Jumat, 03 Juli 2020

Cara Makan Nasgor Ala Gw...




Oleh : Gustyanita Pratiwi


Sepertinya aku akan menobatkan nasgor sebagai makanan ternyelamatin-able pada saat kelaparan setelah mie instan. Apalagi kalau ada sisa nasi banyak--yang udah dingin ya, dan kalau bisa yang rada pera juga, jangan yang kelembekan ntar malah jadinya kayak bubur goreng lagi (u tatud aku). Terus uda gitu ada telur (yang emang wajib ada dalam kondisi apapun), cabe-cabean (bukan yang bonceng 3), bawang-bawangan, kecap, dan kalau bisa sih ada terasi. Yah, garem mah gosah disebut lah ya. Itu mah wajib ada, gegegegek.

Nasgor ala aku sebenernya gampang aja. Cuma kalau cara makannya sedikit unik, beda dari yang lain, ntar deh aku jelasinnya belakangan. Sekarang mau nerangin cara masaknya dulu.  

Gambar bikinan Gustyanita Praiwi alias gw ndiri as madam beby mbul



Gambar by gw sendiri (Gustyanita Pratiwi)

Bumbu yang diuleg : cabe merah besar, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, garem. Banyaknya terserah, suka-suka lau aja mau kasih berapa, tapi kalau aku sih rawitnya ga kebanyakan, soalnya ni perut ga bisa kena pedes yang terlampau strong. Jadi rawitnya paling 3, cabe merah besarnya 4-5 biar tu nasgor terasa merah membara seperti cintaku padamu. Oh ya, bawang merah dan bawang putihnya juga terserah, tapi kalau agak banyakan bisa bikin tambah gurih sih. Sediakan juga ijo-ijoannya kayak kubis atau pokcoy, mentimun, tomat, atau kalau mau sekalian bikin acar by tangan sendiri juga boleh--dijamin tambah hauceuk, juga pelengkap telur, apakah mau diceplok atau didadar, terserah.

Jadi cabe, bawang merah, bawang putih diuleg kasar aja. Jangan lupa kasih sejumput garem. Kalau mau kasih kemiri juga boleh. Soalnya itu bisa bikin tambah gurih lagi. Cuma itu opsional aja sih. Yang wajib mah cabe, bawang merah, bawang putih. Terus terasinya diapain? Kalau caraku ditumis di awal setelah minyak panas abis itu osreng-osreng sampai hancur. Nah baru abis itu tumis bumbu yang telah diuleg. Kalau mau campur telur bisa banget, juga biar lebih krunchy-an dikit bisa tambahin irisan kubis atau pokcoy.

Nasinya kapan ? Ya ini ntar lagi...

Jadi begitu bumbu tumisan udah terasa semerbak harumnya, baru deh tuh dituang nasinya. Osreng-osreng sampai nyampur, lalu abis itu kasih kecap. Oh ya, betewe aku termasuk team nasgor yang agak gelap, jadi porsi kecrotan kecapnya agak banyakan. Abis itu diublek sedemikian rupa sehingga bisa nyampur jadi satu sambil sesekali dikoreksi rasa. Kalau misalnya kurang asin, bisa dikira-kira lah ya, mau tambahin garem lagi atau ga. Tapi sebenenya kalau kasih terasinya di awal dan itu agak banyakan, ya otomatis udah bikin asin juga sih.

Nah sekarang giliran cara makannya.

Jadi gini gais, selain nasgor itu identik dengan dimakan pake irisan timun (walau kadang keberadaannya suka dianggap antara penting dan ga penting), tomat, acar, telur ceplok atau telur dadar, juga kerupuk, buatku ternyata ada 1 item lagi nih yang wajib disertakan tatkala menyantap sebuah menu in the name of nasgor. Apalagi kalau bukan mayones yang makna harfiahnya terasa sebelas dua belas ama acar, timun, tomat, dkk-nya itu, hahaha. 

Kok bisa makan nasgor pake mayones ? Aneh memang. Tapi nyatanya hasil coba-cobaku ini berhasil membuat rasa nasgorku semakin umami. Aku pakenya merek Mayumi yang pedes sih. Tapi ini ga dibayar loh, hahaha...Ya sekedar info aja bahwa gw pengen ngasi tahu ke kalian semua kalau makan nasgor pake mayones mayumi yang pedes tuh enak rasanya. Uda gitu doang. Walaupun modelannya bukan diublek loh ya, tapi tiep nyendokin nasinya baru deh tuh kasih topping mayonesnya dikit-dikit #penting kali tutorialnya Mbul...#haha, penting dooong....

