Minggu, 21 Januari 2024

Gerimis : Sarapan Mie Goreng Jawa, Otw Pulang Lewat Banyumas ฅ(^・ω・^ฅ)



Assalamualaikum Wr Wb...
Setelah hujan angin sepanjang hari pada Hari Jumatnya, keesokan harinya cuaca cerah. Matahari bersinar hangat menyelimuti langit dengan sinarnya yang kemilau oranye menyeruak diantara dedaunan dan rumpun-rumpun bambu. Ayam-ayam udah pada keluar dari kandang setelah sebelumnya diempanin dedak. Seekor lagi masih anteng angkrem di atas petarangan demi telur-telurnya yang ada beberapa butir dan hendak ditetaskan.




Sarapan Bening Gambas, Siangnya dapat Ater-Ater Sego Bancakan 

Di Sabtu pagi tanggal 20 Januari 2024, Aku dan Uti udah masak bening gambas dan tempe goreng, juga sambel tomat untuk sarapan. Ada pula seplastik tahu bulat yang kuhangatkan lagi biar rasanya tetap renyah. Lalu ada 2 tangkup roti isi meisses yang kutaruh di atas meja bersisihan dengan teh manis anget yang udah kuseduh setelah termos diganti dengan air yang baru. Hari ini rencananya kami mau ke pesarean Alm Kakung, abis itu dolan Pasar Kutoarjo bentar dan sorenya baru mampir ke rumah Bapak Ibuku. Yeayyyy....nginep rumah masa kecilku sehari #syenang... 

Oiya, sebelum beneran ke rumah Bapak Ibuku, ternyata tempat Uti ada kulonuwun dari tetangga yang mau munjungin ater-ater sego bancakan. Isinya kurang lebih ada kulupan, telur rebus, tempe goreng, kerupuk dan aneka lauk pauk lainnya. Tapi aku ga maem sego bancakannya sih meski udah ditawarin Uti. Sebab aku lagi pengen maem beningnya. Soalnya seger. Nanti sego bancakannya biar didahar sama Uti saja. Maemnya itu pas abis pulang dari pesarean Alm Kakung. Nah, abis itu Uti mau sarean bentar di rumah karena pengen ngaso, sementara Tamas ngajakin aku ke Pasar Kutoarjo karena masih penasaran pengen durian tapi kali ini ditemenin ama Beby Mbul. Sebab yang kemarin dia bawa pulang itu ternyata terlalu lonyot Hahaha... Ayo deh, karena kerjaan rumah juga udah beres. Makanya aku mau aja diajak ngiter-ngiter liat suasana.






Mampir Pasar Kutoarjo, Beli Durian Maem di Tempat 

Singkat cerita, usai Sholat Dzuhur, Tamas dengan semangat nenteng naq tembem bernama Beby Mbul ke Kutoarjo buat cari durian. "Maem di tempat aja ya Dek, biar dapet yang manis". He em....he em, Mbul manut aja, sebab kalau Beliau udah karep emang kayak wong lagi ngidam haha. Kudu keturutan wkwkkwkw. Terutama hunting durian yang mana itu adalah the king of fruit kesukaannya. Beby Mbul juga suka sih. Makanya tampak semangat juga pas diajak ngeduren ama Tamas. Beliau tuh sanggup nelasaken beberapa glundung durian dalam satu waktu, sementara Mbul yang kecil ini separo juga udah fulltank hahahha...

Akhirnya jam-jam 13.00 WIB itu kami udah sampai di luar eperan Pasar Kutoarjo. Kami langsung goleki bakul durian yang biasa kami beli dan alhamdulilahnya ada. Duriannya kelihatan banyak dijejer-jejer di eperan. Ketok lebih meyakinkan dari yang kemarin karena yang kemaren tuh rasanya lebih kelodongen. Terlalu banyak air. Jadi a little bit sweet. Nah, yang sekarang mudah-mudahan okay semua karena maemnya di tempat kan......makanya, sekali plekah insyaAlloh dapat yang manis. Tapi rasa durian itu macem-macem ya, ada yang manis, ada yang manis legit, ada pula yang sedikit manis getir hihi...Mana bentuknya semlohai-semlohai lagi kayak Beby Mbul. Jadi bisa dikatakan aku wareg sangaaaat maem duriannya ini Tamasssss hahahhaha...Tapi dia sih enjoy aja ya bahkan ngledek Beby Mbul apa masih mau mam durian lagi. Huhu....Beby Mbul bisa puasa 3 minggu maem durian nih abis ini hahhahaha.










































Usai maem durian pake dingklik karena maem di tempat, akhirnya kami memilih untuk pamitan dan lanjut muter-muter Kutoarjo dan sekitarnya. Ga ada tujuan pasti sih yang penting perut senang, ati kenyang, eh kebalik perut kenyang, ati senang... eh tak terasa malah Mamasew liwatnya daerah Kemiri yang agak nggunung. Sempet pula melewati Sate Winong Mustofa yang pernah kureview di blog ini dulu. Tapi ga beli sih. Cuma liwat aja. Masih wareg maem durian. Kami jalan santai ngliwatin sawah-sawah yang udah masuk musim tandur sehingga padinya itu tampak hijau cantik rimbun di petakan-petakan sawahnya. 

