Kamis, 01 Oktober 2020

Nasi Goreng Daun Mengkudu


Fried Rice with Mengkudu Leaf

Oleh : Gustyanita Pratiwi

Hai..si demplon Beby Mbul balik lagi...

Kali ini aku akan ngomongin tentang nasgor. Nasi goreng aka bahasa londonya fried rice. Eh itu mah bahasa Inggris kalik. Kalau bahasa londonya aku tak tau huehhehe......

Jadi ceritanya, berkat komentar Mas Kal El di postinganku yang ini, aku jadi tau kalau model nasi goreng Betawi itu bisa dipakein daun mengkudu. Pas banget kan karena stok makanan juga lagi habis. Sebab aku belum sempet ke pasar lagi karena pasarnya jauh. Iya dianterin Pak Suami sih tiyep ke pasar, tapi tetep aja kan kudu meluangkan waktu minimal 1 hari khusus untuk belanja, paling biasanya weekend doang untuk belanja kebutuhan 1 minggu. Dengan catatan sedang ga males. 


Ya, kadang memang ga bisa dipungkiri bahwa aku suka males masak padahal bahan makanan udah terlanjur kebeli. Khilap beli sayur ini itu eeeeh jatohnya malah ga ada yang kemasak. Terus Pak Suami langsung bilang : "La kudune disun pipi gembilnya diglitho kalik ya si Mbul ini biar nda suka buang-buang duit buat beli sayur". Akhirnya alum deh tuh sayur di dalem kulkas. Bahkan daunnya juga ada yang sampai kering mengeriting bagai jari-jari yang kelelahan setelah melaksanakan aktivitas bewe bahahahah....((tapi kalau komen di tempatnya blogger favorit sih seneng aku bahkan sampai visit back berkali-kali haha, maapkan ya blogger-blogger favoritku haha))). Mau alesan lupa beli salah satu bumbunya atau memang lagi lelah aja ama kegiatan lain, tapi tetep aja judulnya ma to the les MALES. Titik. Soalnya ketemunya juga sayur yang itu lagi-sayur yang itu lagi. Bocend. Pengennya bisa masak yang lebih bervariasi gitu kayak style menu masakan wartegnya ibuk tercintanya Mas Agus. Tapi aku blom jago. Huhu... aku masih babon...eh...maksudnya belom piawai masak yang rumit-rumit kayak masakan beliau. Apalagi kalau stok bahan makanan lagi menipis. Jadi agak susah buatku bereksperimen. Lagipula kadang agak worry juga sih waktu menclok ke tempat-tempat rame cem pasar setelah melihat berita pandemi yang semakin hari semakin mengkhawatirkan ini). Jadi bisa dibilang akhir-akhir ini memang lagi jarang ke pasar. Ya, walaupun tetep aja sih harus ke pasar juga sewaktu-waktu karena perut kudu dikasih makan. Kalau nda bisa berontak ini gajih-gajih dan sandung lamur dalam perut Beby Mbul hahaha.

Dan, berhubung semalam males keluar cari nasgor 'tek-tek', jadi mau ga mau kudu memanfaatkan sisa-sisa bahan makanan yang ada walaupun jumlahnya limit. Maka terbersit ide untuk mempraktekkan apa yang pernah Mas Kal El bilang. Sebelumnya Pak Suami juga uda searching di youtube sih mengenai keberadaan si nasgor daun mengkudu ini, jadi makin mantablah kami buat. Tentunya, seperti biasa dengan jalan shift-shiftan sebab bayi-bayi monsnen akoooh masih pada melek. Haha.. 

Pertama, aku siap-siapin bumbunya dulu. Kali ini kupilih jalan praktisnya aja yakni ga pake uleg, alias irisan aja. Eh ini kok jadi kayak tumis nasi ya? Auk deh....hahaha.... Nah, abis itu Pak Suami berangkat bruwun deh ke samping rumah Koh Tjie Kang untuk mengambil beberapa lembar daun mengkudu, tapi aku request agak banyakan biar nasgornya tampak ijo cantik di setiap timbunan bulir nasinya. Nanti, setelah bumbu aku iris-iris giliran Pak Su yang ngongsreng. Soalnya tangan dia kan lebih 'dewa' ya daripada tangan akooh, jadi kalau bikin nasgor ga sehorror nasgor bikinan akoooh. Hihi..

Okey, biar lebih jelasnya lagi aku bikin step-step resepnya aja ya di bawah.

Bahan-Bahan :

Sepiring nasi dingin (nasi sisaan di rice cooker yang pinggirnya uda agak mengering)
Beberapa lembar daun mengkudu
3 Cabe rawit
3 Cabe cengis/yang biasa buat ceplusan gorengan
1 buah tomat
Beberapa siung bawang merah
Beberapa siung bawang putih
Garam
Saos tomat
Kecap manis
Bumbu penyedap 
Kalau ada terasi sepertinya lebih manteb lagi, sayang terasinya lagi habis
Suiran ayam goreng
Minyak 
Telur



















Cara Memasak : 

Cuci bersih daun mengkudu dan segala bumbu nasi gorengnya
Buang tulang daun pada daun mengkudunya agar daun tidak terasa pahit
Iris-iris daun mengkudu sampai tipis
Iris bumbu nasgornya yaitu bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe cengis, dan tomat
Panaskan minyak
Masukkan bumbu yang sudah diiris, osreng-osreng sampai harum
Masukkan telur
Tambahkan nasi dinginnya
Tambahkan irisan daun mengkudunya
Tambahkan suiran ayam gorengnya
Beri sejumput garam, bumbu penyedap (opsional), kecap manis, dan saos tomat. 
Koreksi rasa
Setelah matang sajikan dengan kerupuk atau tambahan telur mata sapi.

