Jumat, 02 Juli 2021

Contoh Menu Kenduri (Berkatan) di Desa



Oleh : Gustyanita Pratiwi

Kali ini Mbul akan menuliskan beberapa contoh menu kenduri atau yang biasa disebut sebagai berkatan atau slametan. Harapannya supaya ngasih gambaran aja tentang contoh menu-menu apa saja yang ada dalam kenduri di desaku ini.

Seperti yang kita tahu di Jawa, ada tradisi yang disebut sebagai kenduri. Yaitu acara yang digunakan untuk memperingati sesuatu peristiwa, mendoakan anggota keluarga yang telah meninggal, atau seremoni lainnya. 

Contoh Menu Kenduri di Desaku (www.gembulnita.blogspot.com)

Sisa yang masih bisa dibuat maem malem, alhamdulilah kenyang


Di tempatku, kenduri biasanya dilaksanakan ba'da asyar dan dipimpin oleh orang yang dituakan dan memiliki pengetahuan agama lebih tinggi dibanding lainnya. Biasanya Mbah Kyai atau Pak Kaum yang memimpin doa. Lalu pesertanya laki-laki baik yang sudah bapak-bapak ataupun mas-mas yang ada dalam satu RW atau berapa kiranya yang akan diundang. Nanti akan ada acara doa bersama sebelum pembagian nasi berkat atau kendurinya itu. Dan acaranya juga cepet sih. 

Lalu untuk menunya apa saja, kira-kira contoh menu yang sempat terdokumentasi adalah sebagai berikut :

1. Nasi Putih

Nasi putih biasanya ditaruhnya di cethingan bagian dasar sebelum mika untuk sayur dan lauknya. Nasinya akan dialasi kertas minyak. Berbeda dengan modelan nasi kotak di kota yang nasinya cukup untuk 1 orang, porsian nasi kenduri di desaku bisa untuk 4 orang karena memang porsi besar. Nasi kenduri biasanya juga lebih pera ya dan kalau sudah dingin enak juga kalau dibikin nasi goreng. Sering karena ga langsung abis kemakan makanya nasi kenduri kepakenya buat nasi goreng.





2. Mie Goreng Jawa

Mie goreng jawa adalah menu paling umum yang digunakan dalam kenduri di desaku. Pakenya itu mie telor ya. Ada yang kriting ada pula yang lurus. Nanti dia dimasak pake suiran ayam dan juga kubis. Kadang malah ada cabe rawit ijonya segala dalam bentuk utuhan. Mie goreng jawa enak juga digado begitu aja tanpa nasi. Memang kalau di cethingannya seporsinya agak kecil, menyesuaikan ukuran mika tempat sayurnya juga sih, atau kalau jaman dulu pake takiran (yang dari kertas bentuknya bunga, pinggirnya diklip). Tapi karena sekarang maunya yang praktis, maka pakenya mika.





3. Krecek/Rambak

Krecek itu kalau di tempatku disebutnya rambak. Itu loh kerupuk yang dipedes dan akhirnya jadi kenyil-kenyil warna merah. Pelengkapnya kadang ada kaprinya segala dan ditambah dengan balado telur puyuh juga. Rasanya pedes banget. Aku dulu ga begitu suka dengan krecek atau rambak ini, biasa pas masih bocil kan sukanya pilih-pilih makanan. Bahasa jaman now-nya picky eater. Tapi setelah dewasa dan merasakan asam garam kehidupan, dan sempat kenyang dengan kelaparannya anak kos jaman masih kuliah dulu ya akhirnya apa aja jadi doyan, termasuk sayur yang dulunya aku ga suka, sekarang jadi suka. Memang kalau segala sesuatu tuh jangan terlalu benci ya, takutnya lama-lama jadi cinta #hohoooo. Ya salah satunya adalah krecek atau rambak ini. Terlebih yang telur puyuhnya banyak. Aku sekarang suka banget. Semakin pedes, semakin manteb.







4. Ayam Goreng

Jadi inget Ipin Upin kalau bahas ayam goreng kenduri. Biasanya kalau liat di Ipin Upin pasti aku liatnya bagian paha bawah, hehehe. Ayam goreng kenduri ini biasanya pakainya broiller sih. Makanya dagingnya tebel. Kalau yang kampung ada lagi, tapi buat dibikin ingkung yang ditaruh di atas nasi uduk dan gule kambingnya. Tapi ini di moment kenduri tertentu sih. Ga semua moment ada menu ini.




Gustyanita Pratiwi



5. Tumis Tempe Cabe Ijo

Yang ini juga kayaknya udah paten jadi menu kenduri di desaku. Tumis tempe pedes karena bertabur potongan cabe ijo. Tempenya dipotong dadu kecil-kecil nanti dikasih kecap atau gula jawa, jadi selain pedes, ada manis-manisnya juga. Warnanya juga agak gelap tapi enak, hehehe.