Sorenya, ke Tempat Bapak Ibuku

Nah, karena hari dirasa udah sore, maka udah saatnya kami ke rumah Bapak Ibuku cause ibu udah WA, kapan aku mampir, aku udah sampai mana, jadi ke sini apa nda...Jadi okeylah kami 'gas' ke sana walau kata Bapak rumah sedang mati lampu sih sedari siang. Nah, sambil nungguin lampunya nyala, Tamas ngajakin aku ke Kutowinangun dulu buat beli sate ambal tapi kali ini belinya di Sate Ambal Klendet Kutowinangun. Tempatnya sepi, tapi rasanya enak. Begitu pula dengan bumbu tempenya. Manis kentel ga ada hacem-hacemnya sama sekali. Kami juga sempet beli fried chicken dan tahu krispi Podomoro di depan area pertokoan buat gurih-gurihnya.











































Tumbas Sate Ambal Klendet Kutowinangun dan Fried Chicken + Tahu Krispi Podomoro

Sebenernya Tamas tuh pengen ajakin aku ke Warung Asli Kutowinangun karena dia seneng ama sayur lodehnya. Cuma ndilalah depan warung makannya itu sedang ada pengecoran jalan, makanya karena angel parkir jadinya ga jadi. Mau ke arah Kebumen Kota kok ya mager. Jadi yawdah deh udah paling bener balik arah aja langsung ke rumah Bapak Ibuku. Soalnya ibu juga udah info bahwa listrik di rumah udah nyala. Horeeeeee!!! Ga jadi dicup-cupin nyemuk karena biasanya kalau mati lampu banyak nyemuk.














Perjalanan ke rumah Bapak Ibuku ga nyampai sejam. Macet di Kutowinangun doang (ya karena ada pengerjaan jalan tadi, biarpun cuma separoh tapi puanjaaaaaaaaaaaang banget). Abis itu beberapa km kemudian udah mulus lagi seperti pipi Beby Mbul Nita ini...ehem...#tabok. Rumahku sendiri ada di desa jadi masuk-masuk ke jalan desa yang kecil, pekarangan dan kebun kosong. Nah, sesampai depan rumah, pintu pager udah dibuka Bapak jadi Tamas tinggal masuk aja dan taruh kendaraannya di halaman. Bapak Ibu juga langsung keluar begitu mendengar suara mesin mobil dimatikan habis itu kami ya temu kangen... hehhehe..Padahal udah bolak-balik pulkam ya, tapi berasa seneng aja kalau ketemu Bapak Ibu hehehe. Alhamdulilah Bapak Ibu sehat. Mbul jadi lega deh. Abis salim dan bawa tas-tas ke dalam, ga lupa aku bawa sate ayam dan Fried Chicken + Tahu Krispinya buat aku tatain di piring biar bisa segera didahar bareng-bareng mumpung masih anget jadi kerasa nikmatnya. 
























Sate ayam ambal Klendet Kutowinangun ini enak juga loh. Daging ayam serta selipan kulitnya menul-menul banget enak dicolek sambal tempe yang manis pedes. Biasanya ada lontong atau kupatnya juga. Tapi kali ini kami maem pake nasi aja biar nasinya ibuku kemakan. Fried chickennya juga renyah dan gurih, sengaja pilih bagian kepala sama ceker karena itu yang paling disuka (menurut kami hehehe). Terus di meja juga ada sepiring serabi lempittt yang dibungkus daun pisang, serabi khas Solo, Serabi Notosuman. 

Usai ngobrol santai dan berkangen-kangenan satu sama lain, tiba saatnya untuk istirahat. Kami bobok di kasur depan aja (gletakan di lantai biar jembar) sambil pasang kipas angin karena di rumah emang ga ada AC hihihi. Sementara aku sukanya bobok dalam keadaan adem dan sejuk. Jadilah panjer kipas angin walau kipas anginnya juga ga diarahin ke badan banget. Soalnya Bapak Ibu ga kerso mau dipasangin AC. Udah terbiasa kayak suhu ruang. Kalau pake AC malah kedinginan hehehhe. 
















Jam 21.00 WIB udah pada kompakan merem soalnya emang badan pegel-pegel. Jadi abis ngrebahin badan, kami langsung bobok pules. Kebangun paling pipis doang, abis itu bobok lagi.

