Kamis, 18 Januari 2024

Hujan, Rambutan, & Ayam Goreng Lengkuas Bikinan Beby Mbul Nita ฅ(^・ω・^ฅ)




Assalamualaikum Wr Wb...
Cuaca mendung jadi temanku siang ini. Sebelum jam 11.00 WIB, matahari bersinar hangat. Ga lama kemudian, langit berubah menjadi gelap dan tau-tau hujan. Hujannya turun rintik-rintik tapi ga sampai sejam langsung deras. Wah, tanah serasa dimandikan. Kecipak-kecipuk bunyi air  membasahi kaki telanjangku saat mengambil cucian seprei di atas balkon. Pake rain coat merah jambu, jalan langsung, ga pake sendal. Karena pijakan tangganya basah, takutnya licin. Jadi ya udah begini aja hehe. Payungnya ntah kemana, aku lupa, jadi akhirnya pake rain coat aja.





Cucianku ga begitu banyak. Tapi yang paling utama itu cucian sepraiku yang sebelumnya ketumpahan susu. Baunya hacem-hacem penguk seger gimana gitu (???) Bikin pengen 'sayang' yang melakukannya. Coba ini ulah siapa? Pastinya Mas Montogh dunk, hihihi :* Dia suka betul mainin susu yang udah kubikin, jadinya tumpah deh mengenai seprai. Tapi setelah kucuci, alhamdulilah kini spreinya jadi wangi lagi jadi sudah siap untuk digumuli (bersama bantal dan guling tentu saja hehehe)....

Aku suka sekali cucianku sudah kering semua. Nanti tinggal dilipat. Disetrikanya kalau udah mau dipakai saja, hahahha... Kecuali jilbab yang biasanya langsung kusetrika. Biar rapi, lembut dan licin. Hujan di siang begini buatku nyaman. Hawanya jadi adem dan bikin semakin betah berada di rumah. Alhamdulilah Kakak A sudah pulang, jadi tinggal kruntelan aja sambil nonton teve.






Kalau sedang musim angin begini, hujannya agak lama ya? Air cucuran dari langit emang jatuhnya cepat sekali. Dari genteng jatuh ke pavingan, lalu jatuh lagi ke parit. Bunyinya indah. Bunyi kodok bersahut-sahutan memecah keheningan suasana. Siang pukul 12.30 WIB serasa sore. Membuatku ingin berlama-lama menatap hujan. Dari lubang roaster bundar samping aquarium arowana kuning yang hilir mudik dengan kalemnya, aku biasanya duduk di situ. Sementara kucing Oranye yang biasa lewat kini tidur di atas kap mobil milik tetangga yang terparkir di depan rumahnya, kapnya buat sandaran tampah (tempat yang biasa buat menampi beras tapi sudah tidak digunakan lagi), nah kucingnya bobok di situ. Kucing Oranye emang kadang absurd ya, aku ga bisa bayangkan kalau kucingnya nanti ditampi, hahahhah...

Oiya, kemarin sore aku juga dibelikan rambutan. Jenis rambutannya yang parakan. Beberapa ikat Rp 15 ribu. Memang lagi musimnya kan? Dimana-mana nemu, biasanya sebelahan sama bakul duku. Aku suka sekali parakan karena kesat. Tidak terlalu banyak air yang membikin tanganku jadi lengket-lengket. 









Kalau di desa, pohon rambutan itu banyak. Di kebon depan rumah juga banyak. Setiap rumah pasti ada yang tanam. Di rumahnya Mas juga ada. Yang di desa. Pohonnya itu tinggi sekali. Beda dengan pohon rambutan di rumahku (saat aku masih kecil dulu). Kalau punya Mas sebelahan sama pohon jati, pohon sengon, pohon ketepeng, pohon albasiah, pohon kelapa, pohon pisang, dll. Juga pohon yang lebih pendek lagi kayak pohon kluwih, pohon sukun, dan pohon nangka. Eh kalau pohon nangka tinggi deng. 

