Senin, 31 Agustus 2026

Mbul Jalan-Jalan ke Rangkasbitung 🩷




Assalamualaikum wr wb....
Hai...hai...hai. Jumpa lagi sama aku Beby Mbul Nita atau yang suka masak-masak di blog ini, bikin penganan kecil, kulineran tipis-tipis di sekitaran rumah juga jalan-jalan bareng keluarga, hehe. Kali ini aku mau nulis tentang jalan-jalanku kemaren bareng Tamas, Kakak A dan juga Adik. Jalan-jalannya di Hari Minggu tanggal 30 Agustus 2026. Tapi aku mau cerita Sabtu dulu ya, karena aku dan Tamas udah nglengkapin belanjaan sayur, lauk, dan buah buat stok seminggu jadi ditinggal jalan-jalan bentar aman dech. Untuk lauk karena aku suka banget ama ikan tongkol, jadi Tamas belikan aku ikan tongkol agak banyakan. Ikan tongkol kukus yang udah di-slice-in itu. Dapat sebungkus lumayan banyak.










"Asal ojo dipakakno Ilul kabeh ya Dek, ngko tongkole gari-gari entek dipangan ilul lagie, huuuft." Suamiku udah mewanti-wanti diriku gegegegek. Tidak dunk. Ilul ada sih, tapi taksisain dikit, ga semua, tenank aja. Btw, Ilul itu kucing jantan gemuk abu yang biasa nongki di depan rumahku dan ngeak-ngeok minta makan. Tetep sih Ilul atau Lolo taksisain dikit tongkolnya selain maem biskuit kucing juga kadang-kadang ya ayam goreng, lho kok uinak bianget ya maemnya si Ilul tuw, gegegek...Abis itu Mbul ditabokien Tamas #deng nda bcanda. Soalnya kasiman kan dia ngeak-ngeok terus suka laperan geggegek...Ilul biasanya nongki di depan rumahku bareng kucing satu lagi, namanya Smeagol. Nama lengkapnya Smeagol Xtolietelly, cakep kan? Dia itu kucing 3 warna atau Kaliko tapi perawakannya lebih langsing. Keduanya betah bener nongki depan rumah Mbul.

Terus lauk lain buat besokannya ada ayam marinasian dan tempe karena Kakak A seneng banget kalau takgorengin tempe anget. Sedangkan Adik sukanya ayam goreng. Sayurnya ada labu siem. Buahnya nangka dan jambu biji. Lainnya aku dibeliin bakwan sayur. Aku suka banget bakwan sayur pake cengek ijo. Bakwannya masih anget, cengek ijonya ojo sing terlalu pedes, jadinya manteb. Nangkanya dimaem sore-sore. Nangkanya manis banget, dimaem sama Suami sambil nonton tipi enak nich. Ku suka nangka soalnya gegeggek. Kalau jambu biji kayaknya yang dalemnya warna merah deh. Beli yang udah mateng, jadi kayaknya enak dijus. Pepaya juga suka sich. Soalnya pepaya itu seger bisa buat ngelancarin pencernaan.









Nah, Sabtu aku sama Tamas udah ada stok sayur dan lauk, jadi aman kalau kami tinggal jalan-jalan bentar. Oiya, selain beli sayur ama lauk, sore itu aku juga diantarin Tamas ke Dan Dan Beauty dulu. Soalnya Bedak Wardah aku udah abis. Jadi aku mau beli bedak Wardah dulu sama sekalian Wardah Exclusive Liquid Foundationnya. Kebetulan kalau ini aku cocoknya pake Wardah, hehehe. Karena terasa lebih ringan di wajah aku, meski sesekali aku juga pake foundie Sari Ayu yang kuning langsat sich, tapi seringnya pake Wardah. Ya pokoknya yang sesuai ama jenis kulitku. Kalau lipstik aku kadang ga tentu. Lagi senengnya pake apa ya itu yang takcobain hehe. Kalau sekarang aku lagi seneng pake Hanasui yang hazelnut Latte ntar taktimpa pake lipgloss Rose All Day kalau ga ya Maybelline hehe. Tergantung lagi sukanya pake apa gegeggek. Udah gitu aja minimalis, biasanya kalau mau jalan-jalan atau kondangan ku pakenya foundation yang liquid itu tadi, bedak Wardah tipis-tipis, lipstik matte tar atasnya taktimpa pake lipgloss udah. Kalau di rumah seringnya polosan aja, ga pake apa-apa hahahaha. Kalau alis, karena aku punya alis tebel (faktor genetik atau udah dari sananya/ turunan), jadi alis ga diapa-apain tuw. Polosan tetep tebel gitu aja, takbiarkan gitu aja meski diwut-diwut hahahah.



























































Nah, Minggu pagi, mumpung Suamiku dan Si Kecil masih pada bobok, jadi aku bisa resik-resik rumah dulu. Aku nyapu, bersiin dapur, bersiin ruang tamu, ngosek kamar mandi, dan bersiin teras. Ilul juga udah ngeak-ngeok minta makan, jadi takpakanin dulu. Abis itu aku masak sat-set, mau coba bikin tongkol lombok ijo lauknya telor dadar sama tempe goreng anget. Pikirku, kalau udah maem masakan sendiri di rumah, kalaupun ntar mau jalan-jalan, palingan tumbasnya cemilan aja geggegek. Makanan beratnya udah masak dari rumah. Jadi udah sarapan dulu di rumah. Paling sore-sorean sich keluarnya. Biasanya di penghujung Minggu kami ngiter deket rumahnya sore-sorean. Tapi ternyata abis Ayank Beib melek sekitaran jam 09.30 pagi, ternyata Beliau langsung ajakin aku buat siap-siap. "Nah, kemana kita?" Beneran kan.... Beliau emang suka gitu, tercetus ide buat ajakin aku jalan-jalan random ntar tau-tau udah nyampe mana. Jauh betul ngebolangnya kami tuw, hihihi. Tapi aku suka sich sebab sekalian refreshing cari udara seger. Jadi, pagi kami sarapan dulu. Terus pakpung. Tamas, Kakak A, sama Adik takgodogin banyu anget buat siram dan juga pakpung. Kalau aku pakpungnya pake banyu adem aja, soalnya biar ga sumug hahhahaha. Iya, serumah yang suka pakpung banyu adem cuma aku doang. Kalau Suami dan Anak-Anak hobinya minta digodogin aer dulu sama aku biar siram/pakpung banyu anget gegeggek. Nah, abis pakpung dan ganti pakaian, aku juga kerudungan, dll, lanjut kita let's gooooo....Karena Minggu saatnya buat haland-haland. jalan-jalan Minggu, hore.... "Emang kita mau ke mana Tamas?" tanyaku pada Suami yang lantas ama Suami langsung dijawab nyantui. "Udah Dedek duduk manis aja, ntar tau-tau nyampe wkwkkwkwk.." Wow baiglah #tapi mengatakannya dengan seneng gitu  gegeggek.  Sebelumnya kami mandeg beli yakult, teh botol sosro dan es krim Campina dulu buat sangu di jalan.














Ini yang namanya pohon kecapi












Liat dari jendela kendaraan, di kejauhan ada pohon rambutan lagi berbuah lebat banget, cakep ya pohonnya gede gitu buahnya lebat merah ranum







Abis itu kami melenggang kangkung liwat Pasar Kemis trus ke arah Gatot Subroto eh tau-tau bablas Tol Cikupa. Lho....lho...lho? Mau kemana ya kira-kira? Kayaknya jalan-jalan kali ini agak jauhan dikit dari rumah deh. Ini dari Tol Cikupa lanjut ke arah yang mau ke Balaraja gitu terus bablas terus sampe Kragilan bablas lagi arah-arah Rangkasbitung. Sebelum Rangkasbitung, ada plang ijo bertuliskan Rangkasbitung, Pandeglang, Maja. Nah, kami mau ke  arah Rangkasbitungnya. Ngliwatin Tol baru jadi jalanan masih sepi betul. Kutanya Tamas, "Apa kita mau ke Pandeglang Tamas?" Kata Tamas : "Bukan...bukan yang ke Pandeglang, Dedek. Itu beda jalur. Ini yang mau ke Rangkasbitung itu lho Dek Mbul. Ya, sopo ngerti bisa tekan Baduy, Dek...siro arep ra maring Baduy, nanti kita maem durian di sana?" Wow ke Baduy? Ya mauk lah pake banget. Senajan jauh...tapi kok ya ku senang diajakin ke sana hihi... "Ow lha itu sama kayak yang waktu kita kondangan tempat konco kantornya Tamas, yaitu Om yang ada di daerah Baros bukan?" tanyaku memastikan. Kata Tamas : "Beda lagie Dek, ini lebih jauh lagi. Ntar kita nglewatin Lebak dulu baru ke arah Rangkasbitung yang mau ke Baduy itu...ya golek-golek durian lah kita Dek." Lha kalau Bitung ama Rangkasbitung itu beda apa sama iya Tamas?" Mbul bertanya lagie soalnya liat plang Bitung ada, Rangkasbitung juga ada. Sama-sama ada Bitungnya. Apa itu sama apa beda iya? "Iyo beda lha Sayank, aduh Mbul ini kok nggemesine eram-eram, ayo dibaca lagi petanya, Mbulkuw yang mbem bianget," wkwkwk. Tabokiend si Mbul *Canda. Tapi dibawa haland-haland ke Rangkasbitung sih Mbul mauk banget, secara Mbul suka jalan-jalan berempat kayak gini. Kita berpetualang. Jadi bolang, bocah-bocah petualang. Ada Mbul, Tamas, Kakak A, dan Adik. Formasi lengkap, fullteam hehe. Dan ternyata ini lebih jauh lagi emang rutenya. Ga kusangka jalannya itu naik turun dan beberapa kali ngliwatin tebing-tebing juga hutan, perkebunan buah, nanti liwat lagi jalanan sepi yang samping-sampingnya mbulak atau area persawahan yang menghampar luas, lanjut liwat hutan lagi, jalanan desa, jembatan yang ngisornya kali, danau/situ, dll. Wah....wah paling suka deh kalau acaranya mbolang kayak gini hihihi..





























Lepas dari tol dan udah memasuki area Lebak, Cimarga, Leuwidamar, juga Cibungur. Ternyata jalannya bertambah mantab aja, masih ada beberapa ruas yang berbatu terjal. Jadi pating nggronjal, nggajlug-nggajlug...kayaknya belum tersentuh perbaikan sama sekali. Beberapa ruas yang lain mulai ada perbaikan sich sehingga tiap beberapa meter sekali ada Pak Ogah. Lanjut naik turun lagi dan pinggir-pinggirnya banyak pohon buah-buahan. Ada pohon durian, pohon manggis, juga pohon kecapi. Di beberapa kesempatan, kuliat pohon kecapi pada tinggi-tinggi sekali. Buahnya lagi ndadi banget, berbuah lebat. Banyak pula buah kecapi yang pada jatuh ke atas tanah. Terus pohon rambutan juga banyak. Pada berbuah lebat juga, merah-merah, cuma kata orang sini rambutan yang khasnya sini biarpun manis tapi daging buahnya ga nglothok. Jadi disesep-sesep aja cara makannya. Nah, buahnya ini di bulan-bulan sekarang lagi pating nggrandul di dahan-dahan dan tangkai pohon. Wah, pemandangan yang mengasyikkan kalau liat pohon berbuah gini. Aku jadi ingat, Rangkasbitung itu terkenal sama apanya ya...Buah-buahan yang khasnya sini. "Buah opo emang, Dek? Kujawab Duku dong. "Kan kita sering maem duku Rangkas wkwkwk. Kalau pas lagi ga dapet duku Palembang, biasane ma Om Bakule duku direkomendasiine duku Rangkas." Ya Rangkasbitung berartine. Mbul berkata polos *taboook. Wuw...dasar Mbul ngegemesin...Tapi sekarang belom musim duku lagi. Yang banyak disade orang-orang sini itu iya kalau sekarang adalah the king of fruit, apalagi kalau bukan durian. Durian khas Baduy yang bentuknya kecil tapi dalamnya manis. Lainnya ada manggis yang pating nggrandul juga rambutan. Nah, ntar pulange Mbul mau beli rambutan aaaah...




















Makin ke sana, jalanan makin berbatu-batu, debunya juga banyak banget, kemebul, maklum lagi musim kemarau panjang kan? Jadi jalanan serasa dipenuhi dengan debu dari tanah. Kami sempet mandeg dulu di parkiran minimarket. Aku beli minuman dingin lagi, sementara Suamiku mau ngecek rute ke arah Wisata Baduy tuh berapa lama lagi ya kira-kiranya. Kayaknya kok ga sampe-sampe? Jalannya juga makin meliuk-liuk tajam, beberapa kali bahkan pating nggronjal karena masih berbatu-batu gitu. Jam udah menunjukkan pukul 14.30 WIB, jadi kami ngaso sejenak di Simpang 3 Baduy, beli-beli wedang anyes dulu sama cemilan roti en keripik kentang. Abis itu lanjut jalan lagi. Pas nyampe depan ponpes apa ya kulupa namanya, tapi yang jelas di situ banyak santriwan remaja berkopiah, berkoko + serta sarungan yang pada njedul dari pondoknya hendak mengaji, sementara tanah atasnya berupa setapakan tipis pinggirannya jurang tapi ditanemi kebun buah-buahan. Nah, yang sisi setelah nyebrang itu ada saung kecil tempat ngetem 2 orang Om-Om bakul durian sehingga Suamiku tetiba langsung tercetus ide buat beli durian. "Bagaimana kalau kita nduren saja dulu yuk Dek di sini. Ya sambil duduk-duduk manis, soale kayaknya rutene isih adoh." Mbul pun mau aja karena durian yang di depan mata tampak imut-imut sekali. Iya duriannya biar berukuran kecil, tapi keliatannya kok menggiurkan banget. Keliatan enak timen Sayank. "Durian khas Badui...boleh dicoba, dijamin manis," Begitu si Om Bakul duriannya olehe mempersuasi diriku dan Tamas supaya beli. "Berapa nih Om duriannya?" Suamiku bertanya. "Murah A...Cepek 5. Manis-manis. Ga manis, jaminan uang kembali." Ujar si Omnya semangat. "Ayo A ayo Teh dicobain duriannya, nanti kita plekahin." Si Omnya langsung siap mlekahin duriannya buatku dan Tamaa. "Boleh deh." Suami langsung pegangin pundak aku dan ajakin aku duduk di situ karena kami mau maem duriannya langsung ditempat. Diplekahin ama si Omnya. Memang duriannya kecil-kecil. Tapi alhamdulilah ga ada yang zonk. Semuanya manis. Rasanya lembut legit. Ada yang agak basah, tapi ada juga yang kering tapi bentukannya pulen banget, padet. 1 glundung isinya dikit-dikit, tapi soal rasa, manis legitnya kusuka. Enaknya maem durian sambil menikmati pemandangan perkebunan buah di depannya. Lalu di kejauhan juga tampak pemandangan alam perbukitan serta pegunungan dan persawahan yang memanjakan mata. 

Nah, pas kami maem itu, mandeg lagi lah 1 mobil yang ikutan parkir karena hendak nduren juga di situ kayak kami. Ternyata Bapaknya dari Lampung. Katanya baru nyebrang dari Lampung mau wisata ke Baduy cuma jalanan ke sana macet banget, akhirnya nduren saja lah wkwkwk. "Oh jadi jalanan yang ke Kawasan Wisatanya macet?" Banget kata rombongan si Bapaknya. Wah, mengingat waktu juga udah menunjukkan jam-jam sore, maka kayaknya aku sama Tamas ga jadi jalan sampe Baduynya deh, soalnya udah mau sore gitu kan? Hawanya juga udah peteng ndedet. Medan perjalanannya juga semakin naik turun penuh batu-batu terjal. "Sing penting kita wes tekan Simpang 3 Baduy kan Dek, wakakakakk...kan kita emang tujuane jalan-jalan ngrandom aja tow?" Iya ga pa pa sih, jalan ngliat pemandangan alam gini aja Mbul dah seneng bukan maen. Ga usah sampe masuk ke tempat wisatanya, soalnya udah peteng dan udah mau magrib juga kan? Mengingat area jalannya tadi juga berkelok-kelok tajam, naik turun pegunungan, melintasi pinggiran hutan, dan beberapa ruas jalan juga masih berbatu-batu sementara penerangan masih minim, jadi kami memutuskan buat otw arah balik lagi gegegegk. Nduren di Simpang 3 Baduy juga udah cukup lah kalau buat Mbulnya hihi. Setelah menandaskan durian yang ke-5, Suamipun ngajakin aku buat pamitan ke Si Om Bakul duriannya lalu lanjut lagi setelah dibantu atret kendaraan buat balik arah. Kami jalan lagi liwat Leuwidamar bablas trus nyampe Cibungur yang kanan kirinya berupa kebun buah-buahan (dipenuhi pohon durian, manggis, rambutan, ama kecapi). Kami juga lewat pinggiran hutan dan tebing-tebing, trus mbulak atau persawahan, lalu jalanan desa setempat lagi. Masih asrep karena banyak pepohonan. Khususnya pohon buah-buahan. Makanya ga heran banyak yang sadean buah-buahan juga.. Pas liwat kede buah-buahan aku langsung bilang ma Tamas : "Rambutaaand Tamas.....tuw...merah-merah...Mauk rambutan..." Mbul tunjuk buah rambutan pating ndompol di kede seorang Kakek. Kami pun segera menepikan kendaraan dan nyebrang sejenak ke kede itu buat mampir.


























Kakek pemilik kede buah-buahannya menyambut kami dengan ramah, "Mari A, Neng...silakan dicobian, rambutan nu aya." Ujar Kakeknya ramah. "Berapa nih Pak rambutannya?" tanya Suamiku yang langsung dijawab si Kakeknya Rp 14 ribu seikat. Wow mantab banget. Seikat rambutan khas Baduy ini terbilangnya banyak lho. Ga kayak yang di deket rumah yang seiket cuma dikit sakdompol doang. Kalau ini terbilangnya banyak. Kamipun beli Rp 30 ribu, juga pisang tanduk satuan karena Mbul lagi pengen pisang tanduk buat diolah jadi penganan ntar. Nah, abis itu Suamiku juga tanya ke si Kakeknya bahwa duriannya itu kena berapa. Dijawab Kakeknya : "120 ribu 3. Tapi udah biarin deh Rp 100 ribu 3. Buat kenang-kenangan oleh-oleh dari Baduy A, Neng." Wah baiknya si Kakek, tadi ya. Satu durian diplekahin dikit ama kakeknya, dan kami pastiin rasa duriannya manis legit apa ga. Ternyata manis legit. Jadi fix kami beli semua duriannya itu. Udah deh, abis itu kami pamitan ke Si Kakeknya karena kami mau lanjutkan lagi perjalanan. Nah, baru jalan beberapa meter dari situ, lepas dari penggokan Simpang Baduy 3 jalan dikit ke depan kami ngeliat ada gombyokan pete gede-gede banget. Mandeglah kami karena mau beli. Suamiku beli dari Om yang jual petenya ternyata selenjer masih kena Rp 5000. Masih mahal menurutku. Jadi kami beli 6 lenjer aja. Mantab, oleh-oleh buah-buahan dan sayur-sayurah khas Baduy dapat rambutan, durian, pisang tanduk dan pete...Saatnya lanjutkan lagi perjalanan ke arah pulang. Tapi sebelum beneran ke tol, kami mau mandeg maem dulu karena si Kecil udah pada laper.

Kami pilih maem di Boemi Sunda dulu yang berlokasi di Kp Degung 1, Bojongleles, Kecamatan Lebak, Banten. Pantarannya jam 17.00 WIB nyampe sana. Langsung tag tempat lesehan dan pilih menu. Untuk maemannya kami pilih udang saos telor asin, cah kailan sapi, tempe goreng, tempe mendoan, sayur asem, pete & jengkol goreng, lalap, dan sambal dadak. Ga lupa nasi untuk kami maem berempat. 2 Dewasa, 2 anak-anak. Minumnya es campur merah, es teller original, jus alpukat, dan es teh tawar. Sembari nunggu masakannya mateng, kami gantian sholat dulu. Nah, setelah sholat baru deh minumannya dah pada dianter di atas meja, begitu pula menu masakannya. Hmmm, keliatan enak-enak banget.





















































Dia mah kucing kocag, tiap kali ndekem posisi kakinya kayagh tupai












Bener dong, rasanya enak-enak semua. Terutama aku suka banget sama udang saos telor asin dan cah kailan sapinya yang diamem sama-sama. Ini enak banget. Udang saos asinnya terutama yang gurih banget, cah kailan sapinya juga rasanya ringan, kailannya kranci masih ijo cantik. Terus pete goreng dan jengkol gorengnya juga enak, kletuk-kletuk. Begitu pula dengan sayur asem dan tempe gorengnya. Semua pas. Minumannya juga seger banget. Terutama aku paling suka ama es campur merahnya. Ini enak banget deh. Isiannya tuw melimpah, ada nangka, tape singkong, kelapa muda, alpukat dan kolang-kaling. Rasanya legit dan juga seger. Mantab deh...Setelah maem dan bayar-bayar, kami pun lanjut lagi untuk perjalanan pulang, alhamdulilah nyampe tol mulus lancar aja, dan sampe rumah kami lagi jam 20.00 WIB, langsung ngaso-ngaso dan istirahat. Nah, keesokan harinya si pete langsung takmasak jadi tongkol balado pete sesuai requestan Suamiku. Kalau buah-buahannya dimaemin sore. Buah-buahannya enak deh. Rambutannya manis, duriannya ga ada yang zonk aliyas rasanya legit semua, sedangkan petenya manis-manis kletuk-kletuk. Enak. 

























Alhamdulilah, seneng deh, kemaren bisa jalan-jalan random sampe Rangkasbitung. Next time jalan-jalan kemana lagi ya. Tungguin aja di tulisanku selanjutnya. Sekarang kuakhiri dulu tulisanku sampe sini. See you and bye bye...