Gerimis di Pagi Hari, Say Hello Kucing-Kucing Bapak dan Sarapan Mue Goreng Jawa

Pagi harinya, ternyata cuaca kembali mendung. Gerimis mulai turun rintik-rintik membasahi tanaman yang ada di kebun samping. Aku berjalan menuju belakang karena ingin say hello dengan Kucing-Kucing Bapak yang kini bertambah jadi 9 ekor. Wow....kittennya tambah banyak berbagai warna maupun ukuran. Lucu-lucu banget. Ada yang udah sedikit agak besar. Ada pula yang masih imut-imut banget. Yang ini masih dikandangin nih meski kalau hari sedang bermatahari tetep dijemur dan dibiarkan bermain kejar-kejaran atau cilukba di kebun sayur. Tapi tetep dong yang paling big size dan tembem itu adalah si Oranye. Dia adalah lanangannya hahahhaha... Kalau ada Oranye lewat, langsung deh : "Oranye mode pose...Oranye mode pose!!!!" Wkwkwkwkkw....Oranye photogenic banget ya. Kalau Oranye yang di sini namanya Si Boy. Maemannya kata Bapak sih macam-macam. Ada biskuit yang kering ada pula makanan kucing yang basah. Telaten emang Bapakku melihara kucing-kucing buntut diwut ini yang which is sebagian berasal dari pasien Ibu yang akhirnya dikasihkan ke ibu supaya dipelihara karena pemilik sebelumnya mau pindahan.












































Habis bermain dengan kucing bentar, aku pun pergi ke dapur lagi karena mau bantuin Ibu masak. Ibu tanya padaku : "Arep dimasakke opo Nduk?" Hmmmm.....apa ya? Mbul jadi binund. Mbul lagi pengen mie goreng jawa sih. Soalnya mie goreng jawanya ibu enak hehehe...Ibu juga udah mbatin, pasti ni anak mau dimasakin mie goreng jawa. Makanya dah stok mie telor agak banyak. Mienya ga mie telor semua sih. Tapi campur ama mie sedaap goreng trus tar tambahin ama sosis, suiran ayam, kubis, cesin dan kucai. Cesin dan kucainya tanam sendiri. Yang kucai pake media tanam yang ditaruh di atas pagar tembok samping rumah. Sering kepake buat bikin mie goreng jawa, tempe mendoan atau sop. Enak dan fresh kalau tanam sendiri ya hehehe...

Mie goreng jawa pun ga lama udah terhidang di atas meja makan. Sekarang meja makannya posisinya agak diputer. Ama ditambahin 1 meja kecil lagi biar bisa nampung piring agak banyak pas lagi mode masak banyak. Oiya, selain mie goreng jawa, fried chicken ama tahu krispi yang semalam juga masih ada. Belum habis kemakan semua jadi dihangatkan lagi. Rasanya tetap renyah dan gurih...

Hujan masih bertempias di jendela samping rumah. Kucing-kucing pada meringkuk mencari kehangatan entah di dekat sumur atau di mana. Pokoknya menghindari hujan angin. Cause kalau hujan angin, air yang turun netes di genting itu kenceng banget. Yang di genting bawahnya tanaman aglonema dan suplir malah kayak membentuk grujukan kecil sehingga bawahnya jadi genangan air bening yang jika kaki kecehan di situ rasanya anyes. Ah, aku jadi ingat saat kecil suka kecehan di bawah hujan. Pake payung juga ga. Hujan-hujanan gitu sampai kaos dalamnya basah. Abis itu masuk angin deh hihihi...






















Bapakku abiss kasih maem kucing-kucing
























Karena ditunggu-tunggu hujannya tak juga reda sampai jam 10.40 WIB, maka kami memutuskan untuk siap-siap pulang ke kota lagi mumpung hujannya tinggal gerimis. Ga sederas tadi. Bapak dan Ibu mengingatkanku supaya jangan sampai ada barang yang tertinggal. Baju dan semua-mua pokoknya dicek lagi biar ga ada yang miss. Pas packing baju itu, di kamar depan aku ngliat biola yang dulu belinya di Jogja naik Prameks heheheh....Aku ga bisa maennya sih. Maksudnya lagu yang sulit. Bisanya lagu yang simple-simple aja. Coba tebag aku bisa mainkan lagu apa hahahha. Abis itu pamitan karena besok udah mulai hari kerja, jadi Senin kudu nyampe rumah hoho. "Yo ngati-ati yo Nduk. Nek sayah istirahat. Ngaso-ngaso nek ngantuk yo Mas." Nggeh Pak Bu. Kami pulang dulu. 

Perjalanan pulang pun kami lalui dengan semangat. "Alhamdulilah Mbul, bisa sante-sante ngobrol ama Bapak ya. Sebab ket wingi Bapak dah WA aku jare wes kangen Nita, A, dan Mas Montogh. Kayake perlu dikunjungi nih." He em he em...Biarpun cuma nginap sehari, yang penting dah kangen-kangenan hehehhe. Dan kendaraanpun pun terus meluncur di jalanan yang mulus ini biarpun mendung masih menggelayuti langit. Lewat Kebumen Kota dan Tugu Lawet, lalu Karanganyar. 


