6. Tempe Goreng

Tempe gorengnya biasanya dipotong tebel-tebel kotak gitu. Rasanya enak deh apalagi yang masih anget baru digoreng, mantulll...Biasanya aku nyumil atu sebelum pada dimasuk-masukin ke dalam cething kendurinya. Dimaem pake nasi doang uda enak lho. Asal tempenya asin ya. Soalnya kalau anyep ya nda enak. Aku suka yang asin gurih gitu deh kalau tempe goreng.





7. Serundeng

Serundeng terbuat dari parutan kelapa goreng. Dia ada yang kering, ada pula yang basah. Umumnya sih di tempatku rasanya manis. Dan kadang ada campuran bunder-bundernya juga yang terbuat dari kelapa, tapi aku lupa namanya apa. 



8. Snack (Apem, bolu kukus, kolak)

Yang paling sering ada itu apem dan kolak. Kalau bolu kukus itu tambahan aja. Di beberapa moment yang lain bahkan ditambahin kupat, lepet, kacang tanah, lanting, dan potongan ketimun. Atau snack kardusan lain seperti emping, lemper, kacang bawang, atau kue potong.














"Selamat idul Adha juga buat temen-temen muslim yang merayakan ya...Mbul ga kemana-mana nih, di sini sini aja hehehehe..."


Nah, demikianlah update-an singkatku kali ini. Sebenarnya aku masih kurang semangat ngeblog akhir-akhir ini, ntah kenapa. Mungkin belum nemu mood nulis aja kali ya, atau apa ya....hohoho #kutaktahu. 

Tapi aku usahakan akan tetep ada update-an deh, kasihan juga blognya dicuekin mulu sama Neng Admin. Biarin cukup Neng Admin aja yang dicuekin pembaca #hohoho #eh ga dong ya #hehehheheheheh #ketawa ala Woddy Woodpecker deh si Mbul.

Ntah kenapa akhir-akhir ini ga semangat ngeblognya 😭πŸ₯ΊπŸ˜«πŸ˜©


Gustyanita Pratiwi, www.gembulnita.blogspot.com

All doc milik Gustyanita Pratiwi, foto baju ijo waktu pipi belum senyempluk sekarang kek pas pake mukena hahahaha....#plakk!

 (www.gembulnita.blogspot.com)

Gustyanita Pratiwi (www.gembulnita.blogspot.com)

Foto sekarang, yang dah gembil pipinya (Gustyanita Pratiwi, www.gembulnita.blogspot.com)


Tapi tetep, senyum, sehat, semangat!! Semoga tetep diberikan kesehatan di tengah pandemi seperti sekarang ya.

Dan karena kemaren ga bisa Idul Adha di masjid, jadi Mbul cuma mau ngucapin happy Idul Adha aja buat yang merayakan ya. Maapkan kalau udah telat......

Dah ah segitu dulu

Bingung mau nulis apa lagi ya...

hohoo..





114 komentar:

  1. Unik masakannya. Saya fikir kuih bahulu, rupanya apam. Menarik hidangan menu tempe tu.

    Selamat Hari Raya Aidiladha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di Malaysia umumnya kuih bahulu ya kak

      di tempat kami namanya apem kak, rasanya manis dan empuk, kebetulan punya nita kemarin warnanya pink ☺😊

      selamat aidil adha juga untuk kak azhafizah, terima kasih sudah singgah blog aku ya kak 😍

      Hapus
  2. Mantab. Di desa saya biasanya plus sambel goreng dan sebutir jeruk atau 1 slice semangka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mas Adi, ada pula kadang disertai sambal goreng ati kentang ya, kalau ga ati sapi ya ayam ditambahin pete

      sama jeruk dan semangka potongan, πŸŠπŸ‰ ☺😊

      Hapus
  3. Favorit gue semua tuh kecuali apem, agak kurang suka kue manis, sukanya yang asin-asin tapi kalo gada makanan lain suka juga sih sama apem dicocol ke sambel ABC biar jadi asin 🀣

    Ya terang aja kaga semangat, wong udah kenyang makan 4 porsi sekaligus, haha πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️πŸƒ‍♂️

    Met idul adha juga, mohon maaf lahir batin πŸ™πŸ™ πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. kue asin gurih berarti sukanya ya?

      dicocol sambel bukannya pedes? πŸŒΆπŸ™ˆπŸ˜‚

      lha kok tau aku abis 4 porsi....haduh jadi malu πŸ˜‰πŸ€£

      sama sama Mas, met idul Adha juga ya, gimana di kalimantan ada keseruan apa aja? ☺😊

