Kamis, 15 September 2022

Rejeki Segombyok Pete



Sisa-sisa hujan malam itu tinggal sedikit. Malam pukul 19.00 WIB, kuhabiskan waktu dengan mengaji. Kurampungkan Quran Surat Yasin dan Ar Rahman sebagai penutupnya. 2 Surat yang selalu mendatangkan perasaan nyaman dalam hati karena kedua surat itu yang selalu digaungkan Suami sebagai sarana kirim doa kepada mereka yang telah pergi mendahului kita. Tentunya setelah Al Waqiah, Al Mulk, dan Al Kahfi. 




Tapi sebenernya ada lagi nasihat ibu yang mulai kurajinkan lagi sampai sekarang. Yaitu sholat dhuha. Yang kuliat saat masih kecil dulu, ibu selalu menyempatkan diri untuk sholat dhuha sebelum berangkat ke kantor atau pada saat hari libur. Ya supaya rejeki lancar, dimudahkan segala urusan, diberikan kesehatan, dan dicukupkan rizki halal. Juga doa dengan menyebut Asmaul Husna lebih sering... Padahal dulu SMA sering kulakukan lho (tapi makin ke sini makin mlempem, walaupun ga setiap hari sih, maksudnya kecuali saat datang bulan, tapi terbilangnya sering) jadi mulai sekarang mau kuniatkan lagi lebih sregep). Kira-kira bisa ga ya? Hmmm...semoga aja..

Aku juga jadi ingat bahwa Guru Bahasa Indonesiaku dulu sering bilang bahwa salah satu contoh muridnya yang sukses seringkali nderes Surat itu. Ternyata Tamas juga begitu. Tapi Tamas dapat nasihat tersebut dari ibunya sih. Dan ibu dapat dari Mbah Kyai tempat Beliau biasa mengaji. Jadi akhirnya Beliau sering ndawuhi aku supaya sregep nderes surat-surat yang udah kusebutkan di atas itu. Utamanya tiap malam Jumat. Ya kalau belum sempat,  baca Al Ikhlas dulu banyak-banyak. Terutama menjelang bubuk. 





"Tiap malam jumat ya Dek, ben kubure Simbah-Simbah kita pada jembar. Siro belom pernah ajakin aku sowan makam Mbahnya Bapak to? Sesuk yen muleh kampung ke sono ya..."

Hwaaaaa....memang udah lama banget ga ke jalan Kaswari. Bahkan aku udah lupa patokan-patokannya apa. Aku klo ke sana malah ingetnya sama yang lain. Wisma dimana aku dilahirkan sama supermarket satu-satunya yang ada di sana lalu beli komik serial cantik yang berjudul Toe Shoes. Kuliner malam saat aku masih SD, karena habis sowan ke tempat Mbah Kung~yang nurunin darah seninya ke aku~kalau udah pamit dari sana dan bilang assalamualaikum, maka kami biasanya akan melipir ke dekat jalan raya dulu dimana di situ ada tukang jualan tempe mendoan ama singkong yang ada sambal kecapnya. Bapak yang apal sih. Sebab jaman bujangnya Bapak, beliau sering beli di Mas-Mas Gerobagan ini. Warung tenda di atas trotoar dan bawahnya parit dengan arus kali yang lumayan deres. Depannya jalan raya tempat mobil sliwar-sliwer. 



















Lalu tiap ada agenda nengokin Simbah Kakung, sekalian aja berempat kami ngabisin malam di sini. Duduk menggeret kursi plastik dari kolong meja panjangnya. Lalu berteduh karena biasanya malam sering gerimis. Nanti singkongnya udah diiketin pake tali rafia karena satu porsi terdiri dari beberapa singkong goreng yang sudah dirajang-rajang. Untuk mendoannya, dia agak semi basah ya. Kotakannya diiris gede dan dicelup ke dalam adonan tepung lalu digoreng tidak sampai kering. Ga lupa dicampur pula dengan potongan daun bawang yang banyak. Nanti maemnya bisa dicelup sama sambal kecap atau ceplusan lombok rawit. Ibu suka banget ama mendoannya. Begitu pula aku sama kakak. Ga jarang kami minta dibungkuskan untuk dibawa pulang. Ya sembari nungguin ujan reda karena kami boncengan naik motor. Motor alfa bututnya Bapak yang tiap kali mau riting bunyinya tiniiiit...tiniiit...tinitt. Itu khas banget hihi. Terus kalau di jalan tiba-tiba ujan lagi, terpaksalah mandeg bentar buat pasang mantol. Mantolnya yang ga ada nananya, jadi kami yang dibonceng kerja sama megangin ujung tuh mantol supaya jangan sampai ketetesan air ujan. Walau kalau ujannya mendadak deres, kakiku yang di pijakan jadi ikut basah kena cipratan hahaha...