Sudah dulu ya gaes, sekian update info sebelum malam minggu tiba...dadaah.....

46 komentar:

  1. Memang kalo ada nasi sisa kadang bingung. Dibuang sayang tapi dimakan sudah dingin. Enaknya memang dibikin nasi goreng.

    Tinggal kasih telor, sosis atau bakso, cabe rawit, bawang, kecap dan terasi kalo ada. Kalo mayones mah belum pernah nyoba.πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener binggow mas
      πŸ˜„
      Yak walaupun nasgor ala aku bloman seenak bikinannya kang nasi goreng tektek itu sih huhu

      Tapi makan pake mayonais ini berlaku juga kalau aku habis beli nasgor tektek loh, ga diublekin, cuma dicocol2 aja enak ahhahah #cara makan apa ini ya hahah

      Etapi nasgor menurutku kalau dikasih sosis dan bakso rasanya kok kurang begitu nasgor ya mas, duh gimana ya ngejelasinnya, pokoknya kalau ada sosis dan baksonya itu rasanya jadi kurang joss (menurutku), jadi kalau pesen nasgor aku no baso atau sosis...eh wong suiran ayam aja aku kurang suka deng, sukanya kalau ada telornya ajah 😁. Ya polosan ama dijasih dadar yang kruwil-kruwil itu mantab

      Hapus
    2. Eh salah nulis, yang dikasih sosis atau bakso itu telor gorengnya yang diatas nasgor bukan nasi gorengnya. Kalo nasi goreng ya enaknya kasih kecap sama telor plus cabe rawit.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. Lah inovasi baru dong mas, telornya dikasih sosis ama bakso πŸ˜‚

      Hapus
  2. Sepertinya segala sesuatu dicampur mayonais itu enak deh kak! #lhoo

    Bahkan telur dadar sekalipun, dicampur mayonais tuh enak deh πŸ˜‚

    Anyway, aku tim nasgor agak putih nih. Ala ala nasgor oriental gitu.Maaf berkhianat πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener juga ya li, blom nyobain dadar dikasi mayo, boljug tuh idenya πŸ˜‚

      Wakakak, eh iya yak lia kan ada turunan chinese ya, jadi maemnya ya khas chinese food, nah kalau nasgor masakan china pernah juga li kucobain , tapi pas dulu ada kerjaan dan acaranya di sangrila, makan siangnya nyobain restonya dan di situ disediakan nasgor khas chinese food yang emang terang banget warnanya, udah gitu bumbunya ga semedok nasgor tektek, iya ga sih...tapi enak, nasgornya banyak perintilan biji-bijiannya waktu itu

      Hapus
    2. Cobain deh kak, awas nagih nanti huahahah. Dadar, nugget, apalagi yak.. kayaknya semuanya enak 🀣

      Iya bener kak. Kalau makan nasgor oriental versi hotel apalagi shangrila mah itu mantul punya 🀣
      Memang bumbunya nggak medok, kayak cuma garam sama masako aja sama nggak pakai kecap manis kayaknya. Biji-bijiannya bikin jadi berwarna, duh jadi lapar huahaha

      Hapus
    3. Iya li, memang rasanya lebih ringan..
      Hahah jadi kangen sangrila euy, uda lama ga ke jakarta juga aku huhu

      Hapus
  3. Mayones itu apa, saya kok tampak asing sekali
    saya kalau makan nasi goreng biasanya telur mata sapinya tiga, irisan timun dan tomat. Dah cukup itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mayones itu makanan dari produk mayora yang manes manes kang, makanya disingkat mayones.😊

      Hapus
    2. Mayumi tuh ajinomoto mas bukan mayora wkwkkwkw, e klo yang manes2 mah itu gw ya as adminnya #tabok

      Hapus
    3. Mas djangkaru : beli aja mas yang sachetan atau yang botolan di indomaret atau alpaaa, tapi klo bikin sendiri bisa sih cuma ribet aja
      Jadi mayones tuh jenis saus yang dibuat dari minyak nabati, telur ayam dan cuka mas...tapi lebih praktis sih beli aja yang uda jadi hueheh

