke sininya sorean. Ya sambil mampir ke Kutowinangun dulu kita. Biasa, anak muda pacaran dulu....Hahahah......Iya-iya, Bapak Ibu maklum. Beliau berdua malah seneng kalau anaknya pada enjoy pas pulkam. Soalnya emang kalau udah di kampung halaman ga jalan tipis-tipis kayak ada sesuatu yang kurang gitu. Jadi disempatkan lah, hihihi. Ya, habis itu balik ke rumah terus ngaso-ngaso sambil temu kangen.






Rumah masa kecilku adalah rumah yang penuh dengan kehangatan. Bapak udah pensiun. Ibu sebentar lagi. Kurang lebih setengah tahun lagi ibu pensiun juga. Jadi berduaan itu masih tetep romantis, ngopeni rumah, ngrawat tanaman bunga, sayur, dan kucing yang kini beranak pinak. Bagi, Teman-Teman yang udah sering mampir ke blog ini pasti udah hapal dengan si Oranye Persia kucingnya Kakung. Namanya adalah Boy. Ada lagi kucing cewek namanya Klawu. Sebenernya Klawu itu namanya Cimut (Kucing Imut), tapi karena warnanya abu-abu bluwek rada gajelas (warnanya random), dengan muka mbethemnya ditambah kumis unyu panjang di pipi (kucing cewek tapi ada kumisnya hahahh...ya kan semua kucing punya kumis Mbul), jadi aku lebih suka panggilnya Klawu (bahasa jawanya abu-abu). Klawu ini lucu deh. Dia kucing yang manut. Suka banget dielus-elus. Boy juga suka dielus-elus. Tapi dia hobinya pipis. Ya...karena kucing cowok emang hobinya pipis atau nguyuh wkkwkw. 

Untuk Klawu, kini udah punya cemeng 2 ekor warnanya sama kayak Bapaknya, sedikit oranye ada kelir putihnya. Satunya lagi kayak dia, putih rada klawu hahahha... Kemaren keduanya lagi dimandiin Kakung di kamar mandi, abis itu dihandukin dan dijemur biar bulunya cantik. Nah, abis kering baru disisirin Uti. Kucing-Kucing Kakung pada tertib dan adem ayem semua. Hobinya kalau lagi santai ya rebahan, glebag-glebag di atas paving bawah kebun sayur. Ngadem di situ. Ada tanaman waluh yang merambat, belimbing wuluh, serai, kemangi, dan lainnya. Sayuran lain ada di media tanam yang dipasang di atas pagar tembok seperti cesin, pokcoy, daun bawang dan kucai. Sregep dan rajin Bapak Ibuku nandur tanaman. 



























































Sebenernya Bapak sih yang lebih tlaten. Apalagi membentuk bougenville jadi full kembangan. Bougenville banyak menempati area depan dengan berbagai macam warna. Ada merah, putih, oranye, baby pink, pink fuschia, dan lainnya. Bersandingkan dengan pohon kembang telang yang kini bertambah lebat saja baik daun maupun bunganya. Tiap sore atau pagi ibu selalu petikkan bunganya untuk dibikin teh kembang telang. Warnanya biru cantik deh. 

Kalau ibu justru tlatennya merawat anggrek. Anggrek-anggreknya ibu bermacam warna. Ada kuning, ungu totol-totol, putih ada garis ungunya, ungu semi merah muda, dan putih bersih atau anggrek bulan. Bunga anggreknya menggantung dengan media tanam arang dan sabut kelapa. Yang lainnya ada juga yang nempel di pepohonan. Tanaman hias lainnya berjajar rapi dalam pot. Aku ga hapal nama ilmiahnya. Tapi ada banyak. Aku selalu senang melihat tanaman hijau karena bikin adem mata dan sejuk hati. 