Kalau di rumah masa kecilku pohon rambutannya udah ditebang. Padahal dulu waktu 'ndadi' buahnya banyak sekali. Lebat. Yang baru tahap hijau menuju kuning aja udah bagaikan harta karun. Nunggu beberapa hari baru bisa menjadi oranye dan endingnya merah. Aku suka ambil yang belum terlalu merah. Apalagi merah banget. Yang merah banget itu berair sekali. Aku suka yang masih oranye semu merah atau merah terang. Jadi itu pas menuju ranum. Belum terlalu berair. Masih keset (kesat). Mana daging buahnya nglothok lagi kan, tapi jangan sampe kemakan bijinya ya, sebab rasanya sengir, hehehe. Eh, kulitnya juga jauh lebih sengir deng...Kalau daging buah rambutannya baru manis. Rasanya seger. Bikin ketagihan ngunyahnya. Ga terasa seikat langsung ludes. 

























Dulu tuh suka banget tiap kali panen rambutan, kami sedia genter (bambu panjang untuk memetik rambutan). Pakai genter itu kalau pas nemu yang buahnya ada di tangkai tinggi. Kalau yang agak pendek tinggal raih aja pake tangan terus maem di tempat, di bawah pohonnya langsung. Rasanya tuh seneng deh. Panen raya itu bisa bikin kulkas isi penuh nuh nuh dengan rambutan. Nanti bakal Mbul bagi-bagi ke tetangga sekresek-sekresek biar yang lain juga turut mencicipi rambutan lebat yang berasal dari pohon di halaman rumah Mbul. 

Kalau sekarang udah ga ada pohonnya. Udah ditebang. Di rumah Mbul yang sini juga ga ada. Nemunya udah dalam bentuk ikatan-ikatan, dijual di mobil-mobil pick up milik Abang Buah-Buahan. Nah, Mbul belinya di situ aja heheheh...































Sebenernya jenis-jenis rambutan itu banyak. Yang paling Mbul hafal itu rambutan Rapiah, Aceh, dan Parakan. Kalau Rapiah Mbul sukanya karena biarpun bentuknya mungil-mungil dan kulitnya masih hijau tapi rasanya manis. Kalau aceh dagingnya nglothok, nah yang terakhir itu parakan yang daging buahnya kesat. Itu yang paling pas ama Beby Mbul hihi. Jadi ga bikin lengket atau jlabut pas megangnya. 

Eh, bentar....udah beberapa paragraf nulis, tiba-tiba jadi random gini ya, hehe. Mulai dari hujan sampai rambutan. Oiya aku jadi pengen cerita juga tentang lauk pauk yang kubikin sore ini. Aku sendiri yang bikin nih hihi, sebab Mas masih ada di kantor. Nanti pulangnya itu sebelum magrib. Jadi aku masak sendiri. 
































Aku masak mulai jam 15.00 WIB, saat aku sedang santai-santainya setelah di jam-jam sebelumnya terbilang padat. Aku memutuskan hari ini membikin ayam goreng lengkuas saja. Bumbu-bumbunya insyaAlloh akan aku uleg sendiri karena aku ingin tahu takaran bumbu yang bikin ayamnya gurih itu seperti apa. 

Aku pakai 1 kg ayam lehor atau pedaging yang sebelumnya beli di Prima Food. Aku kasih tips dikit ya supaya ayamnya itu aromanya baik. Jadi setelah dicuci di atas air mengalir, ayamnya itu dimasukkan ke air mendidih dulu dan diamkan beberapa saat. Nanti setelah lemak-lemaknya terangkat, buang air rebusan yang tadi dan tiriskan ayamnya.
















