Kamis, 03 Desember 2015

Resep Perkedel Kentang Ala Beby Mbul



Ketika ditanya masakan apa yang paling effort, jawabanku pasti bergedel *kebiasaan lidah Jawa nglafalinnya begitu. Ralat. Maksudnya perkedel. Tadinya sih mau sok-sok-an bikin yang ala-ala kornet, tapiiiih kenyataannya syusah. Kedengarannya sepele ya. Tinggal cemplung-cemplungin ke adonan kentang. Eeee.....lha....pas dijajal, kok susah hehhe..




Baiklah, karena kebetulan siang tadi Beby Mbul masak perkedel, jadi aku bagi dikit deh resepnya. Ceritanya biar kelihatan gito lho kalau aku bisa masak, masak isinya jajan muluk di restoran...bhahahangkai...memang ini pencitraan.

Bahan baku :

4 buah kentang ukuran besar
Bawang merah
Merica
Royco rasa ayam
Garam
Kornet
Telur, pisahkan kuning dan putihnya
Tepung roti.

Cara Membuat :

Cuci bersih keempat kentang
Potong tipis lalu digoreng setengah mateng
Iris tipis bawang merah, goreng  sebentar sampai harum
Irisan kentang yang sudah digoreng kemudian diuleg sampai halus
Tambahkan irisan bawang merah goreng, merica, garam, dan Royco dalam adonan kentang
Tambahkan kuning telur, aduk rata.
Bikin adonan satu lagi untuk yang dicampur kornet
Bentuk bulet-bulet untuk yang original lalu celupkan ke putih telur yang sudah dikocok
Bentuk lonjong-lonjong untuk yang rasa kornet, celupkan ke putih telur, gulingkan ke tepung roti.
Goreng dalam minyak panas sampai tenggelam dan berwarna keemasan.
Angkat, tiriskan.




 
Untuk melengkapi lauk yang satu ini akupun harus membuat sayur yang sekiranya cocok untuk dipadu padankan. Dan...tiba-tiba terlintas tumis pare. Yeah....kalo tumis-tumisan semua pada faseh kaaahn? Ya udah la ya, step stepnya dijelasin lewat foto aja. 

Paling yang jadi point pentingnya adalah cara menghilangkan esense pahit pada pare. Daaan yang aku lakukan adalah merendamnya beberapa menit ke dalam air garam panas. Habis itu diremas-remas, dan saring. Lalu pas ditumis, campurkan gula Jawa yang lumayan banyak. Ya emang sih, mungkin pengaruh lidah Jawa yang demennya ama yang manis-manis.



































Bagaimana pemirsa? Mudah bukan membuatnya? *tiba-tiba backsound suara Ibu Sisca Soewitomo mengendalikan bibir inih...




37 komentar:

  1. wah enak nih...perkedel...di tpt saya namanya bergedel

    BalasHapus
    Balasan
    1. owalah gustyanita dari kebumen ya...saudara sy juga ada di kebumen...rumahnya d ponpes al-islam kawedusan... (namanya aneh, wedus)... :D

      Hapus
    2. yg penting namnya bukan bergudal ... :D hehe
      bisa bahaya itu rasanya ,,,

      Hapus
  2. nang kebumen namane bergedel.
    bergedel makanan kesukaanku setelah tempe, sayur pare juga sayur kesukaanku sebelum terong, sayur pare bagiku ibarat artis dia ini ralin shah.

    besok buat ahh dirumah ada kentang.
    nice post.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya donk masak hobiku setelah baca, nulis, nonton film, denger lagu.. *hmm..

      iyo mbak bergedel jenenge, ngapak kebumen.. sebelah wetan ra ngapak koyo kulon.

      Hapus
  3. hahaha aku juga nyebutnya bergedel :D
    Tumisan pare dioseng pedas kasih teri, wuahhh sedappp

    BalasHapus
  4. Aku sekarang masih numpang emak jadi ndak pernah masak. Ntah apa jadinya kalau nanti sudah tinggal di rumah sendiri terus tetep males masak :)

    Harus belajar belajar belajar :)

    BalasHapus
  5. Kayanya enak tuh, boleh donk dicoba. Lumayan buat nyoba rasa baru, biasanya kan makan perkedel yang isinya jagung sama pelengkapnya.

    BalasHapus
  6. kenapa kentange digoreng NIt? ndak direbus aja tho...
    anyway...pare is my favorite lauk...wkkwkwkw..ecieeyyy udah berani share resep-resep nih si ubu muda..semangaaatt

    BalasHapus
  7. pas banget mau sarapan pagi disedian perkedel sama oseng pare

    BalasHapus
  8. Mak, mbak, pengen nyobain dong kayaknya ueeenak banget nih

    BalasHapus
  9. mumpung saya lagi lapar, apapun tu namanya perkedel atopun kornet saya bersedia menerima dengan tangan terbuka xixixi..

