Rabu, 07 Februari 2024

Sepotong Cerita di Hari Rabu....




Assalamualaikum wr wb...
Mbul Kecil is here! Kembali nulis lagi, di Bulan Februari yang penuh matahari. Bagaimana kabar hari ini? Semoga cuaca tak jadi cloudy, hihihi. Mbul udah ada di kota lagi (rumah sendiri), tapi suasana masih seperti di desa. Adem, ayem, gemah ripah loh jinawi. Februari ada berapa tanggal merah coba? Yuk kita lihat kalendernya. Ada libur apa aja ya kira-kira? hehehe..





Februari hujan di tempat Mbul udah mulai jeda-jeda. Kadang 1 hari full, kadang separoh hari. Kadang ga sama sekali. Kalau dah sepagian hujan, rasanya tuh jadi nyaman. Udara seperti dibilas bersih dari langit, dan setelahnya semua jadi adem. Meski ada sedikit yang  tercecer~karena tampias tapi rasanya tetap aja adem. Buat Mbul, hujan hampir selalu indah rasanya. Angin bertiup lembut membelai dedaunan. Tanaman dan pepohonan pun jadi ikutan basah. Bunga-bunga jadi tampak lebih indah. Ikan-ikan anteng pada tempatnya. Kucing meringkuk malas di tepi kolam. Stand by~Istirahat dengan dengkuran kecilnya yang manis diantara kumis yang membingkai pipi di kanan dan kiri. Kadang geser di bawah motor, kadang naik ke atas joknya. Kucing memang kadang agak lawak. Tapi gemesh....pengen Mbul elus dan sayang-sayang...

Hari Minggu, pada malam sebelumnya, usai sorenya Mbul belanja di departement store, Mbul kepikiran buat menata isi kulkas. Mbul udah beli 1 pack tempat makan isi 24. Rencananya mau Mbul isi dengan bahan-bahan makanan/bumbu/sayur untuk Mbul masak. Sebelumnya, Mbul bersihkan semua cairan lengket yang menempel pada kaca dan sela-sela kulkasnya karena waktu itu sempat ketumpahan sesuatu, huft... lalu Mbul lap semua bagiannya agar tampak bersih. Mbul isi dengan jenis sayur-sayuran dan bumbu berbeda di tempat makan yang berlainan. Biar gampang carinya pas Mbul masak. 






Mbul kemarin baru dibelikan Tamas 1 ikat kangkung, 1 ikat bayam, 1 tongkol jagung manis, tempe, cabe rawit oranye, cabe keriting merah, dan sekantung timun. Tamas kalau belikan sayur secukupnya aja. Ga pernah kebanyakan karena ingin sayur tetap fresh, maka lebih baik ke tempat Om Sayurnya per berapa hari sekali. Ga belanja sekali untuk berminggu-minggu. Kecuali untuk bumbu. Dan kali ini Mbul lagi kepingin dibelikan timun karena timun bisa kepake pas bikin ayam goreng atau ikan. 

Mbul juga dibelikan bumbu-bumbu seperti kencur buat peranti mbening, kunyit, lengkuas dan jahe untuk bumbu ikan dan ayam goreng. Kencur sih yang Mbul stok agak banyak karena semua suka beningnya Mbul. Seger bikin lahap maem. Eh jadinya Mbul tambah ttembem deh...huawhahhahaha....Tapi ga pa pa deng. Kata Tamas : "Dedek segitu dah pas kok. Proporsional. Ga boleh kekurusan. Aku malah seneng yen Dedek demplon ngene. Luwih mantuab... Lucu dan imut...manis. Berarti ayem... Ojo diet loh ya....." Wow....Mbul diwanti-wanti. Eh tapi kata Ibu pas pulang kampung kemarin juga Mbul lebih segeran kayak gini. Agak montok bin semok gapapa.. disawang lebih enak, hoho... Kalau mbul kekuyusan, itu kurang seger, Sayang. Begitu petuah Ibu...