2 piring nasi goreng mengkudu dimakan di malam syahdu...ugh la la...gosah berpuitis ria deh lau Mbooollll hahhaha.. Wagu tauk. Tapi ngomongin rasa nasgornya itu ya pokoknya enak lah. In our version ya #buru-buru check google translate :D. Nasgor emang penyelamat sih di kala bahan-bahan makanan menipis dan cuma ada sisaan nasi kering. Dan sebenernya nasgor kami kali ini ga gitu pedes sih. Soalnya ga diuleg, jadi irisan cabenya masih bisa disingkir-singkirin. Terus tadinya pas difoto awal belom ada telor ceplok ama kerupuknya. Mendadak kok berasa ada yang janggal? Karena punya Pak Suami udah digasak duluan itu nasgornya, maka yang bisa kukasih beberapa perintilan garnish ala-ala cuma piringku aja. Eh tapi pas bikin lagi keesokan harinya bisa sih kukasih telor ceplok dua-duanya, walaupun yaaah bukan telor ceplok yang setengah matang sih alias yang udah kematangan aka pinggirannya kruwil-kruwil karena wajan kutinggal-tinggal bentar waktu sedang ngecek hape. Hahahaha.... Tsaelahh.... timbang makan nasgor aja meuni ribet banget si Mbul (terus akuh diplerokin Pasuami hahahha). 






Okey, demikianlah updatean nasgor daun mengkudu yang ada sensasi pahit-pahit gurihnya dikit. Tapi over all, rasanya mancaaaabbb. Kalian mau coba juga?




130 komentar:

  1. 2 nasi goreng mengkudu di malam syahdu
    aseeekkk

    eh aku malah fokus pas nuangin kecap mbak
    iso syahdu ngono wkwkwkw

    kadang memang kepikiran ngasih teman-temannya nasi goreng pas ndek tengah tengah kayak telur ceplok dan kerupuk

    klo aku bisanya nambahin tempe ato tahu hasil sisa yang masih bisa dimakan
    atau bekas ayam goreng selametan, auto disuwir suwir
    eman eman dimasukin azaa
    sayang kalau ga kemakan dan pada intinya nasi goreng adalah memasukkan sisa bahan yang belum kemasak
    aku juga suka kecapnya agak banyak mbak klo buat nasi goreng
    klo kecap kurang rasanya gimana getoo

    hmm daun mengkudu sayange angel di sini mbak
    iya se mau ke pasar jek wedi coroces
    paling paling pergi ke perancangan sebelah rumah wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyeeegh tarikk mang ahhaha, biasa mas ikrom ben ga edan dandutan dulu hahhaha

      nuang kecap uda kayak cooking master boy ya mas kalau ga sukigekuno shouma hahhahaha

      wah baru denger ada modelan nasgor pake topping tempe tahu, kayake kok enak ya mas wkwkwk, kapan kapan takjajal ah..

      eh iya biasane sisa ayam kepungan or kendurenan mas daripada ga kepangan kan mending didadekke nasgor sekalian wkwk
      iya kalau kecapnya banyak agak gelap, sayange pak su lebih suka nasgor terang wkwkwk, yo wes aku mung sendiko dawuh hahha

      loh masa di situ angel mas ikrom, di sini sakmblarah mblarah malah tumbuh liar segala loh wkwkwk

      Hapus
  2. Aku baru tau nih, Mbak Nit, ternyata daun mengkudu bisa dibuat masakan. Nasi goreng pula πŸ™ˆ. Maklum, soalnya kalau di sini daun mengkudu pol-polan cuma buat kamu aja. Eh, sik sik, yang dibikin jamu buahnya apa daunnya yo? Wis mbuh lah.🀣🀣

    Tapi ini layak banget dicoba, Mbak Nit. Biasanya aku bikin nasi goreng ya gitu-gitu doang. Kurang variasi. Mungkin kapan-kapan coba yang ada daun mengkudunya. Tapi bumbunya aku uleg, soalnya suami gak suka ada makan irisan bumbu di makanan.πŸ™ˆ

    Btw fotonya yang nuangin kecap bener-bener jos, Mbak Nit. Gelombang kecapnya terlihat jelas dan gak blur. Padahal biasanya aku mau bikin foto macam ini selalu blur lho, Mbak. Wah, ini pasti skill tukang foto dan kameranya bagus semua nih.😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba roem aku baru tau setelah diinfokan mas kal el yang orang jakarta, jadi nasgor di jakarta rata rata katanya pake daun mengkudu sebagai pelengkapnya, ngono iku mba roem xixixi

      sebenernya aku lebih suka takuleg mba, cuma semalem aku lagi kemrungsung tiwas ngelih yawes takiris iris saja hahahha

      eh ciyus mba roem? makacih mbaa ahaha

      ♡(*´Ο‰`*)/♡

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      itu aku sing moto loh, bakat dong aku motret makanan ahahah #nita mah pede banget..iya mba roem padahal motrete dikesusu kesusu pak suami soale selakan nggembuleng asepe wekekkekekek

      Hapus
  3. Untung tadi sudah makan sehingga lihat nasi goreng mengkudu bikinan mbak mbul ngga terlalu laper.πŸ˜„

    Suhu kal El yang ngasih ide kemana ya, kok belum kelihatan dari kemarin.

