Selasa, 06 Februari 2024

Inspirasi Menu Buka & Sahur untuk Catatan Mbul Sendiri ฅ(^・ω・^ฅ)



Assalamualaikum wr wb....
Jumpa lagi dengan Mbul Kecil di sini. Apa kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Pada kesempatan kali ini Mbul pengen ngrekap contoh menu yang udah pernah Mbul masak sih di waktu-waktu sebelumnya. Tapi mau Mbul jadikan 1 post, karena siapa tahu Mbul mentok mau masak apa pas buka dan sahur nanti. Karena kan bentar lagi puasa ya. Walaupun ga jadi patokan harus makan ini sih, tapi paling ga kalau pas Mbul lagi ga ada ide mau masak or maem apa (misal waktu Mbul sedang beli di luar), maka Mbul udah ada range-range-annya. Kira-kira contoh menunya tuh kayak gini.





Ngomongin soal Ramadhan, Mbul tuh suka banget suasana Ramadhan. Sebab Bulan Ramadhan itu menentramkan djiwa. Jadwal makan dan minum jadi lebih teratur lewat buka dan sahur. Meski Mbul juga udah sering puasa sih. Yaitu kalau ga puasa Senin-Kemis, ya semacam intermittent fasting, yaitu menjaga pola makan di jam-jam tertentu dan selebihnya puasa, atau tetep perbanyak minum air putih di luar jam yang udah ga maem lagi. Itu semua Mbul lakukan semata-mata demi kesehatan, karena Mbul pikir mumpung Mbul masih muda jadi udah ancang-ancang dari sekarang, salah satunya ya dengan rajin melakukan puasa itu tadi. Khusus untuk puasa Ramadhan, karena dilakukan oleh banyak orang, maka rasanya jadi lebih semangat aja. Ngentenin waktu bukanya jadi bareng-bareng. Dan situlah letak nikmatnya.

Mbul sendiri sebenernya kalau untuk menu buka dan sahur ga pernah mengharuskan kudu yang lengkap, enak, atau banyak. Andaikata adanya itu ya tetep Mbul makan. Kalau ga ya ga. Kalau pas lagi semangat masak, Mbul akan pergunakan bahan yang ada di kulkas. Mbul ga akan nyari sesuatu yang ga ada. Atau kalau lagi pengen segeran ya tinggal tambahin aja sop buah atau es buah, yang mana itu bisa dibeli, bisa pula dibikin sendiri. Mbul emang belum bisa 100 persen meninggalkan es, terutama es buah. Tapi tetep kok diimbangi dengan banyak minum air putih terutama yang suhu ruang atau yang anget. Kalau lagi pengen beli maeman di luar juga yang sekiranya kemakan aja atau emang yang paling kami suka jadi selalu kemakan dan ga ada yang mubazir. 






Nah tadi kan ceritanya Mbul mau  ngrekap contoh menu/takjilan yang bisa dibuat gambaran saat buka atau sahur nanti ya. Lalu menu/takjilannya apa aja? Ini dia selengkapnya...

Kue-Kue Basah Tradisional Khas Indonesia

Mbul tuh suka banget sama yang namanya kue-kue tradisional atau kue basah khas Indonesia. Bahkan beberapa kali di blog ini juga Mbul sempat urun resepnya. Kadang tuh Mbul suka pengen nyobain sesuatu hal yang baru terkait makanan misal bebikinan kue basah tradisional yang sebelumnya belum pernah kubikin. Tapi kadang kalau pas lagi pengen praktisnya aja ya Mbul tinggal beli di pusat kue basah yang ada di sekitar. Sekalian jalan-jalan, sekalian ngabuburit dan melihat suasana sore, pastinya bikin semangat karena bentar lagi terdengar bunyi 'dung dung dung' bedug magrib. Siapa yang kayak Mbul, tiap kali menuju berbuka rasanya antusias banget apalagi sambil cari sore yang siapa tau nemu takjilan diantaranya kue-kue tradisional yang enak dan lucu-lucu bentuk maupun warnanya. 































Sop Buah, Bening Bayam, Tahu & Tempe Goreng, Sambel, Kerupuk Uyel

Hari-hari di rumah Mbul itu bisa dibilang banyakan masak yang seger-seger, terutama yang ada kuahnya. Misal yang sering Mbul masak itu bening. Bening bisa dari apa aja sebenernya, tapi yang sering Mbul masak itu bening kelor kalau ga bening bayam. Yang penting di kulkas itu harus selalu sedia jagung manis yang masih ada klobotnya biar awet manisnya (klobot = kulit jagung red). Nah, nanti si jagung manisnya ini tinggal Mbul potek-potek agak gedean aja karena Mbul lebih suka bentuknya begitu ketimbang dipipilin kecil-kecil. 