Baiklah, ga jadi diet (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩) hihihi








Mbul juga beli Milo yang ukuran gede, karena num tutuw milo ujan-ujan sambil liatin jendela di waktu santai, bikin Mbul betah. Mbul juga ada dibelikan apel sama Tamas waktu di dept store kemarin. Apel buah ya. Apel buah-buahan. Apel Fuji jenisnya. Apel yang berukuran besar dengan rasa legit bila digigit. Apel ini memiliki tekstur yang renyah, segar, juga berair, dengan serat buah yang sangat padat. Jadi Mbul sangat senang dengan apel ini. Bahkan Mbul sering mengunyah apel (beneran) sebelum tidur. 

Senin sore, Mbul kepikiran buat mengolah  ayam sayap jadi ayam kremesan. Eh tapi karena ada sedikit miss, yang ada rasanya malah jadi kayak ayam bawang, karena Mbul emang pake bawang putih agak banyakan sebagai bumbu marinasinya. Jadi Mbul ngerasa ini jadi kayak ayam bawang bagian swiwi atau sayap wkwkwk. Tak apalah. Rasanya tetap enak kok. Bahkan malah jadi kayak cemilan. Mbul juga sempet bikin kremesannya yang bersarang itu lho. Pakenya perpaduan antara sisa rebusan bumbu marinasi ayam, telur ayam, tepung tapioka, dan tepung beras. Ntar Mbul arahkan sutil di ketinggian sekitar 20 cm-an...dan Mbul tuang adonannya ke dalam minyak panas. Nanti kremesannya bakal bersarang, cantik deh.














Pas lagi asyik bebikinan ayam bawang, tetiba pintu rumah diketuk. Ternyata Mbul dapat ater-ater jeruk dari Engkoh samping rumah yang bentar lagi merayakan Imlek. Memang beliau sekeluarga ada jual buah-buahan segar, dan Tamas sering membelinya. Buahnya kualitas super. Nah, jeruk yang dijadikan ater-ater ini juga jeruk yang bagus pula. Varietasnya emang beda dari jeruk mandarin biasa. Yang ini biarpun dari luar kelihatan pletat-pletot, tapi begitu dibuka, isinya besar-besar. Berair sekali. Rasanya manis dan segar..... Alhamdulilah dapat rejeki sore.

Lalu, waktu Mbul masih ngrampungkan sisa ayam bawang yang ada, Tamas pun pulang dengan membawa buah favoritku. Hmmmb...tentunya sambil ngledek, "Sedang bikin opo Dedek Mbul yang Manis?" Aiiiish...grogi Mbul tuw kalau lagi masak diliatin...udah deh Mas ke sono dulu. Tar kalau dah mateng baru taksiapin semuanya ke depan. Kan dia lebih master daripada Mbul urusan memasak ini hehe, jadi Mbul grogi kalau diliatin...Eh, abis itu Mbul malah dipengen-pengenin buah yang baru ia beli dan baunya wangi sekali. Buah apa tuw? "Dedek ra gelem kan? Tadi katanya mau fokus masak....Yowes nggo aku kabeh wkwkwk." Wetetteteet...Mbul dipengen-pengenin nangka. Dia abis beli beberapa wrap. Ku maoook banget tauk, huft. Mbul pun akhirnya dikasih 1 slice nangka matang yang rasanya manis sekali. Ah....ku suka banget ama nangka. Nangka dimakan ginian aja dah enak...nda usah diapa-apakan lagi, aku suka. 

"Kirain Dedek ra doyan wkwkkw." 
Eh doyan banget Mbultuw...huhu.... Akhirnya kami pun mam nangka sambil nonton tipi.



















































































Rabu, 7 Februari 2024. Matahari bersinar hangat. Saatnya Mbul mencuci boneka yang ada di dekat perpustakaan kecilku. Mbul beli boneka ga banyak sih, cuma yang lucu-lucu aja, misalnya boneka kelinci dengan 1 wortelnya itu yang Mbul beli di Nice So saat hendak beli kue mangkok di Pasar Kue Sitanala. Nah, karena beberapa kali sempat pulang kampung, maka sejak balik ke rumah, keadaan perpus tuh agak sedikit berdebu. Jadi mau aku bersihkan dulu selain boneka juga Mbul cuci dan kasih pewangi. Mumpung ada panas matahari. Mbul juga cuci sprei sekalian biar enak buat bobok, jadi emang sprai Mbul cuci tiap beberapa hari sekali. Kasur juga Mbul jemur biar empuk en nyaman buat rebahan. 

























































Mbul emang suka beberes rumah. Mbul melakukan itu semua dengan happy. Karena kalau rumah dalam keadaan bersih, maka Mbul berasa ada kepuasan tersendiri. Rumah itu ibaratnya udah paling nyaman untuk ditinggali. Bahkan bisa dibilang Mbul anaknya emang 'anak rumahan' banget. Mbul bisa leha-leha di rumah sambil menuangkan hobiku menggambar bila kerjaan dah kelar. 

