Senin, 17 Juli 2023

Mbul Jalan-Jalan ke Pasar Lama Tangerang (。・ω・。)♡



Assalamualaikum wr wb....
19 Juli 2023, Mbul mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H. Semoga keberkahan selalu menyertai kita semua. Oh ya, Malam-malam Ibu nelpon, ngingatkan Mbul sama Tamas suruh Sholat Tasbih. Jangan lupa ngaji atau nderes Al Quran, kirim doa buat simbah, Alm Akung Dlg, Mbah Buyut, dst...Siaaaap!!!




Usai bertelepon, Mbul disuruh masagh. Ternyata lauk tinggal dikit, tinggal telur aja. Jadi Mbul bikin telur dadar bundar versi gurih dan yang ada pedesnya dikit. Mbul juga rebuskan pokcoy dengan cara simple. Ga usah dipakein apa-apa lagi, tinggal cemplung. Tunggu sampai ijonya cantik. Ternyata manis lho. Alhamdulilah masakan Mbul dialem hehehhe...Seneng kalau yang aku masakin pada tambah gembil. Artinya tutuwnya cocok...ehm...maksud Mbul masakanku udah meningkat... (´・ェ・`)(づ ̄ ³ ̄)づ

Terus masih ada sisa sambal tomat buat cocol-cocol aja. Alhamdulilah masakan Mbul dialem hehehhe...Seneng kalau yang Mbul masakin pada suka dan tambah gembil. Ya, malam 1 muharam kami santai di rumah. Golar-goler di kasur sambil nonton tipi...Terus lama-lama bablas, bobok gitu, bangun-bangun udah tahun baru aja. Liburan pun tinggal separoh hari Hahahhahahh...






Kalau di desa Mbul waktu kecil, biasanya ada acara suran di jalanan desa dekat SD-nya Mbul, yaitu acara tuker-tukeran makanan atau nasi kuning dan lauk-pauknya antara tetangga satu dengan tetangga lainnya. Nanti dari rumah udah pada dimasakin nasi kuning atau putih, terus disusun atau ditata dalam tampah, baki, klip-klipan mika atau takiran (pincukan daun pisang). Sayur dan lauknya biasanya pake urap, mie goreng, telor dadar, abon, orek tempe, telur rebus, ayam goreng, serundeng, bergedel kentang, krecek rambak telur puyuh putren, tumis tahu putih, kerupuk, bahkan ada pula yang sengaja bikinkan sekalian snacknya, misal, clorot, lepet, apem, sengkulun, pisang, dan lain-lainnya..... Ada pula sayuran mentah semacam untuk lalap atau hanya untuk hiasan atau istilah kerennya garnish. Misalnya di pinggiran nasi kuningnya akan ada timun dan tomat yang dibentuk kembang, dsb. 

Nanti nasi kuning/putih berikut lauk-pauk yang udah ditata ini ditutupin dulu pake serbet makan atau ada pula kain yang menyerupai taplak meja dan ama baki atau tampahnya sekalian dibundel. Nanti kalau udah doa dipimpin oleh tetua desa (Pak Kaum Desa), selanjutnya serbet atau penutupnya bakal dibuka dan akan makan ramai-ramai. Orang-orang akan berdiri dan baris gitu, icip-icipan nasi kuning beserta lauk pauk yang ada di sebelahnya sambil muter. Anak-anak muda pada antusias. Biasanya kalau dapat yang gurih dan berbumbu rasanya kayak dapat apa gitu. Tapi kalau dapat klip-klipan mie goreng dan telur dadar yang asiiin banget ngingatkan aku sama mie goreng asin yang kubeli saat naik kereta api waktu kecil dulu. Nanti kalau udah dapat makanannya, dimaem bareng-bareng di pinggiran jalan desa tapi pake tikar atau koran. 






Pagi harinya, 19 Juli 2023, kami sarapan pake soto bening seger yang cuma isi suiran ayam, tauge, dan bihun. Kebetulan Abang Kerupuk tumben-tumbenan datang lagi. Jadi alhamdulilah bisa ngisi kerupuk lagi setoples gede. Beli Rp 15 ribu dapat banyak loh. Alhamdulilah makan jadi enak karena ada kerupuknya. 