Keesokan harinya, ibu bertanya padaku ingin dibikinke apa? Aku bilang manut aja soalnya semua masakan ibu enak hahahha. Ibu lalu melongok tudung saji. Ada ayam goreng kampung yang belum dimakan sama sekali, dari nasi kontak kantor hari ini. Ada pula snack kotakan isinya jongkong, arem-arem dan pisang godhog. Ada juga kacang telur dalam plastik kecil-kecil. Hampir setiap hari ada aja punjungan atau kenduri. Ntah kenduri tetangga mantu, sunatan, atau slametan lainnya. Makanya sering banyak lauk ater-ater.

Untuk ayamnya, bagaimana kalau dikukus lagi. Nanti dibikin suiran aja buat pelengkap soto. Aku bilang boleh aja. Udah lama ga makan soto bikinan ibu. Soto bikinan ibu emang paling enak sedunia hahah. Kuah sotonya ada tambahan potongan daging sapinya lho. Meski untuk suirannya sendiri adalah daging ayam. Ga jarang ada bagian kulitnya juga yang menurutku adalah bagian terbaiqnya. Untuk pelengkap lain ada bihun, kecambah, kubis, seledri, telur rebus, dan sambal. Kecap juga ada, biasanya kalau di desa itu pakenya kecap kentjana. Itu kecap paling terkenal di daerah sini. Oiya masih ada tambahan ayam krispy juga sama tahu. Itu belinya pas abis pulang dari Rumah Makan Asli, hihihi. 































Untuk sarapan keesokan harinya, ibu mengajakku duet masak mie goreng. Mienya pake mie sedaap. Tapi pake ulegan bumbu sendiri. Terus sayurannya pake pokcoy yang tinggal petik di kebun belakang. Ditanam di atas pagar samping dan depan rumah. Tumbuh subur dan setiap saat bisa dipanen. Kalau mau bebikinan masakan pake pokcoy jadi gampang karena tinggal petik-petik sendiri. Contohnya mie goreng ini. Nanti untuk lebih lezatnya lagi, mie gorengnya bakal ditambah potongan daging sapi juga. Kasih kucai, seledri, dan taburan bawang goreng. Hmmm...yummy!! 





















Minggu siang kami udah harus siap-siap kembali ke kota. Tapi sebelumnya Tamas sempat belikan es dawet Ireng Kutoarjo dulu buat dimaem bareng-bareng di rumah. Sembari itu pula ibu sudah siapkan oleh-oleh dari hasil kebun juga. Apalagi kalau bukan waluh yang telah menguning. Belum terlalu kuning banget tapi on the way kuning. Nanti saran ibu dibikin puding waluh aja. Kasih ager-ager (puding), dan sebagian daging waluhnya dikukus, terus tambahin gula. Jadiin puding waluh. Pasti enak. Kami juga dapat oleh-oleh lain kayak semangka kuning beli di pasar sore, gipang (jipang), beras dari Mbah Uti Dlg, pete dari Pasar Baledono, dan aneka snack mentah (keripik atau kerupuk) beli di Toko Langganan kami Bu Alfiyah Soegiyo Kutowinangun. Alhamdulilah liburan kali ini berkesan (Tulisan Mbul Kecil, www.gembulnita.blogspot.com)




25 komentar:

  1. Wow! Tanaman hydroponic pun ada!

    BalasHapus
  2. Rajin tanam pokok bunga. Tersusun cantik pasunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak pot pot tanaman di rumah Bapak Ibuku tertata, Mbul jadi pengen rajin tanam kembangan dan tanaman hias ugha ^_^

      Hapus
  3. wah asek ya, punya pensiuanan
    kalau saya kagaknya dan pasti kagak dah hehehe
    saya kangen kampung nih, nanti inginnya menua di kampung halaman. Biar bisa mengolah kebun atau sawah setidaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin amin ya robbal alamin, mudah mudahan keinginannya mas djangkaru bumi suatu hari nanti tercapai ^_^

