Sabtu, 20 Januari 2024

Kehidupan yang Kalem di Desa : Hujan Deras, Nasi Goreng & Es Piring ฅ(^・ω・^ฅ)




Assalamualaikum wr wb...
Waktu ngedraft tulisan ini Mbul lagi perjalanan di Tol Cipali menuju ke Purworejo. Bolak-balik Mbul ke Tol Cipali? Ada apa ya? Apa Mbul segitu sayangnya sama ini tol? Sampe bolak-balik dilewatin? Tol yang puanjaaaaaaaangnya pake banget seperti rasa sayangku ini padamu Mas....Gegeggegek. Ya karena kalau ke Purworedjo baru bisanya lewat situ kalau perjalanan darat. Kebetulan Mas ada agenda ngurus tindak hajinya Uti jadi Mbul diajak serta, nanti nginepnya di rumah Uti selama 3 hari ฅ(^・ω・^ฅ)




Nah, semalam banget tuh berarti kami udah start berangkat karena dari rumah pukul 14.00 WIB. Agak gasik supaya di jalan ga ketemu truk-truk tronton yang mulai beroperasi pada malam hari, karena kalau udah kanan kiri depan belakang truk maka bakal susah nyalipnya. Paling pethuk bentar ama office hournya Tol Jakarta, yang maced dikit ga apa lah.. Yang penting begitu masuk Karawang lanjut Cipali muluuuuus. Walau sepanjang jalan itu mendung tebal menyelimuti langit. 

Karena sudah sedari Karang Tengah dan Jakarta mendung, makanya ke sananya akhirnya hujan. Gerimis turun tipis-tipis mula-mula. Baru agak banteran pas memasuki km 160-an ke atas. Sempet mandeg di beberapa Rest Area tapi ga maem. Biasanya maem di Ciganea. Cuma karena dari rumah kami udah maem ayam goreng lengkuas bikinanku, maka perut rasanya masih kenyang. Masuk ke Rest Area selanjutnya baru ujannya sedikit reda dan kami sholat Isya dulu sambil mimik teh manis anget karena perut Mbul tiba-tiba agak kembung huhu...







Setelah tengkuk Mbul dipijit dan dioles pake minyak angin, kami pun melanjutkan perjalanan karena bentar lagi masuk Tegal. Rencananya kami mau maem di Slawi aja, karena ada yang pingin banget maem Lontong Opor Ayam Tata di Alun-Alun Slawi, sementara aku dari sekarang udah tek mek dalam hati pengen maem nasgor yang warung tendanya masih sederetan sama si Lontong Opor Tata ini. Soalnya seperti sebelum-sebelumnya, tiap kali lewat Slawi, Mas maunya lontong opor sedang Mbul nasgor. Nasgor di sini rasanya ngangenin...Hampir mirip kayak rasa nasgor depan hotel Arcadia Suroboyo hehehe. 

Singkat cerita, sampailah kami ke Slawi setelah sebelumnya di Tegal banyak bakul durian dan rambutan di pinggir jalan. Mana duriannya gede-gede pula. Bucetdaaa durian Tegal gede-gede amat ya...huhu. Mbul jadi pengen maem durian. Paling ga, kami harus icip deh ntah nanti dimana, tapi yang jelas sih kami biasanya beli setelah nyampe kota sendiri, Pasar Tarjo. Nah, tapi ceritanya ini lagi ngomongin Slawi dulu ya, akhirnya sampailah kami di Alun-Alunnya yang kala itu agak-agak berangin ya. Segera saja kami mengingat-ingat dimana letak Lontong Opor Tatanya ini. Ternyata ada di pojokan sana dekat lapangan futsal. Sedangkan warung tenda nasgornya ada di pojokan yang lain. Yaudah aku didawuhi pesen nasgor dulu nanti Mas Nasgornya suruh nganterin di lesehan depannya Warung Tenda Lontong Opor Tata ini. 























Pas ke tempat nasgornya tuh ternyata ramai banget. Laris karena emang rasanya enak. Ada berbagai macam nasgor di sini diantaranya ada nasgor komplet, nasgor pete, nasgor ati, nasgor mawut dan nasgor biasa. Nah, Mbul pilih yang nasgor pete aja. Mbul pesen yang pedesnya sedeng karena Mbul lagi pengen yang sedeng. Seporsi nasgor udah ada tambahan acar, cengis, irisan kubis, dan kerupuknya. Abis itu aku balik lagi ke lesehan Lontong Opor Tata karena mau ndulang Kakak A dan Adik dulu. 