    Alhamdulillah warteg ibuk saya dipromosikan, asyik.

    Soal nasi goreng daun mengkudu, itu daunnya rasanya gimana mbak? Apa pahit atau biasa saja seperti sayur lainnya? Belum berani makan daun mengkudu soalnya, takut pahit.πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah udah dimasakin mba sari ya mas, kenyang deh xixixi, makan sama apa mas hari ini? πŸ˜ƒ

      ah mungkin suhu kal el sedang sibuk kali ya wakkakk, apa sibuk ama yayangnya #ehhh, aku ga tau deng piece ya mas kal el hahhahah...πŸ˜‚πŸ€£

      iya mas moga wartegnya ibu sukses dan penuh barokah terus ya mas, amiiiiin...
      😍

      rasa daun mengkudu ada pahit pahitnya dikit mas, tapi lumayan sih ga kentara banget pas uda dibuang tulang daun pada bagian tengahnya...jadinya pas dipadu padan enak mas.

      (*´Ο‰`*)

      (´。•γ……•。`)

      Hapus
    2. Makan ati hari ini mbak, maksudnya ati ayam ya, bukan makan hati karena pelanggan banyak yang ngutang.πŸ˜‚

      Hahaha mungkin mas kal El lagi bikin cerpen baru makanya belum nongol. Tunggu saja sebentar lagi.πŸ˜„

      Aamiin, makasih doanya mbak.

      Oh pahitnya cuma sedikit saja ya. Sepertinya minum jamu Brotowali itu kan.πŸ˜‚

      Hapus
    3. wuih mantab aneth masss, aku jadi pengen bikin semur ati mas apa sambal goreng ati, mba sari ajarin aku masak dunk ahahahha

      aku kalau masak ati masih amis mas, padahal ibuku jago banget masak ati loh #e kok gw pengumuman ya wkwkw

      (●´Ο‰`●)γ‚ž♪

      ga gitu juga pahitnya mas, ya mirip daun pepaya aja sik ahahahhaha...tapi kalau dicampur ke nasgor ga kerasa kok, nyaru ama gurih asin nasgornya πŸ˜†

      Hapus
    4. Lha, sepertinya ati ayamnya direbus dulu, terus habis itu dikasih bumbu biar meresap. Setelah itu tinggal digoreng kok mbak.

      Saya belum pernah makan nasgor daun mengkudu, padahal pohonnya ada depan rumah, tumbuh sendiri, padahal ngarep nya pohon jambu eh yang nongol mengkudu.πŸ˜‚

      Hapus
    5. iya mas tapi pada saat direbus ada bumbunya lagi biar ga amis, kalau kata ibuku pake bawang putih yang banyak, salam ama garam

      (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      hahha kalau jambu sih aku udah pasti mau mas, jambu kluthuk kalau ga jambu air yang manis manis
      (^Ο‰^)

      Hapus
    6. Lagi sibuk benahi blog sayanya..hihihi

      Hapus
    7. Haha iya mas kal el, ga pa pa : D

      Hapus
  4. Eh, daun mengkudu bisa dijadiin bahan nasi goreng yaaa mbak. Enak ga yaa? Sebab setahuku mengkudu kan rasanya pahit. Apakah daunnya juga bakal pahit ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. uda samar samar sih mas dodo rasa pahitnya, ga sepahit kehidupan #heleh hhahahaha πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£, ga deng becanda...pahitnya tinggal dikit keblend ama gurih nasgornya

      Hapus
    2. Saran saya mendingan mas Dodo bikin nasgor jangan pakai daun mengkudu, soalnya hidup ini udah pahit, ngga usah makan yang pahit juga, biar Dilan, eh mbak mbul saja.πŸ˜‚

      Hapus
    3. eh ga deng kehidupanku sejauh ini manis tauk hahhahahhaha

      Hapus
    4. Alhamdulillah kalo kehidupan mbak mbul manis seperti drama Korea.πŸ˜ƒ

      Hapus
    5. ya ga manis terus kayak drama korea sih mas, kadang ada acem kecut asin pahitnya jugag, manisnya juga ada ahahhaha, udah macam permen nano nano rasa rujak kali ya, sama kayak kehidupan orang pada umumnya

      (´•Ο‰•`)

      (´・ο½ͺ・`)

      (぀ㅅ・`)・゜

      πŸ€­πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜†πŸ₯Ί☺😌

      Hapus
    6. Memang begitulah kehidupan mbak, kalo bahagia terus nanti tetangga pada nanya: ini rumah tangga apa drama Korea

      Kalo nangis terus, tetangga juga pada nanya: ini rumah tangga apa rumah duka

      Kalo tertawa terus, tetangga tetap pada nanya: ini rumah tangga apa rumah sakit jiwa.

