Jumat, 29 Oktober 2021

Menu Masakan Mbul dalam Sepekan Ini



Oleh : G Nita 

Assalamualaikum semuanya...

Bagaimana kabar kalian? 

Semoga dalam keadaan baik ya. 

Memang akhir-akhir ini cuaca sering mendung. Hawanya juga adem banget! Langitnya peteng. Jadi pengin selimutan aja kan, atau sesuatu yang anget-anget mungkin? Betul ga? Tapi meski begitu, Mbul ga boleh males-malesan dong. Karena Mbul tiap harinya banyak kegiatan. Sibug saia, tapi insyaAlloh ngeblognya juga disempet-sempetin sih sekedar buat hiburan, ngechek dashboard, ya mungkin ada komen masuk atau pengen balas komen aja atau silaturahim ke blog teman-teman. Walaupun suka telat, tapi insyaAlloh kalau ada waktu senggang aku sempatkan mampir. 

Okey, kali ini Mbul ga akan nulis berat karena seperti biasa cuma mau setor daily life aku yang disibukkan dengan banyak kegiatan. Salah satunya adalah rutinitas masak-masak-dan masak. Masaknya ga yang wow banget sih....ala-ala resto atau hotel bintang 5, bukaaaan. Cenderung masakan biasa aja hahaha...Tapi ntah kenapa aku suka aja nulisinnya. Ya sekedar buat catatan kalau-kalau hari ke depan lagi buntu ga tau musti masak apa lagi kan? Lebih ke catatan diri sendiri. Walaupun ya hari-hari masaknya pun itu-itu aja wkwkwk...Tapi ga pa pa lah ya, kan dimasakinnya penuh cinta oleh seorang Beby Mbul. Jadi ya, biarpun bahannya sederhana, yang penting ada rasa cinta di dalamnya # hahaha...



Oh ya, Oktober ini kebetulan aku juga lagi seneng ikutan WIB-nya Tokopedia sih. Itu loh Waktu Indonesia Belanja yang biasa nyempil di video youtubenya teman-teman vlogger yang dinyanyiin Blackpink. Pada tau ga kira-kira? Yang kayak gini nih lagunya : "WIB...WIB....Coba check Tokopedia...Tiap tanggal 25 sampai akhir bulan...diskon gede-gedean bebas ongkir sepuasnya. Semua selalu ada selalu bisa di Tokopedia...Waktu Indonesia Belanja hanya di Tokopedia...#aduh jadi ikutan nyanyi kan si Mbul...hehehe. Apakah Mbul anggota Blackpink yang ke-5. Oh....butand tentu saja....sebab ku cuma ngimpi. Tapi alhamdulilah kemarin sekalian belanja beberapa hal penting lainnya hanya dalam satu kali klik lewat e-commerce satu ini. Soalnya lagi banyak diskon dan gratis ongkir....#rejeki anak sholeha ya...#kan Beby Mbul emang anak soleha.....Asyiik! Dapatnya apa aja? Ada beberapa diantaranya Skincare, lipgloss, Sambal Roa, dan beberapa hal lainnya, seperti komik Doraemon jadul. Eh, tapi itu nanti ya. Sekarang kan aku mau cerita tentang list masakan aku dalam sepekan ini ada apa aja. Hasil berburu momment WIB-nya tar aja disempilin di tengah-tengah postnya. Jadi langsung aja Yuk, cekidotz!

1. Tumis Kangkung Pete, Lele Goreng, Tempe Tahu Goreng, Lalap, Sambel, Bebek Goreng, Es Degan (Kelapa Muda)

"Kangkung lagi...kangkung lagi....gara-gara si Embul lewat". Lho....lho...itu mah nyayiannya Si Komo, Mbul.. Komodo temennya Ulil. Hihihi. Kalau yang ini si bukan si Komo, tapi kangkung. Ya, karena aku pecinta kangkung, sayuran yang baru kutahu bahasa Inggrisnya adalah spinach water. Jadi kemana aja selama ini baru tahu bahasa Inggrisnya sejak sering baca artikel Bahasa Inggris tow....hehe #ketahuan deh. 

Jadi, aku sajikan kangkung buat makan malam itu sama lele goreng, tempe dan tahu goreng, sambel, juga bebek (tapi kalau bebeknya ini  sih beli ya. Hasil beli di kede bebek baru deket rumah yang katanya kalau makan nih bebek bisa auto tajir melintir...(e serius?)...Itu sih karena nama bebeknya itu kalik....Ya namanya juga slogan...ya biar menarik gitulah jadi jikin orang pada melirik Bebek Bikin Tajir. Tester harga promoan perdana...yaweslah nglarisin abang pedagangnya kan? Beli pagi tapi dimaemnya malem....owalah Mbul...Mbul.. kalau pagi nda pernah sempet sarapan si Embul tuw. Sapa yang sama kayak aku, ngacuuuunk?




Kangkungnya ini Mbul kasih pete sisa beli di pasar beberapa malam sebelumnya. Kebetulan petenya udah aku potek-potekin dan aku masukin ke wadah kaca biar awet sebelum disimpan di kulkas. Sebab kalau dibiarin di lenjerannya takutnya kisut kan. Juga kalau misal ada tatungnya tar bisa jalan-jalan uget-uget di lantai kan atud saya...hahaha...Makanya begitu beli langsung tak openi saja biar sekalian kalau nemu yang berpotensi ada ulernya bisa segera dibuang. Pete tua soalnya. Sayang kalau sampai layu juga kan. Apalagi pete buat campuran masakan apa aja bakal enak. Tumis-tumisan terutama. Jadi triknya biar tetep bagus dan mulus, segera potekin aja dari lenjerannya baru abis itu masukin wadah dan dikulkas.

Seperti biasa bakal takjembrengin foto-fotonya ya. Walaupun agak panjang, seenggaknya bisa lah menceritakan bagaimana masakanku yang sebenernya sih biasa aja ini....hahaha...Tapi biar pun biasa yang penting dinikmati dengan rasa syukur insyaAlloh jadi daging...#eh salah ya?






Dan terakhiran bikin es degan yang dicampur dengan sirop sendiri. Mulanya sih degannya ga ada campurannya. Ya rasa ori lah alias ga pake tambahan apa-apa, tapi karena biar cantik saat difoto, maka terpaksalah aku tambahin dengan sirop juga. Siropnya warna pink lagi. Kan seger unyu gitu kan. Cuma jangan sering-sering minum manis ya. Soalnya takut Mbulnya jadi over kemanisan.....eh lho kok Embulnya yang kemanisan. Degannya kali... Ya maksudku biar ngurangin gula aja. Sesekali minum yang manis-manis boleh lah. Tapi selebihnya cukup pantengin wajah si Mbul aja ya #plak...plak..plak... TEPLAK...GAPLOK, XD...XD.

Eh tapi ngomongin soal kangkung, di sini sayuran yang paling gampang dibeli emang itu sih. Selain bayem ya itu. Kang to the kung. Kangkung dong. Garink hahahha. Ya, kalau ga bayem emang seringnya ku masak kangkung. Gitu terus selang-seling, sampai kadang bocand...tapi ya gimana, adanya 2 sayur itu yang. Mau nyayur yang aneh-aneh selain susah juga takutnya ga kemakan. Soalnya masakan zona nyamanku itu selain kangkung, bayem juga satu lagi deng...asem-asem. Itu nanti ada di list nomor bawah. Makanya kubilang juga apa. Tetep pantengin terus sampai paragraf penghabisan ya. Ya diliatin foto-foto masakannya aja juga ga pa pa deh #canda.



Es degannya ga aku kasih kental manis sih. Cuma sirop doang. Biasanya kan ada kental manisnya ya jadi pas diaduk ada sensasi creammy-nya. Nah ini beningan aja. Siropnya pake sirop pisang yang biasa buat campuran Es Pisang Ijo Khas Makassar itu loh, jadi kerasa ya wanginya. 

