Jumat, 14 Juli 2023

Mie Goreng Jawa dan Ote-Ote Bikinan Mbul




Assalamualaikum wr wb...
Hallo hallo hallo. Shirahoshi Beby Mbul come back!!!! Selamat hari Jumat. Semoga Jumat selalu diberi keberkahan ya. Kali ini Mbul mau update jurnal masakan Mbul Jumat, 25 Agustus 2023. Masakan fresh from the kitchen tadi sore sebelum bedug magrib. Dan aku keidean bikin mie goreng jawa dan ote-ote atau kalau di tempatku disebutnya bakwan sayur ya. Di tempat lain punya sinonim bala-bala dan juga weci.




Semuanya aku bikin tadi sore sambil nungguin Abang Tukang Bakpao, karena A dan Adik sangat suka makan bakpao. Ya, sambil nungguin ayahnya pulang kerja, kami duduk-duduk di teras. Nah, karena Bakpaonya ga lewat-lewat maka kira-kiranya jem 17.00 WIB, kami masuk lagi. Terus aku cepalango racik-racik adonan bakwan dan juga mie goreng jawanya. Aku save resepnya di sini biar kalau sewaktu-waktu aku pengen masak lagi, aku ga lupa step-step dan segala macam perbumbuannya. 

Untuk mie goreng jawanya, aku pake mie telor yang keriting. Mienya aku pakein kangkung karena ndilalah sawi hijau atau pokcoynya lagi kosong. Jadi biar tetep ada hijau-hijaunya ya takpakein kangkung aja. Walau kubis juga ada sih. Cuma kalau kubis kan hijaunya rada putih, jadi aku masih butuh sayur hijau lainnya biar cantik gitu. Dan aku juga tambahkan seledri plus wortel juga supaya tampilannya itu manis. 






Resep Mie Goreng Jawa ala Beby Mbul Nita :
Bahan-bahan 

Mie telor
1 butir telor ayam
Minyak goreng untuk menumis bumbu yang dihaluskan dan campuran mie setelah direbus awal
Kangkung
Kubis
Wortel
Kecap manis
Gula jawa

Bumbu-Bumbu yang dihaluskan 

4 siung bawang putih
5 siung bawang merah
3 butir kemiri
1/2 sdt merica
1/2 sdt garam
1/2 sdt Masako




Cara Memasak 

Cuci bersih segala sayuran yang ada
Rebus mie telor sebentar aja, angkat tiriskan. Tambah dengan 4 sdm minyak goreng ke dalam mie, usek-usekin ke mienya biar mienya ga lengket.
Kopyok telur ayam
Tumis bumbu yang dihaluskan, osek-osek sampai harum
Masukkan gula jawa
Masukkan kopyokan telur, masak sampai telurnya matang dan jadi orak-arik
Tambahkan 1/2 sdt garam, 1/2 sdt Masako, 4 sdm kecap manis
Masukkan kubis dan wortelnya
Masukkan kangkung
Masukkan mienya
Tambahkan seledri
Masak hingga matang dan sajikan hangat




























Untuk ote-ote atau bakwan sayur, Mbul sebenernya ada 1 bahan yang kurang yaitu tauge. Tapi berhubung Mbul udah kepengen bikin bakwan, akhirnya ga pa pa lah langsung 'gas' aja. Mbul masuk-masukin sayur seadanya, yang penting bumbunya itu pas takarannya. Aku belajar bagaimana cara membuat bakwan yang renyah dan tahan lama atau awet ya salah satunya dengan diberi 1 sdm margarin yang dicairkan setelah dipanaskan. Nah, itulah yang bikin bakwannya tahan lama kerenyahannya. Okey, langsung aja ya, ini dia resepnya.







Resep Ote-Ote atau Bakwan Sayur ala Mbul
Bahan-Bahan 

300 gram Tepung terigu protein rendah
1 sdm margarin yang dicairkan
1 sdt garam
1 sdt penyedap rasa
400 ml air matang
Kubis
Wortel
Seledri

Bumbu yang dihaluskan 

5 siung bawang putih
3 butir kemiri
1/2 sdt ketumbar

Cara Membuat 

Cuci bersih kubis, wortel dan seledri
Iris tipis kubis dan seledri, iris bentuk korek api wortel
Tepung terigu masukkan ke dalam wadah. Masukkan sayurannya. Tambahkan bumbu yang dihaluskan, aduk hingga rata. Habis itu tambahkan dengan 1 sdm garam dan 1 sdm penyedap rasa. Juga air sedikit demi sedikit sampai adonan bakwan jadi kental . Campur dengan 1 sdm margarin yang dicairkan. Aduk hingga rata
Panaskan minyak goreng
Goreng satu persatu adonan bakwan mulai dari dinding wajan dulu supaya matang merata. Habis itu kalau 1 sisi dah keemasan, nanti turunkan ke dasar minyak gorengnya dan tunggu sampai keemasan pada semua sisi.
Bakwan pun siap dinikmati hangat-hangat. Bisa dijambal atau bisa pula untuk lauk. 














Okey, kiranya demikianlah update jurnal masakan Mbul Jumat ini. Cukup simpel dan sekaligus buat Mbul jadi makin rajin belajar memasak hehehe...Sampai jumpa di postinganku selanjutnya ya. Dadaaah...







1 komentar:

  1. Eh aku kok bisa kelewat tulisan yg INIIII 😄😅. Asiiiiik akhirnya ada takaran, tengkiuuuuu nit 😄👍. Sangat membantu buatku yg kalo masak blm bisa pake kira2 hahahahah

    Kebetulan ada mie telur, aku msh bingung mau dimasak apa. Kayaknya bikin mie goreng ajalah.

    Naah kalo bakwan aku memang jarang bikin, Krn sebenernya males goreng 1-1 gitu hahahaha. Tapi sukaaaa.

    Ntr mau coba resepnya, jadi pake margarin yg dicairkan yaa biar tetep renyah 👍

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging āļ…(^・ω・^āļ…)