      Hapus
  4. Banyak sayuran dan pokok-pokok di rumah ibu Mbul ya. Kucing-kucing tak kacau pokok pula, ya? Dulu saya juga rajin bercucuk tanam, tapi kucing selalu bagi pasu bunga jatuh, atau buang air, jadi tanah sudah tercemar. Tapi dari gambar, nampaknya bapak Mbul guna tanaman cara hidroponik, subur pak choi nya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Nur, ibuku suka banget anggrek dan tanaman hias...bapak tapi yang lebih piawai merawat...Kucing kak nur sering bikin pot jatuh ya...kalau si Oranye yang ini juga hobinya pipisnya di pot ahhahahah...
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  5. ...cooking with your mother must have been a treat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbul jadi lebih ngerti bumbu mie goreng jawa versi ibuku nih 😁

      Hapus
  6. That's great that you could visit the house of your childhood, And the food, as always delicious. :-)

    Kisses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Joanna....iya makanan di sini enak enak, pipi jadi tambah chubby nih mbul hahaha

      (。・ω・。)ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  7. sedapnya kudapan yang disediakan oleh Mbul. Yummy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulilah Abam Kie, Mbul ngerasa makanan di sini enak enak semua 🤭

      Hapus
  8. emang paling nyenengin kalo pulang kerumah masa kecil, banyak kenangan pastinya disana :D.. ati-ati mbak mbul kalo mandi, harusnya itu tawonya langsungg di taplok aja biar ga nongkrong di mamar mandi

    btw mbak mbul boleh gw minta kontak email nya ga ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. He em Nif, kalau nyempetin mampir nginap sehari dua hari di sini aku jadi ngerasa seneng banget. Apalagi kalau udah dimasakin ibuku atau cari makanan lokal enakkkk...

      Hahahha...aku lupa, emang biasanya dari dulu sering ada tawon di dapur dan kamar mandi tiyap lampu dinyalakan, untung aja cuma tawon kecil bukan tawon gung..kalau tawon gung ngalamat bisa cenad cenud wkwkkw

      o mau tanya apa emangnya? Ada yang mau ditanyakan pow?

      Hapus
    2. ini mbak gw ada buku dragoreitcher karya kornelia funke, gw mau kasih ke mbak mbul 😁

      Hapus
    3. wah makasih, tapi ntar khanif jadi repot mawi ngirim ngirim segala hehehe...sebenernya kapan hari aku pengen juga kirim buku petir ke khanif atau temen blogger yang mau, soalnya aku punya 2 tapi belum sempet sempet karena lagi ada kesibukan di dunia nyata hehehe...

      Hapus
    4. gpp mbak :D, kalo boleh minta email atau almat rumah, kalo ada waktu nanti aq kirim :)

      Hapus
  9. Rumah masa kecil yang memorable. Melihat fotonya, terlihat rumahnya adem dengan taman kecil yang terawat. Rumah model sekarang umumnya menghilangkan fungsi taman

    BalasHapus
  10. Kucing2nya ga Disteril nit? Suka pipis maksudnya spraying menentukan area dia atau pipis beneran? Kalo Disteril biasanya mereka stop spraying . Kucingku yg jantan gitu 😄.

    Kalo balik ke rumah ortu, aku pun ga milih mau dimasakin apa, Krn semuanya pasti enak. Jadi mama mau masak apa aja, ya ku makan lahap 😄.

    Itu labunya gede bangettt 😍😍😍. Langsung pengen bikin pumpkin soup aku 😄😍. Es dawet Ireng memang enaaak. Biasanya aku makan yg di pinggir jalan antara solo-jogja. Ada yg terkenal. Yg di kutoarjo blm pernah cobain . Pengen ih. Udh lama banget ga makan dawet ireng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga tau aku istilah spraying mba fanny..tapi waktu aku duduk di taman, aku liat ndiri si Oren pipis di pot hahahhahhaha...tapi kalau ngrawat kucing ibuku yang telaten mba...

      iya labu tanam sendiri ini...aku sangu 1 buat takbawa pulang ke rumahku hehheeh

      Hapus