Pas Tamas keluar dari toilet, Mbul kasih liad barusan Mbul beli kerupuk uyel lagi dan kami pun ketawa bareng. "Siro sing  minta isiin pake toplesnya langsung pow Dek." Butaaaaand.......Mbul cuma sodorin uang Rp 5000-an 3 lembar, abis itu Abangnya kasih pake plastik bening yang dibuntel ke Mbul dan Mbul pindahin ke toplesnya. "Ow...kirain Dedek sing nyodorin toplese...hahaha...luchu aku bayangine..." <---- sambil pukpuk palanya Mbul.. Masa Mbul nenteng-nenteng toples kayak anak beiby beli kerupuk minta isikan langsung dari bleg kaleng yang ada di kanan kiri sepeda motor Abangnya. Ini mah kayak adegan dalam film kartun hahahhaha. 










Tapi abis itu kami makan dengan kyusuk dan sampai siang ga ngapa-ngapain soalnya Tamas pelor, nempel kasur langsung molor hahahahhah....Mbul ga bobok sih. Cuma bersih-bersih aja. Walau sebenernya mayan ngantuk. Yawdah, abis dzuhur akhirnya Pak Kumendan bangun dan Beliau ajakin Mbul ngiter-ngiter. Sebelumnya belahin semangka merah dulu dan diamkeun di dalam kulkas biar cepet anyes.

Siang pun terasa lumayan terik...Kayaknya Juli menuju Agustus itu emang cuaca sedang hot-hotnya ya? Kalian ngerasa gitu juga ga? Tapi alhamdulilah sih jemuran jadi cepet kering. Menyusuri jalanan Sepatan-Mauk, beberapa sisi sungai sudah mulai dibongkar karena akan diberi penyangga, jadi tukang tanaman hias yang biasa kami samperin udah mulai pada pindah... Yah...yah....yah????? Hanya tinggal tersisa satu dua, sementara beberapa pohon juga dah mulai dipotekin batang-batangnya. Jadilah kerasa hot banget cuacanya huhu.

Mbul pake batik by Gunawan Setiawan (Gunasti), kado dari Tamas, dan Mbul jahitkan di tempat jahit langganan. Bahannya adem, rnak buat dipake jalan-jalan. Jilbab yang Mbul pake adalah jilbab segiempat by Bella Square Baby Pink lasercut...



























Sebenernya Tamas mau ke Mauk pengen trial manggang ubi cilembu pake oven. Tapi gegara di beberapa ruas jalan sedang ada pengecoran semen, dan kebetulan kedai ubi cilembu-pisang-telo munthul-dan labunya kena bagian pengecoran. Jadilah kendaraan ga bisa lewat. Yawdah, diputuskanlah buat putar arah kota aja. Kali di sana bakal nemu tempat makan enak. Tapi sebelumnya begitu liwat Bendung Pasar Baru, Pintu Air Cisadane, Mbul ambil potret bentar walau jaraknya lumayan jauh. 

Lanjut kami ke area kota dan random nyak-nyuk masuk ke komplek deket area SMK Bonavita, Pondok Lauk, Puri Mas, dan belakang Stasiun. Eh, nemulah kami ke Soto Kaki Sapi Tasikmalaya Sukarasa. Soalnya Tamas ngeliat kedainya klasik gitu. Kayak interiornya tuh tempoe doeloe. Jadilah menarik. Apalagi soto-sotoan kan favoritnya Beliau. Yawda Mbul manut aja. Karena posisi pelud juga udah ngelih sekali.







































































Setelah masuk ke dalam kedai, kami pesanlah 2 macam soto. Satu soto campur (daging dan babat), satunya lagi soto campur plus sumsum. Yang pake sumsum tentu saja punya Tamas hihihi. Sotonya pake kuah susu. Seger deh. Terus di atas meja juga tersedia acar, kerupuk dan juga emping. Di samping ada pula sambel-sambelan, cuka, merica, garam, dsb. Mantaaab! tapi Mbul maemnya nda pake sambal sih soalnya Mbul anaknya nda isa pedeus... paling Mbul banyakin acarnya aja...Karena rasanya jadi kecut-kecut seger nikmaaaaat....aaaaaahh...hahahhaha

Makan soto di sini lumayan syahdu juga. Sebab suasananya klasik mengingatkanku akan pawon rumah simbah... Agaknya soto kaki sapi ini banyak sekali penggemarnya dan menjadi jujugan kuliner atau tempat makan siang bagi orang-orang yang kerja di daerah situ. Tapi yang makan di tempat waktu itu cuma kami sih. Beberapa pengunjung lainnya beli untuk dibungkus dan dibawa pulang.






