Oiya, Mbul lagi ada kegiatan menggambar di buku gambar lagi nih secara manual. Itu nanti akan Mbul kasih sedikit cerita, sama kayak hobiku semasa kecil dulu, suka gambar-gambar random tentang diri sendiri wkwkwk. Ya Mbul bikin buat diri sendiri aja. Buat seneng-seneng, hahaha...cause Mbul udah hobi gambar dari kecil hingga sekarang. Kadang Mbul ngeblog juga karena cuma pengen ngepost hasil gambar manualku doang sih...Alasan yang cukup sederhana bukan ngeblogku itu hehehe... Mungkin berbeda dengan Teman-Teman semua, tapi ga pa pa ya, perbedaan itu indah kok...hehehe

Wah ternyata dah panjang aja ya tulisan Mbul kali ini. Sebelum lebih panjang lagi, baiknya Mbul akhiri sampai di sini dulu ya....eh pas mau penutupan tetiba Mbul diingetin besok ada libur Isro Mi'roj, Alhamdulilah hehehe... Buat teman-teman pembaca yang tak sengaja mampir baca blog Mbul, selamat ber-apa aja deh ya... 

See you and dadaaah ^______^




19 komentar:

  1. ...I alway enjoy seeing your drawings and your flowers! I hope that you are having a wonderful week.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak Tom atas apresiasinya. Mbul jadi semangat latihan menggambar
      ฅ(^・ω・^ฅ)

      Flowers make me happy and inspire me too....especially when they are blooming 🌸🌺

      Hapus
  2. Balasan
    1. Salam Februari juga buat Uwak sekeluarga, semoga kita semua selalu diparingi keberkahan
      (。・ω・。)

      Hapus
  3. Waduh, bulan Februari udah sampai ya. Mbul pasti dikasih banyak hadiah sama tamas karena ini bulan cinta katanya. Pasti banyak dikasih kado kesukaan mbul seperti kangkung, petai dsb.😂😂😂

    Kalo aku malah ngarep nya panas, soalnya hujan terus malah mriyang.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanggal 14 febuari kita nyoblos :D

      Hapus
    2. Wah, sepertinya mas khanif jadi caleg nih, makanya ngingetin.😅

      Hapus
  4. biyuh as always ya mbak selalu full makanan
    tapi kayaknya ini temanya pink ya soalnya februari
    hujan februari ga bisa ditebak tergantung ada kampanye caleg atau capres wkwkwk
    aku ngesir ambek jeruk e
    wenak iku pasti seger lek dijus

    BalasHapus
  5. Waalaikumsalam kakak mbul kecil. Salam kenal.

    Wow, nangka warna Oren sama buah jeruknya menggoda selera nih.😋

    BalasHapus
  6. kalo lihat makanan begitu banyaknya jadi gagal diet ya hihi :D..

    di depok udah beberapa hari ini gak hujan mbak, padahal cuaca adem mendung tapi ga jadi hujan :D

    BalasHapus
  7. Nit.. rumahmu asri banget yaaa...banyak tanaman dan masih ada sawah gitu. Eh, ini bukan di Kebumen kan? Btw..wajan kita sama. Aku punya juga wajan legend yang umurnya dah seumur pernikahan

    BalasHapus
  8. Aaaah, aku kepincut sama nangkanya Mbul.... minta donk

    BalasHapus
  9. Boa tarde de sexta-feira e bom final de semana minha querida amiga. Obrigado pela visita e comentário.

    BalasHapus
  10. Foto bunganya cantik cantik, suka dengan bunga mawar merah muda.

    BalasHapus
  11. Love the yummy food and beautiful flowers, Mbul Kecil.
    Nangka is one of my favourite fruits.

    Happy Saturday!

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)