Lontong Opor Ayam Tata ini paling terkenal dengan kepala ayam jantannya yang gede. Aku ga tau sih jenis ayam apa yang dipake. Apakah lehor atau ayam kampung, tapi yang jelas itu big size. Lehernya panjang dan kulitnya pun mlenuk-mlenuk kenyal. Mbul kayaknya ga abis kalau suruh maem 1 buah kepala ayam jantan ini hihi. Tapi kalau Tamas selalu habis, hihihi. Selain kepala ayam, ada juga sate ayam dan telur pindang manis sebagai lauk pelengkapnya. Kalau kelannya ada gori atau nangka muda santen juga tauge. Kita bebas pilih apa aja, ntar akhirannya dikasih taburan bawang goreng di atasnya juga sambel yang dipisah sehingga bagi yang ga doyan pedes cocok banget ama menu lontong opor ini. Oiya, selain lontong, di sini bisa pula pake nasi. Tergantung selera. Kalau lontongnya sendiri termasuk yang pulen, padet, lembut dan pas dimaem bareng kuahan opor kayak gini.














Nah, sementara yang lain pada maem opor, Mbul sendiri akhirnya kedatangan nasgor pesenan Mbul yang diantarkan langsung ama Masnya dari warung tenda nasgor (yang sebenarnya letaknya agak jauh dari warung tenda lontong opor ini). Terus karena Mbul pesen yang nasgor pete, maka harganya jadi Rp 19 ribu. Rasanya enaaak. Tipe-tipe nasi goreng Jawa Tengahan yang agak merah dan bumbunya sedep. Terus acar dan irisan kubisnya itu yang bikin tambah nikmat lagi dikunyahnya.

Oiya, malam-malam berangin gini, duduk di lesehan Alun-Alun Slawi rasanya enak. Ga ada target musti nyampe jam berapa. Jadi saktekane ae kami mlaku. Nah, pas lagi duduk ngadem gitu, tiba-tiba ada beberapa ekor kucing jantan yang berseliweran di depan tikar. Agak nganyuk sih minta dikasih makan hehehhe...Mbul kasih tulangan soalnya lucu. Warnanya tuh abu-abu putih ama itam putih. Pathel badannya meski agak kurus hehehhe... Mas 'B' aja ama kucing...Tapi Mbul suka makanya Mbul biarkan aja dia maem di deket kita hahahhaha...





Abis menuju rampung maem, tetiba lagi muncul seorang Bapak yang datang bawa mic. Beliau kemudian mandeg dan menyanyikan sebuah lagu. Lagunya kayak gini : Malu aku malu...pada semut merah, yang berbaris di dinding menatapku curiga seolah penuh tanya sedang apa di sini? Menanti pacar jawabku.....Lha  Mbul jadi berasa kayak naq SMA lagi denger lagu Bapaknya ini hihihi. Okey, itu cuma dengerin lagu ya. Habis Bapaknya rampung nembang dan kami beri apresiasi, akhirnya kami pun turut serta untuk pamit. Pas pamit itulah pedagang lontong opornya sangat ramah sekali, gemrapyak nyenengke ati. Bilang matur suwun berkali-kali dan ngaturi jangan lupa singgah mampir lagi kalau pas liwat Slawi. Okey deh, karena ini udah kegemaran kami, jadi yang pasti kami akan selalu ingat untuk mampir. Seneng kalau nemu pedagang yang ramah dan nyemedulur gini. Bawaannya pengen dimampirin terus hehehe.

Untuk selanjutnya kami 'gas' lagi karena hari udah semakin malam, dan perjalanan menuju Banyumas, Gombong, Kebumen dan Kutoarjo akhirnya ditemani dengan hujan yang tiada berhenti bahkan semakin awet. Aku sempat terjaga, tapi akhirnya bobok juga di sepertiga perjalanan. Karena ntah kenapa hari itu perut lumayan kembung dan mual-mual. Jadi kalau dibawa bobok mungkin agak enakeun. Bangun-bangun, ternyata udah jam 02.55 WIB, kendaraan udah atret di penggokan brug dekat rumpun bambu dan kali dimana rumah Uti akan sampai sebentar lagi. Eh, pas nyampe rumah Uti, suasana gelap gulita. Ternyata pas pintu dibuka, listrik sedang padam. Pantasan peteng ndedet. Yaudah kami pun menuju subuh bobok pake penerangan lampu batere aja yang alhamdulilahnya dibawa Mas dari rumah.
































Keesokan Paginya...

