Kamis, 25 Januari 2024

Buah dari Desa ฅ(^・ω・^ฅ)




Assalamualaikum wr wb.....
Hari ini cuaca di tempat Mbul mendung. Wajar aja udah memasuki Bulan Januari. Pertengahan lagi, hihihi. Mbul udah balik lagi ke kota setelah kemarin nginap di rumah Bapak, Ibu, en Uti di desa. Desanya memang desa kecil. Tapi ga terpencil. Desa di sebuah perbatasan kabupaten. Desa yang indah dan hijau dengan pepohonan tinggi yang agak rimbun dan itu menjadi daya tariknya. Hamparan sawah yang menghijau, bebek berbaris di tepi kali, rumpun bambu yang seperti menyanyi, perdu-perdu yang merdu tatkala digesek angin dan setapakan yang menyenangkan bila dipandang.  Baik desa masa kecilku maupun desa masa kecil Tamas. Aku suka.




Kalau sekarang udah balik lagi ke kota. Baliknya Hari Minggu kemarin. Dan yeaaaayyyy! Mbul bawa beberapa matjam buah tangan yang bisa untuk keperluan masak juga. Ada 1 renceng pete dan 2 dompol rambutan yang ranum-ranum, merah segar, manis sekali rasanya. Tamas emang lebih piawai belanja daripada aku. Dia hapal betul harga-harga dan bagaimana cara dapat sayur yang baik. Sebagai cewek, aku harus banyak belajar #sungkem. 

Petenya itu beli setelah maem di Sate Ayam Kampung Putra Pak Naseh kemarin. Begitu kami melewati pasar, Tamas liat ada banyak sekali dompol-dompol pete di pinggir jalan. Petenya nampak hijau dan segar. Memang daerah sini banyak pohon pete ya? Om Rus aja kalau abis balik dari kampung langsung reflek bawain kami pete. Om Johan juga kemarin bawain kami pete. Rejeki Beby Mbul Soleha plus Tamas yang emang orangnya supel. 







Nah, makanya di pinggir jalan ini lumrah banyak bakulan pete bagus sehingga langsung aja Tamas membelinya dari seorang Bakul yang beliau sapa dengan sebutan Om Pete. Dia turun dari kendaraan dan kembali dengan banyak pete di tangan karena di sini tuh murmer banget. "Nih ntar Dedek yang taktrial suruh ngupasin semua pete-petenya ya hahahah..." Waduh Mbul serasa diospek Mamasew suruh mlicetin pete segini banyaknya. Tapi mengingat petenya bagus dan bijinya besar serta manis, maka rasanya Mbul senang-senang aja sih. Bahkan semangat.....Habis Kakak dan Mas Montogh aku kenyangin, langsung Mbul duduk manis mlicetin pete di lantai....Nanti petenya aku masukin ke dalam glass lock dan kutaruh di kulkas. Sebagian diplastik tapi dialasi tissue dulu.

Berhubung kami berdua emang pecinta pete sedjati dan kadang sertakan pula dalam masakan, maka beli segini rasanya alhamdulilah. Mana dapat yang bagus lagi. Nanti bisa dimasak bareng daun kates karena kemarin di desa Tamas juga sempat ambil tanah buat penghilang rasa pahit di daun katesnya. Iya, jadi Beliau ambil lempung sakcerogan di pinggiran area menuju kali belakang rumah buat dibawa ke kota. Tanah yang ada di sini kebetulan resik, ga berpasir, jadi pas nggodog daun katesnya mudah dibersiinnya. 







Akhirnya bener aja, Mbul kemarin masak daun kates campur pete dengan cara daun katesnya direbus dulu dengan tanah lempung ini. Kalau di kota ada yang bilang namanya bleng atau ampo. Tapi kalau di desa mah tinggal ambil aja, dimana-mana ada. Kami ambil seplastik sedeng buat penghilang pahitnya daun kates. Kami lucu juga ya, selain oleh-oleh pete dan rambutan, kami juga sangu lemah lempung buat piranti masak tumis daun kates.