      Hapus
  4. Wah, ini berkat hasil kenduren alias kenduri. Apem nya enak. biasanya empuk dan manis. jadi ingat masa masa kecil, kalau mau makan enak menunggu berkat hasil kenduri. Salam sehat Mbak Mbul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak eko, yang ini spesial bikin sendiri makanya empuk dan lembut hehehe

      salam sehat juga untuk Bapak sekeluarga 😊

      Hapus
  5. Wah ..., menunya luar biasa, ananda Mbul. Bunda rindukan serundengnya. masakan masa kecil buatan emak yang sangat dirindukan. Selamat Idul Adha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata di Kerinci juga ada serundeng ya Bunda, kalau mbul suka yang basah dan manis Bunda 😊

      Hapus
  6. waah menunya enak2 menggugah selera.. sedep banget kalo dimakan bersama keluarga ya. semoga tradisi ini tak lekang oleh waktu ya mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, di tempat mba amirotul juga namanya kenduri ya? 😊

      Hapus
  7. Kalau diJawa jika ada acara Kendurian untuk prasmanannya masih menggunakan besek plastik yaa mbul, Sama kaya dilingkungan Betawi, Meski hanya sebagian saja, Sisanya lebih memilih pakai dus kotak.😊😊

    Tapi kalau untuk menunya umum sih yaa, Baik dijawa sama dijakarta sama aja, yaa paling 11,12 lah..😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau di desa disebutnya cething

      kalau di kota sudah jarang, kebanyakan pakai kardus makanan πŸ˜€

      Hapus
  8. Mungkin nggak semangat ngeblog gara2 ada blog 'Terwelu Ucul'..🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena ada yang bikin males ngeblog kali haha

      Hapus
  9. Wah sama mbak. Di desa saya juga begini tpi beda kue nya aja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya desanya di Medan ya? ternyata hampir sama dengan di jawa tengah ya 😊

      Hapus
  10. Pertama-tama saya mengucapkan mohon maaf lahir batin buat mbak Gusti jika ada salah kata ^^
    Kedua, saya ngiler sama Tempe cabe ijo-nya hehehehehe πŸ€£πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf lahir batin juga ya Syahid, lho kok malah kayak Lebaran ya hehe

      tumis tempe cabe ijonya enak, rasanya manis pedes. Pedes cabe ijo ga sebikin ambyar cabe rawit 😊

      Hapus
    2. Udah jadi kebiasaan saya kalau ada hari raya islam minta maaf wkwkwkwk. Aku lebih suka cabe ijo sih, soalnya yah itu nggak bikin kepedesan banget dibandingkan cabe rawit, tapi kadang berasa kurang juga kalau nggak cabe rawit 🀣

      Hapus
    3. hehe sama kayak idul fitri berarti ya Hid πŸ˜ƒπŸ˜Š aku pas masih kuliah juga kebawa lingkungan kampus suka begitu juga hehehe

      iya sih asal nyeplus cabe rawitnya dikit aja ya πŸ˜„πŸ˜

      Hapus
  11. Eh akupun sejak kuliah jadi doyan malem2 makanan nit. Padahal pas msh tinggal Ama ortu, kok ya kayaknya miliiiiih banget Ama makanan. Yg dulunya benci Ama menu tertentu, skr mah doyan.

    Ga jauh beda sih lauk kenduri ini. Suamiku kalo dapet nasi box kenduri, ga mau makan dia. Soalnya dari dulu, ntah kenapa dia ga suka nasi taro dalam kotak gitu. Pernah dapet nasi kotak dari restoran yg dia suka bgt rasanya, tp Krn dikotakin ga dimakan. Akhirnya aku taro piring. Dimakan juga akhirnya.

    Kalo aku sih, yg ptg enak, mau taro dalam daun kek, kotak kek, sama ajaa :p

    Mungkin Krn pandemi ini yg msh blm jelas, bikin mood utk update blog jadi keganggu. Aku ngerasain kok yg kamu alamin. Maleeees bgt update blog. Yg biasanya seminggu sekali, aku jadi 2 Minggu sekali skr. Saking males dan ga ada ide. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba fanny aku dulu pas masih bocil benci sayur tertentu kayak melinjo, rambak atau krecek ini...pare sekarang suka banget malah hahhahaha...ya karena efek pernah ngekos, secara anak kos apa aja dimakan gegara pernah ngirit kan heheh

      ow lucu juga ya mba fanny suami mba ga suka kotak kardusnya hahahah

      aku malah paling antusias kalau ada nasi kotak gitu apalagi kalau gratis hihi

      iya ya, sebenarnya pengen nulis tapi ada sesuatu hal yang kadang bikin enggan nulis lagi huhu...