Tapi memang dasarnya degan aka kelapa mudanya udah enak. Dapat beli di tukang es kelapa muda dan minta dipilihin yang butirannya montok....Njembluk-njembluk butirannya seperti pipi Mbul. Nah itu udah pasti airnya banyak ya. Udah gitu rasanya manis lagi. Dan daging buahnya beneran masih muda. Jadi lembut alus gitu pas disendokin. Kalau ketuaan mah udah keras itu. 






2. Terniat Bikin Wajik Pandan Hijau

Yang kedua itu agenda bikin wajik. Bisa dibilang ini agenda tanpa rencana. Spontanitas gitu lah. Karena lagi-lagi kalau lagi terlintas pengen bikin sesuatu, Mbul bisa ujug-ujug mengajukan diri menuju pasar buat beli macem-macem. Misalnya beras ketan dan lainnya...Beras ketan Men! Ya soalnya aku kan masih penasaran pengen tau cara bikin wajik. 

Jadi, Minggu ke pasar beli aku bahan-bahan untuk keperluan bikin wajik. Ada beras ketan, santan instan, dll. Selasa coba eksekusi. Bismilah modal resep di youtube dan internet kan....Bisa lah...kecil!!! Eh kok gua syombong amaddd yach....taboook! Ya bisa dipastikan bahwa aku ga langsung berhasil memang. Pertama gagal total. Soalnya wajik aku ga matang merata. Gegaranya aku ngrendam sedikit aja beras ketannya. Eh, begitu takkukus kok hasilnya dikit. Kalau dibikin wajik ngalamat cuma seloyang kecil nih. Mana okey buat difoto-foto. Akhirnya kutambahin lah dadakan sama beras ketan yang belum direndam. Aku taruh di kukusan bagian pinggir-pinggirnya si ketan yang udah matang tadi. Terang aja jadinya ga karuan. Maksudnya ada bagian yang masih kretes-kretes beras, ada yang dah mateng. Mana letaknya jadi nyebar diantara yang dah mateng lagi kan yang kretes-kretes itu...alamak aku kasih lihat ke ibu dan kakakku hasilnya terang aja langsung diketawain. Hahahhaha....Kata ibu bikin wajik emang kudu sabar. Bisa butuh waktu berkali-kali sampai berhasil. Sedangkan kakakku bilang bukannya kalau wajik itu beras ketannya ditumbuk ya. Aku cuma mlongo percis anak Paud yang lagi belajar sesuatu huhuhu...Ga tau resep aslinya kayak gimana. Wong aku cuma modal liatin dari youtube dan kumodif-modif dikit, kuilangin ndiri bahan yang sekiranya susah didapet. Ya udah percobaan pertama gagal kan? Apakah aku kapok? Kok kayaknya ga yah, hahahha...Biar kata diledekin sekeluarga sih. 

"Owalah Mbul....Mbul siro ki arep gawe wajik klethik apa wajik jadah toh Nduk..Nduk. Piye to Cah Ayu...Cah Ayu..." 

Ya gimana, soalnya penampilan wajikku yang pertama itu kurang lebih mirip wajik klethik tapi masih ada beras ketan yang belum matengnya di sela-sela permukaan ketannya. Jadinya tengah-tengahnya keras kan? 



















Tapi kayaknya aku belum nyerah begitu aja. Masa baru sekali gagal ga mau nyoba lagi. Yaudahlah keesokan harinya aku ke pasar lagi kan buat beli beras ketan. Belom kapok juga ceritanya, xixixixi.... Jadi aku beli beras ketannya setengah kg aja ga usah banyak-banyak, takutnya ga jadi lagi kan malah repot.  Nah, singkat cerita...keesokan harinya aku ga akan ngulangin pake metode yang pertama. Udah lama, akhirnya masih keras juga kan pas dicetak dan didinginin dalam loyang. Yaudah percobaan kedua aku pakein rice cooker. Wkwkwkkw..Cari jalan pintas opo piye Sayang Ubulll...wkwkw...Ojok ngguyu ya Pembaca, memang kadang kalau lagi error suka masak aneh-aneh si Mbulnya. 

Tapi ternyata pake rice cooker ini jadinya matang sempurna. Ga ada drama yang berarti kayak percobaan pertama dan mulus sampai tahap terakhir dicetak setelah diadon bareng larutan gulanya. Ya biar gampang stepnya kayak gini sih :

Bahan-Bahan :

setengah kg beras ketan
2 santan instan ukuran kecil
gula pasir
vanili bubuk
sedikit garam
pasta pandan
air untuk merebus

Cara Membuat : 

Rendam beras ketan semalaman
Taruh beras ketan yang sudah direndam ke dalam panci magic com
Tambahkan 2 bungkus kecil santan instan, pasta pandan, dan air sampai permukaan beras ketannya
Nyalakan magic com dan tunggu sampai matang
Setelah matang, angkat dan dinginkan sejenak
Masak air dengan gula pasir sampai mendidih, tambahkan sedikit garam dan vanili bubu
Masukkan beras ketannya
Aduk-aduk sampai tercampur rata dan air gulanya surut 
Habis itu bagi jadi 2 lagi
Satu yang langsung dicetak dalam loyang atau pinggan tahan panas dan tunggu sampai dingin
Satunya lagi dikukus lagi, baru setelah matang taruh dalam loyang atau pinggan tahan panas satunya dan tunggu sampai dingin 
Nanti kalau sudah jadi, diirisnya pake pisau yang dimasukkan plastik ya supaya pisaunya tidak lengket







Gimana? Cukup telaten juga kan aku? Ya, walaupun dari segi rasa yang di percobaan pertama lebih manis ketimbang yang percobaan kedua. Tapi akhirnya biar jadi semua, yang percobaan pertama aku presto aja biar matengnya merata #wkakakak...nekad. Tapi serius abis dipresto beneran kayak wajik sungguhan loh...Legiiitnya beneran kerasa dan wangi pandannya juga menggoda iman seperti legitnya senyum Beby Mbul ini nih Pemirsuaaaa hahahhaha..

3. Bening Bayam, Ikan Pindang Goreng, Tempe Goreng, Sambal Tomat, Es Teh

Next.....masakan andalan kedua yang gampang banget eksekusinya adalah bening bayem. Asal ada kencur dan bawang merah jadi deh bumbu bening bayem. Kan tinggal diuleg doang. Kencurnya sih biasanya aku agak banyakan ya biar seger. Terus tambahin jagung manisnya agak gede gedean kayak yang ada di dalam foto. Lauknya masih ada sisa ikan pindang yang tinggal kugoreng sampai garing. Tar tambahin lagi sama sambal tomat yang dah kupanasin lagi dengan cara ditumis biar semakin mengkilat...uh wow....hehhehe..Sambelnya sebelumnya udah diuleg dengan penuh cinta membuat rasa masakan apa aja jadi terasa nikmat....😘

Oiya, sambelnya ini perintilannya memang digoreng dulu ya. Ada bawang merah, bawang putih, rawit merah, cabe merah keriting, dan tomat. Digorengnya sampai layu dan harum. Kadang saking sedepnya bikin pengen hacim-hacim sih karena agak nyegrak. Tapi kalau udah diuleg dengan penuh cinta terasa maknyusnya. Mantul tenan hehehhe.. 









Terus masih ada sisa tempe sedikit dari Hari Senin akhirnya kuhabiskan aja sekalian dengan cara kugoreng. Tempe yang ini tumbenan rasanya enak. Tempe yang memanjang ya. Dibungkusnya daun pisang. Kedelenya juga belum jadi banget tapi justru malah itu yang rasanya enak. Lebih terasa kedelenya menurutku. Tar digorengnya sampai golden brown dan diblaurin dulu ke ulegan bawang putih dan garamnya ya supaya gurih asin gitu deh. Cz kalau tempe goreng aku emang sukanya yang asin gurih. Dan ga usah pake tepung. Digoreng biasa aja udah enak. 