Oiya, aku belum cerita...pas di Karangayar pada malam sebelumnya itu kan ujan dereeeeees banget. Tamas juga melek ndiri sementara Mbul dan yang lain dah pada bobok. Eh, di rel itu kan ga ada palang kereta apinya. Nah, ada 1 bus besar yang tiba-tiba nyruduk ke depan ngenain mobil depannya. Nah, belakangnya bus itu adalah kendaraan kami. Karena bus dan mobil depannya itu rada lama maju, makanya kami juga ga bisa jalan. Ga taunya tetiba bunyi tinut tinut tinut...pertanda kereta api mau lewat. Haduh dag dig dug serrrrr busnya jalannya ndut-ndutan. Tapi setelah beberapa saat akhirnya gerak juga, langsunglah kami bisa ikut jalan juga. Sementara dari kejauhan kereta udah mulai bergerak dengan cepat. "Itu Dedek lagi bobok dengan pulesnya tuh, nganti ga eruh kan apa yang terjadi wkwkkw." Aduh...apa iya ya? Kalau Mbul pas dalam keadaan bangun pastilah yang ada gemeteran badan demplon ini wkwkkw. Secara, Mbul tatut banget yang namanya melintasi rel.... hahahha. Tapi alhamdulilah ga kenapa-napa sih. Syukurlah kendaraan kami cepet gerak pas melewati rel itu hohoho... Kereta kan cepet banget jalannya huft. Aduh jadi intermezo ya.

Nah, liwat Gombong mampir beli air mineral dan teh botol sosro bentar dan nanas honi di jalan. Lumayan buat cemilan hahhaha. Karena kami emang suka nyemil buah. Kebetulan nanas honinya juga manis dan seger jadi kayak tombo haus juga. 










Pulang Lewat Jalur Lain via Banyumas

Setelah liwat Rowokele, Tamas memutuskan buat lewat jalan lain yang ga biasanya kami lewati. Pengennya dia ajak aku lewat jalur yang naik turun lereng pegunungan. Eh, ternyata kami melewati Banyumas daerah Karangrau yang mana kanan kirinya adalah hutan yang dipenuhi pohon-pohon tinggi termasuk pohon durian. Wow, melihat langsung durian yang bergelantungan di tangkai pohonnya seru juga. Mana duriannya gede-gede pula. 

Nah, habis hutan dan kebun durian, lanjutlah ke area pemukiman pinggir jalan raya. Sebagian itu depan-depannya menjelma sebagai kede durian. Tanpa pikir panjang lagi, Tamas langsung mengajakku buat mandeg ke kede durian lagi kira-kira yang duriannya kelihatan demplon-demplon kayak Beby Mbul Nita ini yang mana ya. Hmmm...Tamas emang belum marem dahar durian Kutoarjo. Jadi masih antusias aja ajakin Mbul maem durian di Banyumas ini, wkwkkw.















Dadakan Maem Durian si Bawor yang Legit Banget ฅ(^・ω・^ฅ)

Kami melipir ke kede durian yang bernama Warung Durian Petruk Pak H. Goris yang depannya ada gambar Petruknya. Nah, di stand depan itu dah dihiasi dengan durian-durian lokal dan si Bawor. Duriannya digantung-gantung dan ditaruh di lantai. Yang lokal lebih kecil dari si bawor yang gede banget mirip montong. Tapi yang ini montong versi lokal. "Siro rep nyobain 'Kangmase Bawor ra Dek?" Ujar Tamas yang menyebut durian si Bawor dengan sebutan Kangmase karena emang di Banyumas Kakang-Kakang itu biasanya disebute dengan sebutan Kang Bawor..hahhaha..."Ehmmmm...tapi itu kan gede banget ya Tamas?" Mbul memandang perut sendiri yang kecil ini dan bertanya-tanya apa sanggup menghabiskannya. "Angkut aja Dek, seng gede iki. Jare bakule sing wes mandan merekah iki wangine apik banget. Pesti jos!" Tamas udah menge-tag 1 yang gedenya lebih dari 1 kg itu. Padahal 1 kg-nya itu ada Rp 100 ribu hahahha...Kalau lebih dari sekilo silakan kalikan sendiri. Mungkin aslinya kalau dari petani ga sampai segitu kali ya. Ini karena dah di tangan pedagang jadi agak ditinggiin. 



























"Dah ah sing iki wae yo Dek. Okey pilih yang ini!" Ujar Tamas yang tanpa tedeng aling-aling langsung minta ditimbangkan duriannya yang ternyata beratnya mencapai 2,9 kg hahahhaha... 2,9 kg = Rp 280 ribu. Nglegakke kepengenanne Tamas yang emang suka durian hahahhaha...

Abis ditimbang, kami menuju ke meja dan kursi kecil yang ada di situ karena pengen maem langsung agar dapat yang manis. Asli....duriannya itu guedeeeeee binggow! Huhuw. Pas dibelah...wow...daging buahnya tebel banget, warnanya seperti judul lagunya Om Chris Martin.....Yellow wkwkkwkw. Kuningnya kuning gading. Cantik deh. Mana bijinya kecil lagi. Tebel dagingnya. Jadi rasanya kayak gembira amat pas ku ngemutnya. Begitu creammy dan legitnya bener-bener yang legit banget. Legit menggigit. Oh aku sih suka sekali si Bawor ini wkwkwkkw...




















