Selasa, 30 Januari 2024

Hujan Rintik-Rintik, Mbul Pulang ke Desa Lagi ฅ(^・ω・^ฅ)




Assalamualaikum wr wb...
Waktu ngetik draft post yang ini, Mbul itu posisi lagi ada di desa lagi. Yup, Mbul pulang lagi karena didhawuhi Ibuk ikut ngombyongi acara keluarga, meski pada hari H-nya ternyata aku harus silaturahmi ke RSUD, karena si ganteng agak mlepek, huhu. Pantasan malam-malam ngak-nguk-ngak-nguk aja karena flu hari pertama jadi gak bisa bobok. Idung mampet dan udah mulai ga enak badan. Akhirnya jem 1 dini hari kami bangun dan membawanya ke RSUD. Ga pa pa deh ga ikut acara karena Suz Beby Mbul Nita kini siap beralih tugas menjadi perawatnya si ganteng, hehehe.





Kami itu pulang Hari Jumat 26 Januari 2024. Sebenernya aku juga agak pegel-pegel gitu bawaannya. Badan antara mriyang ga mriyang, tapi kerjaan rumah kudu jalan terus. Aku ngerasa dalam semingguan itu kerjaanku banyak banget. Bahkan saat mau berangkat pun, pagi-pagi masih harus ngurus baju-baju batik yang hendak dibawa karena rencananya aku mau pake itu di acaranya. Ndilalah Batiknya Tamas kok ya kelupaan ditaruh dimana. Jadinya rumah yang semula dah rapi, dan baju dah taklipetin cemua mua, akhirnya didudut-dudutin lagi ama Tjintakoe ini karena mau cari batiknya yang lengen panjang. Hohoho... Abis itu pipi tembem Beby Mbul Nita langsung diuwel uwel, Seng Sabar ya Mbul yang Manis, lemari bajunya dah takdudutin wkwkkw. Aduh Pe er lah habis balik ke sini kudu nglempitin.

Tapi akhirnya kami bawa batik seadanya aja yang terlihat mata beberapa stel. Ya, karena kalau pake batik menurutku lebih adem ketimbang pake gaun brukat. Karena kan aku ada gaun brukat juga ya tapi ya itu takutnya panas. Jadi Jumat itu memang agak sibuk berasa sebentar lagi Mas pulang dan aku takut ada ketinggalan barang yang harusnya dimasukin ke dalam tas. Akhirnya berangkat mundur lagi jadi jam setengah 4 sore dimana truk-truk tronton di area Karang Tengah dan Bekasi pastinya udah mulai beroperasi. Tapi ya jalan juga sih. Soalnya biar bisa istirahat dulu Hari Sabtunya sebelum riweuh di acara Hari Minggunya.







Perjalanan dari Jakarta ke Bekasi memang agak padat. Cikampek juga sama. Nah, masuk Cipali baru lancar. Walau di satu titik tertentu, tiba-tiba kendaraan pada mandeg. Eh, rupanya di depan sana ada 1 truk pengangkut pasir yang terguling melintang. Jadi banyak petugas mengamankan lokasi. Tapi lepas dari situ alhamdulilah udah mulus lagi. Kami juga mampir di Rest Area sebentar karena udah ada yang ngelih tuh. Bahkan ada yang apal banget ama RM Ciganea. Yap, siapa lagi kalau bukan Kakak yang minta kami mandeg maem di situ aja. Udah cocok sih tiap ada kesempatan mandeg rest area yang rasa masakannya paling sreg di kami cuma RM Ciganea. Di situ sambalnya seger banget. Tapi kami cuma maem ayam kampung, tempe dan tahunya aja. Dicolekin ama sambal rasanya seger banget. Lalapannya terdiri dari mentimun, terung gelatik, leunca, daun mint, pok-pohan dan selada jadi kerasa nikmat banget dimaem bareng sambelnya. Habis maem lanjutkan perjalanan lagi dan gerimis turun rintik-rintik sampai penghabisan tol.

Singkat cerita, karena ceritanya aku agak 'kunang-kunang' dan kliyengan tersebab kayaknya tekanan darah rendah, akhirnya takbawa bobok aja di sepanjang perjalanan yang ditemani gerimis itu. Ayankhanda masih sibug menyetir dengan ditemani podcast Gus Baha atau murotal Quran. Ya biar ga ngantuk jadi dengerin ceramah aja. Begitu bangun, tahu-tahu dah masuk Gombong lanjut Karanganyar. Nah, Tamas ajakin aku mandeg mimik anget dulu di Candi Sari biar tenaga keisi. Btw Resto ini emang udah terkenal sejak dulu ya. Sejak aku masih kecil. Biasanya sering digunakan untuk rapat ibu pas dines daerah Karanganyar. Kebetulan nyampe sini tuh jam 01.00 WIB. Jadi suasana cukup sepi dan lengang. Sebelumnya ada rombongan bus darmawisata sekolah yang transit bentar tapi abis itu jalan lagi. Jadi yang mandeg makan cuma kami dan juga 1 mobil lainnya yang berisi 2 orang pemuda. Aku lalu ke kamar mandi bentar karena sekalian cuci muka dan pipis, habis itu langsung masuk ke dalam buat mimik teh anget. 





