Oh ya, di hari ini wajiknya juga masih ada dong. Ya, lumayan lah ya, ngirit makanan kecil nunggu wajiknya dihabisin tanpa sisa...nextnya Mbul masih akan ada agenda bikin susu montok sih alias kue tok alias kueku. Tunggu aja tanggal mainnya....Eh horror ga sih si Mbul...wkwkkwk #kaboooor.















4. Sayur Asem, Ikan Pindang Goreng, Sambel

Kontestan berikutnya adalah sayur asem, ikan pindang goreng, dan sambel. Minimalis parah ya masakan Mbul kali ini. Ya, soalnya lagi males yang ribet-ribet aku tuh. Terus karena lagi hujan jadinya pengen yang berkuah-kuah gitu deh, biar anget luar dalem. Anget luar dalem (???) Terus untuk lauknya masih tetap sama, yaitu penghabisan ikan pindang goreng dan sambel tomatnya. Sambel tomatnya masih awet soalnya kemarin udah taktumis lagi aka kupanasin. Jadi udah ada minyak-minyaknya yang bikin sambelnya awet.

Untuk asem-asem, bahannya juga simpel banget. Aku ga beli yang udah paketan sih. Tapi beli sayurannya satuan. Maksudnya jipangnya beli sendiri, jagung manisnya beli sendiri, begitupula lombok ijo, kacang panjang dan lainnya. Ga pake kulit melinjo, nangka muda atau so. Soalnya kalau paketan sayur asem kan sayurannya kecil-kecil ya. Nah aku kurang puas kalau sayurannya kekecilan. Jadi biar dapat labu yang gede juga jagungnya beneran manis, ya akhirnya beli terpisah aja. Udah gitu finishingnya takkasih lombok ijo yang banyak biar makin seger karena kan bumbunya asli hasil ulegan tangan Mbul sendiri. 










5. Sop Kambing Beli di Warung Tenda dan Sambel Roa (beli Online di Promo WIB Tokopedia)

Kalau yang ini sebenernya beli sih di warung tenda dekat rumah. Maklum lagi pengen kambing. Sebenernya kambing sisa hari raya kurban juga masih ada, tapi belum tak masak-masak. Terus pas banget ujan-ujan begini pengennya sesuatu yang berkuah. Apalagi kalau bukan sop Kambing isi jeroan...Isi iso sih favoritku. Itu favoriddd banget. Kenyil-kenyil seger. Apalagi kalau kuahnya pake susu....hmmmm....ntab.... Masukin empingnya agak banyakan, remek-remek dan cemplungin dalam kuahnya dijamin maknyus...Terus kalau bisa acarnya yang banyak....zzzz enak banget itu...hwahaaaaa......Belum tambahin kucrutan sambel ama kecap. Begh...mantabbb surantab! Itu malamnya sih.

Siangnya, paketan sambal roa aku udah nyampe. Ya sebab aku lagi memanfaatkan moment WIB-nya Tokped. Aku emang udah dari lama pengen nyobain sambal roa lagi. Sambal khas Menado yang dari ikan roa itu loh. Kebetulan pas gawe pertama kali di kantor jakarta dulu aku pernah wawancara face to face ama ownernya si Sambel Roa kesukaanku ini yakni Sambel Roa Judes. Jadi aku sama si Bapak fotografernya ke rumah si Ibunya yang di Bekasi. Nah, di situ tuh aku jadi dikasih tester si sambal roanya ini. Juga dikasih liat gemana cara pembuatannya yang ada di dapurnya itu. Sumpah deh pas ngeliat proses pembuatannya itu aku langsung kemlecer. Udahannya pas sesampai di rumah kucobain kan sambal roanya. Eh rasanya alamak judes banget. Pedes boook...tapi pedes-pedes semlekit. Agak-agak nagihin gitu. Sekali colek kayak ga mau berhenti. Kayak pengen colek terus...huhuhu. Soalnya ada sensasi gurihnya si ikan roa tumbuknya itu tadi kan? Udah deh semenjak itu kalau pengen sambal roa, maka ga pake lama aku langsung keinget sama narsumku itu. Ya sambel roa yang udah terpatri dalam sanubariku adalah sambal Roa Judes #eciye....Mbul judes juga ga....ya kadang sih..kalau pas lagie pe em es doang mukanya kayak kucing Persia...tapi tetep imut dan baik hati dong...hahhahahah..













Nih, tampilan Sambal Roa Judesnya kayak gini sekarang. Makin kekinian. Masih tetap sama dengan logo cabe imut yang menyerupai ikan roa diantara bungkusnya yang kuning, tapi sekarang lebih bagus sih, soalnya ada segel kalengnya. Jadi menjaga betul kualitas si sambalnya ini yang tak pernah berubah dari tahun ke tahun. Tetap bikin ketagihan walaupun judesnya njepret...maksudnya pedes gila. Pedes tapi nagihin....yagitu deh hihihi.

6. Bikin Indomie Goreng Original dan Mie Sedaap Tasty Bakmie Ayam Geprek Sambal Matah

Ya ampun Mbull...Mbulll...sempet-sempetnya diantara masakan yang lain, tetep pajang masakan mie instan, hahhaha....Iya ya...Sering banget ya aku review mie #jadi malu. Ya ga sering makan mie sih sebenarnya. Cuma pas kebetulan ada kesempatan masak mie instan selalu aku fotoin hasilnya. Apalagi yang varian rasanya beda-beda. Ya kali ntar bakal dibikin reviewnya di blog kan? Jadi ancang-ancang nyimpen fotonya dulu. Alhasil kali ini aku mainnya di Indomie goreng original dan Mie Sedaap Tasty Bakmie Ayam Geprek Sambal Matah. Foto berikut yang ada kubisnya indomie goreng original, sedang bawah yang ada topping ayam sambal matahnya itu Mie Sedaap. Keduanya punya kekhasan rasanya sendiri-sendiri ya. Tapi aku prefer ke indomie goreng original sih. Kebetulan waktu itu masaknya sekalian pake telur dan kubis ngabisin yang beli dari Pasar Kutoarjo tempo lalu. Jadi beginilah hasil foto akhirnya.












Selain Sambal Roa, di WIB-nya Tokopedia, Mbul juga dapat list belanjaan yang banjir diskon dan gratis ongkir dong. Terutama pas mata ini tertuju pada Official Storenya Wardah. Langsung kan hati ini pengen masuk-masukin keranjang paketan skincare. Kira-kira lagi ada bundling apa aja ya. Kebetulan skincareku kan udah mau abis ya, jadi udah saatnya belanja lagie yang kali ini coba mau aku upgrade ke yang warnanya ungu gemoy gemesh gitu...Masih sama-sama dari Wardah. Kalau sebelumnya pake White Series sekarang mau coba yang Ungu Renew You. Ya yang wadahnya ungu gemesh Beby Mbul ini lah. Hahahhaha....Aku ambil itu dan deal bayar soalnya ada moment yang bikin aku berbunga-bunga. Malamnya kan aku pantengin 2 paket krim siang dan malamnya masih Rp 200 k. Eh esoknya di hari ke-2 WIB jadi Rp 140-an k dong....udah gitu serum dan essence treatmentnya jadi turun harga dari yang semalem hampir Rp 170 k jadi Rp 120-an k. Lipglossnya Focalure juga ada diskon. Yaudah lah langsung aja masukin keranjang. Keburu besok berubah harga lagi....hahahha...ini mumpung lagi dapat harga terbaik makanya angkuuut. Biasanya ga semurah ini soalnya #oh aku jadi berbunga-bunga kan habis belanja skincare dan lipgloss, hihihi..