Sembari itu pula aku haluskan bumbu ungkepannya dulu. Yaitu bawang putih (12 siung), kemiri (11 butir), beberapa batang serai, beberapa lembar daun salam, 2 sdm ketumbar, beberapa ruas besar lengkuas, 1 ruas jahe, 3 ruas kunyit, garam, 1 bungkus kecil Masako, penyedap rasa (kalau ga suka skip aja ga pa pa), setengah bungkus lada bubuk dan air secukupnya. Uleg atau haluskan semua bumbu kecuali batang sereh dan daun salam. Nah, setelah halus baru deh masukkan ke dalam ayamnya tadi dan tambahkan sedikit air karena akan direbus. Tambahkan batang serai dan daun salamnya. Rebus sampai bumbu meresap ke si ayam, dan setelahnya bisa diangkat dan ditiriskan. Nanti remahan lengkuasnya diambil lagi tapi digoreng terpisah ama si ayamnya ya biar warnanya cantik. Nah, abis itu panaskan minyak dan goreng ayamnya sampai cantik keemasan. Baru kemudian lengkuasnya untuk taburan ayamnya. 























Resep Ayam Goreng Lengkuas ala Beby Mbul Nita
Bahan-bahan :

1 kg ayam lehor
Air
Beberapa ruas lengkuas
seruas jahe
3 ruas kunyit
12 siung bawang putih
8 butir kemiri
Beberapa lembar daun salam
Beberapa batang serai
2 sdm ketumbar
1/2 bungkus kecil lada bubuk 
garam
1 bungkus kecil Masako rasa Ayam
penyedap rasa (opsional, kalau ga terbiasa pake skip aja ga pa pa)
Minyak goreng

Cara Membuat :

Cuci bersih ayamnya
Panaskan air
Saat air sudah mendidih, masukkan ayamnya, tunggu beberapa saat
Saat lemak-lemaknya dah lepas, ambil ayamnya dan tiriskan
Haluskan semua bumbu yang ada
Ungkep ayam dengan bumbu halus
Rebus ayam ungkepnya dengan ditambahi sedikit air
Masukkan daun salam dan batang serainya
Tunggu sampai bumbu meresap ke si ayam
Setelah bumbunya meresap, matikan api, angkat ayam dan tiriskan
Bumbu dan lengkuas tumbuknya diambil pake saringan
Panaskan minyak 
Goreng ayam saat api sudah panas
Goreng sampai keemasan, angkat dan tiriskan
Goreng remahan lengkuasnya untuk taburan ayamnya...






Untuk melengkapinya, aku goreng tempe (dengan bumbu ungkepan ayam tadi), beberapa lenjer pete, dan juga sambel tomat+terasi. Nasinya nasi anget, tinggal tambahin lagi lalap mentimun yang aku biarkan apa adanya begitu hehehe...Maaf ya aku maem timunnya ga diiris-iris tapi langsung glundungan gitu soalnya biar terasa lebih kranci. Nasinya nasi anget, hmmmm...nikmat banget. Alhamdulilah semua suka dan ayam goreng lengkuasku approved. Gurihnya pas. Apalagi lengkuas yang jadi taburannya itu juga gurih banget. Enak pokoknya....

Catatan hari kemarin sekalian pengen majang artwork (gambar bikinanku hehe), Rabu, 17 Januari 2024

12 komentar:

  1. Nampak sedap, ayam gorengnya.
    Sudah lama tak makan rambutan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Nur, Mbul bikin sendiri ayam goreng lengkuasnya lho hihi....remahan lengkuasnya mbul bikin agak banyak karena gurih, enak pas dimaem pake nasi anget, dicawuk (dipuluk pake tangan) sambelnya sambel tomat terasi ama timun

      ฅ(^・ω・^ฅ)ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Hapus
  2. ternyata di tempat mbak mbul juga tiap sore hujan terus ya, Alhamdulillah dua hari terakhir ini di kota ku ga hujan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Intan, di tempatku sudah mulai hujan. Kalau sepagian hujan bisa awet sampai sore...makanya jadi betah ndekem di dalam rumah..cari tempat yang hangat ☺