Puas mengudap soto, kamipun ga langsung pulang. Kami masih ada agenda random ke Pasar Lama dan mampir supermarket yang ada di situ. Mbul mau beli loyang untuk bikin kue-kue (trial oven baluw wkwkwk). Mbul beli loyang kotak dan bundar, juga kocokan telor atau adonan kue. Tak lupa leyeh atau lumpang dan juga penumbuknya. Kami juga beli wajan stainless steel buat numis-numis aja hehee.....Yang paling antusias beli leyeh atau lumpang tentu saja Ayankhanda mylaaffff karena eh karrna Beliau emang lebih mastah urusan sambal ketimbang Beby Mbul ฅ(^・ω・^ฅ) Ya, keperluan lain paling jajanan dan karena waktu itu cuaca masih terik, akhirnya ku beli teh botol sosro buat adem-adem tenggorokan...

Tak terasa hari pun bergerak semakin sore. Akhirnya kami memutuskan untuk pulang. Dan tak lupa beli buku gambar dulu juga pinsil warna karena rencananya Mbul pengen gambar-gambar lagi selain tentu saja buat fun sama Kakak. Tapi terlepas dari itu, aku beli buku gambar satu lagi ya karena pengen gambar-gambar manga lagi. Kali ntar Mbul mauk gambar Shirahoshi dan Mbul taruh di blog ini, tapi itu menyusul ya.......hihi..
























Mbul gambar Putri Duyung Shirahoshi, proses lengkapnya dari awal mpe akhir, Mbul taruh di post bawahnya post ini ฅ(^・ω・^ฅ)(´・ェ・`)










Setelah itu kami beneran mau pulang. Melewati bagian belakang Stasiun terus Pasar Lama (Pusat Kuliner Tangerang), baru Kampung berkelir sebelum liwat jembatan penyeberangan biru. Abis itu balik deh walau agak macet dikit karena ada angkot ngetem di area sebelum Jembatan Sungai Cisadane. Tapi kami beli sop buah dulu untuk menutup hari ini dengan indah ฅ(^・ω・^ฅ)(。・ω・。)(´✪ω✪`)♡

PS : Tak lupa Mbul sandingkan sop buahnya dengan sepiring risol mayo yang meleleh isiannya dalam mulut. Risol mayo isi telur tanpa beef enak banget diceplus pake cengis ijo hihihi. kapan-kapan Mbul akan tulis lagi resep risol mayo terbaru, meski dulu juga dah pernah bikin risol mayo sih hihi, tungguin ya...Dadaaaaah






38 komentar:

  1. Mb Nita, foto2nya keren. Tapi ada yang dobel, sengaja apa gmn ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. soto kaki sapi kalo di kampung saya namanya kaledo

      Hapus
    2. Kaki sapi besar kan ya, dipotong-potong ga Bang Day?

      Hapus
  2. Makan apa saja kalau nasinya baru pas masak enak bangat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nasi baru ditanak paling nikmat dimakan bersama lauk pauknya 😊

      Hapus
  3. wow mantap
    saya penyuka soto
    kalau dekat saya mampir nih ,tak tahan dengan kuahnya
    tempe mendoan, ciri khas wong kebumen

    BalasHapus
  4. Wah.. baru beli loyang ya, selamat membaking, Mbul.
    Nampak sedap hidangan-hidangan di dalam gambar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He em Kak Nur, Mbul lagi mau kumpulkan recep cake, pengen bikin cake ada kismis, prunes atau potongan buahnya...atau banana cake kapan kapan hihi

      ฅ(^・ω・^ฅ)

      ᕦʕ •ᴥ•ʔᕤ(*・ω・ノノ゙☆゚゚

      Hapus
  5. sempat tidak sadar kalau kmrn itu malam 1 suro, dimana kita lebih baik di rumah daripada beredar di luar rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malamnya di rumah aja, esok siangnya yang keluar bentar Resky ☺

      Hapus
  6. Wonderful post. Have a great weekend.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Have a nice weekend untuk Bill and family 😊

      Hapus
  7. Your food photos look yummy as always.
    Love the cute mermaid.