6. Tumis Baby Cumi Cabe Ijo

List masakanku selanjutnya adalah Tumis Baby Cumi Cabe ijo. Masak ini soalnya biar kilat aja. Tumisan kan gampang banget ya. Yang penting bersiin si cumi asinnya ini kudu beberan telaten biar menghilangkan aromanya yang kuat. Kukucurin pake jeruk nipisnya juga agak banyakan. Selain itu bagian kulitnya yang ungu-ungu juga takbuangin. Kebiasaanku emang gitu, kalau masak cumi ungu-ungunya takbuangin. Biar kelihatan putih bersih gitu hahahah.. Terus sengaja kasih lombok ijonya yang banjir bandang...biar kerasa kres-kresnya. Lombok ijo kan ga patio pedes ya...jadi aman lah buat lidahku ini, hahhaha..









7. Promo Sabun Lux dan Komik Doraemon Cabutan

Aku juga lagi nyobain Lux yang kemarin lagi promo sih. Varian Soft Rose warna pink. Wanginya alamak enak banget. Pantas aja ku jadi rajin mandi ya seneng sih mainan busanya Lux yang ini. Wanginya bikin relax jadi ga kerasa tau-tau lama bener Mbul mainan sabun di kamar mandi hahahha...

Terakhir, memanfaatkan moment WIB kemarin, aku juga akhirnya nemu komik Doraemon series yang versi lama. Meskipun preloved aku borong juga soalnya pengen baca ulang ceritanya, alhamdulilah dapat harga miring dan diskon ongkir serta cashback. Sebelumnya aku cek dulu kan barangnya, eh nemulah beberapa series Doraemon yang salah satu judulnya memorable banget. Kayak :

Doraemon No. 22, Ada cerita tentang burung penarik pajak
Doraemon No. 29, Ada cerita tentang Christin Gota, yang ternyata adalah nama asli Jaiko adik Giant
Doraemon No. 32, Ada cerita tentang menghilangnya pantat suneo 
Doraemon No. 40 Ada cerita tentang kesemek dan jaman kecilnya Nobita di rumah neneknya.







Fyuh...panjang juga ya postinganku kali ini. Semua gara-gara lagi keasyikan WIB-an ala si Bulung hantu ijo kesukaan akoooh apalagi kalau bukan Tokopedia, hahaha. Jadi aktivitas harianku yang terasa biasa-biasa saja ini terasa seru karena dapat hiburan banyak kejutan waktu belanja online di Tokopedia. Aku bisa njajal mempercantik diri atas dasar selflove dengan skincare-an, cari buku bacaan untuk nostalgia, sampai cari sambel Roa yang penuh kenangan. Ga pa pa kan sekali-sekali doang. Biasa buat hiburan setelah bekerja keras yakaaan....?? Karena hidup harus dinikmati sebaik-baiknya selagi kita masih ada di muka bumi ini...hehe..

Aduh udah ga terasa juga bentar lagi mau November lagi, terus Desember lagi...lalu ganti tahun dong. Hwaaaa.....cepet banget waktu berjalan. Yuk isi hari-hari kita dengan sesuatu yang bermanfaat juga tentunya menyenangkan.




Okey, saatnya kasih penutup buat postingan kali ini. 2 foto terakhir buat genep-genep aja hahahhaha....Siapa tau ada yang terinspirasi buat bikin sayur bening kayak buatan aku. Ya biar sebening hati dan paras Beby Mbul lah ya....#canda...

Udah ah, sekian dulu dariku. Semoga hari kalian menyenangkan ya. Tetap jaga kesehatan dan senyum selalu. Dadaaaah....(Gustyanita Pratiwi, www.gembulnita.blogspot.com)

Salam manies
Si Mbul



104 komentar:

  1. Wow lumayan panjang, baca dari magrib dan subuh baru selesai 🀣

    Semuanya masakannya tampak lezat dan menggugah selera kecuali bebek karena aku musuhan sama bebek dan satu lagi kencur, tapi kalau tak berasa sih kencurnya tak masalah, aku kuatirnya rasa kencurnya jadi dominan di sayur bening itu, nggak ya?

    Kalau sampai berasa, aku bakal seperti pemeran antagonis di sinetron "kumenangis meratapi, kepergianmu dari sisi hidupku.." 🀣 No, becanda, aku bukan antagonis aku tidak akan menumpahkan makanan 🀣

    Tapi, serius luu kambing yg lebaran haji kemarin masih ada? Cepat dimasak entar sampai ke lebaran haji lagi lho 🀣🀣

    Btw wlw pertama kali bikin wajik, dan percobaan kedua malah menemukan cara baru ya memasaknya pakai rice cooker, keren itu penemu, penemu cara memasak wajik biar matengnya merata πŸ€£πŸ‘

    Keren bikin laper πŸ‘ masakan dari personel Blankpink ke 5 πŸ€£πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhahah...alhamdulilah ya sesuatu, ada yang beneran baca jeli walaupun aku nulisnya panjang banget sepanjang tol Cipali wkwkwk

      iya ya...mas jaey kan ga suka bebek ya wkwkwk gegara dikejar bebek waktu masih kecil, aku masih ingat tuh komen yang takut dikejar bebek wkwkkwk...

      seger tapi kencur tuh..kalau bening versi jawa tengah dominan manis sih mas ☺

      tapi kalau mau lebih ada rasa lain biasanya bikin sambel hehehe

      wah jadi anak baik ya ga sampe numpahin makanan wkwkkw

      hahhaha..saking putus asa gagal mulu jadi kucepetin aja biar matang beneran ketannya kumasak dengan rice cooker πŸ˜‚πŸ€£

      wakakakka...akhirnya aku jadi member ke-5 blackpink....#canda 🀭

      Hapus
  2. Bercerita masalah masakan gagal, jadi ingat bikin cendol sagu gagal. Karena malu dan takut dimarahi nenek, bunda buang adonannya di kandang ayam. Terus ambbil lagi bahan yang baru. He he ... Selamat malming ananda Mbul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkkwk...jadi senyum mbul baca pengalaman bunda waktu kecil bikin cendol sagu...berarti ayamnya seger dong bunda diempanin cendol sagu xixixi

      🀭

      selamat malam mingguan juga Bunda, sehat-sehat ya Bunda dan Kakek di Kerinci sana ^_____^

      Hapus
  3. Mb Nita rajin masak ya, pagi2 blum sarapan liat menu mb Nita auto lambung jadi perih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Bang Day, biar ngirit jadinya rajin masak hehehe


      wah gawat dunk kalau lambung sampai perih...langsung pantjal aja meja makannya Bang....eh maksudnya periksakan ke dokter atau minum obat maagh hehe ☺

      Hapus
  4. duarrrrrrrrrrrrrrrrr Serpong
    duh mbak bebek e masa alah
    langsung imbuh ping piro aku wkwkwk

    lek ngomong wajik dadi eling pas onok manten
    iso nyitaki sampek tangan pegel wkwk
    iku posene saiki ambek panganan pisan yo
    koyok Farah Quin jan jos wis
    mas bojo bahagia banget iki oleh panganan reno reno

    aku jarang melok WIB soale lebih sering toko sebelah wkwk
    kapan kapan tak cobae

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkkwkw
      bebek is the best

      iya biyen mantenane bulek ku snacke jadah or wajik ijo mas ikrom tambah ana potongan ngangkane wkwkkw

      Hapus
  5. Sama seperti kang jaey, baca dari subuh jam 10 ini baru kelar, soalnya di sambi nyuci baju.🀣

    Aku kadang buka toko ijo tapi sayangnya tidak ada permainan seperti shope tanam, lumayan dapat barang barang gratis.πŸ˜…

    Kalo tumis kangkung itu aku itu agak aneh, kalo lagi pengin satu piring juga bisa aku habiskan tapi kalo lagi ngga pengin, ngelirik saja enggak.πŸ˜‚

    Es degan nya enak tuh, apalagi warnanya pink kayak warna kesukaan mbul.