Lalu aku iseng becandain Tamas kalau ke kota kabupaten, gimana kalau kita ke warung tenda itu aja. Aku kangen sama suasana malam disana. Udah lama banget aku ga ke situ. Udah sejak SD apa ya...apa esempe... Abis itu aku dicubid kecil pipinya.













"Hus...wong disuruh nemenin sowan makam, kok malah ngajakin kulineran, piye to Dek...Dek."

Iya...iya...*lalu manyun 

wkwkkw.

Tapi iya loh...kalau dipikir-pikir emang udah lama banget aku ga ke jl. Kaswari itu. Aku sering nyekarnya sekarang di makam keluarga Tamas aja uhuhu....

***

Usai melipat mukena dan memasukkannya ke dalam lempitan sajadah, tiba-tiba pintu depan diketuk. Pas banget ujan tinggal gerimisnya aja. Jarum jam sudah menunjukkan pukul 19.30 WIB. 

"Sekedap!" Aku berjalan tertatih hanya dengan mengenakan kaos oblong yang agak kebesaran di badanku yang mungil namun serada demplon ini :XD. Kubuka pintu yang kusennya dari besi, di sana Mas Gondrong (Suami tercinta red) udah berdiri dengan membawa segombyok pete. Wah petenya banyak banget!

"Salim nuw Dek, kok sing diambil petenew duank...wuw!" 

Habis itu beliau mengabarkan kalau tadi kena macet karena ada tempat yang banjir. "Rumah Om yang di blok itu banjir tau Dek! Jadi suwe banget di jalan. Macet." Aku ga perhatikan jendela dari tadi siang, tapi emang udah kerasa di luar hujannya awet. Bener-bener langitnya udah kayak terpal item di angkasa. "Wah...rumah Om yang depannya ada kali dan danau buatan itu tow. Yang ada kerambanya?"

"He em"

Ya Alloh, mudah-mudahan segera surut dan besok matahari bersinar i love you hihihi. Matahari bersinar penuh maksudku. Biar air coklatnya banjir ga sampe kayak tumpahan susu milo sebelanga hehe, dan semoga pengerjaan paritnya pemda dilancarkan...amin.








Habis itu aku mengurusi pete-pete yang diberikan padaku itu lalu sekalian kusiapkan piring, karena malam itu lauk yang akan menemani adalah sebungkus bebek goreng, lalap mentimun, kubis, dan sambal ^_^



2 komentar:

  1. Aku tuh sempet mikir kalo udh resign dari kantor, bakal lebih sering dan rutin Dhuha nya nit. Soalnya pas di kantor malah selalu ngerjain. Sebelum mulai kerja. Tapi ndilalah kok ya setelah resign malah banyak bolongnya 😔. Memang harus dikencengin lagi nih niatnya, jadi bisa konsisten. Padahal di rumah toh aku banyak bgt waktu kosong.

    GPP lah sekalian nyekar trus wiskulan 😄. Kan perut tp harus diisi 😁. Aku juga udh lama ga nyekar ke makam buyut2. Kalo makam mertua mah rutin soalnya kan di Jakarta. Palingan makam mama mertua yg ga bisa terlalu sering, Krn dimakamin di TPU khusus COVID Tegal alur, jadi lumayan jauh dr Rawamangun 😅. Suami udah minta utk dipindahin kuburnya ke sunan giri 1 makam Ama papa, dulu kan mama mintanya dimakamin 1 lubang. Tapi ternyata ga bisa, Krn mama dimakamin pake peti (yg COVID begitu). Jadinya ga cukup liangnya di sunan giri. Jadi ntahlah, kayaknya ga bisa dipenuhin keinginan mama yg itu. Yg penting sebagai anak kita mah banyak baca Yasin aja Yaa 😊

    BalasHapus
  2. wah
    pete setangkai bercabang 10 diolah dan dimasak sama terong
    sungguh nikmat

    BalasHapus