Rabu, 15 Mei 2024

Nganterin Koper Dulu....



Assalamualaikum wr wb...
Sebelum nganterin koper ke Depag buat keberangkatan Tamas ke Tanah Suci Mekkah, Mbul sempat diajakin kulineran dadakan dulu tanpa rencana. Tujuannya adalah biar Mbul anteng soalnya abis ini bakal ditinggal ibadah agak lama 40 hari. Hwaaa....jadi biar Mbulnya anteng, Mbulpun diajak kulineran dulu ama Tamas. Nah kalau soal kulineran, biasanya kami emang on the spot sih, senemunya apa yang sekiranya enak ya itu yang disamperin gegegek *ketawa ala kucing persia. 




Kami jalan ke area Kutoarjo aja yang deket dengan Depagnya. Kebetulan hari itu ngepasin ama Hari Jumat. Jadi ngumpulinnya sebelum Jumatan aja biar cepet. Yang berangkat Tamas ama Mbah Uti sih. Mbul belum...Karena Tamas gantikan Alm Mbah Kakung. Jadi ada pelimpahan gitu. Nah, sebagai anak lanang satu-satunya dari Mbah Kakung dan Mbah Uti maka akhirnya Tamas yang gantikan Alm Mbah Kung buat nemenin Mbah Uti.

Lalu dikarenakan Mbul kalau di rumah dewasanya cuma ndirian, jadi untuk sementara Mbul ngendon dulu di rumah Bapak Ibu buat ngentenin selama 40 hari Tamas di Tanah Suci. Jadi bisa dibilang Mbul liburan di desa sama Kakak dan Adik agak lamaan hihihi.







Oiya, pas nganterin koper itu, ndilalah kami ada acara balik dulu gegaranya Mbul ada lupa sesuatu *gegeggek*. Tamas pun kek biasanya jadi gemes gitu sama Mbul, soalnya Mbulnya lupa ga nyantolin itu di kopernya hahhaa, padahal dah disounding sedari berangkat. "Dek, ntar jangan lupa ya." Eh, mbasan nyampe Depagnya, Mbul sampai lupa deh. Jadi harus mbalik lagi. Nah, pas mbalik itu, ternyata kok muternya jauh timen Sayang, jadinya dah kepentok ama jam Jumatan deh. Padahal panitia pengumpulan kopernya buka lagi abis Jumatan. Jadi biar ga nunggu lama, akhirnya kami keliling dulu sambil cari tempat ngadem. Puter-puter-puter-puter ketemunya di kede es yang deketan ama masjid tempat Tamas mau Jumatan. Jadi aku ama Mas J (Mas Montogh) nungguin di situ Kakak ikut Tamas ke mesjid wkwkwk. 

Di kede es ini, Mbul lupa sih nama kedenya apa. Tapi di situ ada macam-macam es yang seger banget. Mbul pesen es teller ama batagor sambil nungguin Tamas selesai Jumatan. Esnya cantik banget deh. Pas pertamanya esnya tuh masih berupa gunungan es serut yang disirem sirop jambon (merah jambu). Nanti lama-lama akan cair sendiri seiring berjalannya waktu. 





























Untuk isiannya sendiri, es telernya terdiri dari kolang-kaling, tape, kelapa muda kerok, cincau, ama ager-ager. Rasanya seger sih. Terus Mbul juga pesen batagor. Batagornya imut porsiannya. Agak salty bumbu kacangnya. Tapi batagor en tahunya enak. Dan di meja itu ada penganan dalam toples lainnya juga. Ada keripik usus, cimol, kacang koro, seriping, dll. Ya, Mbul maem cimol atu...sambil becandaan ama Adik sambil nunggu Tamas selese Jumatan. Alhamdulilah, ga lama kemudian Tamas dan Kakak datang. Eh Tamas pesen es lagi karena haus. Sekalian dibungkus buat dimimik sambil jalan. Tapi kali ini es kelapa muda original. Sekalian jalan mau ke depag lagi kan biar cepet beres.

Setelah keperluan nganter koper udah rampung, Tamas malah pengen ngajakin aku jalan-jalan lagi. Ga langsung pulang. Lumayan waktu itu jam udah menunjukkan sekitar jam setengah 3 sore. Jadi ngelih juga Pemirsa. Akhirnya diajaklah Mbul buat mbaleni maem ke Warung Makan Girli sanding kali yang udah pernah kami datangi sebelumnya. Kali ini suasana warung makannya lagi sepi nih. Jadi agak pewe maem ciangnya. 

















































































Menu-menunya juga masih lengkap. Ada aneka janganan dan juga lauk pauk. Janganannya itu ada jangan kembang gedhang, jangan oseng godhong kates, jangan gori/nangka/thewel, oseng sawi tahu, urap/kulupan/kluban, gulai daun singkong, sop, opor ayam, krecek rambak, telur balado, tongkol balado, aneka pepes, aneka mangut. Ternikmatnya sih mangut lele. Terus ada pula bandeng goreng, tongkol goreng, baceman, ayam kampung. Sambelnya juga masih komplet, masih memenuhi isi mangkok. Sambel terasi favorit akuuuuw masih ada. Sambal ijonya juga masih ada. Ada pula lalap timunnya yang dah dipptong kecil-kecil. Terus kalau di kedatangan kami sebelumnya buntilnya udah abis, maka untuk kali ini ada. Cuma aku ga cobain buntilnya sih. Aku cobainnya mangut lele ama jangan kembang gedhang. Kalau sebelumnya kan ayam paha. Nah, sekarang aku kemlecer ama mangut lelenya yang jare Tamas enak. Sambel terasinya juga nyus banget. Nikmat...kesukaan aku sekali. Makanya taktambahin agak banyak. Tamas sendiri ambil nasi, jangan kembang gedhang, oseng godhong kates, tempe bacem, mangut lele dan sambel terasi. Kakak opor ayam ama ati. Sedangkan Adik sop ama bandeng goreng. Jan....maem siang ala rumahan gini kena semilir angin dari pinggir kali nikmat tenan. Mbul ketagihan...terutama ama sambel terasinya huhu...




































Abis peyud terisi menu maksi, akhirnya pulang deh. Nah, keesokan harinya baru Tamas antarkan Mbul, Kakak, dan Adik ke rumah Bapak Ibu karena Tamas dah otewe ke Tanah Suci, ....Bismilah...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)