      Hapus
  12. Kalo liat makanan seperti ini jadi inget kampung halaman. Soalnya dulu pas masih tinggal di rumah (sebelum kerja), sering aku ikut acara seperti ini yang diadakan di kampung. Makanan yang disajikan pun tak jauh berbeda. Selain itu biasanya ada buah jeruknya 1.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti sering ikut kenduri juga ya mas dede...iya ada jeruknya biasanya kalau ga warna ijo ya warna oren tapi jeruk lokal aja bukan jeruk sunkist ☺

      Hapus
  13. Semangaaaddddd neng admiiin !!!

    (´⌣`ΚƒΖͺ)♡

    BalasHapus
    Balasan
    1. pesti mau numpang promoooo

      ⊂(● ̄(エ) ̄●)⊃

      Κ• ˵ ̿–α΄₯ ̿– ˵ Κ”

      (。・Ο‰・。)

      Hapus
    2. Ga pa pa lah min...

      (γ₯ ̄ ³ ̄)γ₯

      Hapus
    3. Baiqlaaaaa Terweluuu...

      ( ˘⌣˘)γ₯)˚Π·°)

      Hapus
    4. πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„πŸ™„ 😳😳😳😳😳😳😳🀷‍♀️🀷‍♀️🀷‍♀️🀷‍♀️🀷‍♀️🀷‍♀️🀷‍♀️🀷‍♀️🀷‍♀️🀷‍♀️🀷‍♀️🀦‍♀️🀦‍♀️🀦‍♀️🀦‍♀️🀦‍♀️

      Hapus
    5. ~ (Ϋ³˚Π”˚)Ϋ³ Ξ΅(⊙__⊙)Π·~ (Ϋ³˚Π”˚)Ϋ³ Ξ΅(⊙__⊙)Π·

      Hapus
    6. Wkwkwkwk sempet2 nya ngelucu...

      Hapus
    7. biar pada ketawa lul kalau pada mampir blog Mbul, ga cemberut bae biar pembacanya jadi gembira hahhahaahaaa

      Hapus
  14. ...food is an important part of any celebration!

    BalasHapus
  15. Uhhhh it looks amazing and delicious.. astaga Mba Mbul, itu telor puyuhnya 😍😍😍 menggoda iman banget. 🀣 sekali sesrek dpet banyak itu telurnya πŸ˜‚πŸ˜‚ aku suka telur puyuh.. 🀀🀀

    Ngomongin krecek. Krecek jawa emng yang paling terbaik si Mba. Apalagi kalau sekitaran jogja Magelang. Ya Allah itu kreceknya enak dan tebal2. Kalau di sini mah kreceknya gitu.. sepii.. kurus2 terus kecil2 lagi.. πŸ˜†πŸ˜…

    Udah lama hampir nggak pernah dapet besekan kaya gini. Selama pandemi kita udah nggak bisa kumpul2 acara pengajian atau sebagainya.. πŸ₯Ί

    Mba Nita semangat terus ya.. nggak papa kalau lagi umes semangat ngeblognya, take your time aja mba. Ntar pas udah ngumpul. Baru dehh balik lagi dengan segudang cerbung yang LOVE IT πŸ₯°.

    Sehat selalu Mbak Mbul.. 😁😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Bayu enak banget masakannya Bulek ini...udah paling terkenal kalau disuruh rewang pas ada acara slametan.

      krecek jawa beda kayaknya kali ya krupuknya ma pas beli di kota hiks...kreceknya lebih gede gede
      ini juga dapet di langganan yang uda terkenal barangnya bagus Bay ☺

      iya ini pas tahlilan waktu puasa kemarin sih bayu hehe

      sebelum PPKM

      iya semangat untuk kita semua, semoga selalu diberikan kesehatan dan kelancaran ya dalam segala sesuatunya hehe...iya bayu, sebenernya pengen nulis lagi...terutama fiksi, nanti aku banyakin baca buku dulu deh biar nambah nambah kosa kata atau pencerahan...makasih ya, sehat sehat untuk Bayu juga ☺😊

      Hapus
  16. Halo Mba Nita? Masih ingat saya?? Hehe
    Sebelumnya mau ngucapin selamat Idul Adha. Meskipun telat. Hehe

    Wah, itu makanan kesukaan saya semua. Apalagi telor puyuhnya. Itu kesukaan saya banget. Kalau ada makanan yg ada telor puyuhnya suka saya pilihin biar dpet telor puyuhnya aja. Wkwk.

    Semangat dan sehat selalu Mba Nita.. πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Andrew, makasih ya ☺😊

      iya masih ingat kok, hehe kan kalian bertiga seru banget dan gampang diingat, Andrew, Bayu dan Toni ☺

      iya enak ini Ndrew biasanya memang ini yang paling pas buat campuran krecek pedes, aturan tambahin kentang juga hehehe

      sehat sehat juga untuk Andrew dan keluarga ya ☺😊

      Hapus
  17. Macam-macam jenis makanan ada. Teringat zaman saya kecil-kecil dulu, di kampung kalau ada kenduri memang macam-macam aroma masakan dapat dihidu. Sedap-sedap pula tu. Sekarang susah dapat lihat suasana seperti ini sebab tuan rumah selalu tempah makanan dari katerer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak amie, rasanya paling senang waktu masakannya matang, mbul cuma bisa bantu icip xixixix

      kalau sekarang banyak yang ingin praktisnya makanya catering ya kak.

      makaskih uda singgah di blog mbul

      Hapus
  18. Sedapnya. Lama tidak makan lauk kenduri. Saya sangat suka sambal jawa.