      Susah ya.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    7. benar sekali mas, komplet segala macam rasa ada, kalau sama ya ga seru kan hahha
      jadi karena itulah seninya hidup ini #sailaaaah apa aku habis salah makan ya hahhahahah
      berguru dulu ah ama yang udah banyak makan asam garam kehidupan yaitu mas agus

      πŸ™„πŸ€”πŸ€­

      Hapus
  5. Saya pernah baca menu mengkudu di blog mba Nita juga tapi waktu itu mba buat nasgor atau apa, ya? Hahaha saya lupaaa ~ by the way, kalau bahas nasgor mengkudu yang ada pahit pahitnya jadi ingat waktu kecil pernah dikasih nasgor pare sama ibu saya πŸ˜‚ parenya dipotong kecil keciil banget.

    Dulu tuh saya nggak suka pare karena pahit mba. Padahal kata ibu, pare itu sehat hahaha. Cuma saya nggak suka, pokoknya nggak mau makan πŸ˜‚ Saat ibu beli batagor kadang dikasih pare namun saya singkirkan. Begitu terus. Sampai one day dibuat nasgor, dan ternyata enak. Ada pahitnya sedikit tapi guriiiih. Jadi saya bayangkan nasgor mengkudu mba Nita maybe mirip sama nasgor pare ibu saya πŸ˜πŸ’•

    By the way, baru beberapa hari lalu saya makan nasgor ati ampela mba. Kalau mba Nita suka? πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu itu aku masak tumis daun mengkudu mba, itu linknya yang ada tulisan di sini-nya hihihi

      (♡´▽`♡)

      wakkkk nasgor pare? kok aku baru denger ya mba? kayaknya menarik, coba deh kapan-kapan aku praktekkan hihi, kalau pare waktu kecil aku ga suka tapi bgitu gede dan pernah merasakan hidup ngirit pas ngekos, apa aja aku jadi doyan mba eno, wkwkwk

      :(´◦Ο‰◦`):

      eh nasgor ati ampela mah favoritku banget mbaaaa, soalnya kalau ga ada ati ampela ada yang kurang, e tapi aku suka khusus ampelanyal tok, sedangkan pak suami baru atinya hihi

      tapi kalau nasgor ati ampela masih ragu bikin ndiri, takut ngolahnya amis, kami lebih pewe pesen ke kaki lima langganan dan bakulnya dah apal mana yang mau campur ati tok mana yang ampelanya aja, tapi ada yang lebih mancab lagi mba eno, yaitu bonusan peteeee 😍

      γƒΎ(´︶`♡)οΎ‰

      Hapus
    2. Kok mbak mbul doyan apa saja yang pahit ya seperti daun mengkudu, daun pepaya, dan pare. Kalo aku mah kadang beli pare tapi buat dijual di warung ibu, tapi ngga pernah makan.😁

      Hapus
    3. iya mas, padahal waktu kecil termasuk susah makan aku mas, suka pilih pilih wkwkwk

      tapi pas udah ngrasain jaman ra enak ngekos atau ngrantau ya apa aja aku doyan mas, eman ama makanan termasuk sayur yang pahit, lama lama kalau dirasa rasa sedep juga, tinggal lengkapin aja ama lauk yang anget mas πŸ™„πŸ˜†πŸ˜ dijamin maknyusss ahahhaha

      lha kalau yang makan mas agus ntar malah gratis muluk kan kasian ibuk mas ahahhaha πŸ™πŸ˜‚πŸ˜†

      Hapus
    4. Nasi goreng pare kalau dikombinasikan sama daun mengkudu sepertinya enak tuh, pahit-pahit sepet.

      Hapus
    5. Yang enak itu nasi goreng kalo tinggal makan terus ada yang bayarin mas., πŸ˜‚

      Hapus
    6. nasi goreng sepet sepet pahit, uda kayak apaan mas kal el πŸ˜‚πŸ˜†
      (*´Ο‰`*)

      Hapus
    7. mas agus, beneras, paling enak tinggal makan aja, hihi

      ((o(*>Ο‰<*)o))

      #isi dompet aman sentausa
      #save dompet awak wkwkw

      (●´Ο‰`●)γ‚ž♪

      Hapus
    8. Entahlah kayak apaan bingung juga ngebayanginnya..hihihi.tapi biar hilang penasarannya coba dibikin aja, mbak..hihigi

      Hapus
    9. agak agak takut juga sih sebenernya πŸ˜–πŸ˜«

      takut nyampurin πŸ₯’ ( eh nyari gambar pare susah amat ya hahhahahah)

      Hapus
  6. Wah mantap nih, makasih untuk resepnya.