Ndilalah, Tamas sekalian aja pengen maem. Jadi dia ngajakin aku maem juga. Candi Sari ini kebetulan konsepnya prasmanan ya. Jadi lauk dan sayurnya diwadahin baki-baki gitu di etalasenya. Nah, kita bisa ngambil nasi dari rice cooker dan selanjutnya ambil sayurnya sesuai selera setelah itu langsung bayar. Kami ambil tumis kecipir, telor asin, asem-asem daging, telur pindang manis, tempe orek. Tumis kecipir enak juga lho. Kupikir tadinya kecipir cuma bisa direbus atau jadi pelengkap urap...ternyata ditumis enak juga. Mimiknya teh anget manis dan es teh manis. Habis itu Tamas kasih tahu kalau Kakeknya Mbul yang dari Jakarta Timur udah di Bus dan minta dijemput Tamas. Kirain Beliau, kami ini dah di rumah Bapak Ibu dari kemarin kan? Habis dijelasin bahwa kami masih ada di Karanganyar (sebelum Kebumen) dan baru berangkat tadi sore, maka Tamas nawarin Kakek turun aja di Candi Sari biar bisa barengan. Terus beliau bilang Oke. Eh, abis itu beberapa menit kemudian Kakek WA lagi udah turun di RM Lestari yang tempat ngetemnya bus-bus gede. Wah, salah dengar si Kakek wkwkkw. Tapi ya udah ga pa pa kami yang nyusulin ke RM Lestari yang lokasinya beberapa meter dari Candi Sari, dibatasi 1 mbulakan sawah doang. 






















Nah, setelah ketemu Kakek, Tamas turun dan nawarin Kakek dahar. Tapi Kakek bilang dah sangu maem (bekal) dari rumah jadi ga mau dahar lagi. Langsunglah kami masuk ke kendaraan dan mulai jalan sebelum srengenge keluar biar ga pethuk macet. Kami lewat Kebumen Kota yang beberapa titiknya dijadikan area pasar subuh juga Alun-Alun yang kini makin rapi dengan penataan taman dan area duduk. Tapi kami langsung jalan aja sih karena pengen segera istirahat di rumah Bapak Ibu. 

Ga lama kemudian nyampailah kami di rumah. Bapak Ibu udah antusias menyambut kami dan bilang maturnuwun banget mau dipeloni Kakek agar bisa barengan. Ya ga pa pa kami senang kok bisa ngayah-ayahi tiyang sepah biar barengan, maklum Tamas kan orangnya entengan kalau dimintain tolong. Termasuk kalau suruh ngancani Kakeknya Mbul ini. Habis itu aku langsung bikinkeun teh anget buat semuanya ama nyamikan tahu dan tempe goreng, lanjut bubuk untuk memulihkan tenaga.












My Mom treat the kitty...

My mom dan pasien kucing yang datang siang-siang








Pagi usai Subuhan, matahari belum juga merangkak naik dari peraduan. Rupanya masih ngumpet aja dari balik gumpal-gumpal awan dan malah langit seperti digelayuti mendung yang sebentar lagi menumpahkan hujan. Aku ke halaman sebentar, melihat rangkaian mawar berwarna baby pink yang masih tampak dipenuhi titik-titik air yang cantik dan basah. Juga bunga bungur merah jambu yang seperti sakura. Cantik menawan, berayun-rayun lembut bersamaan dengan tangkainya. Sam si Kucing udah jalan sampai depan, habis itu tiduran di atas kursi. Tapi cemengnya masih pada riuh mengerubung Kakung yang emang rutin mengasih pakan di jam-jam tertentu, dimulai dari pagi jam 6. 





















Tiap pagi, begitu 1 daun pintu belakang dibuka, langsung anak-anak cemeng ini menengadahkan wajahnya yang imut-imut dan memberi isyarat pengen makan. Lucu dan ramai suasana pagi kalau anak-anak cemeng ini udah bangun. Sementara itu di dapur ibu udah mulai masak hidangan istimewa yaitu rambak daging sapi sewajan gede. Rambaknya berasal dari kerupuk kulit yang sudah direndam beberapa saat, nanti dibuat bumbu ala sambel goreng tapi kali ini isinya rambak, daging, serta hati sapi. Dan terakhiran akan dimasukkan santan. Lauknya ada tempe goreng, kerupuk ikan tenggiri, dan jamur krispi. Sambelnya pake sambal ikan tuna. Pagi aku juga udah nyetrika buat hari besok. Sementara Sang Kumendan yang menyetir sepanjang perjalanan sare rumiyen. Kasihan biar ga pegal-pegal. Begitu pula Kakak dan Mas Montogh.









Siang saat aku dan ibu bercandaan tentang acara hari esok, tiba-tiba pintu ruang tamu diketuk. Ternyata pasien kucing datang. Pasiennya ibuku, hehe. Seorang Mas-Mas membawa seekor kucing peranakan dengan tas kucingnya lalu berkonsultasi pada ibu karena kucingnya sedang diare jadi badannya agak mengurus. Nah, setelahnya Ibuku pun memberikan beberapa resep dan akan menyuntiknya juga supaya kucingnya  perlahan-lahan pulih. Sebenernya pasien kucing Ibuku ga cuma 1 ini karena sore pun ternyata datang lagi seekor, sayangnya ga sempat takabadikan, hehe.