    BalasHapus
  19. Salam kenal..

    Wah,menarik sekali perkongsian info ini.
    Aduh,tempe cili hijau tu saya pernah cuba rasa..sedap..Kue apem tu ingatkan kue bugis...menarik menunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Kak Cella πŸ˜ƒ

      iya kak tempe dimasak dengan cili hijau seperti kudapan tumis mercon, penuh ranjau di sana sini kak

      kue bugis berarti bentuknya bunga bunga seperti ini ya kak?

      Hapus
  20. Baru tahu nih krecek, kira2 di medan ada gk ya? Semoga aj ad biar ikut merasakannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kalau di medan kayak kerupuk kulit itu kak, kalau di medan ada bisa nih dipraktekkan masak pedes seperti ini Kak 😊

      Hapus
    2. Oke kak, biar hunting siapa tahu nemu :D

      Hapus
  21. Your plates of food look absolutely delicious. Enjoy!

    BalasHapus
  22. Boa tarde. VocΓͺ me deixou com muita Γ‘gua na boca ao ver essas delΓ­cias.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Mr Gomes, we cook all of them by ourselves ☺

      Hapus
  23. huhuuu apemnya bikin ngiler.

    emang ya di desa tuh terlatih banget bikin makanan dan masakan dalam porsi besar. coba kalo di kota, bawaannya langsung mesen-mesen aja, ga ada yang namanya rewangan πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mega, kalau di desa seluruh sodara karena tinggalnya deketan aja ya akhirnya dikerahkan buat bantuin hehe

      Hapus
  24. hai hai haiii mbak mbull, semangattt
    aku juga merasa kayak kurang semangat nulis, tapi ada yang mau ditulis tapi ga semangat, mbulet hahaha

    dilingkunganku masih ada tradisi kayak gini mbak, wadah plastik bunder kayak gitu dari zaman aku kecil udah umum sekali. jajanannya juga samaan, kadang waktu aku kecil liat tetangga tetangga yang sibuk tolong menolong masak beginian

    kalau sekarang wadahnya ada yang bener bener "niat" kayak ala tupperware, jadi bisa dimanfaatin lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih lagi kurang semangat nulis, padahal stok foto makanan masih menggunung ☺

      iya kalau ala tradisional masih pake cething nasi atau besek bambu mba, nanti dialasi daun pisang atau kertas minyak lalu buat nampung sayur dan lauknya pake takiran wadah kecil kecil bentuk bunga, atau mika

      wah ada yang pake tupperware juga? kok pengen aku hihihi

      Hapus
  25. Saya belum pernah liat rambak sihh,, apalagi telur puyuh yang di bumbusambelin kayak gitu, pasti sedap banget..


    Tumis tempe cabe ijonya bikin ngiler mbull,, kayaknya baru kali ini deh ku ngiler liat tempe heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tempat kamu biasanya kalau ada acara pengajian menu makanannya apa Lul? iya ini enak banget, pedes, dan krecek itu kenyal kenyal gitu deh 🀭

      iya di sini mang umumnya ditumis gitu dan hampir selalu ada memang menu menu yang dah kusebutkan di atas...o satu lagi aku lupa...telur rebus wkwkw

      Hapus
    2. Kalo disini sih pengajian yang selalu ada itu pasti kue pupuk gak tau deh bahasa indonesianya apaan ad juga sambal goreng gak tau jg bahasa indonesianya apaan hehe.. Telur rebus udah pasti juga ada...

      Masih bnyak sih sebearnya hidangannya tp saya gak namanya, tau makan aja hihi

      Hapus
    3. kok jadi penasaran aku sama kue pupuk bentuknya kayak gimana ya..coba ntar aku googling kue pupuk di Sulawesi

      taunya tinggal lep masuk ke mulut turun ke perut ya lul 🀭

      Hapus
  26. duarrrr IloIlo

    Mbak Nita kembali mengguncang panggung

    duh kalau ngomongin berkatan selalu ngeces
    apalagi kalau buat tonjokan
    harmonisasi antara mie sing berminyak, serundeng, smabel goreng krecek, dan kawan kawan adalah kenikmatan tiada tara
    opo maneh lek ket mateng nyulik2 saiktik padahal durung diasahi wkwkwk
    kebiasaan buruk yang tydak boleh dicontoh

    lek ndek nggenku sing mesti apem karo gedhang mbak
    lek gak wajik ijo royo royo