    BalasHapus
  10. Baru tau buat perkedel kentangnya di goreng, kalo aku biasanya di kukus atau rebus. Yang penting setengah mateng lah.. hehehe.. dan biasanya juga aku bumbu bawang putihnya dihaluskan. Boleh deh nyoba bikin pake resep kak Nita..

    Yang tumisan pare enak banget ditambah tempe sama udang.. huu nyammy.. laper deh..

    BalasHapus
  11. Oh gitu ya menghilangkan pahit pare. Aku mah pobia sama paitnya pare, pokoknya kalo disomay pake pare, ga jd makan deh

    BalasHapus
  12. sippp..sekarang udah jadi chef..salut deh mbak soalnya saya nggak bisa masak kecuali mi instan...

    * mbak dulu waktu single waskomnya warteg nggak kebawa pulang kan... :)

    BalasHapus
  13. wuih mantep... saya malah blum pernah nyoba masak pare :D

    BalasHapus
  14. Whoaaaaa... kebetulan belum makan, liat ini langsung laper. Eh, kalau nggak liat juga tetap laper sih. Eh apa dah, Cha.
    Tapi serius Mbak Nit. Jadi laper dan pengen makan itu, Lucu juga diliat, perkedel pake kornet. Ngenyangin banget buat aku yang kalau makan selalu porsinya sedikit udah kenyang. Trus juga, aku kira pare itu nggak bisa dimasak tumis. Hahaha. Ketahuan banget nggak tau masak-memasak ya aku, Mbak. Huhuhu.

    BalasHapus
  15. Tanggung jawab nih jadi pingin makan bergedel lho, enak banget rasanya. Penasaran sama yang digoreng pake tepung, jadinya perkedel crispy ya.

    Kalo dirumahku perkedelnya biasa dimakan bareng sayr sop.

    BalasHapus
  16. nyontek tipsnya yg ngilangin rasa pahitnya pare Mbak.
    SEcara saya pernh bikin tumis pare, rasa pahitnya masih terasa banget meski sdh saya remas2 pake garam. Ternyata kudu di kasih air hangat juga ya

    BalasHapus
  17. wah mbah kalo ak tak bisa buatnya, tau nya cuma makannya aja hehehe

    BalasHapus
  18. mampir rumahmu ach, aku bikin perkedel kentang juga kemarin, tapi gak pakai tumis pare...

    BalasHapus
  19. wiih, nikmatnya ya mb perkedelnya :)

    BalasHapus
  20. menurut saya perkedel terenak di dunia itu buatan ibu saya :)
    he he he
    ya iyalah, orangtua sendiri

    eh tapi kalo di rumah makan padang sederhana (tapi harganya ga sederhana) itu paling enak selain telor dadar sama rendangnya, ya perkedel yang bikin nagih he he he

    BalasHapus
  21. enak bener,, kok bentuknya beda ya saat saya buat,hehe yg ini lebih rapi :D

    BalasHapus
  22. menawan juga perkedelnya. kalau gue mah perkedel asal jadi, tinggal cemplungin kecap manis... ajib dah

    BalasHapus
  23. Saya juga Mba dari kecil tahunya nyebutnya itu bergedel (semua orang di rumah bilangnya bergedel soalnya :p) eh, ternyata disebut "perkedel". Yang perkedel kornet itu pasti enak banget, ngeliat dari fotonya aja udah nimbulin selera makan sendiri haha.

    Ngga pa pa kok Mba irisan kentangnya abstrak, yang penting rasanya kan enak, ga abstrak :D

    BalasHapus
  24. Sampai sekarang masih belum bisa suka kentang. Tapi daging sih doyan. Hehe. Cakep banget nih ibu rumah tangga bisa nyobain macam-macam resep.

    BalasHapus
  25. Sampai sekarang masih belum bisa suka kentang. Tapi daging sih doyan. Hehe. Cakep banget nih ibu rumah tangga bisa nyobain macam-macam resep.

    BalasHapus
  26. kok perciss sama yg suka kubikin di rumah *ngomot atu*

    BalasHapus
  27. waaa..sayur pare favorit banget,sayangnya kalo masak pare cuma saya yg doyan..jadi jarang di masak deh..mau coba ahh bikin perkedel pakai tepung roti #barutau.

    BalasHapus
  28. yg gw suka dari perkedel cuma 1
    bisa dimakan
    ngiler lg j dah

    BalasHapus
  29. Perkedel kentang itu masakan andalan saya, nyaamiii..
    Katanya pare dimasak pedes juga enak, pahitnya bisa tersamarkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo saya lbh suka kentangnya direbus trus dihancurkann deh, tp sama aja koq digoreng stgh matang dl ama direbus intinya bisa dihancurkan :D

      Hapus
  30. syalalalala, aku sudah lama tak bikin perkedel....
    sebenarnya capek euy ngulek kentangnya ituuhh, hiihih

    BalasHapus