Oiya, Kakek dari Jakarta Timur yang seharian langsung motoran mengunjungi beberapa rumah sodara akhirnya balik lagi dengan membawa sekantung gembus sehabis pulang dari menonton wayangan. Gembus adalah penganan ringan dari pati kanji yang rasanya mirip aci digoreng atau cimol kalau di Jawa Barat. Nah, gembus ini biasanya bentuknya mirip ongko wolu atau kalau yang sekarang umumnya seperti donat atau cincin. Sementara Tamas balik dari Kutoarjo ama Kakak A bawa martabak manis dan asin, juga fried chicken yang ada di depan jalan raya yang habis magrib langsung dibuka bareng-bareng di meja makan.





























Ga taunya malam jam 1, si Ganteng anget. Idungnya juga mlepek (mulai flu hari pertama), jadinya napas tuh kayak tersengal. Sumeng. Pas dicek ke dokter jaganya, langsunglah direkomendasiin suruh rawat inap aja biar bisa diuap beberapa kali. Ya udah kami ga pa pa. yang penting Si Ganteng cepet cembuh dulu huhu. Urusan ga bisa hadir di acara keluarga ga pa pa deh. Sekarang yang penting ke si Ganteng dulu hehehe. 





















Mbul pun akhirnya jadi bolak-balik RSUD-rumah sih, karena Kakak kan ada di rumah. Jadi aku shift-shift-an ama Tamas di RS-nya. Kalau siang ama aku full. Kalau malam setelah bab ndulang maem selese, baru yang jagain malam itu Tamas. Karena kan yang lebih telaten ndulang itu aku hehehehe. Aku magrib dijemput Bapak naik motor.  Biarpun hujan dan kami pake mantol tapi ga pa pa lah. Sebab aku khawatir juga ama Kakak yang ada di rumah sendirian, karena ponakan udah balik selesai acara. Jadi dia ga ada temennya. Huhu. Kasihan. Ga taunya bener, sesampai rumah Kakak kelihatan ga semangat. Tapi begitu Mbul sapa dia, dan dia liat Mbul langsunglah berkaca-kaca itu mata antara pengen mewek dan bahagia ngliat Mbul lagi. Ah senangnya, hihi. Bahkan Mbul langsung dipeluk dan diciyum katanya Mbul itu kemana aja. Kok ga kelihatan. Mbul jangan pergi. Begitu katanya.



Mbul, 27 Januari 2024




















H-1 sebelum acara, 27 Januari 2024 Mbul take a photo dulu, rencananya mau pake hijab sederhana ini aja buat paduan batik...ternyata esok harinya sayang nda bisa ikut



Karena dia tuh sebenernya kalau dalam sehari ga ngliat Mbul akan berasa mellow banget. Adiknya apalagi. Sebagai yang ngopeni 1x24 jam (kecuali pas jam sekulah), aku itu dah hapal banget Kakak dan adik kayak gimana. Bahkan adiknya lebih pocecip deng dari kakaknya hahahah. Ga mau yang namanya Mbul tuh ngilang dalam sehari dari pandangan matanya. Jadi pas seharian aku dan Tamas sibuk ngurusin Si Ganteng, sementara Kakak sama Kakung dan Utinya, Kakak tuh diem aja sepanjang hari. Ga rewel sih kata Kakungnya tapi begitu Mbul pulang, langsung deh tangisnya pecah dan pengen ada Mbul terus di sisinya hahhahahaha....Mbul dalam hati ya senang juga dikangenin Kakak *gini-gini Mbul penting juga berarti ya hehehe. Alhamdulilah Mbul sangat berarti buat Kakak dan Adik. Yaudah cup...cup..cup...sekarang udah ketemu lagi. Tapi ayahnya malam harus tetap jagain adik di RS biar cepet pulih dan besok bisa pulang lagi, nanti jemput sama-sama ya. Alhamdulilah Kakak pinter dan ngerti. Yang penting malam ini dia dikelonin Mbul udah anteng lagi dan ceria. Boboknya pun jadi pules.... terus Mas Montogh juga sekarang dah ceria lagi dan bisa ngguyu-ngguyu lagi. MasyaAlloh itulah kelegaan Mbul yang ga tergantikan oleh apapun di dunia ini....hehehe
















Pulang dari RS, di meja ruang tengah cuma bisa fotoin makanan acara kemarin...Banyak kue-kue tradisional, kue kering, buah-buahan, pie, kue coklat topping, waw kayaknya enak-enak banget. Waktu di RS kemarin juga sempet dibawain kue-kue dan buah sih sama Bapak pas bawain baju ganti. Rasanya enak banget. Ada pastel, cheese stik, kue potong yang tengahnya ada layer selainya, jeruk, juga anggur. Alhamdulilah yang penting sekarang udah sehat dan bisa sama-sama lagi....