      Hapus
    4. Iya tahu sih, yang saosnya warna putih itu kan? Saya sering beli soalnya.πŸ˜‚

      Hapus
    5. Iya mas itu aku njawab katanya mas djangkaru blom tau yang namanya mayones πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  4. Saya juga tim nasi goreng kecap gelappp mba 😍 apalagi dengan irisan cabe merah ijonya, jadi cakep deh tuh nasgor yang saya makan πŸ˜‚ tapi sampai saat ini saya belum pernah coba makan nasgor pakai mayones. Jadi nggak bisa membayangkan rasanya, terus langsung mau cek dapur masih ada sisa nasi apa nggak hahahahaaha πŸ€ͺ

    Besok saya coba masak ya, mba πŸ™ˆ
    Thank you resepnyah πŸ˜†πŸ’•

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama yeay toast kitah mbaaaaa 😁😁😁

      Eh tapi kalau pake lombok ijo aku blom pernah pake, seringnya rawit, komposisinya rawit : cabe merah besar1:3, dan jangan lupa kusuka yang dikasih terasi banyak, jadi guriiiiiih, abis itu dikasih kecap yang membanjir dan dibijin yang rada gosongan hihi

      Hapus
  5. Btw baru nemu ini ada orang makan nasi goreng tapi pakai mayonais hahahaha. Kayaknya rasanya unik, ya? Aku cuma pakai acar aja sama telor dah mentok-mentok, belum pernah pakai mayonais. Patut dicoba nih :D

    Ku tim nasgor agak gelap jugaaa! Aneh banget, padahal aku nggak terlalu suka kecap tapi kalau di nasi goreng malah doyan wkwkwk

    Terima kasih atas resep yang dibagikan, Mbak! Bakal dicoba nih buat varian resep baru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakak, antimenstrim ya dhira hahahha

      Tapi ingat ya, mayonya jangan diublek, dicocol2 aja di ujung sendoknya tiap kali nyuap #e tutorial macam apakah ini hahahahah, maap maap

      Iya, aku juga sama, tapi dulu kecilku sering juga tuh makan nasi dikecapin doang kok tetep kumakan ya, ga digoreng malah hahahahhahah

      Hapus
  6. Wah unik juga nih nasi goreng pake mayones, rasanya kayak apa tuh Mba Nita? Tadinya aku kira mayonya dicampur ke nasi, ternyata tiap kali nyendok dikasih di atasnya ya hahaha

    Sama dong Mba, aku juga tim nasgor gelap alias banyak kecap! Terus hal penting lainnya buatku kalo bikin nasgor, nasi putihnya harus yang sisaan semalam yang udah diinepin di kulkas. Soalnya aku suka nasgor yang butiran nasinya kepisah-pisah gitu, entah kenapa lebih enak XD

    Btw Mba Nit, kalo suka pedas cobain bumbu nasi goreng sambal matahnya Rempah Nusantara deh. Itu bisa dibeli di Shopee. Tinggal tambahin kecap manis aja plus bumbunya itu. Endesss ❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu umb mba jane, hihi, ditaruh di sendok
      Kalau dicampur mah syeyem ahhahahahha

      Hahaha, tuh kan nasgor gelap emang hauceuk
      Iya aku juga suka yang misah ga lengket satu sama lain bulir2nya, lebih enak lagi kalau dapet yang panjang-panjang kayak nasi briyani mba ahahahha itu mah mancaaab

      Wah makasih mba jane, terus terang jadi penasaran ama bumbu nasgor rekomendasinya mba jane, capcus ke shopee duluk akkk 😍😍

      Hapus
  7. adekku pernah coba mayones mbak tapi dijadiin satu enggak pas makannya
    ahahah coba si mbak kayaknya enak
    klo aku sukaan banyakan kecap
    apa kelamaan di YK ya jadi nasgornya pakai kecap enggak pakai saos

    kemiri emang bikin gurih
    aku juga suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah adekmu yang versi diublek kah, aku wedi je nek diublek mbi nasine hahahahhaha