    BalasHapus
  7. Buusseettt photo nasi goreng sama adminnya balapan nih haahaaa!!..🀣🀣

    Tapi jujur gw suka nasi goreng daun mengkudu dan sudah mengkonsumsinya sejak kecil. Cuma bedanya bikinan gw ada daging kambingnya jadi pahit2 gurih gitu deh...😊😊

    Pernah coba nggak mbul Nasi goreng daging kambing + daun mengkudu. Coba bikin deh pasti maknyus dah..😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. bwaaaaahaaaaa..
      jadi malu gw, ngumpet ah πŸ€£πŸ˜‚

      wakakkaka, biar ga kalah eksis dengan nasgornya kang πŸ˜†

      oh kang satria teh uda familier ya dengan nasgor daun mengkudu, iya lah pan dia dari depok yang notabene deket jakarte (piye sih mbul #trus si mbul digibeng) hahahha

      tapi kalau ditambahin kambing aku blum pernah nyoba kang, jadi senapsaran pengen nyoba masak juga...

      #eh ngomongin nasgor kambing di jakarta ada loh yang terkenal seantero jagad...tau ga kang, nasgor kambing kebon sirih πŸ˜ƒ, aku blom pernah nyobain sih..hiks hiks

      Hapus
    2. Nasgor daging kambing yang terkenal daerah Kalimalang bekasi...kalau dijakarta mungkin banyak tapi gw nggak tahu termasuk yang dikebon sirih...Tahunya ayam goreng Suharti doang daerah situ...Tahu masih ada apa nggak sekarang..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. iiiih ayam goreng suharti yang belakang thamcit bukan kang? daerah deket tenabang juga, aku suka makan di situ juga taukkk...enak ayam goyeng suharti kremesannya....apalagi ditambah gudeg kreceknya πŸ˜†πŸ˜‚πŸ€£πŸ€£

      Hapus
    4. Nasi goreng kambing seumur-umur belum pernah makan, soalnya ngga doyan daging kambing..

      Hapus
    5. @Mbul Yaa disitu juga...Sama dijalan Jaksa dekat Sarinah juga ada..😊😊


      @Suhu Hermansyah....Doyannya Daging apa Huu...Daging mentah mau Hu..🀣🀣🀣


      Hapus
    6. Daging mentah rongdo kali doyan nya.🀣

      Kaboorrrr πŸƒπŸƒπŸƒ

      Hapus
    7. nasgor kambing enak mas kal el, apalagi kalau bulir nasinya panjang-panjang sedikit pera jadi kayak nasi briyani kalau ga basmati, nasi nasian india apa arab gituh πŸ˜ƒ☺😊

      Hapus
    8. kang satria : hu um kang yang deket sarinah itu yang aku maksud nasgor kambing kebon sirih kang, denger denger sih enak soalnya pake minyak samin apa ya, pokoknya enak gitu kaaang ntabbbb..duh jadi pengen

      😌🀀🀀🀀

      Hapus
    9. mas agus : si mbul nda tau rongdo mas, mbul tahunya ronde, wedang jahe yang disruput pas ujan ujan nikmat mas bisa menghangatkan badan, sluuuuurppp ah...enak...nyem nyem #sambil nyemilin bola bola rondenya yang terbuat dari tepung beras dan berisi kacang wakakkaka πŸ˜†πŸ˜‚πŸ€£

      #kapan hari pengen belajar bikin ronde ga jadi jadi hahhahaha


      (぀ㅅ・`)・゜

      Hapus
    10. Enak bagi yang doyan daging kambing, saya kan ngga doyan daging kambing.

      Hapus
    11. o jangan jangan mas kal el vegetarian yak πŸ™„πŸ€”πŸ€­

      Hapus
    12. Ah masa sih, berarti mas kal El biksuni dong.🀭

      Hapus
    13. Kok mungkin, berarti belum yakin dong. Ayo diyakinkan.πŸ˜‚

      Hapus
    14. wakkakka, becanda mas 😌

      Hapus
    15. Mgkn kal el punya pengalman buruk dgn kambing.

      Ky aku gk suka bebek, soalnya prnh dikejar2 bebek waktu kcil πŸ˜†πŸ˜†

      Hapus
    16. wahhh kebalikan dengan aku mas jaey, aku suka banget ama bebek πŸ˜†πŸ€£

      Hapus
  8. Wajannya kayanya asyik tuh buat senjata perang mommy di rumah #warcooking

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu wajan kesayangannya pak suami aku kak, dia beli di e commerce ijo kemaren hihi

      wajannya udah macam wajan buat cookwarnya shokugekino shouma atau cooking masterboy kak

      (〃^Ο‰^〃)

      Hapus
  9. Hahaha.. jadi juga bikin nasi goreng daun mengkudu dan sepertinya enak tuh nasi gorengnya soalnya belum pernah makan nasi goreng daun mengkudu yang ada campurannya bahkan yang pakai kecap pun belum pernah makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih, terus yg dipiring warna merah itu punya siapa πŸ˜†

      Hapus
    2. Mungkin punya Cempaka kali ya.😁

      Hapus
    3. Mungkin punya bang pepet kali suhu jaey...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    4. mas kal el : berarti nasgor mengkudu aja ya mas ga ada suiran ayam atau lainnya misal sosis dan bacooo eh baksow? ga ada kecapnya? nasi gorengnya terang dong kayak model nasi goreng oriental yak πŸ˜†πŸ˜ƒ