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembali lagi pada si mbul yang akan siap mengguncang dunia ehehw


      illo illo city...
      hawur hawur hem....ploook

      iya mas ikrom

      mienya berminyak ning enak yo
      tambahibserundeng plus ayam gorenge sik bagian kulite kandel hadududududududduuuh nampol deh

      iya ada gedhange aku lali jeh durung taktambahi hahahha

      wajik ijo aku suka banget...aku loh wajik kawit wingi arep gawe dewe rung sido sido huhu

      Hapus
  27. Wah berkatnya hampir sama dengan ditegal kalo ada acara selamatan. Nasinya ditaruh di ceting, habis itu dikasih mie kuning, ikan bandeng, tempe goreng sama tempe dimasak cabe.

    Kalo ayam goreng tergantung yang hajatan, kalo orangnya agak punya biasanya dikasih ayam, kalo duitnya banyak dikasih daging sapi juga. Kalo tidak banyak duit minimal dikasih ikan bandeng, kalo duitnya pas-pasan ya paling nasi, mie kuning, tempe plus telor doang.

    Kalo yang slametan tajir kayak mbul mah semuanya ada, ayam ada, bandeng ada, daging sapi ada, sampai Snack nya juga yang sepesial.😁

    Kaboooorrr πŸƒπŸƒπŸ’¨

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beda dikit Mas.....itu tempat Mas ada ikan bandengnya 🐟🦈, tempat mbul perasaan ga pernah menangin ada bandengnya deh 🀭

      bandeng goreng yak?

      tempat Mbul ayam goreng aja, kadang ada gulai kambingnya juga Mas...telor rebus ya mas...itu dulu pas masih bocil mbul gadoin aja pake garem ditutul tutul gitu gegara ibuk jarang beliin mbul jajan, mbul ngemilin telur rebus sisa kenduren
      (。>γ……<。)πŸ’¦ #ngenes banget yak wkwk

      (。・Ο‰・。)

      Hapus
    2. Masih mending telor mbul, kalo aku waktu kecil ingatnya kalo slametan paling dapatnya ikan asin sama tempe goreng, tapi itu juga Alhamdulillah ada makanan.

      Wah kasian sekali jarang dikasih jajan.🀣

      Kayak aku dong bisa jajan sesukanya. πŸ˜„

      Tapi ada syaratnya, aku jualan es lilin dulu keliling kampung, kalo es nya laku ya nanti dikasih persenan buat jajan. Harga es lilin 50, nanti dapat upah 10, jadi kalo laku 10 lumayan dapat 100, kalo satu termos abis 20 es berarti dapat 200, lumayan buat jajan. πŸ˜ƒ

      Biasanya ke sawah, soalnya kalo di kampung sudah banyak yang jualan es.

      Tapi kalo es nya ngga laku, minimal dapat jajan, dikasih es lilin sama yang punya.😁

      Hapus
    3. ternyata ada pula ikan asin ya mas? malah enak kayaknya...mbul aja suka gereh ^______^

      iya jaman kecil aku jarang dikasi jajan, uang saku sekolah aja paling dikit diantara teman lain, kalau teman lain beli rames mbul beli gorengan atau kue 2 es 1. πŸ₯ΊπŸ˜Œ

      lho masa kecil mas kok hampir sama kayak Mbul, dulu ibu juga bikin es lilin dari pandan, jadi warnanya ijo tapi buat dititipin ke warung warung, itu yang biasa mbul disuruh beli rokok ma bapak. Es lilin buatan ibu dititipin di situ. Kadang laku kadang ga hihihi...kalau ama bapak sering sih diberi bonus jajan tapi kalau ama ibu jarang hahahha...

      ena ya mas es lilin itu, jaman kecil aku suka banget nglomotin es lilin rasa buah, yang masih ada potongan buahnya mas, yang manis 😜😁

      Hapus
  28. Aku datang....ga telat kan? D jalan macet banyak awan2 menghalangi pandangan 😁😁😁

    Kumplit ya Mbul nasi berkatnya, nasi berkat itu penuh berkah, waktu kecil biasanya jadi rebutan di rumah hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi ga kak, uda aku siapin nih buat kakak biar masih dapet besekannya #eh 😜

      iya pas kecil dapat ginian yang ada bapak dikerubutin anak anaknya semua pada ngincar snacknya 😝

      Hapus
    2. Asyik dapat besek Virtual πŸ˜πŸ˜‚πŸ’…

      Hapus
    3. hihihi spesial nih buat kak dini

      (*・Ο‰・οΎ‰οΎ‰οΎž☆゚゚

      (*´︶`*)ΰΈ…♡

      Hapus
  29. enak enak makanannya....
    kue bolu adalah diantara kue favorit waktu kecil .....yummy