      Iya ya mas, klo di yk kan identike manis manis

      Hapus
  8. Eh, btw aku baru tau lho nasii goreng itu bisa enak kalau pake mayones pedesnya Mayumi. Hehe, boleh aku cobain deh ntar! Soalnya aku penasaran banget rasanya apa bener seenak yang Mba Nita ulas? Kira-kira ada trik lain ga mba kalo mau bikin mie instan makin nikmat juga? Hehe kali aja ada pengen langsung praktekin! Mantap infonya Mba Nita!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, menurutku sih enak mba yani, tapi ga tau klo orang lain yang cobain gimana wakakkaka

      Mie instan uda aku post di tulisan mie instan yang kukasih warna lain mba yani, linknya bisa diklik 😁

      Hapus
  9. Dan tengah malam gini aku lgs lapeeeeeerr hahahhaha.. tp udh telanjur males bikinnya :p.

    Eh aku pernah makan nasgor pake mayones, tpmemang enak yg pedeees drpd yg original. Kalo original bikin eneg. Cm Krn aku jrg nyetok mayo, secara yg doyan cuma aku hahahhaha. Jd sayang biasanya selaluuuu aja berakhir expired. Pdhl udh beli yg kecil.

    Kebalikan kita nit, kalo aku justru ga suka banyak kecap. Krn di otak lgs bilang ini ga pedes hihihi... Aku LBH suka malah nasi goreng putih, jd cuma ngandelin bumbu2nya itu dan cabe :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba faaaaaaan aaaak
      Kok kita sehati gini sik hahahahaha

      Iya yang pedes ga bikin eneg

      Wah mba fan suka nasgor terang yang kayak nasgor oriental yak hihihi

      Hapus
  10. Akuu jugaaa pecintaa mayonnaise mbaaak tp belum pernah cobaaiin dimakan sama nasi goreng, menarik buat dicobaa nih hehehe oiyaa btw baguuss mbaak gambarrnyaa, lucuuu hehehe keren mbaak bull πŸ˜πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, makasih lucky...tapi klo ga cucok di lidahmu jangan teruskan yak ahahhaha #becanda

      Hapus
  11. Mbak Gusti, aku belum pernah makan nasi goreng pake mayonaise. Boleh dicoba nih kombinasi uniknya hahahah. Comfort food saya cuma dua: mie instan sama nasi goreng hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakkaa, makanan terpraktis ala mantan anak kos yak mas cipu wekekek

      Hapus
  12. Tadi pas aku lihat ada gambar mayumi tak pikir Mbak Nita di-endorse lho. Serius, deh. HeheheπŸ˜†

    Ngomong-ngomong, cara menikmati nasi goreng ini tiap orang kyknya beda-beda. Tapi beneran deh, Mbak Nit, baru kali ini aku tau ada orang makan nasi goreng pake mayonaise. Dan anehnya aku jadi kepikiran pengen cobain juga. Ntar lah kalau ke minimarket bakal beli mayonaise. Kepo aku sama nasi goreng dimakan pakai mayonaise rasanya bakal seperti apa.πŸ˜‚

    Nganu, Mbak Nit. Mumpung Mbak Nita bahas tentang selera nasi goreng ala Mbak Nita, aku juga pengen share selera nasi goreng ala aku, Mbak. Hehehe. Berbeda dengan Mbak Nita, kalau aku untuk nasi goreng Jawa paling anti sama kecap, Mbak. Nasi goreng Jawa tuh menurutku yang bikin menarik dan bikin ngiler tuh aroma gurih bawangnya, dan menurutku juga kecap sedikit mengurangi aroma bawang itu. Selain itu kecap juga menyamarkan rasa gurih dan sedikit asin dari nasi goreng Jawa yang biasa aku buat, kalau pakai kecap rasanya malah berubah kemanis-manisan dan jadi enek kalau menurutku, Mbak. Tapi itu mungkin karena aku kurang lihai memasak nasi goreng tambah kecap sih, Mbak. Soalnya kalau makan nasi goreng yang beli aku biasa-biasa aja walaupun penjualnya kasih kecap ke dalamnya.πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jyahahahha pinginku sih diendorse mba roem, sayange nda ada yang membayarku wakkakaka #bercanda πŸ˜πŸ˜‚

      Hu umb mba roem, terdengar nyleneh yo mba caraku makan nasgor wakkaag, apakah dikau berniat mencobanya?

