Jumat, 02 Februari 2024

Friday Drawing & Menu ฅ(^・ω・^ฅ)



Assalamualaikum wr wb....
Hallo selamat datang Bulan Februari. Semoga sepanjang Februari berasa manis ya...Aku udah kembali lagi ke kota nih. 2 Episode berkunjung ke desa dalam waktu berdekatan kemarin sementara rehat dulu. InsyaAlloh akan sambung lagi nanti pas mau Lebaran hihihi. Oh iya, Bulan Februari udah dekat dengan Hari Raya Imlek. Di jalan-jalan udah banyak kutemui tumpukan jeruk oranye yang disusun rapi, menyegarkan mata. 





 
Aku juga jadi membayangkan jika aku memakai cheongsam rasanya kok lucu juga ya hihi. Aku pernah mendapati sebuah toko yang menjual pernak-pernik berbau oriental yang salah satunya adalah cheongsam. Itu waktu aku dan Tamas masih pacaran belum ada cindil 2 hihi. Sebuah toko yang ada di bilangan Cibubur, masuknya Kota Wisata. Nah, cheongsamnya ini digantung-gantung di etalase, atau sebagian lagi dipasangkan pada manequin. Aku ingin sekali membelinya, tapi sayang waktu itu cheongsamnya sedikit pendek, jadi kira-kira hanya sebatas selutut. Nanti kalau kupakai di luar, bisa-bisa kelihatan betisnya, haha... Kalaupun dipakai di dalam rumah, kerasa resmi banget ga sih. Tapi cheongsam manis sih. Aku ingin sekali memakainya terutama karena aku suka bagian kerahnya yang dimodel sanghai hehehe.... 

Oh iya, tadi ngomongin soal cuaca ya. Cuaca di sini sendiri udah sering gloomy. Hujan hampir sepanjang hari, meski ada sisa-sisa hari lain yang penuh dengan matahari. Ah, apapun itu selalu aku syukuri. Hujan dan panas adalah kersaning Gusti. Kita manusia hanya bisa menjalani. Hidup itu dibikin simpel aja ^___^  Iya kan, itu sih nasihatnya sapa ya hihihi...








Oiya, bulan ini aku ingin memulai sesuatu yang baik. Aku pengen lebih niat lagi untuk memasak dan menyusun menu khususnya yang disukai anak-anak. Aku pengen bikin yang ala-ala menu bikinan RS kemarin waktu Adik opname 2 malam di desa. Ternyata menunya itu lezat-lezat banget sehingga Adik jadi lahap maemnya dan akhirnya cepat sehat dan diperbolehkan pulang .... Alhamdulilah.

Bikin menu harian emang ga mudah. Masih banyak PR yang harus kulalui karena aku mengurus semuanya seorang diri (maksudnya dalam hal masak dan kegiatan di rumah). Tapi aku ingin berusaha sebisaku. Kalau biasanya aku terchallenge mencoba belajar apa yang ayahnya suka, kali ini tantanganku tambah double lagi karena aku harus bisa belajar membuat apa yang Kakak dan Adik suka. Menu yang simple-simple aja tapi rasanya enak. Jangankan anak-anak, aku aja pas icipin dikit waktu adik maem ikutan jadi suka hihi. Ada sayur, lauk nabati, lauk hewani, buah dan tutuw, hehehe. Aku akan berusaha nyari resep yang simpel dan bahannya gampang. Semoga niatku ini dibarengi dengan semangat setiap harinya ya hahaha... tolong doakan aja#dan buat Tamas semoga tak pernah absen bawakan aku sayur dan lauk sepulang dari kantor ehhehe.. Tapi kemarin sudah stok beberapa macam sayur sih. Ada bayam, daun bawang, kentang, wortel, gambas, daun kates, dan tempe. Ayam kampung malah beli utuhan, rencananya mau dibikin ayam goreng rempah.











































Memang sih untuk memulainya aku perlu 1 hari khusus sebagai momentumnya. Aku mulai dengan hari ini aja ya meski menunya dimulai dari yang sederhana sekali. Nanti aku akan update lagi kalau udah ada beberapa hari masak. Sementara yang aku tulis yang hari ini aja dulu. 

Nah, untuk hari ini sendiri aku mulai dengan masak bening bayam+gambas+wortel+jagung manis, tempe goreng, kates. Alhamdulilah semua suka, dan bilang beningku seger banget. Ah, jadi semangat masaknya.

