Sabtu, 04 Desember 2021

Tumis Kangkung, Perkedel Jagung, Es Jeruk Manis, dan Buku Harry Potter




Hallo hallo halloooow....
Assalamualaikum wr wb...

Sore-sore sekitar pukul 17.45 WIB, usai Mbul ngopeni maemannya si Kakak dan si Adik, Suami pulang kantor usai mematikan mesin kendaraan. Beliau lalu berjalan menuju pintu sambil bilang Assalamualaikum sembari menyodorkan satu kresek penuh berisi kangkung dan juga bayam kepadaku. Ada juga jagung manis dan pisang lumut hijau di dalamnya. Pisang lumut hijau atau ambon hijau yang rasanya lebih manis. 




Lalu abis itu Beliau menyorongkan sebuah pisang lumut itu ke mulutku setelah ia kupaskan kulitnya "Enak nih, jajalen" aku gigit sedikit... nyem...nyem...nyem. Iya ya. enak juga. Lebih manis ketimbang yang kuning. Tapi itu juga enak sih. Dan aku doyan semua jenis pisang kecuali pisang uter #emange kamu manuk trocok Mbul wkwkwk. "Ini tumbas di Bapak-Bapak yang biasa mangkal di depan kantor pow." "He em Tiyemmmm." Sambil mengkode Tiyem supaya segera masak. Doi emang sering panggil namaku dengan sebutan Tiyem. Tiyem Tukang Resik-Resik Tektiw wkwkwk. "Udah gieh masak sanah....wes luwe iki loh Dek..." Iyaaaa iya... Lalu pisang yang masih nyisa itu beliau potekkan untuk Adik J, tapi Adik J masih memikirkan bagaimana teksturnya. Sedangkan Kakak A ga mau. Katanya buat Mbul aja. Wakakkak.

Oiya, Beliau juga beli lemon 5 buah walau yang dibikin jeruk peras tentu saja bukan jeruk yang ini. Melainkan dari yang satunya. Yaitu jeruk yang warnanya hijau dan rasanya lebih manis nda sekecuuwt jeruk lemon. Ini Tamas sih yang lebih piawai membikin segala matjam es-esan termasuk pula jeruk manis. Biasanya Beliau bikin pake gelas yang gede-gede gitu kayak gelasnya Bapak-Bapak. Jadi klutak-klutik-klutak-klutik, Beliau langsung action di dapur bikinkeun es jeyuk manisnya 2 gelas gede, Walau ntar punya Mbul barengan ama Kakak A. Karena Kakak A suka ngemutin es batunya qkqkqk.






Nah, kembali pada sayuran yang dibeli tadi. Melihat sayur-mayur itu, maka fixed, bentar lagi Beby Mbul bakal disuruh masagh. "Dek, masak kangkung gieh. Apa bening. Uda laper nih." Lha bening kan udah untuk Kakak A dan Adik J hihi. Uda hampir habis isi pancinya. Yawdah, kangkung aja berarti ya. 

Kangkungnya aku bikin dengan bawang putih cincang agak banyakan. Abis itu tetep aja ada cabe rawitnya. Walaupun ga banyak. Soalnya pada nda kuat pedes. Lalu jagung manisnya 1 tongkol aku pipilin buat aku bikin perkedel. Aku pakekan bawang putih dan bawang merah, sedikit Masako, dan sakcrutan aja garam + gula pasir. Abis itu masukkan terigunya dan campur dengan air sampai jadi adonan perkedel jagung. Ga lupa pula pakekan telor ayam satu biar gurih. Goreng dalam minyak panas sampai berwarna keemasan. Jadi deh menu masakan dadakan tumis kangkung dan perkedel jagung bikinan Mbul. 

Memang kalau masak harian banyakan dikerjain oleh Mbul. Kalau Tamas pas hari-hari istimewa aja misalnya yang agak sukar seperti santen-santenan opor, rica-rica entog, dan sesuatu yang ada unsur hewaninya. Kalau yang gampil-gampil baru Mbul #gegeggek.































Oh iya, kemarin aku bilang lagi ngidam Buku Harry Potter ya. Iya, ga ada angin ga ada ujan tetiba aku pengen punya Buku Harry Potter buat jadi pendatang baru perpustakaan mungilku hihi *telat banget ya, padahal Harry Potter euforianya udah lama. Sejak aku masih kecil malahan.... Tapi ga pa pa, biar telat, yang penting pengen baca juga. Harry Potternya yang versi cover lama ya. Maka berburulah kemarin ke beberapa toko buku dan dapat yang preloved tapi alhamdulilahnya ori (tandanya pada bagian judul warnanya mengkilat gitu). Walau kertasnya dah menguning dan uda ada beberapa coretan, tapi asal ori aku syenang. Hihihi...Aku kumpulin baru 6 series, minus yang ketiga. Jadi baru punya yang jilid 1, jilid 2, jilid 4, jilid 6, dan jilid 7. 






























Dari ke-6 buku ini, mayoritas masih mulus biar sekali lagi kertasnya udah menguning ya. Ada 1 yang hard cover dan lainnya soft cover. Tapi kondisinya masih bagus hihi. Senang deh ngeliat perpustakaan mungilku perlahan-lahan mulai terisi buku-buku yang aku suka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)