"Piye Dek enak tow pilihanku?" 
He em he em...Mbul suka...Mbul suka.
"Nyem...nyem...nyem..." 

Mbul terus mengemut daging duriannya sampai bibir sedikit obas-abes kayak kucing persia hahahhaha..

"Sing luweh jos ada lagi Dek."
"Apaan tuh?"
"Musang King...sekilo biso Rp 500 ribu. Lha kalau lebih dari sekilo berarti bisa kalikan ndiri. Siro gelem ga durian harga segitu. Taktumbaske tar?" #Tamas mode ngledek
"Mboten ah...Mbul cukup dengan si Bawor aja hohoho..." Sebenernya Mbul durian 10-50 ribu juga suka asalkan manis wkwkwkw. Ga mesti yang mahal-mahal hohoho...

Lanjut Perjalanan lewat Purwokerto dan Bumiayu, Sempat Mandeg Beli Rambutan

Puas mengudap durian yang enaknya pake banget ini (menurutku ya), akhirnya kami membayar dan pamitan karena akan melanjutkan perjalanan. Suasana siang itu kebetulan emang lebih ke mendung jadi udaranya tuh adem bin sejuk enak buat jalan. Kami lewat Purwokerto dan Bumiayu dimana aku sempet diledek Tamas suruh foto sungai karena background pemandangan gunungnya indah. "Foto sanah Dek, buat blognya Dedek wkwkkw. Ntar takenteni di pinggir kene. Dedek jalan ke jembatannya iku." Karena ditawarin begitu akhirnya ku maooook... Tapi sayang diantara pemandangan sungai dan gunung itu terdapat kabel yang menjuntai dalam frame. Jadinya fotonya kelihatan kabelnya dah huft...

Lanjut di Bumiayu yang rada mendung setelah di Purwokerto matahari bersinar penuh. Nah, kebetulan Tamas liat Mas Pedagang Rambutan di pinggir jalan yang rambutannya kelihatan merah-merah banget. Wow bangbutand.....Mbul suka banget itu. Ngerti Mbul suka rambutan, maka akhirnya Tamas ajak Mbul mandeg dan beli beberapa ikat. Seikatnya kena Rp 8 ribu. Kami beli beberapa dompol sebagian buat dicemilin di jalan sebagian lagi buat dibawa pulang ke rumah.































Perjalanan terus meluncur dan mobil serasa menggelinding karena jalanan udah memasuki area turunan. Pas lewat Cikembulan Mbul sempat motret sawah dan air kali yang airnya beniiiing banget. Jernih. Serasa kalau diminum langsung kayaknya segar ya. Suasana juga begitu permai seperti pemandangan sawah dan pegunungan yang biasa aku lihat dalam lukisan huhuhu. 

"Eh apa itu Gunung Slamet ya Tamas?" tiba-tiba aku melihat satu gunung di depan sana yang puncaknya tertutup kabut. Gunungnya gede dan gagah. Hutan vegetasi di bawahnya semakin terlihat jelas, tapi atasnya sepertinya sedang hujan.
"Kayake bukan lho Dek."
"Kirain itu Gunung Slamet.."
"Nek Gunung Slamet bukane luwih gede maneh Dek...Jal didelok neng gps?"
"Emoh ah Mbul mumed kalau di jalan ngliatin hape."
"Ah dasar Embul katrok...."
"Biarin. Wleeekkk.."
"Ngopo Siro tanya-tanya Gunung Slamet? Meh ngono pow?"
"Yo pengen."
"Yo sesuk...kita ke sono."
"Eh apa bener?"
"Mbul seng munggah sono ama A, aku tak ngenteni neng ngisor kene ama Mas Montogh wkwkwk."
"Kancani laaaah...huft!"
"Kirain Mbul dewe seng pang munggah karo Kakak A, ntar takjemput kalau dah mau turun wkwkwk.."
"Emoh. Karo Tamas lah."
"Perlu nggowo Om Rusmono ga seng duwe kawasan? wkwkkw..."
"Kok Om Rus? Hmmmm...naiknya ma Mamasew aja laah hihihi..."
"Yo sesuk kapan-kapan ya...wwkwkkw."
"Ya di lerengnya juga ga pa pa lah sambil ngadem-ngadem..."
"Iyo Gembillll...."
















Lama kami becandaan, akhirnya udah memasuki area Tegal. Kawasane arek-arek kantor nih, Om Rus, Om Solikhin, Om Kecret dkk. Eh, Tamas langsung tercetus ide buat cari sate sedulure Om Solikhin yang emang Beliau berasal dari keluarga penjual sate turun temurun. Nah, tiap ada acara makan-makan, Om Solikhin kebagian bikin satenya. Ngendikane Tamas cuma dia yang bisa bakar sate tapi teksturnya tetep empuk, biarpun udah dienengke keesokan harinya. Cuma beliau ga neruskan ilmu persate-satean yang diwariskan padanya, melainkan hal tersebut diteruskan oleh sedulurnya. Katanya deket PLN Margasari, tapi ga tau sebelah mananya ya?