    Wah enak banget tuh jajan wajik ketan ijo, lihatnya jadi pengin makan.

    Kalo komik Doraemon kadang memang ada cabutan dan biasanya lebih murah dari pada yang seri, cuma sekarang udah malas bacanya, enakan baca Eny Arrow.πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah....keren, mas rajin ya, abis subuhan langsung nyuci baju, 🀭. Nyempetin baca post mbul yang panjang sepanjang jalan kenangan lagi wkwkkwk...maksudnya postingan mbul yang panjangnya kayak ular naga ini ya mas...ga bikin terengah engah kan mas Agus bacanya? 🀣

      yang ditaman bunga yang kayak di games plant vs zombie bukan mas? Mbul suka buka toko burung hantu ijo Tokped soalnya loadingnya cepet, harganya murah banyak discount mas...xixixi...ya Alloh godaan iman kalau ada promo pula, bawaannya pengen nempel terus ama gadget mantengin sampe dapat harga terbaiiiiq πŸ˜πŸ˜‚πŸ€­, biar bisa modus masuk-masukin keranjang alias belanja online wkwkkw

      tumis kangkung enak mas, soalnya masaknya gampang...mbul bikin yang ala-ala warung tenda seafood seafoodan tuh wkwkkwk

      iya kan es degannya seger mas, biar kata belim.ga mlathok krambilnya dari pohonnya langsung ntar mbul disangka tupai lagi wkwk πŸ™ƒπŸ€£

      itu wajiknya mbul bikin by tangan ndiri, ampe berdarah darah hahhahah...soalnya beberapa kali ga jadi

      #nah loh apa lebih memacu jantung kali ya kalau baca mastah eny wkwkkw...doraemonnya murah mas cabutan cuma 9000, ada sih store yang pasang 5000 tapi nomor series yang kucari ga ada...πŸ₯Ί

      Hapus
    2. Shopee tanam itu kayak nanam padi nanti kalo selesai levelnya dikirim beras, atau bisa juga tanam voucher minyak goreng biar dapat minyak.πŸ˜„

      Wah tangan mbul sampai berdarah-darah gitu, tapi kok wajiknya tetap warna hijau tidak campur merah ya, apa mungkin mbul berdarah biru ya.πŸ˜…

      Hapus
    3. Lucuuw bener mas...ada panen padinya jadi beras...tokped bulung hantu ijo juga ada sih...namanya panen telur mas..permainan panen telur...juga tap tap hadiah...ntar dapat koin xixidiid

      berdarah merah mas..teteup...wkwkkwk...
      kan itu perumpamaan aja. kalau mbul berdarah biru berarti nama depannya tambahin Roro Ayu Gustyanita Pratiyem dong hahahahhaha

      😌😜🀭

      Hapus
    4. emang iya ya bisa belanja gratis gitu kalo ada permainan di aplikasi shoope ?, pengen nyobain juga sih sebenernya :D

      Hapus
    5. tokped jugaaaa nif tokpeeeeed wkwkwk

      ΰΈ…(ΰΉ‘⊙Π΄⊙ΰΉ‘)ΰΈ…!!

      Hapus
  6. Wah, ada sayur asem dan sambalnya :) AKu juga suka bikin, tapi pas males aku pake bumbu instan Racik aja hahahhaha :) Kalau yang ditumis cabe ijo aku sering masak cumi asin juga atau tongkol deh. Itu komik Doraemon aku ounya loooh di lemari, ga kalah dong sama Mbul hahahaha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Nurul, Mbul suka banget masak sayur acem....eh asem wkwkwk...pake racik yang sayur asem juga sering mbul tuw...terutama pas lagi riweuh hihihi. Ah iya cabe ijo juga ena ya mbak nurul dibarengin sama tongkol...jadinya kayak masakan Manado, papis tongkol apa ya...lupa aku namanya apa..yang tongkolnya disuir-suir 🀀😍

      wahahahah...samaaaaa, #salimmm...ternyata mbak nurul suka baca dolaemond juga...mbak nurul suka ama siapanya? doraemon kah? Mbul suka ama sizuka mba soalnya sizuka mirip ama mbul hobinya berendam alias adus alias mandi hahhahahhahahahag πŸ˜‰πŸ™ƒπŸ€­πŸ˜³

      Hapus
  7. Melihat foto foto makanan di sini, aku jadi teringat dua hal.
    1. Aku sudah lama tidak makan sayur (Baik itu sayur asem dan sayur kangkung)
    2. Aku jadi kangen masakan ibuku.

    Akhir2 ini aku makannya cuma nasi dengan lauk ayam goreng atau ikan goreng. Sesekali makan nasi dengan lauk indomie, mbak... kwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama, harus clbk ma sayur do, kalau ga bisa sembelit tar hahhaha

      kedua, berarti ntar mudik aja kapan kapan kan...tapi kalau udah ga terlalu hebring masa pandemi ya..biar bisa merasakan masakan ibu lagi?

      ntabbb..nasi lauk indomie wkwkkwkw

      Hapus
  8. Saya pun masak Indomie original di rumah, tambah dengan bebola daging, kobis dan telor. Keluarga suka recipe saya, dinamakan mamak mummy goreng! Ais syrup dengan kelapa nampak sangat mengegarkan. Di Msia, terdapat air kelapa dengan isi sahaja, tidak campur dengan syrup merah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow indomie ada pula di Malysia ya kak...owh kak kestrel masak mienya ditambah bola-bola daging? Nita jadi pengen heheheh


      kobis dan telur itu udah jadi sematjam keharusan ya kak 😍

      mamak mummy goteng bikinan kak kestrel pasti suka ya dan jadi favorit anak anak kakak 😍

      air kelapa versi original memang segar sih, tapi lebih nyes ditambahin es batu...tul ga kak? ☺

      Hapus
  9. So many interesting and fun foods from your country that I wish I could taste!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Angie sengaja kubuat fun, biar postingan aku warna warni 😍☺

      Hapus
  10. Halo mbak, salam. Saya akhir-akhir juga sibuk banget. Ngeblog jadi ga karuan. hehe. Tapi setelah ngeliat foto makanan di dalam tulisans mbak Mbul jadi tambah semangat. Aplagi kalau bukan semangat untuk makan!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas supri...alhamdulilah ada kesibukan ya ☺

      pastinya ya kalau ke sini cuma diiming-imingi foto makanan 🀭

      Hapus
  11. Woow there are so many different but so new dishes for us there, all of them look great and delicious! Happy November. Hope this new month brings happiness and profit to you and your family.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, di Indonesia penganan tradisionalnya kebanyakan dari ketan kak...salah satunya wajik...umumnya wajik gula merah dan pandan hijau tapi Mbul lebih suka yang hijau...

      Terima kasih buat doa indahnya kak, doa yang sama untuk kakak sekeluarga di Turki sana 😍☺

      Hapus
  12. Ga hanya tntng makanan ternyata, nyelip sabun lux n komik doraemon beli pas wib nya Tokped ya Mbul 🀣🀣

    Favorit aku n yg aku suka bikin itu dr semuanya, itu sambel cumi asin mbul. Tp aku biasanya cma bilas, rebus sebentar, abis itu baru tumis. Ga sampe dibuangin ungu2nya semua πŸ˜†πŸ˜†

    Klo tumis kangkung, setelah dinget2 udah postingan ke berapa ya ini yg aku baca ada tumis kangkungnya? Hehehe. Emang favorit mbul kayaknya, selalu ga pernah absen itu si tumis kangkung ya. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih cha...ini sabun yang Mbul pake sekarang, wanginy enak...jadi betah mandi wkwkkwkwkw

      komik doraemon lagi mau nglengkapin koleksi...pengen bikin perpus atau rental bacaan suatu saat nanti...amin 😍☺😌


      aku ga suka bagian ungu ungu lendirnya hwahaaa...makanya aku takbersiin sampe kelihatan putih licin kinclong cyumi cyuminya wkkwkw

      iya aku suka banget tumis kangkung Cha...hahha..udah macam terwelu eh kelinci ya maemnya tumis kangkung wkwkkwkwk

      Hapus
  13. Everything looks so yummy!