      Hapus
    5. hayo loh yang di piring merah punya siapa? πŸ˜‚πŸ€£ #ikut ikut mas jaey

      Hapus
    6. cempakaaa....gandane arum wangi #numpang nyanyik (mas agus)

      πŸ˜†πŸ˜‚

      Hapus
    7. kang satria, bang pepet doyan nasgor juga ternyata, baru tauk aku hahhahahahah

      πŸ˜†πŸ˜‚

      Hapus
    8. Oh mksud ka el ga prnh mkn yg pke campuran plus kecap, ya ya.. iya sih yg aku lht dipiring merah itu cm ada nasi sm daun mgkudu doang, hihi

      Piring merah itu pernah aku lihat di share kal el mbak πŸ˜†

      Hapus
    9. Kok bisa begitu kang jaey, apa tidak salah lihat karena habis nongkrong di genteng?

      Hapus
    10. Iya, mbak. Cuma pakai daun mengkudu aja tanpa campuran apapun namanya juga nasi goreng klasik..hihihi..tapi tulang daunnya ngga dibuang jadi pas dimakan enak ada garing-garingnya dan pahit-pahitnya.

      Oh yang di share di FB itu ya kang jaey itu kan ngga campuran lainnya selain daun mengkudu dan warnanya juga ngga coklat tapi kehijauan.

      Hapus
    11. nasinya digoreng tapi kan mas jaey, kalau nasi putih doang ama mengkudu kan lucu ntar ?

      πŸ˜‚πŸ˜†

      ((((;゜Π”゜)))

      Hapus
    12. mas agus : wakakak nongkrong di genteng ngapain lagi? hahha
      kirain naik pohon kecapi πŸ˜†πŸ˜‚πŸ€£

      Hapus
    13. ahhhh gitu ya mas kal el, tulang daun yang di tengah itu masih ada ya, jadi masih ada pait-paitnya πŸ™„πŸ€”

      ooooh jadi kebayang aku, nasinya pucet semi kehijauan ya, ga coklat kayak punyaku πŸ˜ŒπŸ˜ƒ

      Hapus
    14. Paling biasanya nyari sinyal kalo nangkring di atas genteng. Maklum suhu Ajaey tinggal di wakanda mbak.πŸ˜†

      Hapus
    15. hahhahah ada ada aja πŸ˜†πŸ˜‚

      Hapus
    16. Mgkn nanti aku mau bikin cerpen soal sinyal di wakanda πŸ˜†

      Hapus
    17. Nama tokonya Jaey Gupta sama Agus halilintar.πŸ˜†

      Biasanya ditambah hermano sama Satriani.😁

      Pemeran ceweknya sepertinya hermini.πŸ˜‚

      Hapus
    18. Lha kok nda ada cameo yang lain apa, hermini itu istrinya agus yang pernah ilang di Bundaran HI pas nyepeda kan ya gegara dicegat inspektur jaey...kirain ada tokoh yang lain yang syantik gituh πŸ˜‚πŸ˜†

      Hapus
    19. Sepertinya sih begitu, hermini itu istrinya Agustianito pratowo yang hilang di bundaran HI.πŸ˜‚

      Coba mbak mbul bikin tokoh cerpen lain yang syantik.πŸ˜„

      Hapus
    20. Tokohnya aku sendiri berarti #helllawwww si mbul narciss haha

      Hapus
  10. I like nasgor but i do not like daun mengkudu, disisihin kepinggir piring aja mgkn ya daunnya πŸ˜†πŸ™ buahnya itukan bau pesing jadi dalam bayanganku daunnya itu juga, dalam dunia industri daunnya itu bisa juga diolah jadi bensin πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih bisa jadi bensin, ntar mbledug gimana kang Jaey, bisa gosong dong nasi goreng nya.πŸ˜‚

      Hapus
    2. daun mengkudunya ga gitu pesing sih mas jaey, kalau buahnya aku akui emang agak pesing hahhahaha πŸ˜–πŸ˜«

      waaaak sungguh bervisi besar suhu mas jaey, uda mikir ke bikin bahan bakar aja pengganti minyak wekekkekek πŸ˜†πŸ˜‚

      Hapus
    3. mas agus, nasgornya kalau gosong dikit enak mas jadi ada keraknya bagian bawah πŸ™„πŸ€­

      Hapus
    4. Iya keraknya jd kerupuk kriuk kriuk.. eh kriuk kriuk atau krtek kretek πŸ˜†

      Hapus
    5. Ga langsung mbledug jg mas, di olah aja blm tentu jadi, aku lht diberita 🀭

      Hapus
    6. Lihat beritanya dimana kang jaey, jangan jangan di xnxx ya.🀭

      Hapus
    7. Mungkin di amrana infotainment, mas

      Hapus
    8. kriuk kriuk kres kres ma jaey, enak πŸ˜†πŸ˜‚

      Hapus
    9. berarti masih wacana aja ya mas jaey baru proposal pengajuan mungkin πŸ˜ŒπŸ˜ƒ

      Hapus
    10. mas agus mungkin lihatnya di portal berita riset dan teknologi atuh mas πŸ˜†