Maem di Sate Putra Pak Naseh, Margasari Tegal

Pas lewat mana gitu, ga sengaja mata memandang sebelah kiri jalan dan ada tulisan Sate Putra Pak Naseh dengan spanduk kuningnya gede-gede. Tamas bilang : "Kita maem di situ aja ya Dek. Punya sedulurnya Om Solikhin. Ntar kita ngguya-ngguyu aja maem situ, jal wonge engeh ga kita maem situ." Hmmm Mbul agak loading bentar tapi akhirnya manut aja. Eh, pas Tamas  nyapa Om yang lagi bakar satenya. Si Omnya langsung sumringah, karena dia emang pernah ikut kerja di kantor Pak Boss dan juga Tamas. "Boss kapan dateng....Mak kiye bosse sekang Jakarta teka....Langsung gawekna unjukane." Ujar Om Dirman yang sedang asyik mengipas pesanan beberapa pengunjung Oma-Opa yang datang lebih dulu dari kami dan memilih maem di tempat.


























Sementara Om Dirman asyik mengobrol dengan Tamas dengan sukacita. Aku ditanya mau pesan apa. Mimiknya apa? "Kujawab sate ayam dan es teh manis 3, soalnya Si Montogh mimik cucuw kan jadi yang minum teh 3. Lontong apa nasi? Kujawab lontong aja. Lontong 3, karena Mas 1, Kakak 1, aku sama Montogh barengan. Satenya 20 tisik dimaem bareng-bareng. Kebetulan satenya ini agak unik karena lontongnya sendiri disiram kuah kental agak mirip ama bumbu sate Padang yang kecoklatan itu. Terus di atasnya lagi dikasih remesan kerupuk kuning sama taburan bawang goreng. Kuah bisa request pedes atau ga pedes. Tapi yang pedes punya Tamas doang. Punya kami bertiga ga pedes. 

Satenya sendiri ternyata sate daging semua. Ga ada kulitnya. Sebetulnya kulitnya bisa request sendiri. Tapi kebetulan waktu itu kami lagi pengen maem sate daging ayam yang warnanya itu cantiiik banget. Berkilau dengan bumbu marinasi dan gula jawa plus kecap manis yang terkaramelisasi waktu dibakar. Hmmm...wanginya aja udah menggoda selera. Dagingnya matang sempurna tapi luarnya itu enak banget. Juga lontong dengan kuah kental coklatnya, terasa hangat karena tekstur lontongnya pun pulen gampang dikunyah. 













Hmmmmm....sungguh nikmat mengudap sate dan lontong kuah kental, sementara di luar tenda gerimis rintik-rintik masih bertempias. Dan laju kendaraan serta colt 3/4 hilir mudik sebagai pemandangannya kala tenda disibakkan (Catatan www.gembulnita.blogspot.com 21 Januari 2024)







45 komentar:

  1. Banyaknya kucing. Yang dalam sangkar tu, jenis bulu panjang. Comel-comel. :D
    Durian isi putih ada, isi kuning ada. Saya sendiri sudah lama tak makan durian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah Kucingnya sekarang 9 ekor Kak Nur, Bapakku yang telaten ngrawat Kucing-Kucingnya...karena Bapak sama Ibu sekarang tinggal berdua jadi kucing-kucing ini meramaikan suasana rumah, buat hiburan hehehe soalnya Bapak dah pensiun, ibu sebentar lagi...

      Durian yang paling Mbul suka yang asal Banyumas si Bawor Kak namanya, besarnya kayak durian montong tapi yang ini versi lokal...Rasanya manis dan daging buahnya tebal...bijinya kecil

      Mbul yang belum pernah merasakan itu durian musang king 🦝
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  2. hari jumat kemaren di daerah sekitar jakart emang cuacanya lagi hujan ya mbak seharian, gw aja gabisa kerja karna hujan, alhasil tidur full sehari :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah ga tau Nif Jakarta hari Jumat mendung dan hujan. Aku berangkat pulang ke desa 3 hari start jalannya Kamis sore...memang dah mendung, tapi cuaca jadi adem dan nyaman malah, nah pas hari jumatnya di desa itulah baru hujan seharian dari pagi hingga malam 🌧

      Hapus
    2. ujan gerimis mbak awet banget, dari malem kayaknya sampai sore masih gerimis, cuacanya enak buat bobo cantik :D

      Hapus
    3. Ya Nif, hujan gerimis biasanya lebih awet...
      Pas di desa hari Jumat itu, hujan angin...siang serasa kayak pagi jam 6...Karena sekeliling rumah Uti banyak pepohonan tinggi, jadinya makin adem aja Nif, enak suasananya kayak suasana pedesaan di film My Neighbour Totoro 😊