    I'd love to try the Wajik Pandan Hijau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Veronica, Mbul lagi iseng coba bikin wajik pandan hijau.. pandannya aku ganti vanili bubuk biar ada wangi wanginya dikit...rasanya wajik buatan Mbul legit juga kak hehehe...luamayan berhasil setelah sempet gagal karena beras ketannya ga matang merata 😜🀭

      Hapus
  14. I love corn in soups and I like the way you make sambal. The green kuih looks good.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Nancy...we call it bening...that consist of spinach, corn, aromatic ginger amd red onion...

      and the green kuih is wajik...it made by sticky rice dear 😍☺

      Hapus
  15. selalu deh kalo bikin postingan pasti bikin pengen nyobain makananya juga :D.. tapi dari semua sih aku prnasaran sama mie sedaap bakmi sambal matah, kok dari namanya mirip-mirip tetangga sebelah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. selalu ya nif, mungkin adminnya harus dijitak pembaca rame rame ya, kerjaannya mingin minginin pake foto terus wkkwkwk

      mie sedaap bakmi sambal matah cobain nif, tar hasilnya upload juga di blog kamu, biar kita jadi blogger khusus review mie instan wkwkwkkw

      πŸ˜‚

      Hapus
    2. wkwkwk tau aja mbak mbul, emang terahir ini aki pengen buat postingan mie instan cuma belum nemu rasa baru, kemaren baru nyobain indomie yang baru miegetti bolognese,tapi rasanya kurang sreg :D

      Hapus
    3. posting aja nif tar kalau udah nemu rasa mue instan yang sreg...biar aku ada temennya sesama pereview mie instan..tapi jangan lupa fotoin juga masakanmu heheheheh...

      Hapus
  16. ...so many yummy choices!

    BalasHapus
  17. Hijaunya wajik tersebut.
    Macam-macam makanan. Hehe tapi kangkung itu yang nampak dominasi di pos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hijaunya cantik ya kak na? ☺😍

      kangkung posisi central ya kak hihihi

      Hapus
  18. Saya suka sayur asem nya mbak nita, tapi jangan terlalu asem. Sedikit manis bolehlah, tapi jangan terlalu manis juga. Yang sedang-sedang sajalah seperti kata mbak Fetty Ferra. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manis sayur asemnya tengah-tengah ya Kang Maman? dibikin porsi pas...biar kayak lagunya fetty fera hahahha

      πŸ˜„

      Hapus
  19. Tulisan Mbul selalu panjang dan lengkap. keren
    Kalau masalah makanan, favorit saya sambal, ikan teri, lalapan... sudah lah, itu kombinasi yang sangat maknyus. Liat sambalnya Mbul, perut langsung nyuruh ke dapur nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu panjang dan ngalor ngidul ya pak yonal tulisannya si mbul tuh xixix

      khas sunda kalau lalap dan sambel ya hihi..jadi ingat keluarga cemara yang shooting di Sukabumi

      sambalnya minta dicolek bareng nasie pak ☺😊

      Hapus
  20. Wah tumben nih belum ada update terbaru, mungkin adminnya lagi sibuk pilih-pilih makanan.🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tauk aja sich Mas.....

      Lagi masak dulu abis itu embul photo photo...deh hihihi πŸ˜‹πŸ€­

      (。・Ο‰・。)

      Hapus
    2. Selain foto foto makanan, kayaknya ada juga foto lain yang mejeng.πŸ˜„

      Hapus
    3. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
  21. Oh very good dishes darling

    BalasHapus
  22. Wajikmu sukses nit...aku pernah mbikin...nasinya itu tak liwet pake magic com (yang bener dikukus ternyata)... Jadinya kayak bubur...akhire ditumplak..hi.hi, gagal.

    Trus nyoba lagi..kali ini liat tutorial. Jadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sukses nanging bentuke isih nda pokro mba lis wkwkwkw


      Ya Alloh aku ngguyu deh mba lis aku yo ho oh pake magic com sek kedua...asline sek pake kukusan luih enak dan legit...sik pertama punyaku legit pol yaitu pake kukusan ditambah ben matengke sekalian merata takpolke pake presto

      ((o(*>Ο‰<*)o))

      Hapus
  23. Tumis kangkung campur pete? seumur-umur baru tau saya, pasti rasanya agak aneh atau bisa juga rasa kangkungnya hilang ketutup sama rasa pete.

    Es kelapa muda namanya es degan kalau es kelapa tua mungkin namanya es deg degan kali ya..hihihi

    Wajik warna ijo benar-benar sangat menggoda soalnya baru tumben lihat biasanya warnanya coklat dan pakai gula Jawa atau gula aren bukan gula pasir.

    Wajik klethik dan wajik jadah bentuknya sama kayak wajik kah?

    Satu lagi yang unik nih ikan pindang goreng, itu gimana cara buatnya udah dipindang kok digoreng?

    Sayur asam dan sambal pasangan yang tak terpisahkan..hihihi.
    Saya pernah makan sayur asam yang rasanya aneh waktu saya main ke rumah teman du Yogyakarta sayur asamnya rasanya manis jadi bingung mau makannya..hihihi

    Tumis cumi cabe ijo makan sepiring terasa masih kurang apalagi makannya sambil baca komik Doraemon tanpa sadar bisa habis satu penggorengan.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak kok mas herman tumis kangkung campur pete, ya kalau yang suka pete sih suka ya kalau sayur apapun dicampur pete

      es kelapa mudanya enak, soalnya dapat yang airnya manis

      ikan asin maksudnya...aku sering nyebutnya ikan pindang hhaahhah..atau ikan gesek...ya digoreng biasa

      iya sayur asem tanpa sambal berasa kurang kalau ga disajikan bersamaan

      sayur asam ala aku juga dominan manis sih, biasa khas jawa tengah memang begitu hahahha

      mungkin beda ama sayur asem ala Betawi kali ya

      hahahha abis sewajan sambil mbaca doraemon seluruh series kali ya hahhahaha

      Hapus
    2. Pengen sih nyoba tapi ah sudah lupakan, ngeri sama petenya..hihihi

      Enak banget kalau pas dapat kelapa muda yang airnya manis dan dan kelapanya tebal dimakannya ngga berasa tau-tau udah habis..hahaha

      Oh ikan asin, pas banget memang kalau timpalannya sayur asam apalagi kalau ikan asinnya ikan gabus pakai sambal cuka aja udah nikmat banget pas makan jadi lupa sama utang..hahaha

      Kalau orang rumah biasa bikin sayur asam yang dominan rasa asamnya ngga begitu manis bisa dibilang asam manis jadi dimakannya terasa segar.

      Seluruh seri, hahaha..lama amat..hahaha..bukan sewajan lagi tapi selangseng..hahaha

      Hapus
    3. hahahha jangan dipaksakan mas her kalau ga suka pete

      iya seger apalagi kalau diminum pas lagi haus hausnya...berasa lagi berkelana ke gurun pasir liat oase wkwkwk


      iya ikan asin yang biasanya dipakein wadah bambu segi panjang bolong bolong itu loh...hahhaha sambal cuka itu gimana mas? baru tau aku...langsung lupa ama utang ya...hahahha...bisa aja pengandaiannya

      iya enak juga tuh asem manis kuah bening ya...aduh sayur asem itu ibaratnya masakan andalanku soalnya katanya paling enak kalau aku masak itu hahhaha

      selangseng tuh apa ya..apa kuali?