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Pak Tanza, bolu kukus kesukaan Mbul sedari kecil juga, dulu waktu SMP, tempat Mbul ada pelajaran Tata Boga salah satu prakteknya disuruh bikin kue bolu kukus 😊

      Hapus
  30. Paling menggiurkan si tempe lah.. hahaha.. meriah laukmya.. rambang mata meliatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya kak mim...mbul juga love banget dengan tempe, cause tempe is gurih...i like it

      (*´︶`*)ΰΈ…♡

      Hapus
  31. salam mbak nita, didesaku berkatan ini untuk seremoni bersunat.,. ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. menunya juga pasti sedap sedap ya wak klo di malaysia? πŸ˜„

      Hapus
  32. oh ini toh namanya kenduri
    foto2 makanan terus jadi laper

    BalasHapus
  33. Baru sekarang aku aktifkan mode gambar, kaget ada penampakan baju putih dan baju ijo sejak foto pertama.😱

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga sampe syok kan mas? 😳😱

      ya uda ditutup lagi mode gambarnya Mas nanti kuota mas kesedot 😜

      berarti dari kemaren ga liat kue apemnya Mbul yang warna pink dong Mas? ayam goreng, mie goreng dan tempe gorengnya?

      ((o(*>Ο‰<*)o))

      Hapus
    2. Eh tapi yang ijo itu cakep, soalnya biasanya lihat yang putih terus.😁

      (Mudah-mudahan habis ini dikasih kue apem pink satu kresek.πŸ˜†)

      Hapus
    3. nih mas...🧁 apemnya

      buruuu mumpung masih anget hahaha...

      ga sekresek, adanya cuma satu tinggal itu thok, tapi manis dan empuk, soalnya Bikin adonannya dengan tangan mbul gitu loh 🀭

      δΈ‰δΈ‰α••( ᐛ )α•—

      Hapus
  34. Aku klo kenduri...idola di nasi gurih..soale dilengkapi daging ayam kampungπŸ˜€

    Setelah itu, ambil jajan pasar. Klo dikampungku biasane wajik + kacang rebus+ slondok nit.

    Paling seru ki nek bancakan pedhet/anak sapi. Jadi klo ada sapi yang lairan, si empunya bikin among2 ke tetangga kiri-kanan. Paling suka, karena ada dawetnya...πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. daging ayame diingkung ya mba lis, sama mba hihi

      aku seneng wajik mba..aku pengen gawe tapi ga sido sido huhu...padahal wes tumbas ketan..pengen praktek gawe dewe

      lho unik juga tempate mba lis ada lahiran pedhet ada among amonge juga hihihi, tempate mba lis sleman apa mbantul ya? apa jogja kotane?

      Hapus
  35. Balasan
    1. have a wonderful day too, Pak Tanza 😊

      Hapus
  36. saya dah cuba mee goreng jawa, sedap nya. kami sering makan tempeh goreng dengan sos kicap pekat dan cili. pedas tetapi enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, nita sering betul masak mie jawa ini...tapi kalau dalam acara kenduri rasanya tetep ada bedanya dengan yang nita buat...hihi...enak banget kalau ada cilinya ya kak, asal hati hati biar paa menyantapnya ga terkena ranjau pedasnya cili ☺😊

      Hapus
  37. telur puyuhnya itu bikin lapar yang melihatnya. Benar2 banyak banget suguhan menu kenduri ini
    jangan lupa apem harus selalu ada
    sebagai syarat, itu kan yang berwarna agak kemerahan itu apa apem ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas itu kue apem...biasanya emang ada di kenduren kan ya ☺😊

      Hapus
  38. Menunya agak beda ama acara kenduri atau pesta kalo di kampungku, mungkin perbedaan budaya dan lidah juga.

    Tapi tetap ngiler sih liat menu-menunya itu. 🀀

    BalasHapus
    Balasan
    1. o kalau tempat mas rudi ada menu aoa aja ? jadi penasaran kalau di medan menu menunya kayak gimana? ☺

      Hapus
  39. trus aku langsung praktek ketawanya si Woody dong.. eheheheheu eheheheheu.. wkwkwk.. kreceknya beda dengan sayur krecek yang di gudeng ya, Mbul? Hehheehe aku taunya sayur krecek doang karena mama mertua suka bikin

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...aku selalu gemes ama si woody woodpecker kak nai...dulu aku sering nonton waktu minggu pagi di sctv

      krecek ala betawi sedep pedes dong kak?

      Hapus
    2. wkwkwk di Betawi gak ada krecek, Mbul. Mertua kan orang Purworejo, dia suka masak sayur krecek gitu, yang ada kacang merah kecil2 itu lho..