Bangun bobok tuh jam 04.55 WIB, suasana sepi dan tenang. Uti masih sholat di mushola. Mbul sendirian bangun menuju sumur. Mau wudhu dan cetetin lampu. Alhamdulilah listrik udah nyala. Wudhunya di padasan yang ada di sumur. Oiya, padasan itu sama dengan pancuran yang terbuat dari kendi tanah liat. Air kalau udah dimasukin ke situ rasanya anyeeeees bener. Kayak es hehehe. Tamas biasanya iseng nyonyosin air dingin ini ke pipi gembilnya Mbul hahahha.... 

Nah, sepagian itu udah gerimis makanya hawanya paling pas emang cari yang anget-anget. Usai sholat, aku bikin teh manis anget dulu yang airnya baru dijerang sama Uti. Udah ada nasi di rice cooker dan ongseng kacang panjang di wajan. Uti kemarin juga udah bikin baceman telur ayam sama tempe yang kalau mau goreng bisa kapan aja jadi lauknya anget. Masakan sederhana tapi nikmat banget... Mbul duduk-duduk manis dulu sih sambil mimik teh anget di ruang tengah. Maem nasinya ntar hihi... Nunggu perutnya konek dulu...Maklum kalau pagi Mbul suka kaget kalau maemnya berad. Oiya, di meja situ juga ada tiwul (yang dibeli Uti dari tempat Om Toyo yang punya kebon timun di belakang rumah), keripik tempe juga bleg isi roti.












Jam 8 pagi Uti ada agenda ditemenin anak lanang siji-sijine (baca : Mas) untuk ngurus keperluan tindak hajinya Beliau di Purworejo. Kakak A ikut, makanya Mbul berduaan aja ama Montogh di rumah. Tadinya Mbul diajakin Mas, tapi Mas Montoghnya lagi rada rewel. Jadi kayaknya prefer jaga rumah aja. Mungkin kecapean pegel-pegel duduk di carseat sepanjang malam. Nanti bakal Mbul pijit-pijit biar enak. Akhirnya jam '8' tet  pada berangkat ke Pordjo menyisakan Mbul yang mau mandiin Mas Montogh dulu pake air anget biar relax baru setelah itu takpijitin.

Abis Mbul pijit dengan tatih tayank, Mas Montogh pun bobok. Jadi Mbul bisa nyambi sambil nyuci baju di sumur hihi. Baju-baju yang semalam dipake mau takcuci semua meski mendung masih menyelimuti langit. Sempat panas bentar, tapi tahu-tahu hujan angin. Abis itu reda lagi, makanya Mbul gunakan kesempatan itu buat nyuci. Eh, karena musim penghujan, maka air di sumur jadi penuh lho, timbanya ga sampai harus nyentuh kedalaman banget mencapai air. Dulu jamannya masih pacaran dan Mbul diajak dolan ke sini, waktu mau pipis ke kamar mandi, Mbul kan harus nimba di sumur dulu. Nah, dari situ Mas yang ajarin Mbul agar bisa nimba dan airnya kena. Hahhaa...Itu pas nimbanya lagi di musim kemarau ya jadi butuh keahlian khusus agar airnya tuh ketimba. Tapi kadang karena Mas gemes dan ga sabaran liad Mbul ga bisa-bisa, akhirnya doi yang nimbain sampai airnya penuh dan ditaruh di ember kamar mandi, ya agar Mbul bisa pipis wkwkwk. Alm. Bapak (Mbah Kung) juga sering ngisiin air buat Mbul waktu Beliau masih sugeng dulu. "Kene taktimbakke Dek," Gitu kata Alm Mbah Kung atau Bapaknya Tamas yang eman banget sama Mbul ya Beliau sama persis kayak anak lanang satu-satunya yang sama-sama manggil Mbul itu dengan sebutan Dek hehehe..... Untungnya kalau pas lagi musim penghujan, isi sumurnya penuh... hampir bisa diambil pake gayung hehehe...





Aduh jadi cerita kemana-mana ya. Tadi kan Mbul cerita mau ngucek sekalian pakpung di sumur. Atasnya itu emang terbuka, tapi lebih gampang di sini ga mesti ngangsu dan ngangkat ember buat ditaruh di kamar mandi. Mumpung lagi sepi juga kan jadi Mbul pakpung sekaligus nyuci bajunya di sumur aja...Abis itu Mbul jemurin di cantelan yang ada atapnya. Jadi biar kalau tiba-tiba ujan ga kebasahan. 

Nah, karena Mas Montogh masih anteng bobok, maka Mbul pun jadi bisa maem dengan lahapnya. Mbul goreng tempe bacem dulu di pawon, nanti dimaemnya pake ongseng kacang panjang. Rasanya enak deh. Ga lupa pake keripik tempe lagi biar ada renyah-renyahnya.