      Oiya mba roem nasgor jawa dominane bumbonnya yak, ibuku suka bikin versi jawa ngene juga mba roem, tapi nasgore mandan abang karena bumbu sambele hihi..tapi bener sih kerasanya itu dominan bawangnya yang maksreng begitu digongsreng langsung harummmm, nyum nyum

      Hapus
  13. gw juga suka banget nih nasi goreng, biasanya kalo malem menu makanan gw ya nasi goreng, tapi gw lebih suka beli, soalnya kalo buat sendiri kadang rasanya gak enak :D.. kalo makan nasi goreng gw malah lebih suka apa adanya, gak pake timun kerupuk atau macem-macemnya, karna menurut gw nanti rasa nasi gorengnya jadi kecampur.. tapi kalo di tambahin ayam dan telor sih masih oke lah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apal kok gw nif, kan dirimu sering bilang malem sukanya nasgor wakakka

      Iya sih kadang kalau pake perintilan macem-macem kurang berasa nasgornya yak ahhahah

      Hapus
  14. Enakan makan pas malam hari.. habisitu langsung ngantuk trus ngajak bobo deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jyahahhaha, tapi jangan langsung merem bang ancis, ntar njembluk perutnya wekekekek

      Hapus
  15. wahh ide yang bagus tuh mencampur mayonaise ke dalam nasi goreng. nanti kalo beli nasi goreng di abang" yang lewat aku request pake mayonaise ahh hehehe.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ditaruhnya dikit2 disendok, jangan diublek yak ahhahaha

      Hapus
  16. Astaga Mbul, sungguh kungiler membayangkan nasgor pedas, saya jarang banget bisa makan pedas, saking males masak, jadi sekali masak buat dimakan semuanya dan nggak boleh pedas deh.

    Btw baru tahu saya makan nasgor sama umami, kayak apa tuh rasanya say? :D
    Diriku jadi kepo mau cobain deh, tapi nggak punya umami sih, saya kalau ada mayonaise, rasanya mau ngemilin buah sama gorengan mulu jadinya :D
    Makanya nggak pernah deh bertahan lama si mayonaise meski itu pedas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak reu, wakakakk, aku pakenya merek mayumi kak πŸ˜‚πŸ˜‚

      Rasanya gurih pedes kak, tapi menurut lidahku cucok, walau kata pak suami aku kok yo aneh aneh aja hahhahaha

      Eh aku gegara vocah ya gini seringe masak berbagai versi yang super duper ribet wkwkwk

      Hapus
  17. Makan nasi goreng ala GW? GW itu siapa? kalau saya pernah sih makan nasi goreng ala KADARNYA. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakakkak, aku ampe mules nahan ngguyu iki loh pak dokter tubagus wkwkwkw

      Hapus
  18. Waah manataff kali nasgornya mbak mbul πŸ˜‹,tapi sy blom pernah coba nasgor pake mayones, apa jadi tambah gurih asem dan agak manis gitu too... Aku kebetulan golongan nasi goreng putih alias yg gurih, tpi kudu pake cabe merah ulek plus rawit yg agak banyak,biar rasane hah hoh hah hoh... Trus pake telur yg di orek gitu buat campuran nasi, pake terasi tambah maknyus, lalapane timun, pake krupuk.. Walaaah wes sui ra gawe nasgor akutu 😱

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasgornya tetep nasgor biasa mba hen, mayonesnya kutaruh dikit dikit aja di ujung sendok πŸ˜‚πŸ˜‚
      Jadi pedes gurih, soale makenya yang mayumi pedeus

      Iya mba, klo ga pake rawit asa kurang nendang yes

      Kebayang versi nasgore mba heni syedep abis pastinya, ayok mba bebikinan nasgor lagie

      Hapus
  19. kalau makan nasgor sama mayones belum aku cobain, seringnya sama salad buah hahaha
    ngebayanginnya kayaknya kayak nasi rice bowl ala-ala gitu ya, yang ada mayonesnya.
    jadi penasaran makan nasgor sama mayo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, cobain aja mba ai, tapi klo cucok teruskan klo nda jangan ahahhahah

      Iya jadi kek model model ricebowlnya resto hihihi

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...