Sorenya aku tiba-tiba kepingin membuat lauk lagi. Aku terbayangnya kroket kentang. Aku pikir karena kroket itu kan lembut di dalam ya, jadi pasti pada suka. Aku pake 2 buah kentang besar yang kuiris tipis lalu kugoreng dan kutumbuk sampai halus. Habis itu aku bikin isiannya simple aja. Aku lagi ga ada daging, jadi aku pake sayuran ama telur rebus aja. Sayurannya cuma wortel cincang, daun bawang, nanti finishingnya ditangkupin ama seiris telur rebus. Itu dikasih bumbu aromatik lagi ya biar ada rasa. Aku pake bawang putih, bawang merah, garam, lada bubuk, kaldu bubuk dan gula pasir, tambahkan air sampai mengental. Sementara biar adonan kulit kroketnya padat pulen tapi lembut di dalem, maka aku kasih campuran lagi. Campurannya adalah aku pake susu cair yang ditambah dengan mentega yang aku panaskan di atas teflon. Kasih sedikit garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk. Abis itu tambahkan dengan tepung terigu dan aduk sampai rata. Matikan api dan tuang adonan ini ke kentang yang sudah ditumbuk tadi. Masukkan 1 butir telur. Uleni hingga kalis. Nanti siapkan tepung panir atau tepung roti di wadah lain, juga putih telur sebagai perekatnya. Saat membentuk adonan kroket, cuci bersih tangan terlebih dahulu, dan olesi telapak tangan kita dengan minyak biar gampang ngambil adonannya. Bentuk adonan bulat-bulat yang tengahnya diisi dengan isian kroket. Tutup sampai rapat, celupkan ke putih telur dan gulingkan di atas tepung panir atau tepung rotinya. Lakukan hingga adonan habis. Selanjutnya kita harus memanaskan minyak, goreng kroket sampai berubah warna jadi keemasan, angkat dan tiriskan. Kalau mau lebih manis lagi, kasih alas kue dan blesekin sedikit pada bagian tengahnya pake cengis hijau. Nyammm...alhamdulilah Kakak dan Adik suka. Ah....senangnya. 


























Oiya, kemarin juga kami dibawain Uti oleh-oleh sele pisang dan kue bawang. Selenya yang sele kering. Jadi agak kriuk-kriuk manis gitu. Aku pernah sih bikin sele pisang sendiri. Aku pake pisang longok yang udah menuju ndalu, aku iris-iris dan jemur pake tampah. Kubikin yang versi sele basah. Itu enak juga. Warnanya basah menggiurkan. Kalau kue bawangnya mirip pangsit. Maem ini sambil nonton tipi atau waktu dah santai rasanya enak juga. 

Ngomongin waktu santai, tadi malam, waktu semua udah pada bubuk, aku akhirnya bisa menggambar lagi. Menggambar adalah hobiku selain membaca buku. Nah, karena kalau membaca buku diperlukan waktu yang lama, maka aku putuskan untuk lebih merajinkan lagi mengisi label hobi menggambarku di blog ini. Isinya adalah gambar-gambarku yang masih nubie hehehe. Menggambar buat seneng-seneng aja sih, buat diri sendiri, itu udah bikin aku fresh dan seneng. Me time ku ga neko-neko kok, simpel banget malahan hahahah. Alhamdulilah semua pada dukung aku bisa kembangkan hobi. Yang penting ngerjakannya pas kewajiban utama dah selesai ya. Jadi insyaAlloh ga ada masalah. Malah aku ngerasa otakku jadi seimbang antara kanan dan kiri setelah bisa mengerjakan hobi. Itu penting karena bisa bikin hariku jadi lebih bersemangat untuk memulai hari.

















Oiya, kali ini aku seperti biasa akan gambar di atas kertas gambar dulu. Pake pinsil dan penghapus, baru ditebelin pinggirannya pake pen yang ada di opsi media skecth Autodesk Sketchbooknya. Akutuh suka banget gambar aku versi kalau andainya dibikin kartun hahaha. Ini cuma buat iseng-iseng lucu-lucuan aja kok. Aku emang suka menuangkan imajinasiku lewat gambar, hahaha... Maklumin kalau masih harus banyak berlatih. 



Di dunia imajinasi dan kreativitasku, ini adalah Officer Beby Mbul Nita hihihi...
































Kiranya segini aja dulu tulisanku kali ini. Next time aku akan update lagi masakan-masakan serta gambarku selanjutnya. See you and bye bye...