      Hapus
    4. Iya lebih baik mundur teratur daripada ada efek tengahnya kan jadi ngga lucu..hihihi

      Lihat oase sama unta.. hahaha

      Oh ikan asin yang itu, kalau saya bilangnya itu bukan ikan asin tapi ikan asap.

      Sambal cuka itu sambal yang dibuat dari cuka plus irisan cabe rawit sama garam bisa juga dibilang acar cabe..hihihi..lebih enak kalau cukanya cuka aren bukan cuka pasar.
      Daripada lupa tikungan, bisa nabrak..hihihi

      Iya kuahnya kuah bening, kalau yang warnanya kuning namanya bukan sayur asam tapi sayur masak asam.

      Lebih besar dari kuali, selangseng itu sepanci besar, panci besar yang biasa tukang bakso pakai buat merebus baksonya.

      Hapus
    5. wakakakak....kasihan nanti malah perut yang bergejolak ya mas her kalau dipaksakan

      betul ...ada oase, onta, dan ular gurun...eh kok ular gurun hahhahaha...ular gurun kan bentuk buntutnya ngeri huhu

      cuka aren? kayak gimana tuh? warnanya coklat dong mas?

      wah kayaknya tergoda tuk beli nih, secara aku hobi beli alat alat masak wkwkkwkw

      Hapus
    6. Yang dimaksud ular gurun itu ular derik bukan yang buntutnya bisa berderik. Jadi ingat manga break shot yang pakai jurus ular derik.

      Warnanya putih kayak susu cuma lebih bening cuka aren daripada susu.

      Dibeli aja lumayan kalau lebaran bisa buat banyak rebus ketupat..hihihi

      Hapus
    7. kayaknya sih itu mas her...pokoknya kalau ngebayangin buntutnya ngeri sih aku hahhahah

      kok kayak susu...berarti putihnya creammy gitu dong tuh cuka

      nah leh ugha tuh...sapa tahu kelak punya bisnisan bakso hehehe

      Hapus
  24. Ini ceritanya kok bisahh panjang syeekaliiiii sih Mbak? Ahaha. Aku naksir sama es degannya lho. Cantik banget warnanya pink. Kemudian baby cumi. Hemm, tdnya aku kira usus. Daaan, yang paling kusuka itu wajik. Entah mengapa, ya, mungkin karena di rumah kami gak pernah bikin. AKu pun sering ngambilin wajik kalo singgah di kondangan mantan, eh, maksudnya tetangga dan teman. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. panjang banget ya Mas Ozy...iya nih kebiasaan Mbul kalau nulis rmang panjang banget wkkwkwk, es degannya merah jambu cantik ya, bikin seger mata dan tenggorokan hehehe...iya itu baby cumi cabe ijo mas, kalau usus aku agak belom nguasain soalnya lumayan susah mbersihinnya hehehe..

      hahahha...bisaan aja mas ozy ngambil wajiknya di kondangan mantan hahahhahaha...eh teman dan tetangga maksudku wkwkkw

      Hapus
  25. Paling seneng mampir kesini buat liat foto-foto masakannya. Soalnya bikin ngiler, apalagi kalo liat sayur asem, suka kangen rasa manis dan asemnya, khas sayur asem bikinan ibu.

    Saya malah jarang banget belanja online via tokopedia, sukanya di yang orange. Belum terbiasa aja liat tampilan toko di ecommerce itu, makanya masih ngerasa pusing buat cari2 buku (belanjaan utama) disana.

    Sumpah, wajik ijonya menyegarkan mata. Padahal sy nggak begitu suka wajik, soalnya rasa manis wajik suka gampang bikin eneg pas makannya. Nggak bisa makan banyak. Beda kayak pas makan cemilan garing, asin, dan gurih. 1 bal bisa tandas dimakan sendirian. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisaan aja din, jadi semangat bikin konten menu masakanku nih ke depannya hehehe...
      iya sayur asem versiku asem manis pedes hehehe...terutama jagung manisnya kubikin banyakan potongannya xixizi

      wajik ijo nya biar beda dari yang cokelat din...kalau cokelat aku ngerasa lebih ngenyangin...kalau yang ijo ini aku suka karena wangi hahaahhah

      kalau cemilan asin gurih biasanya aku goreng rengginang, emping, gadung, opak, balung kuwuk, dll...iti yang oernah kubeli di toko yang di kutowinangun xixixi

      Hapus
  26. Boa tarde minha querida amiga. DifΓ­cil escolher o que parece ser mais gostoso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas apresiasinya Sahabatku Luiz Gomez. Semua adalah masakanku yang ala-ala masakan rumahan khas nusantara ☺

      Hapus
  27. Eres una persona sensible, Gustyanita, te agradezco tus conceptos... Y todo lo que difundes en tu blog son delicias y exquisiteces.

    Abrazo agradecido.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih telah singgah ke blog aku sahabatku Carlos Perotti

      cukup terharu atas apresiasinya dalam bahasa Portugis. Mudah mudahan aku selalu semangat dan have fun dalam mengisi blogku ini yang lebih kukhususkan buat masakanku ☺

      Hapus
  28. Saya pun makan kangkung hari ini, sedapnya semua sajian, sambal enak sekali.

    BalasHapus
  29. Nita, samaan. Di sini juga sayurnya itu2 aja. Bayem, kangkung, asem. Nyari yg aneh susah tapi kadang aku masak genjer, selada air.

    Eh, seriusan ini yg masak kamu semua? Hebat!! Btw wajiknya bikin ngiler. Aku belum pernah bikin. Beli onlen ah, hehehe. Kesukaanku Wajik Week.

    Selain Bobo, Doraemon juga ya koleksinya. Nita orangnya detail dan telaten banget ya. Keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. genjer aku kapan hari liat youtube ada yang nandur di sawah depan rumah, keren banget, jadi pengen nandur hahhahah #ngimpi sek


      masak harian mba pit, makanya ketoke akeh, padahal dikit...iya masakanku semua...masakan biasa sih ahhaha...kalau yang beli itu bebek goreng, sop kambing...hahhaha...nek suruh bikin ini belom tentu bisa

      wajik week iki aku ngeh pas tumbas gethuk trio mba pit xixi

      iya mba pit aku kayak cah cilik ya masih seneng mbaca bobox doraemon, and conan hahahahhahah

      Hapus
  30. Mantap, ternyata jago masak juga ya, masakan dan kue tradisional. Kalau saya inginnya yang praktis seperti nomor 6 mi instan seperti yang di iklan-iklan, ada lauk pauknya menggoda selera. Padahal isi bungkus mi nya tidak semewah yang diiklankan hehe.. Dan semuanya difoto niat sekali lalu diupload. Saya aja bikin 1 artikel max 2 foto hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, kadang liat mie instan topping di bungkusnya penuh banget ya Pak Vicky?

      Hapus
  31. Pengin pertamak tapi belum ada postingan baru, balik lagi ah.πŸ§ŽπŸšΆπŸƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. bingung mas mbul mau nulis topik apaan

      Hapus
  32. Balasan
    1. have a nice weekend pak tanza n keluarga ☺

      Hapus
  33. Assallammualaikum?? Mbak nitaku?? Tumben belum afdet artikel?? Nulis tentang kehidupan aja, atau kalau gak percintaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam tari, tungguin ya updatean nita selanjutnya, lagi baca novel roman dulu 🀭😍

      Hapus
  34. terakhir kesini kalo ga salah 2015an kali ya, ternyata mbak nita masih aktif nulis yang selalu panjang dan lengkap. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tahun segituan kita kita masih pada kompak ya mas erwin, banyak yang bersilaturahmi di blog nita termasuk mas erwin en temen temen...ah jadi keinget masa masa itu seru....hiks sekarang udah pada punya kesibukan masing masing jadinya banyak yang ga ngeblog lagi...

      hahaha iya nih masih bandel nulis panjang ya aku wkwkkwkw

      Hapus
  35. Selalu tergoda untuk mencicipi masakannya mbak Nita, dari foto-fotonya aja sudah menggugah selera, apalagi kalau melihat aslinya, pasti saya bisa nambah 2-3 kali ini mah, hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya menggugah selera #e lha mbul pede banget hihihi


      uda melalui trial en error kang maman jadinya uda kupastikan yang ini endeus enaaak ☺😊

      Hapus
  36. Wah...aku salut banget sih sama kamu soalnya terniat banget buat masak, apalagi nyoba terus walopun gagal. Kalo aku mah apa atuh, bisanya cuma badok doank hehehe...