      Hapus
  3. emang bener ya, kalo beli durian itu harus dimakan di tempat biar ga kena prank wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Mas Intan, paling pas emang datang langsung dan makan di tempat, jadi pas dimaem situ dapat yang manis sesuai keinginan.....Biasanya harus diketuk-ketuk dulu atau dengan mencium aroma durian dari bagian yang dekat dengan batang. Aroma segar menandakan durian punya rasa yang manis. Atau bisa juga dilihat dari bentuknya. Bentuk durian yang bulat biasanya memiliki isi berwarna kuning dan jumlah lebih banyak. Durian yang memiiki bentuk melengkung mirip bulan sabit juga memiliki daging lebih tebal, lembut, beraroma, dan manis 😊

      Hapus
    2. owalah mbak mbul bisa hafal mendetail begitu ya, keren keren

      Hapus
    3. ga juga sih 😂😂

      sambil nyanding majalah tanaman buah durian 😂

      Hapus
    4. Ngomongin soal prank, Coba tebak...prank...prank apa yang ga ngeselin? Prank ? Frank Lampard wkwkwk...ntar dirimu malah dijak maen sepak bola ama Frank Lampard...ntar kan pranknya ga ngeselin 🤣

      Hapus
  4. The kitties are really cute! I would love some of those chicken skewers..so yummy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Angie....kucingnya imut-imut senang dielus-elus, manja mpuss meownya hehehe...Mereka kalau pintu belakang dibuka langsung kompakan mengeow karena tandanya jam makan anabul tiba...

      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Untuk satenya, yang Mbul tulis di atas ada 2 macam, sate ambal beli di kutowinangun sama satu lagi pas arah pulang sate khusus daging ayam kampung tok Angie...jadi kalau misal mau pesen kulitnya aja bisa...nanti disendirikan ga dicampur ama dagingnya 🍢🍡🐓

      Hapus
  5. Ada lagi ya musim durian di sana? Sini tidak jumpa sudah habis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada kak...malah lagi banyak banget. Pas liwat Karangrau Banyumas kan pinggirannya itu hutan dan pepohonan durian, itu lagi berbuah lebat jadi Mbul bisa liat langsung dari pohonnya. Biasanya kalau di sini musim durian berbarengan dengan musim rambutan dan duku. Kami juga sering beli duku sih

      (。・ω・。)

      Hapus
  6. Patutlah uncle terhidu durian tadi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Uncle, buah favorit kami adalah si raja buah durian 😊

      Hapus
  7. Durennya super mantap
    isinya legit banget
    Tadi suadara beli, harga juga 100ribu, tapi isinya tak begitu sempurna. Masih putih putih gimana gitu
    Sate ambal, jadi kangen kampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Djangkaru Bumi, durian yang takcobain ini varietas durian si Bawor yang banyak ditanam di Banyumas. Durian kualitas bagus, hampir segede durian monthong. daging buah kuning dan tebal, biji kecil, rasanya legiiiiit, serasa kayak lagi makan durian yang aku baca dari majalah trubus. Enak pokoknya...

      Sate Ambal adalah sate yang paling taksukain dari segala jenis sate yang ada di nusantara ini. Sate ambal khas kebumen itu favoritku 😊

      Hapus
  8. ...I love seeing the farm land. Thanks for taking me along to see the sights.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah makasih atas apresiasinya Tom. Senang jika temen temen pembaca yang tak sengaja mampir ke blog Mbul turut menikmati apa yang Mbul tuliskan di sini, biarpun jalan jalan ala kadarnya tapi senang. Bulan Januari ini di negara kami sedang peralihan ke musim hujan setelah kemarau panjang. Sawah-sawah sudah mulai masa tandur jadi sepanjang jalan yang bersisihan dengan sawah bisa melihat pemandangan padi yang baru disebar benih. Hijau indah dan rimbun...Belum lagi yang di lereng gunung dan terdapat sawah terasering sementara di pinggirannya pengairannya mulai kebak banyu itu juga indah banget...Terasa damai hati ini memandangnya
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  9. The kitties are cute and the food looks yummy 😋
    Beautiful views of the paddy fields, Mbul Kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak Veronica, let me introduce the cutest kitty that called si Boy (with orange + white color). Dia yang paling banyak Mbul fotoin, karena klulut. Tapi dia sempet bikin elus dada sih karena terjun dari eternit ke ruang tamu, sampai plafondnya wawah sedikit hahhahaha

      Iya kak, ternyata Indonesia banyak keindahan alamnya terutama jika lewat pedesaan hamparan sawah bisa jadi pemandangan yang bikin kangen hehehe

      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  10. Durennya manteb mbk..apalgi yang warnanya kuning, dulu saya suka durian,sekarang paling banter makan dua biji tok, gak berani banyak"karena ada magh,takut ngegas,padahal suka ngiler kalau liat suami makan durian😁.
    Kucingnya cakep-cakep,yang kecil itu imut-imut banget liat wajahnya, sayang aku gak telaten ngurus anak kucing, kasian kalo gak ke urus,makanya gak melihara .
    Sate dan gorengannya manteb amat tuh mbk ,mie jawanya juga menarik hati,bikin ngiler saya😀👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Heni...ini karena Mbul diajakin suami beli durian, makanya manut, ternyata alhamdulilah dapat duriannya yang manis (terutama yang di Banyumas ini hehehe)... Aku maem ga bisa sebanyak dia sih kalau durian. Karena kalau dibawa pulang ke rumah Bapak, Ibu atau Uti ga ada yang kerso durian..makanya duriannya kami maem berdua aja di tempat