      Hapus
    11. wakakakak infotementnya pak nana ya πŸ˜‚πŸ€£ mas kal el

      Hapus
    12. Emang mbak Gus kenal pak Nana? πŸ€”

      Kirain aku ngga kenal.😁

      Hapus
    13. ga kenal sih, cuma sering disebut2 mas agus kan hahhaha



      iiiiii ga mau masa aku dipanggil mba gus?? πŸ₯Ί

      Hapus
    14. Banyak jg ya nama panggilan mbak mbul klo dijabarkan, bisa gus, bs tya, bs ani, bs nita, tiwi πŸ˜†πŸ™πŸ™

      Kal el dul 🀣🀣

      Hapus
    15. Ya udah manggilnya Mbah Gus aja kali ya, biar disangka sepuh.πŸ˜‚

      Namanya panjang ya kang jaey, jadinya bisa lima nama panggilan.πŸ˜„

      Hapus
    16. mas jaey, kok ada kal el dulnya? πŸ˜†

      iya banyak nama panggilannya, tapi panggil mbul atau nita aja cukup 😊

      Hapus
    17. mas agus iiiiiiih hahaaad aku ga mau dipanggil gus, kayak anak cowok πŸ˜–πŸ˜«πŸ₯Ί

      Hapus
    18. Duh Gusti, memang benar juga ya Gus eh mbak.😁

      Hapus
    19. Iiiiihhhh sebel sebel

      Ga mau dipanggil gus, tar sama kayak mas agus hahahhahahah

      Hapus
    20. Halo Gus, sudah sarapan belum hari ini.🀭

      Hapus
    21. waaaaaaaakkkk aku kok jadi dipanggil gus sih mas, ntar ketuker sama yang manggil loh nama kita hahhahaha

      uda mas, aku sarapan ama bebek
      ntar bebeknya aku post di postingan label resepku di edisi mendatang, pantengin ya mas πŸ˜†πŸ˜‚

      Hapus
  11. Waduh saya bacanya malem malem gini lagi, padahal udah makan tadi eh malah jadi laper lagi.

    Nasgor daun mengkudu saya belom pernah coba sih. Jangankan ada nasgornya, daun mengkudunya aja saya belum pernah makan sama sekali. Saya tipikal orang yang kalo emang belom pernah makan sesuatu misalnya daun mengkudu, ya saya ga berani buat makan itu hehe.

    Tapi kalau untuk nasgor sih ya nasgor pake terasi aja saya udah doyan, gurih soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok mas ilham kapan kapan cobain ya, lumayan nambah referensi campuran nasgor biar isinya nda itu itu saja wekekek

      iya tapi aku akalin tulang daunnya aku seset mas biar ga gitu pahot sebab aslinya agak pahit mirip daun pepaya :D

      iya nasgor ada bahan terasinya emang enak mas lebih gurih :D

      Hapus
  12. wah baru tau saya masak nasi goreng pakai daun mengkudu heheh, apa tidak berbau mbak nita???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga mas postinks, uda agak samar ga selangu kalau pas mentahnya :D

      Hapus
    2. Baru kali ini ada orang namanya mas postinks.🀭

      Hapus
    3. itu nama blognya doang kali mas agus πŸ˜†

      Hapus
    4. Memang namanya unik mas, seperti nama sampean kal El.

      Kal El, sungguh bukan nama kaleng kaleng.😁

      Hapus
    5. bukan aku yang bilang loh πŸ˜†πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  13. Itu daun mengkudunya apa tidak ketuaan, kurang muda
    Justru beberapa hari ini ini saya sedikit telat blogwalking, sibuk promosiin channel YouTube dan blog om koodok
    Aduh soal makan saya apa adanya, nasi putih plus telur mata sapi lima. Stock di kulkas adanya itu doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai aja mas djangkaru πŸ˜€


      tandanya mas djang kudu cepet cari istri mas biar ada yang masakin 😁

      Hapus
  14. Mantap juga nasgor pake daun mengkudu, oh iya kalo soal rasa apa gak pahit ya mbak,? Ntr kalo beli sayur trus ga dimasak jangan bilang suami biar suami gak begitu rewal komenin sayur yang di beli tapi ga dimasak. hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ga terlalu pahit sih mas eko, udaa ketutup ama gurihnya nasi gorengnya

      Wakakakkq, iyq juga ya, tapi pak su always tahu dong kan dia ngantarin aku ke pasar wakakkakaka

      Hapus
  15. wah nasi goreng kesukaan gw nih mbak, kalo yang rasa mengkudu ini gw belum pernah nyobain, pahit pasti ya rasanya :D.. tapi bikin penasaran juga sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain nif, minta dibikinkan abang nasgor langganannya khanif tar suruh kasih daun oace nif, biar terasa beda dari nasgor biasanya πŸ˜ŠπŸ˜„

      Hapus
    2. spesial ya mbak, tapi daun pacenya mungkin harus bawa sendiri di rumah, kalo abangnya mungkin gak tau punya apa gak :D

      Hapus
    3. Kalo ngga ada daun Pace, bisa dikasih Pace nya saja mas khanif, pasti lebih enak nasgornya.πŸ˜†