    BalasHapus
  37. Baru laper ketika liat mie goreng,buru2 bikin mie deh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayo mas rezky segera cuz bikin mie goreng, bila perlu minta tolong dimasakin istrinya panjenengan hehe

      Hapus
  38. Mbak Nita rajin yaa masak setiap hari. Artinya sudah hobi ini,, kalau aku masak pas hari libur aja, kalau gak capek :p tapi aku sukaaa liatnya karna masakan rumahan banget. Selalu kangen ya sama makanan rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Tika, aku emang suka eksperimen masak hihi.. kalau belum berhasil rasanya masih penasaran kalau yang kue kuean tradisional...kalau yang sayur atau lauk aku pilih yang gampang-gampang aja 😍☺

      Hapus
  39. Mbul mbul, iki judulu menu masakan, lah kenapa ada Wardah ikut nampang juga hahahha, menumu kok ekstrem yo, skincare wkwkwk.

    Sambel iki wis dadi menu wajib ya, apapun lauknya harus ada sambel pokoknya.

    Kok hebat km mbul bisa bikin wajik ijo segala, aku ora telaten blas, trimo ngemplok wae hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. warbiasaaah ya Say...mbul nenggak skinker....deng orak...just kidding wkwkwkwk

      biasa wardahe nampang...hihi

      sambel iki ancen pembuat segala sesuatunya jadi lengkap etdahhh hahahha

      aku mung penasaran beb...soale nek rung dijajal sampe kegowo ngimpi #plak si mbul mulai lebayatun hihihi

      Hapus
  40. Waaah... masakan kakak selalu lengkap dan istimewa.
    Andaikan aku sekos sama kakak, mungkin aku akan sangat bahagia sekali karena aku paling jarang bersentuhan dengan masak-memasak even aku bisa aja masak. Tapi, aku memilih yang simple-simple aja. Kayak pagi ini, aku sarapan air putih, roti, susu, lalu air putih lagi. Terus siangan ini makan nasi dengan sayur rebus & tempe aja. Wkwkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak einid..soalnya mbul suka eksperimen hihi

      coba sini deketan ya bisa takmasakin kak einid hehhe

      wah sehat banget menu makannya kakak ya..mantab..aku juga suka rebus rebusan sih ☺😊

      Hapus
  41. masih seperti terakhir kali saya ke sini ya, masih menyajikan bahasan tentang masakan masakan yang sangat menggugah perut saya yg kelaparan. lanjutkan mbak mbul

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mas ntan..mbul mah masihan konsistain kalau urusan goyang...goyang wajan maksudnya hehehhe

      makasih atas semangatnya..insyaAlloh ke depan akan lebih perbanyak post masakan aku...tungguin ya

      (ΰΉ‘•̀ㅁ•́ΰΈ…✧

      Hapus
  42. Aku seneeeeng kalo kamu udh nulis masakan, Krn jadi dapet ide mau bikin menu mingguan berikutnya hahahah. Itu susah sih, balik2 masak menu itu lagi itu lagiiii 🀣🀣.

    Nama kangkung ini banyak macem yaaa, spinach water lah, morning glory lah. Untung aja di kita cuma kangkung hahahaha

    Tapi skr kalo kangkung aku lebih suka di di rebus biasa, trus giling sambel plecing Lombok nit, makan deh. Jadi plecing kangkung Lombok. Kalo di tumis biasa, kayaknya ini org rumah udh pada bosen :p.

    Malah Minggu lalu kangkung aku rebus, KSH minyak wijen, trus bikin kimbab nya Korea πŸ˜„. Anak2 doyan, aapalagi tinggal hap hap doang kan. Isiannya kangkung, telur dadar iris, timun, wortel, acar lobak, ada juga yg varian tuna Ama kepiting. Kalo udh males masak, aku bikin itu aja :p. Palingan yg capek prepare 1-1 isiannya itu :p.

    Kalo bayam aku juga biasa cuma di bobor atau bening. Tapi kalo bosen, bikin creamy spinach yg pale keju dan cooking crem :D. Enaak, anak2 doyan.

    Aku liat ikan baby atau wader di atas pengen ih. Tapi susaaaaah dapetnya di pasar sini. Makanya ga pernah masak itu, palingan beli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyiiiikkk...ketjop mba fann

      (γ₯ ̄ ³ ̄)γ₯ 😍😘😘

      waaak aku baru tau sinonim lainnya morning glory hahhaha

      eh kangkung rebus ala plecing kangkung khas lombok ditaburi kacang goreng wenak mba fan...apalagi sambelnya sambel dadak yang merah membara huhuhuhu
      wahhhhh...kimbabnya unik dipakein kangkung hihi..jadi kebayang pas uda ditutup nori dioles minyak dan taburin wijen uh la la ntabbbb

      ada lagi tuna n kepiting...ini enak endolita bangat

      bobor juga mantab mba fan..jadi kebayang dulu aku praktek masak SD disuruh masak bobor ama lauk tongkol goreng dan sambel...begh...ntab..sekelompok beberapa orang yang ngebossin tongkolnya anaknya juragan tongkol wkwkkwkw

      baby cumi mba fan hihi...kalau wadernya di poat bawahnya ini 😝🀭

      Hapus
  43. yaampunn baca post ini isinya aku cuman bisa ngebayangin semua hahaha

    sayur bening bayem plus sambel dimakan siang-siang, ulalaa segernyaaa
    teruss aku belom pernah coba masak atau makan kangkung dicampur pete, unik sekali ini ya mbak

    di depan kantor ada yang jualan es degan, tapi gulanya ya gula putih biasa. coba kalau ada sirup pandan, sirup strawberry asik ya, biar samaan kayak punya mbak mbul

    BalasHapus
    Balasan
    1. pukpuk mba ai...coba dekat ya udah takaajak lunch bareng hehehe

      iya seger puolll beningan mbi sambel n ikan gesek alias ikan asin hehehe...kangkung with pete selalu seiring sejalan mba ai hahahha

      es degan pure degan emang seger mba..ini aku iseng aja taktambahi dewe sirope...e jebul kemanisan wkwkwk

      Hapus
  44. Halo, Wa-Alaikum-Salaam!
    Sungguh entri yang bagus, saya menyukainya!
    Berapa banyak hidangan kuliner yang lezat, semuanya terlihat kaya, yang saya suka jagung dalam sup. Saya ingin sekali mencoba tumis baby cumi cabe Ijo.
    Semua yang terbaik!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah dijawab salamnya, great appreciation for your kindness My Friend Yessy kan...

      ya...i like take the corn for clear soup, especially sweet corn dear...

      tumis cumi cabe ijonya bikin moodbooster untuk tambah nasi (rice)

      thank you Dear 😍

      Hapus

Komenin dong...tanpa kehadiran kalian apalah arti aku menulis....
kalian penyemangat setiap bulir kalimat dalam blog ini :*
Namun jangan komentar SARU atau SARA ya, jika ada komentar dengan unsur tersebut, dengan berat hati akan aku HAPUS .

Oh ya, Dilarang juga mengambil gambar/foto atau menyadur tulisan tanpa mencantumkan sumber atau seijin pemiliknya. Apalagi untuk kepentingan komersial atau lomba. Thx ^____^