Rabu, 06 Desember 2023

Siang-Siang Mbul Masak Sayur Asem, Ikan Peda, Sambel Terasi, dan Tempe Goreng Anget ฅ(^・ω・^ฅ)




Assalamualaikum wr wb...
Udah sedari Minggu aku kepikiran pengen masakin sayur kesukaannya Paksu. Apalagi kalau bukan sayur asem, hihihi. Makanya pas doi dan si bungsuku baru bangun bobok di jem-jem sebelum asyar, aku pengen dibawa haland-haland ke pasar, mau nyari perintilan sayur asem. Biar sayur asemnya nda polos-polos banget. Soalnya biasanya polosan aja cuma waluh jipang, jagung manis dan kacang yang banjir. Ya, Suamiku emang paling suka sayur asem karena bikinanku selalu kacangnya banjir. Jangan lupa kuahnya yang banyak, begitu selalu pesan Beliau kalau udah pesen minta dimasakin sayur hacemmm. 




Oiya, tadi aku bilang aku mau sedikit perintilan sayur asem tambahan di luar jagung manis, waluh jipang, dan kacang tanah. Yup...aku mau tambahkan kacang panjang, daun so, dan sekaligus biji melinjonya atau ucheng sebagai pemanis. Ya, walaupun daun so-nya aku suka yang muda karena lemes nda kaku. Jadi aku langsung pilih aja di Om Sayur yang ada di sebelah Om Ikan-Ikanan, juga Ibu penjual tongkol dan bandeng. Aku ratain semua tuh, aku beli atu-atu. Jadi totalnya aku beli perintilan sayur asem + sayur sop+ jagung manis 3 tongkol (25 ribu), ikan asin Rp 53 ribu (gesek, pindang, cumi asin, dan teri medan). Aku juga mampirin ke ibu penjual tongkol dan bandeng karena Suamiku pesen minta digorengin bandeng buat besok.



Sayur Asem, Ikan Asin, dan Sambal terasi bikinanku untuk keluarga



"Bandengnya berapaan Ibu?" tanyaku pada si Ibu Penjual Bandeng dan Tongkol yang sedang menyuwir-nyuwir tongkol pembeli lain seorang eyang putri. 
"Ada yang Rp 5 ribu. Ada yang Rp 10 ribu. Mau yang mana Neng?"

Setelah kupikir-pikir, mending beli yang agak sedengan ga terlalu kegedean takutnya nda muat di dalam wajan. Jadi aku pilih yang Rp 5 ribuan. Soalnya tiap kali goreng bandeng, memang kubikin utuh gitu. Ga kupotek-potek lagi. Ga kubalut telur. Cause bandeng presto digoreng gitu aja udah enak, yang penting krispi kres...kres....Lauk kesukaan Masku dan Si Bungsu.  Kalau si Sulung mah ayam hihihi. Kalau aku baru sukanya protein nabati hahahhah






























"Yang 5 ribuan 5 boleh deh Bu."
"Yang Rp 5 ribuan aja, Sayang?"
"Iya, Ibu mau 5." 
"Tongkolnya ga Sayang?"
"Ga dulu Bu, itu aja." kukeluarkan uang Rp 20 ribuan baru dan 1 uang Rp 5 ribuan ke ibu tersebut dan lantas beliau menggenggamkan sekantung plastik bandeng yang sudah dialasi dengan kertas minyak dan dikaret. 
"Nuhun, Geulis."
"Sama-sama. Matur nuwun Ibu." Aku lalu pamitan dan melipir lagi ke Om Tukang Ikan karena mau tambah cumi asin yang rencananya mau kubikin oseng-oseng besok. Kalau yang di Om Sayur bagian tengah, udah dapat tuh perintilan sayur asem plus jagung manis yang nasih ada klobot atau kulitnya. Ya, sebab jagung yang masih ada klobotnya itu yang awet manisnya kata Tamas. Wokailah, Mbul pun kelar belanja langsung menuju ke kendaraan lagi karena di sana udah ada Paksu yang jagain 2 beiby besar kami hihihi





















Nah, masaknya itu Senin ini (25 September 2023). Kubikin pagi-pagi mruput usai kebangun dan sholat malam, abis itu berasa belom bisa pejemin mata akhirnya klutak-klutik-klutak-klutik, nyicil motek-motekin dan kupas-kupasin perintilan sayur asem dan bumbunya. Mau kubikin yang wuinak dengan kuah banyak biar seger kan buat sarapan Ramane dan juga makan siang sekaligus makan sore. Nanti ikan asinnya kalau udah pagian dikit baru kugoreng, biar yang pada bobok ga kebangun karena mencium wanginya ikan asin yang digoreng Beby Mbul...

Terus aku tambahkan pula sambal terasi, biar sayur asemnya bikin kemlecer...


11 komentar:

  1. Love the little fish! Have a wonderful week ahead.

    BalasHapus
  2. Everything looks yummy! 😋
    Happy Monday 😺

    BalasHapus
  3. Menu yang hebat
    kesukaan saya banget
    makan jadi lahap dan nambah

    BalasHapus
  4. you look so good in a pink shade;)

    BalasHapus
  5. The fish looks deicious. Have a nice week.

    BalasHapus
  6. Aku juga suka sayur ayam yang banyak kuah dan kacangnya mbul. Juga banyak campurannya. Jadi ketika diciduk isi centongnya banyak sayurannya..hehehehe

    Sayur asam tambahannya yaa ikan asin, tahu, tempe goreng dan sambal. Itu udah sangat istimewa. Sayur asam emang yang terbaik sih :D

    BalasHapus
  7. Nasi anget, sayur asem,ikan trus sambel tahu tempe. Makan siang enak itu mbul hehe

    BalasHapus
  8. Samaaaa nit. Aku tuh suka sayur asem, yg banyak kacang, banyak mlinjo dan kuahnya hrs kombinasi asem gurih manis. Soalnya kadang ada yg rasanya manis tuh. Sebel bgt kalo dpt sayur asem yg malah g asem 🤣🤣. Dan memang dari dulh sayur asem mah teman sejati amanterasi sambel yaa 😄👍👍. Tambah lagi ayam goreng. Aku trio itu sih kalo masak sayur asem 😄🤭

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)