      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Iya Mbak kalau urusan ngrawat kucing Bapakku telaten...buat hiburan di rumah, soalnya Bapak dah pensiun dan ibuku pun bentar lagi pensiun juga...anak anak bapak ibu dah pada mentas semua, jadi biar suasana rumah rame, kucing kucing jadi hiburannya Bapak Ibuku mba...(kebetulan ibu juga mantri hewan jadi kalau ada sakit apa ibu yang ngobatin...atau nyuntik en kasih vitamin)

      (^・ω・^✿)ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Mie jawa kesukaanku en biasanya dimasakin ibuku tiap aku pulang ke desa ❀(*´▽`*)❀

      Hapus
  11. Balasan
    1. Iya Kathy, bulunya lembut dan lebatx rajin keramas pake shampoo
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  12. Waah seger banget tuh mba, Bening Gambas angetdi makan pas musim hujan, ditambah tempe dan sambelan. Joss dah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba cocok untuk sarapan semuanya karena kuahan bening dan sayurannya pun seger. Ini Mbul yang masak nih hehe, simpel tapi alhamdulilah semua suka 😊🙏

      Hapus
  13. Bom dia e boa quinta-feira minha querida amiga. Muitos produtos não conhecia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya Sahabat Luiz, kucoba perkenalkan keindahan alam Indonesia, terlebih alam pedesaannya, semoga tulisanku bisa menghibur
      (。・ω・。)

      Hapus
  14. Quiero esos gatos, a todos los gatos, quiero probar esas frituras y delicias, y jugar con esos gatos, y comer ananá entre esas plantas... rodeado de gatos. Ese es mi paraíso. Donde sea estar rodeado de gatos y amistad como la tuya, Mbul... Inolvidable entrada.

    Abrazo hasta allá!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kata-kata baiknya Sahabat Carlos, senang jika teman blogger yang mampir blog Mbul bisa terhibur dengan foto kucing-kucing yang ada, buah-buahan, masakan dan pemandangan alam pedesaan yang memanjakan mata...Kucing-kucing akan selalu menjadi topik yang menarik di blog aku, karena aku penyayang binatang
      Salam sehat selalu untuk Carlos sekeluarga ヾ(❀╹◡╹)ノ゙
      ฅ(=චᆽච=ฅ)ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  15. tiba-tiba rindu pada kampung halaman bila tengok sawah padi tu semua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo langsung tengok kampung halamannya, agar bisa ngadem dan melihat sawah padi yang menyejukkan hati
      (*・ω・ノノ゙☆゚゚

      Hapus
  16. Aduhhhh. duhh..duhhh.cantik amat suasana sawah pagi. jadi rindu suasana begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, berkunjung ke rumah orang tua selama 3 hari, maklum Bapak dah whatsaap katanya kangen pengen dikunjungi Mbul en famz hihi ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Hapus
  17. Lauk - pauknya enak-enak semuanya Mbul.
    Aduhai... ada durian lagi! Aromanya menyeberang sampai ke tempat Kak Amie lho!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja Kak Amie.. kalau kak amie dekat udah Mbul bagie duriannya saking duriannya seglundungan isinya banyak...hihi...marem duroan abis itu Mbul puasa durian 3 minggu kak

      (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  18. Balasan
    1. Alhamdulilah iya Wak. Kalau Wak ada kebunnya ya? 😊

      Hapus
  19. Aku jugaaa, suka durian tapj sebenernya mau murah asalkan manis gapapa 😄😄👍. Udh mantep juga itu.

    Tapi ga bisa pungkirin, terkadang aku dan suami juga penasaran Ama durian2 impor macam musang king, Montong, black Thorne, yg mana harganya bisa sampe 1 juta terutama black Thorne tuh.

    Jadi terkadang aku bela2in makan di negara asalnya nit 😄. Biar agak murah.

    Ngeliat durian yg kamu makan, duuuh jadi pengeeen. Lagi musim yaa. Di JKT prasaan ga banyak yg jual, makanya aku ga tau musim atau ga.

    Cuma kalo di sini mah harga durian suka mahal. Krn ambil dari kota lain kan. Memang paling enak makannya di kota asal si durian, bisa murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Fanny kalau aku ga masalahkan harga...mau harganya murah atau normal atau bahkan agak tinggi ga masalah asalkan duriannya manis, dan isinya banyak. Bijinya kalau bisa kecil jadi daging buahnya tebal

      hahhaha...kalau yang unik unik dan rada pengen nyobain yang mahal itu suamiku mBak fanny...dia sering ajakin aku nyoba sesuatu yang kayaknya kok enak ya harga ga masalah tinggi dikit yang penting ga sering sering sih...cuma sesekali hhahahah

      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙(-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)

      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus