Kamis, 03 Desember 2015

Resep Perkedel Kentang Ala Beby Mbul



Ketika ditanya masakan apa yang paling effort, jawabanku pasti bergedel *kebiasaan lidah Jawa nglafalinnya begitu.

Ralat. 

Maksudnya perkedel. 

Tadinya sih mau sok-sok-an bikin yang ala-ala kornet, tapiiiih kenyataannya syusah. Kedengarannya sepele ya. Tinggal cemplung-cemplungin ke adonan kentang. Eeee.....lha....pas dijajal, kok begonoo? Rempong cyiint...ini ono kucrut ngettz...


Perkedel kentang dan perkedel kornet Ala Chef Beby Mbul



Tapi ya tetep ae dikerjakan. La wong malu ama status. Pan udah jadi  Stay at Home Wife ceritanya. Bukan lagi single yang tinggal cidukin baskom punyaknya warteg. Masa pola maem nda berubah juga. Jadi kudu diniatin dari dalam hati biar bisa mengolah segala bahan yang ada di dapur. 

Baiklah, karena kebetulan siang tadi Beby Mbul masak perkedel, jadi aku bagi dikit deh resepnya. Ceritanya biar kelihatan gito lho kalau aku bisa masak, masak isinya jajan muluk di restoran...bhahahangkai...memang ini pencitraan.


Bahan baku :

4 buah kentang ukuran besar
Bawang merah
Merica
Royco rasa ayam
Garam
Kornet
Telur, pisahkan kuning dan putihnya
Tepung roti.



Maaaaaff yoo, irisan kentange abstrak banget

Goreng setengah mateng

Ulegnya yang alus lho ya

Ini biar gurih



Cara Membuat :

Cuci bersih keempat kentang
Potong tipis lalu digoreng setengah mateng
Iris tipis bawang merah, goreng  sebentar sampai harum
Irisan kentang yang sudah digoreng kemudian diuleg sampai halus
Tambahkan irisan bawang merah goreng, merica, garam, dan Royco dalam adonan kentang
Tambahkan kuning telur, aduk rata.
Bikin adonan satu lagi untuk yang dicampur kornet
Bentuk bulet-bulet untuk yang original lalu celupkan ke putih telur yang sudah dikocok
Bentuk lonjong-lonjong untuk yang rasa kornet, celupkan ke putih telur, gulingkan ke tepung roti.
Goreng dalam minyak panas sampai tenggelam dan berwarna keemasan.
Angkat, tiriskan.


Campur dengan kuning telur

Putih telur

Bikin adonan satu lagi yang pake kornet

kebetulan pakai merek ini

Bentuk bulet yang ori...yang lonjong itu rasa korned

Goreng di minyak panas
 
balut yang kornet dengan tepung roti
 
Eng ing eng...

 
Ini dia...


Untuk melengkapi lauk yang satu ini akupun harus membuat sayur yang sekiranya cocok untuk dipadu padankan. Dan...tiba-tiba terlintas tumis pare. Yeah....kalo tumis-tumisan semua pada faseh kaaahn? Ya udah la ya, step stepnya dijelasin lewat foto aja. 

Paling yang jadi point pentingnya adalah cara menghilangkan esense pahit pada pare. Daaan yang aku lakukan adalah merendamnya beberapa menit ke dalam air garam panas. Habis itu diremas-remas, dan saring. Lalu pas ditumis, campurkan gula Jawa yang lumayan banyak. Ya emang sih, mungkin pengaruh lidah Jawa yang demennya ama yang manis-manis.



Rendam dalam larutan garam biar ga pahit

Bumbu tumisan....mpe harum

Masukkan pare

Jeng jeng ....!!


Bagaimana pemirsa? Mudah bukan membuatnya? *tiba-tiba backsound suara Ibu Sisca Soewitomo mengendalikan bibir inih...

72 komentar:

  1. wah enak nih...perkedel...di tpt saya namanya bergedel

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang bener...di kampungku bumen juga disebute bergedel hahaha

      Hapus
    2. owalah gustyanita dari kebumen ya...saudara sy juga ada di kebumen...rumahnya d ponpes al-islam kawedusan... (namanya aneh, wedus)... :D

      Hapus
    3. yg penting namnya bukan bergudal ... :D hehe
      bisa bahaya itu rasanya ,,,

      Hapus
    4. bergundal or begundal ni kang fiu? ;D

      Hapus
  2. nang kebumen namane bergedel.
    bergedel makanan kesukaanku setelah tempe, sayur pare juga sayur kesukaanku sebelum terong, sayur pare bagiku ibarat artis dia ini ralin shah.

    besok buat ahh dirumah ada kentang.
    nice post.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh keren banget ya dhi..bisa masak juga
      iyo e jenenge kiye bergedel mbok hahahha
      dadi ngapak ngene enyong lah..

      Hapus
    2. iya donk masak hobiku setelah baca, nulis, nonton film, denger lagu.. *hmm..

      iyo mbak bergedel jenenge, ngapak kebumen.. sebelah wetan ra ngapak koyo kulon.

      Hapus
    3. hidup wong bumen !!!
      hidup bahasa ngapak !!!

      Hapus
    4. sing penting pada guyub kaya kuwe lahhh bhahahha

      Hapus
  3. hahaha aku juga nyebutnya bergedel :D
    Tumisan pare dioseng pedas kasih teri, wuahhh sedappp

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiii jatim n jateng beda tipis ya mb cara penyebutannya?

      Hapus
  4. Aku sekarang masih numpang emak jadi ndak pernah masak. Ntah apa jadinya kalau nanti sudah tinggal di rumah sendiri terus tetep males masak :)

    Harus belajar belajar belajar :)

    BalasHapus
  5. Kayanya enak tuh, boleh donk dicoba. Lumayan buat nyoba rasa baru, biasanya kan makan perkedel yang isinya jagung sama pelengkapnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain mas arif, bikin ndiri di kosan..

      Hapus
  6. kenapa kentange digoreng NIt? ndak direbus aja tho...
    anyway...pare is my favorite lauk...wkkwkwkw..ecieeyyy udah berani share resep-resep nih si ubu muda..semangaaatt

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku baru tahu lho in kalo ada yang dikukus :))

      Hapus
  7. pas banget mau sarapan pagi disedian perkedel sama oseng pare

    BalasHapus
  8. Mak, mbak, pengen nyobain dong kayaknya ueeenak banget nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh..jangan lupa sepiring 5 rebu ya mas bimo hahhaha

      Hapus
  9. mumpung saya lagi lapar, apapun tu namanya perkedel atopun kornet saya bersedia menerima dengan tangan terbuka xixixi..

    BalasHapus
  10. Baru tau buat perkedel kentangnya di goreng, kalo aku biasanya di kukus atau rebus. Yang penting setengah mateng lah.. hehehe.. dan biasanya juga aku bumbu bawang putihnya dihaluskan. Boleh deh nyoba bikin pake resep kak Nita..

    Yang tumisan pare enak banget ditambah tempe sama udang.. huu nyammy.. laper deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oooowalah ada juga ternyata yang dikukus ya ru, terus terang aku baru tahu ini

      ayo rum, kamu kan pinter bikin makanan hihihi

      Hapus
  11. Oh gitu ya menghilangkan pahit pare. Aku mah pobia sama paitnya pare, pokoknya kalo disomay pake pare, ga jd makan deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb ratu, terutama pas ditumis gula merahnya diperbanyak, insyaalloh ilang paitnya

      Hapus
  12. sippp..sekarang udah jadi chef..salut deh mbak soalnya saya nggak bisa masak kecuali mi instan...

    * mbak dulu waktu single waskomnya warteg nggak kebawa pulang kan... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah justru aku kalo bikin mie instan masih kurang jos lho mb anjar heheheh
      kayaknya aku bawa pulang *eh..

      Hapus
  13. wuih mantep... saya malah blum pernah nyoba masak pare :D

    BalasHapus
  14. Whoaaaaa... kebetulan belum makan, liat ini langsung laper. Eh, kalau nggak liat juga tetap laper sih. Eh apa dah, Cha.
    Tapi serius Mbak Nit. Jadi laper dan pengen makan itu, Lucu juga diliat, perkedel pake kornet. Ngenyangin banget buat aku yang kalau makan selalu porsinya sedikit udah kenyang. Trus juga, aku kira pare itu nggak bisa dimasak tumis. Hahaha. Ketahuan banget nggak tau masak-memasak ya aku, Mbak. Huhuhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tumben cha laperan? musim ujan ya? biasanya paling malas icha kalo disuruh maem. hahah
      iya ni mash memanfaatkan kornet kalengan sebelum expired..biasanya lama ngendon di kulkas pas dicek tau tau uda uzur huhu

      Hapus
  15. Tanggung jawab nih jadi pingin makan bergedel lho, enak banget rasanya. Penasaran sama yang digoreng pake tepung, jadinya perkedel crispy ya.

    Kalo dirumahku perkedelnya biasa dimakan bareng sayr sop.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,...klo di luar lebih mirip risol mayo ya ki..hahha
      sayur sop juga bisa, semua bisa kalo lidahnya cocok sih heheh

      Hapus
  16. nyontek tipsnya yg ngilangin rasa pahitnya pare Mbak.
    SEcara saya pernh bikin tumis pare, rasa pahitnya masih terasa banget meski sdh saya remas2 pake garam. Ternyata kudu di kasih air hangat juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb..sejauh ini itulah kiat-kiat tuk ngilangin pahitnya
      kalo ngefeknya sih pake air panas, trus banyakin gula pas ditumis..

      Hapus
  17. wah mbah kalo ak tak bisa buatnya, tau nya cuma makannya aja hehehe

    BalasHapus
  18. mampir rumahmu ach, aku bikin perkedel kentang juga kemarin, tapi gak pakai tumis pare...

    BalasHapus
  19. wiih, nikmatnya ya mb perkedelnya :)

    BalasHapus
  20. menurut saya perkedel terenak di dunia itu buatan ibu saya :)
    he he he
    ya iyalah, orangtua sendiri

    eh tapi kalo di rumah makan padang sederhana (tapi harganya ga sederhana) itu paling enak selain telor dadar sama rendangnya, ya perkedel yang bikin nagih he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. masakan ibu memang ga ada yang ngalahkan ya mas irul ;D
      wAwah..klo di masakan padang kremesan telor (yang ada di kulitnya) itu yang bikin balik lagi dan balik lagi ya hahhaha

      Hapus
  21. enak bener,, kok bentuknya beda ya saat saya buat,hehe yg ini lebih rapi :D

    BalasHapus
  22. menawan juga perkedelnya. kalau gue mah perkedel asal jadi, tinggal cemplungin kecap manis... ajib dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. perkedel yang sangat menawan..bisa tersanjung kalo dia dengar hahahha

      Hapus
  23. Saya juga Mba dari kecil tahunya nyebutnya itu bergedel (semua orang di rumah bilangnya bergedel soalnya :p) eh, ternyata disebut "perkedel". Yang perkedel kornet itu pasti enak banget, ngeliat dari fotonya aja udah nimbulin selera makan sendiri haha.

    Ngga pa pa kok Mba irisan kentangnya abstrak, yang penting rasanya kan enak, ga abstrak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan? bener ada yang nyebut begitu (asyik ada teman)
      sejujurnya yang ori lebih enak bay daripada yang kornet...huhuhu

      Hapus
  24. Sampai sekarang masih belum bisa suka kentang. Tapi daging sih doyan. Hehe. Cakep banget nih ibu rumah tangga bisa nyobain macam-macam resep.

    BalasHapus
  25. Sampai sekarang masih belum bisa suka kentang. Tapi daging sih doyan. Hehe. Cakep banget nih ibu rumah tangga bisa nyobain macam-macam resep.

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal sebagian ada yang gagal lo hahhahah

      Hapus
  26. kok perciss sama yg suka kubikin di rumah *ngomot atu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaasyiikk ada yang sehati dengankuw ;D

      Hapus
  27. waaa..sayur pare favorit banget,sayangnya kalo masak pare cuma saya yg doyan..jadi jarang di masak deh..mau coba ahh bikin perkedel pakai tepung roti #barutau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aneh ternyata ya mb nunu klo dari tepung roti, ini juga resep yang pengawuran bisa dibilang gegegek

      Hapus
  28. yg gw suka dari perkedel cuma 1
    bisa dimakan
    ngiler lg j dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhaha...tinggal ciduk ciduk aja tu panci

      Hapus
  29. ko keliatannya kaya ayam goreng yah

    BalasHapus
  30. Perkedel kentang itu masakan andalan saya, nyaamiii..
    Katanya pare dimasak pedes juga enak, pahitnya bisa tersamarkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo saya lbh suka kentangnya direbus trus dihancurkann deh, tp sama aja koq digoreng stgh matang dl ama direbus intinya bisa dihancurkan :D

      Hapus
    2. Wahh mantab, udah master...kayaknya aku perlu berguru pada dirimu nih mb diah hehhe

      Kalo kepedesan, aku lebih seneng diimbangi ama gula jadi kerasa pedas manis gurih yang nyatu gitu
      wah kalo direbus aku malah baru tau loh, otomatis irit minyak ya ...heheh

      Hapus
  31. syalalalala, aku sudah lama tak bikin perkedel....
    sebenarnya capek euy ngulek kentangnya ituuhh, hiihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. embyerrr hihiiii, bgulegnya bikin cenat cenut jari ya mb eka

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...