Oiya, aku sendiri suka banget ama daun kates. Kalau yang ga tau apa itu kates, dia itu bahasa jawanya pepaya. Nama lainnya gandul. Jadi sinonimnya pepaya sama dengan gandul sama dengan kates. Maem tumisan daun kates bisa bikin nafsu maem bertambah hihi. Apalagi kalau nasinya anget, kasih udang ebi, iwak teri (teri nasi atau teri jengki) atau tempe goreng. Nyam...nyam..








































Daun katesnya sendiri beli di Om Sayur yang ada di depan kantor Tamas. Jadi yang belanja sayuran selalu Tamas. Abis pulang dari kantor selalu ada tentengan sayur buat Mbul sekalian ama lauknya. Mbul ga bisa ke pasar, karena jagain Kakak dan Adik di rumah. Tapi kalau pas Tamas ada kerjaan di Jkt pagi-pagi, maka Mbul yang antar Kakak sekolah, nanti kalau Kakak dah di teka, Mbul pulangnya tinggal nenteng Adik (Mas Montogh), kadang sambil mampir beli apa dulu. Mbul jalan kaki memang. Karena Mbul ga bisa naik motor (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩) Ajarin dunk *wink-wink. Makanya sangu tote bag atau tas kain, siapa tau pulangnya beli batagor kuah atau tahu pong.

Nah, kemarin itu Mbul dibeliinnya daun kates sekalian ama batangnya. Karena ternyata batang kates itu enak buat disayur. Batang yang masih muda ya. Jadi belum terlalu keras. Tentunya jika dah direbus akan terasa lebih empuk lagi. Batang katesnya utuhan aja, memanjang ga Mbul potong-potong, sedangkan daun katesnya Mbul rajang lagi setelah direbus biar kecil dan enak masuk ke dalam mulutnya waktu dikunyah.






















Daun dan batang kates muda yang telah dicuci bersih dimasukkan ke dalam rebusan yang dah dicampur lempung tapi dalam keadaan udah mendidih ya. Biarkan daun kates dan batangnya terasa empuk baru angkat dan cuci bersih lagi di atas air mengalir. Supaya tidak ada sisa tanah lempung yang menempel diantara permukaan daun katesnya. Nah, setelah itu daun bisa diirisin. Siapkan pula bumbu tumisannya dimana aku banyak menggunakan bawang merah, bawang putih, 2 block Maggie Kaldu Ayam, sedikit garam dan gula jawa. Nanti ditumis bersamaan dengan rebusan daun kates dan batangnya bebarengan dengan pete yang dah takbersihkan bagian kulit arinya. Lauknya tempe goreng aja. Hmmmmm....sedapnya. Alhamdulilah tumis daun katesnya Mbul katanya enak~tak lupa sebuah kecupan kecil mendarat di pipi tembem ini, pipi tembemnya Mbul hihi...*sensor* beep....beep...beep...

Oiya, Mbul juga sempat bikin mie nyemek lho. Mumpung cuaca mendukung. Sore-sore, langit mendung dan hawa-hawanya udah mau ujan, Mbul langsung buka mie sedaap goreng tapi mau Mbul bikin mie nyemek, jadi ada kuahnya biarpun nyemek-nyemek atau dikit. Apalagi dah ada sayuran tambahannya yaitu pokcoy dan juga kubis. Nanti Mbul tambahkan kopyokan telur pula biar tambah kental (kuah buket). 








Ada mangga indramayu juga beberapa. Mangganya manis hacem dikit...tapi seger sih. Warnanya aku suka. Kalau mangga indramayu kan bisa dimaem saat mengkal maupun matang ya. Kalau masih mengkal ditotol-totol garam enak. Kalau dah mateng dionceki dan dimaem sebagai buah potong aja seger.

Kalau kerjaan Mbul dah beres, Mbul bisa santai-santai sambil nonton tivi. Mbul putar film yang Mbul suka. Mbul tuh sukanya film animasi Ghibli yang gambarnya tuh unyuk-unyuk. Tapi film tegang juga suka. Biasanya kalau nonton yang tegang itu malam. Misalnya yang ada hewan-hewan besarnya dan ada scene petualangannya. Mbul ga pernah bosan nonton Tremor 1,2,3, Jurrasic Park 1,2,3, Anaconda 1,2, The Howl, Deep Rising atau sesuatu yang bikin adrenalin kenceng. Kadang film action juga suka. Tergantung pemain ama jalan ceritanya hehe. Tapi lebih sering nyetel ulangnya yang ada hewan-hewan besarnya. Cause nonton itu bisa sambil tutupan bantal (padahal dah apal haha) Tapi ntah kenapa itu kayak bisa jadi pengantar bobok hehehe..... 