    Happy Sunday, Mbul Kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Kak Veronica (´✪ω✪`)♡

      hehe iya putri duyung Shirahoshi yang kata Tamas mirip sama Mbul 🤭, soalnya Mbul gembil kayak putri duyung merah jambu...Mbul juga sering disuruh ngedubberin suaranya Shirahoshi atanya Mbul suaranya juga mirip Shirahoshi makanya Mbul paling senang gambar Shirahoshi...

      Have a nice weekend kak..

      Hapus
  8. Kalau di kampung malam satu Muharam itu ramai ya, kalau di sini cuma ada pawai obor itu juga yang ngikut ngga banyak.

    Kue sengkulun itu kue yang terbuat dari tepung ketan plus parutan kelapa kan? Di sini kue itu biasa ada di acara nikahan tapi itu dulu kalau sekarang-sekarang ini belum pernah saya temui lagi ada kue sengkulun di acara nikahan.

    Sotonya itu kuahnya kayak kental ya?

    Seperti biasa yang mengiurkan itu semangka ssma es campurnya..hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin jaman sudah modern jadinya jarang yang ikut pawai obor kalo di kota mas, kalo disini masih lumayan rame sih.

      Hapus
    2. Ya Mas Herman, di sini area kabupaten hendak menuju pesisir masih banyak yang pawai obor juga lho...tapi dekat rumahku nda ada

      betul banget, nanti dikasih pasta warna merah jambu...ya di kampungku juga masih banyak yang snack piringan nganten itu sengkulun, kweku, lapis, wajik atau lainnya...emang khasnya justru kue tradisionil 😊
      sotonya pakai susu ga gitu kental, tapi pas sih..

      ya memang itulah ciri khas blog ini isinya makanan semua hahahahhahahha

      Hapus
    3. Mas Agus, ternyata di tempatnya mas agus masih ramai pawai obor ya, seru ya...kalau di tempatku ga ada mas, cuma kalau daerah kabupaten dan agak ke pesisir ada...😁

      Hapus
  9. Selamat tahun baru hijriah juga mbul.🙂

    Disini kalo malam satu suro juga agak ramai ada pawai obor keliling, jadi kayak obor olimpiade hihihi, tapi kalo selamatan malah ngga ada, beda sama di Tegal memang ada.

    Pasar lama Tangerang, baru tahu ada pasar lama di Tangerang, aku tahunya pasar Sentiong sama pasar Cikupa doang. Soalnya kadang kesana biarpun setahun sekali atau dua kali, biar ngga bosen di Cikande saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat tahun baru Islam juga buat Mas Agus dan keluarga 😁

      kalau slametan itu pas aku masih sd mas, masih kecil dulu tuh seru banget...gimana ga seru, dari jem 3 sore ibuku dah uplek di dapur natain nasi kuning, urap, lauk pauk dan snack snack ntar ditata di atas baki dialasi daun pisang...nanti dibawa ke ngarepen jalan dekat sdku...habis itu ada sambutan dikit dari pak kaum desa en then udah deh makan makan bareng, ntar para remaja dan anak-anak keliling, muter ngicipin baki baki atau tampah berisi nasi en lauk pauknya...ada yang dimaem bareng bareng di situ, ada yang dibawa pulang...seneng dan seru baget hahhahah

      Pasar sentiong itu di Pasar Senen apa ya? Aku kalau ke area Pasar Senen malah ingatnya sentra kue subuh pasar senen 😊

      Hapus
  10. Luar biasa menyambut tahun baru Islam sampai ada beragam masakan tradisional yang menggoda selera. Saya pernah dengar salat sunah tasbih ini disebut salat terlama dan tersabar, tapi pahalanya besar. Lalu nanti ada puasa sunnah Tasua dan Asyura juga Semoga berkah untuk kita semua di tahun baru Islam ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin iya Bapak. Ibu kami yang ngingetin sholat tahun baru Islam jangan lupa...pas telponan itu heheheh...

      amin ya Robbal Alamin 😊

      Hapus
  11. It looks delicious, we love watermelon now in summer.

    BalasHapus
  12. Beautiful mermaid!
    Sotonya keliatannya enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Kak...Mbul paling suka tokoh kartun Shirahoshi soalnya paling mirip ma aku hahahah

      sotonya enak ada di pusat kuliner pasar lama

      Hapus
  13. Balasan
    1. Sama-sama, selamat Tahun Baru Islam juga ya 😄

      Hapus
  14. Balasan
    1. Ayo kulineran lagi di Pasar Lama, ajak keluarga 😄

      Hapus