Kamis, 14 Desember 2023

My Drawing 2 ฅ(^・ω・^ฅ)




Assalamualaikum wr wb.....
Hari Senin, 16 Januari 2024, hariku lumayan sibuk. Pagi-siang aktivitas harian kayak biasanya. Sore masak untuk menu berbuka puasa (puasa Senin Kemis yang biasa kami jalani) dengan sisa bahan makanan yang ada di kulkas. Masih ada seikat kangkung, 1 papan tempe, ikan teri (anchovy), mangga indramayu (baik yang oranye kecil, maupun yang kuning besar), pete, dan beberapa hal yang dibeli dadakan karena bakulnya kebetulan ngider di depan rumah pakai sepeda motor. Apalagi kalau bukan bakpao isi kacang hijau dan cokelat yang meleleh di dalamnya, juga 2 bungkus es kelapa muda. Sluuuurpt...segar banget ya!





Sebenernya tadinya aku pengen libur masak. Pengennya beli aja, tapi katanya ada yang ga mau maem selain masakan aku. Iya deh. Sore itu juga aku masakin.. Alhamdulilah, pada seneng kalau dimanjain Mbul lewat masakan dan belaian tatih tayank. Dengan kecepatan ekstra baik masaknya maupun bersih-bersih setelahnya, aku nyalakan 2 gas stove sekaligus, jadi bisa sekalian goreng tempe, satunya lagi goreng pete lanjut ikan teri. Ikan terinya yang kecil-kecil atau biasa disebut sebagai teri nasi. Ini enak sih, walau dimakan ama nasi anget aja udah enak! Untuk kangkungnya, aku masak paling belakangan biar pas disajikan bersama lauk lainnya itu tetep hijau cantik, hehehe...

Nah, kalau semuanya dah siap, aku bawa ke depan biar bisa dimaem sama-sama. Jangan lupa baca doa dulu ya, bagaimana doa berbuka. Bukanya pake yang manis-manis....supaya lebih menyenangkan ehem...walau sebenernya es kelapa mudanya aku tuangkan yang original sama yang pake sirop pisang ambon ya jadi warnanya itu jambon (merah jambu). Biar aromanya tuh wangi, warnanya juga cantik hehehhe...Kalau yang kelapa muda ga pake campuran langsung digluk...gluk aja. Soalnya dah keburu haus hehehe.







Kami emang penggemar es kelapa muda. Sebenernya belinya itu ga pake es. Es batunya bikin sendiri dari cup-cup-an air mineral gelas yang langsung ditaruh di freezer. Nanti kalau mau pake es tinggal kletekin aja cup gelasnya, udah deh glundungan esnya tinggal masuk-masukin. Praktis kan? Ini sih ajaran dari Ramane. Ga perlu ribet bikin es batu pake buntelan plastik yang dikaret atau ngisi pake cetakan es batu yang isinya dikit. Kalau pake air mineral cup-cupan kan bisa banyak dan cepet beku, hehehe.  

Oiya tadi lagi nulis tentang kelapa muda ya. Itu pas beli langsung minta plekahkan aja yang paling sexy seperti Beby Mbul Nita #eheum...maksudku biasanya Bapak penjualnya udah hapal kami suka yang airnya banyak makanya kelapanya dipilihkan yang sademplon lehor kayak Beby Mbul Nita ini ahhahaha...Daging buahnya dikit ga pa pa. Yang penting degannya itu muda jadi pas dikerok lembut. Bukan yang udah menuju jadi kelapa. Kalau jadi kelapa ntar atos lagi. Maunya degan yang airnya banyak, manis bin seger. Ga usah pake gula jawa ga pa pa. Jadi putih aja. Atau kalau pengen difoto kelihatan cantik tinggal tuang semangkok dan kasih sirop pisang ambon. Yang seteko besar biarkan apa adanya tanpa tambahan sirop lagi.









Ngomongin air kelapa, Tamas masih ada lho, legen dari jaman kapan tahu yang masih ada di kulkas. Itu lho air kelapa fermentasi yang kalau diminum serasa minum wedang tape, hihi. Semakin lama dikulkas, maka makin strong. Rasanya juga manis meski setelahnya jadi kayak bikin pengen bersendawa. Ga tau tuh tiyap ada agenda pulang kampung selalu ada yang pengen mandeg beli legen hihihi. Biasanya daerah Banyumas itu banyaknya.

Eh, tapi padahal adiknya Alm Mbah Putriku (berarti kusebutnya Mbah Kakung juga ya tapi aku sering sebutnya Mbah Oyo/Mbah Yo), Beliau itu punya usaha penderesan nira kelapa loh. Jadi nanti selain airnya dipake buat produksi gula jawa, juga sebagian lagi untuk legen. Nah, waktu Mbul masih kecil, Mbul sering diajak ke sana buat sekedar liat langsung proses pembuatan gula jawa serta legennya seperti apa. 















































Mangga indramayu yang ada di kulkas sebenernya udah ngendon lama di sana. Makanya mau Mbul habiskan aja biar kulkas bisa diisi ama buah-buahan baru  yang lebih fresh. Nah, karenanya yang tersisa itu segera kami habiskeun walau sebagian lagi jadi udah ndalu ya (agak nyonyot tapi ga patio nyonyot banget) hehhehe....

Mbul juga ada pisang goreng. Karena pisang yang kemaren masih ada. Walau tinggal separoh epek. Kubalut pake terigu kunci biru ama sedikit vanili bubuk, gula pasir dan garam lalu kugoreng. Rasanya gurih manis dan enak buat cemilan, sambil mimik teh anget sore-sore. 


















Nah, malamnya, karena udah santai, semuanya dah pada bobok, Mbul jadi punya waktu buat me time yang kugunakan buat hobi menggambarku. Kan udah dibeliin pen stylus ama Tamas jadi Mbul tuh pengen bisa banyak menggambar lagi dan hasilnya kutaruh di blog ini buat seneng-seneng aja. 

Kayak biasanya, mula-mula aku menggambar pake buku gambar dan pinsil. Sengaja masih garis kasar nanti dirapihinnya kalau udah dipindah ke Autodesk Sketchbooknya. Nah, setelah dipindah di Autodesk Sketchbooknya, selain bisa dirapihin, gambarnya juga bisa sekalian diwarnain. Simpel banget. Semuanya adalah gambar Si Merah Jambu (atau Mbul sendiri yang suka warna merah jambu hehehe). Mbul gambar sebagian dulu segini, tar kalau ada tambahan lagi aku tambahkan sambil jalan. Maklum gambarnya tuh suka spontan, hehehehe..


















































Okey segitu dulu tulisanku kali ini. Sampai jumpa lagi ya. See you and dadaaaaaah....

ฅ(^・ω・^ฅ)(。・ω・。)




6 komentar:

  1. Boa tarde de terça-feira com muita paz e saúde, minha querida amiga.

    BalasHapus
  2. Ternyata sudut pandang kita tentang es batu samaan mbul, bikinnya pake air cup mineral aja praktis.. tinggal buka dus, masukin aja air mineral gelasnya jadi praktis haha

    Kalo udah punya penjual langganan emang enaknya, orangnya udah hapal jadi kita nggak perlu sering ngulang mau pesen apa tiap beli ya, itu penjual es kelapa karena keseringan dibeli juga jadinya apal apa yang mbul pengen😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak Guru itu yang ngajarin bikin es batu pake air mineral gelasan suamiku Pak hehe

      iya yang jual Bapak Kelapa Muda yang dah sering kami beli jadinya hapal maunya yang besar. Kan kelapa muda buat buka puasa jadi biar seger 😊

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)