Abis maem, bener aja langit mendung lagi. Beberapa kali hujan angin dan deres. Uti ndawuhi Mbul supaya kunci pintu soalnya yang ada di rumah cuma ada Mbul dan Mas Montogh. Jadi biar aman pintu dikancing aja, ntar kalau misal ada tamu bilang aja Utinya lagi tindakan. Okey deh...

Sesekali Mbul buka pintunya karena mau ke pawuan. Lalu berjalan dengan mengenakan sendal japit diantara becekan lumpur dan rerumputan basah di pekarangan. Ayam-ayam peliharaan Uti pada ngiyub di bawah pepohonan. Mengingkupkan sayapnya kedinginan. Kodok-kodok pun ikut berlompatan dengan riang karena emang hujannya awet sedari pagi. Anteng aja ga mau pergi, hihihi. Kayaknya ini memang musim yang beneran basah ya di Bulan Januari. Ah...hawa adem begini emang paling enak ngelonin Mas Montogh hehehhe.. 















































Ga lama kemudian siang pantarannya jam 14.00 WIB kedengeran suara mobil di halaman samping rumah. Wah, Mas, Uti, dan Kakak udah pulang. Alhamdulilah semuanya hampir beres. Mbul juga dibawain es piring dan durian juga lho, jadi nanti bisa dimaem malam-malam...#Mbul belah durian...

Es piring adalah salah satu ikon kulinernya Kutoarjo. Ada di deket Stasiun Kutoarjo. Makanya kalau lewat sini sering betul mampir kalau ga ya bungkus buat dibawa pulang dan dimaem di rumah. Es piring Kutoarjo yang kalau udah di rumah dimaemnya pake mangkok, jadinya es mangkok dunk...deng ga...canda. Tetep es piring biarpun dimaemnya pake mangkok. Esnya ini terdiri dari isian dawet, ager-ager, tape, es serut yang disiram sirop jambon dan kental manis cokelat. Rasanya seger dan legit. Kalau maem di tempat es serutnya masih kayak gunungan, begitu sampai rumah udah mencair hihi...Oiya, ada satu hal lagi yang bikin es piring ini lebih nikmat lagi. Yaitu keberadaan tape ketan putih di dalamnya. Jadi ada asem manis segernya gitu ketika disruput kala cuaca panas. Lutjunya, Mbul sruput esnya justru di hari hujan dan cuaca adem hahhahaha...Absurd emang....

































20 Januari 2024, pukul 06.00 WIB

Mbul udah bangun dunk sedari subuh. Mbul bantuin Uti masak nasi, bening (so, oyong, wortel, tomat), tempe goreng, tahu bulat, dan sambal tomat. Hmmmm....seger banget maem bening tuh... Tempe bacem di panci masih ada. Nanti kalau pengen tinggal goreng aja. Yang di panci itu udah dibumbuin bacem jadi manis. Telornya juga. Telor ayam ambil di petarangan, hehehhe... Itu juga ada 2 roti hijau isi meisses cokelat yang penuh cream....Rasanya manis. Enak deh.... Tak lupa 2 cangkir teh manis anget yang kubikin wasgitel pagi-pagi (wangi, panas, sepet, legi tur kenthel). Alhamdulilah....

Okey, sebelum lebih panjang lagi, baiknya kuakhiri sampai di sini dulu tulisanku kali ini. See you and dadaaaaaah....






22 komentar:

  1. Nasgor Pete
    wah mantap sekali, kesukaan saya banget
    kalau dekat, saya pengen beli
    kondisi sumur, mirip di kampung saya ,warnanya gimana gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasi goreng di Slawi setelah keluar tol tegal ini enak Mas Djangkaru Bumi, tiap di Alun-Alun Slawi selalu mampir karena nasi gorengnya enak dan ngangenin ☺ bisa dicoba kalau pas liwat Slawi 😊

      Hapus
  2. Tus fotos entre flores y frutillas y gatos... Y tus preparaciones de siempre... Me encantaste una vez más. Bravo, amiga Mbul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's a lot for your appreciation Sahabat Carlos, i accompany my husband visit his howntown in 3 days, but don't forget to take a picture in village scenery
      (。・ω・。)

      Hapus
  3. Luar biasa lengkap artikel berikut foto-fotonya. Nasgor yang begini ini lebih saya sukai, nasgor pkl pinggir jalan yang penuh kearifan lokal daripada nasgor di kafe-kafe

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Makasih Kak Lydia atas kunjungannya ke blog Mbul 😊