      Hapus
    3. lho ternyata keluarga pak su kak nai wong purworejo deket sama tempat mbul kebumen hihi...tapi rumah di jakarta ya kak...berarti itu keluarga nenek kali ya...iya ada kacang merek aku biasa nyebutnya kak, yang merah itu biasa buat rawon kan?

      Hapus
    4. Iya rumah mertua di Jakarta, tapi mereka masih rajin pulkam sih. wkwkwk aku gak paham isi rawon yang asli gimana, Mbul. Maklum bukan orang Jawa, tapi aku suka banget rawon sih, taunya cuma pake kecambah sama telor asin aja, gak pernah liat yg pake kacang merah.

      Hapus
    5. o sering ikut ke Purworejonya ga kak? πŸ˜ƒ

      iya rawon kalau ga salah dari jatim ya...dulu ibukubsering masakin pas masih kecil padahal aku ga gitu suka kluwek...wkwkw..tapi pas uda gede gibi ternyata enak juga kak dimakan bareng kecambah sambel dan telor asin uwuwuuw 🀀

      Hapus
    6. Aku baru 2x aja kesana, pas baru nikah, sama pas Teduh umur 1 tahun kalo gak salah. Hahahaha aku gak kuat kalo pulkam, Mbul, sering diomongin gak enak pake bahasa Jawa. Aslinya aku ngerti tapi pura2 gak tau aja. Jadi suami gak pernah mau pulkam lagi sih

      Hapus
    7. uda lama juga ya kak hihi

      emang kalau udah mbaur keluarga suami harus adaptasi ya kak hihihi...pait manis kehidupan semuanya harus diterima sepaket hihi...semangat kak nai γƒΎ(´︶`♡)οΎ‰

      Hapus
  40. Wih masak banyak ya Mbak Mbul. Di kampung bapak saya, disebutnya kenduren, menunya juga sama dengan yang dimasakh oleh Mbak Mbul. Oiya, saya juga suka apem Mbak, Apalagi yang udah agak keras. Entah, aneh ya suka apem yang agak lama. Salam sehat Mbak Mbul

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mas di tempat aku juga kenduren...wong jowo berarti ya mas supri?

      iya enak apem..aku sukanya yang masih anget hehe

      Hapus
  41. Wah belum ada tulisan baru nih πŸ˜πŸ˜€πŸ˜€

    BalasHapus
  42. Di sini juga nasi berkat nasinya banyak cukup buat makan berdua atau bertiga dan biasanya nasinya nasi uduk temannya semur, acar sama sambal kentang campur ati tapi ada juga yang pakai nasi box dan ada juga kue apem sama bolu kukusnya dan kue putri ayu sama kue pepenya serta kue pisang dan ada buah-buahan juga biasanya pisang sama jeruk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap kali liat profpic mas her gambar rmoticon lagi mikir lirik mata ke atas aku selalu ngakak euy

      kok jadi pengen mas he..ada nasi uduk semur acar ya Alloh ngiler

      kentang ati pula...ada petenya ya?

      oiya kadang ada putu ayunya juga mas...kue pepe tuh kayak gimana tuh mas πŸ€”
      iya pisang jeruk itu udah umumnya gitu ...enak kalau jeruknya sunkis hihi...menang banyak yang dapet

      Hapus
    2. Kok bisa ngakak lihat jadi bingung.. hihihi

      Petenya, udah pasti ada petenya dan kadang itu yang bikin kesel lagi enak makan tau tau kegigit petenya.

      Kue Pepe itu kue yang berlapis-lapis dan warna warni biasanya merah, hijau dan putih.

      Kalau sekarang kebanyakan jeruknya emang jeruk sunkist tapi pisang tetap pisang ambon.

      Hapus
    3. ngakak aja habis lucu soalnya matanya ngliatin ke atas gerak-gerak tuh emoticon mas her wkwkwk

      iya sih uda hapal aku mas her ga suka pete wkwk

      o apa lapis merah putih ya..apa kue potong kayak bolu

      o kirain jeruk ijo..kalau sunkis sih mau sekalian apel merah kalau bisa biar menang banyak 🍎🍊 xixixi

      Hapus
    4. Mungkin karena format gambarnya gif jadi bisa gerak-gerak..hihihi

      Tapi anehnya pete cina saya doyan apalagi direndem di cuka seperti acar enak banget buat makan nasi.

      Kue pepe ada juga yang bilang kue lapis sagu tapi setau saya kue pepe dibuat dari tepung tapioka sama tepung beras bukan dari tepung sagu.

      Kadang ada juga yang ada apel merahnya sama lengkengnya

      Hapus
    5. bisa jadi...kalau download gif dimana ya?

      jadi acar pete klandingan ya

      oh ada tepung berasnya...jadi penasaran

      wah lengkap dong buah buahannya...ku jadi pengen

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^