 

20 komentar:

  1. Wish I could draw...the kitties are cute and foods so yummy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay Angie...Mbul lagi semangat menggambar lagi nih, mau aku gambar di buku gambar rencananya hihihi...

      the kitties always make me laugh with their 'mbethem' face like big cat

      (。・ω・。)ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  2. walopun mbak mbul bilang artikelnya topik yang ringan, tapi jujur saja sebenernya ini artikel yang sangat berat wkwkwk

    BalasHapus
  3. Halo Kak Mbul, gimana kabarnya? Maaf ya lama nggak silaturahmi ke blog Kakak. Semoga sehat selalu, janga berhenti menulis ya Kak Mbul. Semangat terus ya Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah baik Teddy...makasih atas supportnya. Semangat menulis juga buat Teddy dan blognya 😊

      Hapus
  4. Lihat foto kroket malam-malam... Saya jadi lapar...

    BalasHapus
  5. Di sini pula cuaca panas kembali dan angin kuat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, cuaca memang sedang random ya. Kadang panas kadang hujan hehe

      Hapus
  6. ...Mbul I love your roses, ours won't be flowering until June!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank's a lot Tom...
      i really like roses, especially the baby pink and red one...That's how they mesmerized me with their beauty and appearance
      ヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Hapus
  7. Enak dingin-dingin begini makan kroket. Apalagi kalo makannya habis diangkat dari penggorengan.

    Salam kenal kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya enak kalau masih hangat baru dientas dari wajan...rasa krispi di luar dan lembut pada bagian dalam kroketnya. Terima kasih dah berkunjung ke blog aku ya. Salam 😊

      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Hapus
  8. Aku juga sukaaa cheongsam 😍. Sampe dulu punya beberapa. Memang kerah shanghainya itu yg bikin cantik. Berasa feminin banget kan kalo pake 😄. Yg panjang juga sbnrnya banyak, tp biasanya ttp aja ada belahan tinggi di kaki 😂. Agak susah buat yg hijab memang.

    Aku selalu bikin menu harian nit, biasanya lgs utk 7 hari krn belanja seminggu sekali lewat jastiper langganan. Maklum aku ga suka ke pasar, ga kuat cari barang di tempat rame begitu 😅. Makanya pake jasa jastiper, ksh list belanjaan, biasanya dia beli di pasar rawamangun , trus anter ke rumah, aku trf deh duitnya plus onkir dan tips.

    Jd supaya ga mubazir belanjaan, memang semuanya udh sesuai menu.

    Secara aku juga ga jago masak, udah pasti yg dimasak gampang2 semua. Yg penting ga terlalu oily, bukan menu santan. Sesekali boleh sih santan, tapi ini biasanya 2 minggu sekali.

    Cuma ga enaknya, si kakak ga kuat pedes. Sementara adiknya suka banget. Jd mau ga mau aku bikin menu ga pedes, cuma buat tambahan sambel supaya adik mau makan 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat 17 tahun aku belum krudungan mba, ku punya beberapa stel cuma jahit sendiri...bahan beli di toko kain tapi jahit di penjahit langganan yang ada di desa, kuminta dibikin model kayak cheongsam gitu dan kerahnya sanghai..tapi ga warna merah, melainkan biru kembang-kembang, ungu, dan pink...jadi kayak modelan baju mandarin di serial mandarin klasik mba hihihi. Aku minta jahitkan seatas lutut dikit, dipakai buat kondangan nanti kujodohin ama flatshoes atau selop. Berasa manis banget ku kalau pake model baju gitu, emang kelihatan feminim. Eh tapi sejak kecil aku emang feminim deng hahahah...

      Wah iya mba sekarang aku dah mulai pake food preparation tipis tipis biar isi kulkas juga rapi dan kalau mau ambil bahan yang mau dimasak ga lupa taruhnya di sebelah mana. Aku kalau bikin untuk Kakak dan Adik juga simple, untuk suami juga simple ga pernah neko neko kok kami makannya hehe ...tapi tetep diriku akan terus belajar, supaya skill masakku upgrade hehe.

      Semangat mba menyusun menu buat anak anak mba fanny. Cium sayank dari Mbul ya...😘
      (づ ̄ ³ ̄)づヾ(❀╹◡╹)ノ゙

      Hapus
  9. Tenguk gambar kucing, teringat si Oyen wak yang sudah tiada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turut sedih ingat Oyennya Wak yang lucu itu. Mudah mudahan Oyennya wak dah tenang di sana, 😇😊

      Hapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)