Nah, kalau sore paling aku liat film animasi Ghibli lagi-animasi Ghibli lagi hahahhaha. Biarpun jalan ceritanya udah hapal tapi anehnya tetep suka. Biasanya itu karena Kakak A minta Mbul temenin nonton Totoro lagi-Totoro lagi. Atau Ponyo lagi Ponyo lagi. Ya seputar Totoro-Ponyo-Totoro-Ponyo, tapi aku juga suka sih hihihi. Soalnya gambarnya lucu, imut-imut gitu deh. Kalau Kakak dan Mas Montogh udah bobok, baru Mbul bisa ada waktu me time bentar. Kadang aku ya random aja pengen ngapain yang sekiranya aku suka. Baca buku atau sekedar fun nyobain hijab aneka warna atau lip gloss atau apa gitu, itu juga udah seneng ahahah... random banget ya. Buku, sekarang lebih banyak punyanya buku anak-anak, majalah Bobo (masih tetep dalam jumlah yang sama), novel ada banyak sih tapi nunggu waktu yang tepat buat dibaca meski sekarang udah males nulis resensinya di blog hahahah (pengennya abis baca yaudah dibaca aja, begitupula film, abis nonton yaudah ditonton aja, udah males nulis kesan-kesan atau resensinya di blog...pengennya cuma menikmati doang tanpa perlu mikir nanti dibikin tulisan resensinya hahahha), komik juga nunggu antrean buat dibaca hihi. Novel tuh ada yang sastra banget, ada pula yang roman-roman klasik. Tapi tetep terfavoritnya Mbul novel-novelnya Dee. Memang selera orang beda-beda ya, kebetulan kalau buku Mbul lebih senang yang sweet-sweet romance happy ending

Kalau dah capek, baru bisa anteng ngadep mangkok mienya dan sruput kuahnya dengan penuh kenikmatan, sementara hujan di luar jendela masih bertempias, sebagian membasahi aneka tanaman yang ada di balkon atas. Kembang-kembang masih kuncup. Musim hujan, kembangan masih tampak malu-malu menuju timing mekar. Tapi apapun itu, hariku selalu alhamdulilah menyenangkan hehehe...

27 komentar:

  1. Balasan
    1. Hallo Joanna...kucingnya namanya Boy atau nama kerennya Sam ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  2. rambutannya menggoda. aku suka banget nit rambutan...ndilalah yo termasuk buah murah-meriah, jadi klop lah sama visi-misi rumah tangga..ha..ha
    btw, klo punya rambutan banyak aku nyimpennya tak kupas sekalian, taruh diwadah, simpen kulkas. Pas mau makan, tinggal ambil pake piring...cemilin sambil nonton tv :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe salut prinsip rumah tanggane mba lis murah meriah, pasti Mba lis pinter ngatur keuangan ya...keren...

      aku nek maem rambutan langsung gitu mba lis, ga telaten takonceki kulite sek bar kui rambutane gundulan, ga eneng rambute hahahaha...pesti tiap arep takmaem meski ono rambute sek wkwkwkwk

      Hapus
  3. Favorite akak adalah RAMBUTANNN. enak banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Kak..hehe..
      Mbul suka rambutan yang kecil manis...ฅ(^・ω・^ฅ)
      (blogwalkingnya insyaAlloh nanti menyusul ya Kak, Mbul lagie agak mriyang masyuk angin gegegg

      Hapus
  4. ...staying the village loos wonderful for me. Take care and have a great weekend.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya adem ayem, simply life but full of meaning...Thank's a lot for nice comment 😊

      Hapus
  5. I love rambutan and petai! 😋
    That kitty is so cute! 😺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Kak Veronica....salam dari Boy si Kucing Gemes
      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙ฅ(=චᆽච=ฅ)

      Hapus
  6. I love petai.😄

    Disini juga lagi musim rambutan, satu ikat biasanya 7000 sampai 10 ribu. Dulu pernah beli pohon rambutan masih kecil tingginya 50 cm harganya 50 ribu.

    Eh, baru dua Minggu dimakan kambing.🗿

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pastinya Mas Agus sering dimasakin pete yang enak sama istrinya Mas Agus yaitu Mbak Sarilah ya Mas ☺😊🙏

      iya mas tergantung rambutannya itu jenis apa...kadang ada yang 8 ribu, 7 ribu atau 10 ribu...kalau mbibit dari taneman yang kecil Mbul belum pernah sih...kalau ingat rambutan jadi ingat pelajaran muatan lokal waktu Sd apa smp gitu, di situ mempelajari teknik penanaman rambutan bisa dengan vegetatif (stek, cangkok, okulasi), atau generatif yaitu sebar biji, dulu sih apal banget karena tiap pelajarannya ada sesi mencatatnya pake tulisan tangan pula 🌿

      kalau di desa pohon rambutan udah pada tinggi tinggi dan buahnya lebat ^____^

      Hapus
  7. Puas menatap rambutan, pete dan hirisan mangga. Timbul pulak miaw yang sangat cumil.
    Lagi.... bunga ros kembang mekar dengan warna menawan. Tenangnya suasana di sawah padi. Bahagia Mbul dapat balik kampung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Amie...maaf belum sempet blogwalking, lagi disuruh mondok di IGD ☺🙏