      Hapus
    2. memang ya, cuaca seperti itu bikin org males kerja wkwk

      Hapus
    3. Harus tetap semangat beraktivitas meski hujan di luar...paling ga aku banyak gerak biarpun di dalam rumah mas 😊

      Hapus
  3. Tiap mampir kesini tuh pasti sering banget ngeliat foto makanan yang bikin ngiler🤤
    Enak ya mbul, kalau masa kecilnya deket sama pohon rambutan.. bisa metik langsung makan di tempat, kalo kecut tinggal lepeh terus nyari lagi yang keliatannya manis😁

    Btw, mbul itu kayaknya di gambar yang diposting tak liat ada yang atas bawah sama, itu emang sengajakah?😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak Guru, iseng tiba-tiba pengen bikin ayam goreng lengkuas, kata orang serumah pas ngicipin enak juga bikinan mbul, gurih gitu hehehe 😁

      Iya Pak Guru, dulu di depan rumahku kan rumput hijau...nah sekelilingnya pada ditanami bapak ama pohon buah buahan...ada rambutan, mangga, sirkaya, jambu air, bahkan durian. Eh kalau durian ada di dekat tanaman sayuran.

      Kalau pas musim rambutan itu biasanya dulu ngepasi Bulan Puasa ama Lebaran...jadi sebagian rumah pacitannya rambutan juga ditaruh di piring. Kalau dah selesai puasa dan Lebaran,rambutan masih lebat aja di pohon, senangnya sama teman-teman jadi bisa maem dari pohonnya langsung...Mbul naik pohon yang rantingnya ga terlalu tinggi dan kokoh...jadi bisa duduk di situ sambil ngupas rambutan yang dah menuju mateng..Kalau dapat yang kecut tetap dimaem aja Pak Guru, positif thinking aja mungkin itu calon sumber vitamin C hehehe...tapi memang yang paling enak itu yang oranye menuju merah, belum terlalu merah banget..kalau yang merah banget lengket pas dipegangnya 😂

      Hapus
  4. Biasanya kami goreng ayam berempah dengan lebihkan serai kisar.
    Di sini Kak Amie belajar pula ayang goreng lengkuas. Sangat menarik Mbul, sebab ayam dan lengkuas digoreng berasingan kemudian tabur atas ayam goreng. Terima kasih Mbul kongsi resipinya. Nanti Kak Amie akan cuba di dapur sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak itu bumbu aromatik yang hilangkan bau ayamnya..batang serai, daun salam dan daun jeruk...cuma mbul pas lagi malas naik ke atas balkon petik daun salam...soalnya ujan kak..di atas nda ada payonnya..akhirnya Mbul pake seadaanya aja yang ada di kulkas hehehhe (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)

      iya kak lengkuasnya Mbul banyakin terasa betul gurihnya...enak...nyam..nyam...
      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  5. Duuuhh ayam lengkuas fav ku juga. Tapi blm pernah bikin sendiri 😂. Paling suka kalo kremesan lengkuasnya dicampur ke nasi, beuuugh langsung laper yaaa 🤣.

    Rambutan itu ntah kenapa aku ga doyan. Padahal keluarga suka semua. Mungkin Krn dagingnya itu nempel bgt ke kulit biji, jadi tiap digigit, pasti kulit Ari dr bijinya nempel, yg bikin rasanya jadi nyegrak di tenggorokan. Ga jago aku makan rambutan. LBH suka yg udah dikupas dan dibuang bijinya hahahahah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaaaaagh mba fanny...aku baru pertama kalinya loh bikin ayam goreng lengkuas. dulu inspirasiku ini ayam lengkuas rm pinang sama satu lagi ayam lengkuas warnas yang ada di sekitar rumahku. Aku ma suami penggemarnya...tapi sayang dah tutup...padahal pas lagi ada tamu sering takjamu ayam lengkuas itu...eh sekarang aku bisa bikin sendiri..hehehe

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)