      Hapus
  5. Nasi gorengnya nya nikmat kayaknya mbk liat dari warnanya aja udah bikin ngiler,nasi goreng Abang"emang lebih enak dari pada nasi goreng di resto sih menurut aku mah, lebih berbumbu,lebih kerasa aja,pas di lidah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak Mbak Heni....gegeggegekkk nasgor kalau dimasakin ala ala tek tek emang sedep. Kayaknya pengaruh siapa yang masak kali ya hihihi

      (*・ω・ノノ゙☆゚゚ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  6. Duduk di desa sebenarnya serba mencukupi dngn segala yg ada di sekeliling :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya adem ayem dan hidup dibikin simple..😊

      Hapus
  7. habis baca ini, aku jadi pengen makan semuanya, terutama nasgor petenya, yang pedes banget kayaknya enak ni hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak banget. Yuk cobain kalau pas mampir daerah Slawi...nasgornya ada yang komplet, ada yang pete, nasgor ati, nasgor mawut (ala magelangan yang campur mie) en naagor biasa. Karena aku senang pete makanya pilih nasgor pete ☺

      Hapus
  8. Mbul,
    gambar-gambar suasana desa mengubat rinduku pada kampung halaman.
    Oyong itu dalam bahasa kami barangkali petola ya Mbul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab. Iya kak Amie. Dlm BHS Malaysia oyong itu petola 😄

      Hapus
    2. Hehehe..iya Kak Amie, Mbul suka bikin tulisan saat berkunjung ke desa hihi...seger mata lihat suasananya yang adem...terlebih pas pagi hari..meski hujan angin tapi bikin syahdu huhu

      Hapus
    3. Makasih Mba fanny dah dibantu jawab...aku malah baru tahu hahahhahah

      Hapus
  9. Duuuuh aku udah ga pernah mudik lewatin Tegal lagi, Krn sejak ada tol baru LGS cuuuuus ke solo. Padahal memang di rute yg lama banyaaak tempat makan enak ya nit. Lontong Opor ya menggoda banget. Mana aku lagi puasa bacanya 😂😂

    Cuma aku ga kuat kalo kepala ayam hahahahah. Ga bisa makannya 🤣.ntah kenapa geli aja. Makanya dulu kepala ayam selaku dibuang Ama mama. Dan aku jadi Keikut ga suka. Tapi ternyata keluarga suami doyan. Dan selalu dimasak.

    Jadinya skr, kalo masak ayam, aku masak juga kepala, tapi cuma Raka yg makan. Aku dan anak2 ga nyentuh 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya karena kalau Mba fanny kan tujuannya solo tempat paksuaminya mba ya...jadi lebih praktis liwat semarang. Kalau aku lebih cepet liwat cipali jadi mau ga mau kudu liwat Tegal...abis itu bisa liwat slawi dan seterusnya nyampe lokasi deh. Tapi kalau mau pengalaman lainnya bisa pula liwat pemalang tapi itu medannya agak banyak kelokan kelokan dan tanjakan tinggi serta turunan...agak riskan pas musim hujan takut licin wkwkwk...tapi emang sih indah banget karena liwat hutan jati dan hutan belantara yang isinya tanaman nanas

      kalau ayam kepala itu favorit suamiku dari dulu mba...aku sebenernya suka juga tapi ga seektstrem suamiku yang senang kuliner kepala ayam jantan ama ikan ikan sungai, biasanya cari ikan yang gede minta dibakarkan atau digoreng atau dibikin asem asem dia bisa habiskan itu sendiro aku ditawarin tapi aku kalau icip kepala yang kecil ama ikan juga muatnya kecil wkwkwk ....karena dia yang selalu ajakin aku kulineran...sedangkan aku mah tinggal manut aja hahhaha

      Hapus
  10. Mbak, kehidupan di desa memang tenang ya. Kalau di desa serasa waktu itu berjalan perlahan. Itu yang saya rasakan kalau berkunjung ke kampungnya kakek di bagian selatan Sukabumi.

    Duh,,,saya kepincut dengan nasgor pete-nya nih Mbak. Di Sukabumi ini saya belum pernah ketemu nasgor pete. Dulu waktu masih kerja di Bekasi, malah saya punya langganan mas nasgor yang ada menu nasgor pete. Jadi kangen nih pengen nasgor pete.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah iya Bapak...he em injih pak...serasa waktu itu berjalan lambat...beda pas di kota cepeeet banget...mungkin karena banyak kesibukan yang alhamdulilah happy. Sedang di desa hanya dalam rangka liburan sebentar beberapa hari jadi tetep menikmati juga hehehe

      enak Bapak...nasgor pete itu rasanya khas nasgor jawatengahan yang warnanya lebih merah...aku senangnya karena ada acar timun ama irisan kubisnya 😊

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)