      Hapus
    2. Hihihi....iya kak amie...kucingnya cute banget kan...itu namanya Sam....
      iya kak tapi entar lagi bakal balik kota lagie ฅ(^・ω・^ฅ)
      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Hapus
  8. walah liat pete jadi kepengen pete, lama tak makan yang satu ini. kalo tinggal di desa itu kayaknya bakal makan pete terus nih wkwkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya ya Mas Intan Berlian, bisa bisa nandur pohonnya juga wkwkwk

      Hapus
  9. Wah kalau saya cukup suka pete, tapi was was juga karena kadar purin Pete tinggi, tidak baik bagi yang punya potensi penyakit sendi. Enak dikonsumsi sambil menikmati pemandangan sawah di desa hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bapak, terima kasih saran saran baiknya. Maem pete secukupnya...tapi yang sudah takonceki takmasukkan glasslock dan kulkas agar ga mengempis...😊🙏

      Hapus
  10. tenuk kucing tu, teringat Oyen wak yang sudah tiada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Wak Mbul jadi hapal oyennya wak yang lucu itu. Kalau Oyen Mbul di desa ini masih pathel Wak, bahkan kemarin sempet terjun dari eternit atau plafond

      (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)😂

      Hapus
  11. Uwaaahhh udh lama ga baca blogmu 😄. Baru balik trip 2 Minggu jadi ga bisa BW.

    Sama nih nit, lagi musim hujan lagi di Rawamangun. Soalnya sempet tuh ga ujan2 walopun Jaksel udh ujan tiap sore.

    Kayaknya Rawamangun baru mulai skr 🤣.

    Pete nyaaaa ya Allah 😍😍😍😍😍😍. Susah BANGETTTT cari Pete cakep dan murah di siniiii. Kalo ada mau aku beli deh, trus diplesetin , simpen freezer. 😂. Bikin sambel Pete enak tuh pasti.

    Daun Kates aku tau, Krn dulu babysitterku sering masakin itu. Ditumis pedes. Ada pait2nya gapapa, aku justru suka sayuran pahit 😄.

    Ntr kapan2 cobain resepmu deh.

    Ujan2 gini pasti sedep kalo masak mie nyemek yaa. Aku lagi puasa, kayaknya mau buka pake ini deh 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga pa pa Mbak Fanny, santai aja hehee

      iya mbak fanny sekarang udah mulai ujan terus ya, ni aku masih di desa juga ujan awet sepanjang hari, dari pagi mpe malam, suasana jadi syahdu, adem...tenang...

      iya alhamdulilah ya suami nemu aja pete di pasar dapat yang besar dan murceu langsung ambil agak banyakan

      iya mba oseng kates sedep aku suka penambah nafsu makan pas lagi berat badan turun wkwkwkk

      ayo mba fanny bikin mie nyemek ugha (^・ω・^✿)

      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙ฅ(=චᆽච=ฅ)
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  12. Daun kates tu, tak rasa pahit, kah? Suka makan pete rupanya, Mbul .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daun kates kalau ga diapa apain pahit kak nur, cuma di sini Mbul rebus pake tanah lempung jadinya ga pahit, tapi sebelum kutumis daun kates rebusnya dicuci dulu hingga bersih dan ga ada tanah yang menempel..ヾ(❀╹◡╹)ノ゙
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  13. Daun kates, itu menu favorit saya
    saya justru suka yang pahit
    jadi ingat emak kalau masak daun pepaya, pakai tanah lempung juga
    rambutan, kemarin saya beli di pasar, tiga ikat 20 ribu
    kalau pete, satunya 3500 rupiah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang enak mas djangkaru bumi daun kates tuh. Ada yang emang cara menumisnya dibiarkan sedikiy pahit, itu juga sedep juga..tapi ada yang ditumis ga pahit sama sekali jadi pas direbus kasih tanah lempung...nanti dicuci lagi sebelum ditumis, insyaAlloh ga pahit 😊

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)