      Hapus
    4. iya nif, daun pacenya sangu sendiri, tapi kamu malu ga nif nyakuin godong pace wekekekek, kalai si abang langganan mah paling jiasanya kubis ya nif :D

      Hapus
    5. mas agus uda pernah cobain mengkudunya langsung belum? πŸ˜†πŸ˜‹

      Hapus
    6. Udah mbak, udah pernah nyobain Pace langsung tapi waktu kecil. Rasanya pahit makanya sekarang malas minum Pace, mendingan minum jasjus saja.πŸ˜‚

      Hapus
    7. waaaaaakkk sambil nyengir nahan pahit ya mas nguyah pace, hihi
      jangan kebanyakan num jas jus mas, batuk ntar πŸ˜†πŸ˜‚

      Hapus
  16. Mba nita, pas baca nasinya pake nasi sisaa rice cooker, aku lngsng inget fried rice BBC yg dikomentarin uncle Roger yg viral itu. Hehehhe.. Sempet nonton ga Mba?
    Soalny aku sama juga klo nasi goreng ya bikin pas nasi di rice cooker udah kaya mau kering2 gt πŸ˜…

    Baru mau nanya daun mengkudunya beli dimana, ternyata tinggal metik ya? Ada pohonnya deket rumah ya Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhh aku jarang mantengin berita viral mba thessa, akuh kudet 😜🀭🀭

      iyakk sayang kalau dibuang, andai kata punya ayam udah takpakankan ke ayam, πŸ˜†

      hu um di samping rumah pada tumbuh liar mba lumayan menolong pas males beli sayur ke pasar ^____<

      (((o(♡´▽`♡)o)))

      Hapus
  17. Baru tahu nih kalau daun mengkudu bisa jadi bahan tuk nasi goreng, jadi kepikiran nih sama rasanya (^^)

    BTW foto masaknya berurutan, jadi kebayang lihat mbak-nya masak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas ridsal,l sebelumnya aku juga nda tahu kalau mas kal el ga bilang model nasgor betawi pakai daun mengkudu, soalnya aku tahunya mengkudu buat obat darah tinggi tadinya

      πŸ˜ƒπŸ˜„

      Hapus
  18. Saya lihat postingan artikel mbak nita kok jadi lapar dan pengen juga dibuatin nasgor ma bunda tercinta lho mbak nita??? Dan ??? Makasih sudah berbagi resepnya mbak nita??? πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah kalau postingan ini bermanfaat, selamat mempraktekkan resep kami ya mba 😊☺

      Hapus
  19. Agghhhhh maauuuuuu :D. Nasi goreng begini kayak bikinin si Abang yg selalu jualan Deket rumah :D. Aku pas baca daun mengkudu, lgs kepikir ini apa ga pahiiit yaaak.

    Ternyata tulang daun hrs dibuang dulu ya nit. Okelaaaah, tp ttp msh ada paitnya dikit? Aku sbnrnya ga masalah pait2 daun. Tp kdg suami suka rewel. Dia ga kayak aku lidahnya yg bisa trima dan nyobain makanan paling aneh sekalipun :p.

    Cuma aku hrs cari tau dulu, daun mengkudu ada dijual ga di pasar Deket rumah hahahah. Pasarku itu beneran ga komplit blasss. Jd kdg repot memang mau masak yg unik dikit . Harus rela ke pasar yg jauhan dan LBH gede kalo mau lengkap. Kan males lagi pandemi gini -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, ayoook mba fan cobain ughaaa
      ♡(*´Ο‰`*)/♡
      nita mah suka ngomporin kulineran aneh yak ggegegekk

      iya walau tulang daunnya udah kuseset, masih ada paitnya dikit tapi ketutup ama nasgornya mbaa apalagi andai pake terasi yang bikin nasgornya gurih 😍🀭🀭

      iyaaaak aku mah uda apal mba fan pecinta kuliner ekstremmm ahhahahah

      wah kalau di tempatku banyak tumbuh liar di lahan bebas dekat taman komplek mba

      (﹡Λ†﹀Λ†﹡)♡

      Hapus
  20. Jadi penasaran ama rasanya.
    Mbak, pesan satu porsi dong nasi goreng mengkudunya.

    BalasHapus
  21. Bahaha,, Photo nasi goreng sama mbaknya balapan yah..
    Daun mengkudu itu rasanya gimana mba?? Buahnya soalnya nggk enak *menurut saya walaupun katanya buahnya baik banget buat kesehatan. Saya baru dengar kalau ternyata daunnya bisa dimakan juga..

    Nasi goreng salah satu msakan yg sering saya masak sih.. Alibinya ngabisin nasi sisa kemarin.. Bahannya yah cuma telur bawang bombay bawang putih penyedap terus nasi blueband sama sambal terasi kemasan.. Udahh itu aja nggk pke kecap.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas bay, biar ada khasnya hahahah

      narsis dikit deh gw, maapkan ya pemirsa

      kalau aslinya sih pait mas, tapi aku buang tulang daunnya dan kuiris tipis nda kerasa pait banget sih, apalagi ketutup ama rasa nasgornya

      wah kok versi nasgornya mas bayu sedep juga keknya, nasgornya terang euy :D

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^