Untuk jodoh bening bayem ini paling pas ya ama tempe/tahu goreng tepung. Tepungnya Mbul lebih suka pake tepung beras tambahin kucai dikit atau daun bawang, nanti rasanya bakal lebih gurih lagi. Terus misalkan mau agak pedesan bisa pula tambahkan dengan sambel. Sambel sebenernya Tamas yang lebih ahli bikin, cuma makin ke sini ya Mbul makin banyak belajar juga bikin sambel yang seenak bikinan Beliau, alhamdulilah enak juga lama-kelamaan hahahha... Lalu untuk renyah-renyahnya bisa tambahkan pula krupuk uyel atau yang biasa Mbul sebut sebagai kerupuk warung. Tapi kerupuk uyel ini kami dah ada langganan tetap sih, dimana Om Kerupuknya yang nyamper ke rumah karena dia ider pake sepeda motor. Kerupuknya selalu fresh makanya kami suka nglarisin dagangan si Om.

Nah, untuk sambelan yang sekarang paling pas itu Mbul pakekan perpaduan antara bawang putih, cabai rawit, dan juga cabai cengis ijo. Nanti diuleg agak kasar aja biar ada tekstur jangan lupa tambahkeun sedikit garam dan penyedap rasa. Tapi yang terakhir ini opsional aja deng...Kalau ada yang ga terbiasa pake penyedap rasa bisa skip.












































Untuk dessertnya, Mbul paling seneng kalau dah ditumbaske sop buah langganan yang dah apal sama kami karena sering beli hehehe...Sop buah kami kali ini warnanya cantik ya. Karena ada merah jambu-merah jambunya, perpaduan antara sirop, kental manis, dan buah naga. Buah lainnya tentu saja ada semisal melon, apel, kolang-kaling, dan juga anggur.




































Sop, Tempe Goreng, Sambel, Nyamikan (Ketan Urap, Risol, Donat), Pear, Jeruk Santang

Menu kuahan selanjutnya yang sering Mbul masak selain bening adalah sop. Asalkan ada wortel, kentang, kubis, daun bawang dan seledri udah deh bikin aja sop. Meski kalau ada perintilan lain seperti buncis atau kapri juga akan mempercantik sop juga. Tapi biasanya sopnya simple-simple aja sih kalau Mbul mah hahahha...

Nanti lauk pendampingnya ada tempe goreng polosan dan juga sambel. Sambelnya pake sambel apa Mbul. Kalau sop ya cocoknya antara sambel bawang atau sambel kecap. Tapi kalau adanya sambel tomat ya ga pa pa sih sesuai selera aja. 































Lalu nyamikan lainnya bisa beli di pasar. Semisal ketan urap, risol mayo dan juga donat manis. Buahnya, ada yang seger-seger yaitu pear dan jeruk santang yang kecil-kecil tapi manis.

Bening, Ikan Melem Goreng, Ikan Asin Layur, Tempe Goreng, Pisang Ambon, Nyamikan (Gembus Goreng, Bolu Kukus, Serabi, Roti Isi Daging)

Next, ada bening bayam + lembayung dengan lauk ikan melem goreng ukuran sedang. Ikan melem digoreng kriuk amat sangat menggugah selera apalagi kalau ada sambelnya juga. Beningnya sendiri karena pake bayam yang ada di kebun, jadi tuh daunnya gede-gede. Rasanya pun agak kranci ketambahan dengan lembayung jadi lebih nikmat lagi. Pas udah matengnya bening ditabur dengan bawang goreng jadi makin menambah selera makan.

Bagi yang ga gitu doyan ikan, ada pula alternatif lauk lainnya yaitu tempe goreng dan ikan asin layur. Ikan asin layurnya dicuci bersih dulu ya sebelum digoreng, nanti dipotong-potong dulu biar ga kepanjangan dan tampak manis pas disajikan di piring. 

























Untuk nyamikannya, ada beberapa macam penganan kayak gembus (rasanya mirip cireng yang kenyel-kenyel, bolu kukus, serabi, dan roti isi daging yang luarnya dikasih tepung roti atau tepung panir). Buahnya ada pisang ambon hijau yang rasanya manis dan juga lembut.




















Cah Kangkung, Cumi Goreng Tepung, Udang Asam Manis, Burjo, Kue Cucur

Next, menu cah kangkung yang dipadu pada dengan cumi goreng tepung dan udang asam manis. Pakenya udang yang agak gedean dengan saus asam manis yang kental. Cah kangkung dimasak cepetan aja biar warnanya tetap ijo cantik. Sebab tekstur kangkung yang lemes emang cantiknya dimasak cepet aja. Jangan sampai kelamaan bia nda keburu lodong heheheh...

Untuk dessertnya, kali ini sajian yang manis tapi anget. Apalagi kalau bukan bubur kacang ijo. Belinya di Kakek Burjo Madura langganannya Tamas. Udah apal beliau ama Tamas karena kami emang sering beli hehehe...Dan selain burjo, di situ juga ada kue cucur gula jawanya juga lho....Rasanya enak, pinggirnya bertekstur, tengahnya menul-menul, belakangnya berserat.....hmmmm....enak....






























Mie Ayam, Sop Buah, Mangga Indramayu

Sekali-kali buka puasanya beli. Paling kalau lagi pengen mie ayam, Mbul dibeliinnya mie ayam Tirta Kencana Banyumas. Ini mie ayam salah satu yang jadi favorit kami karena teksturnya yang kenyal dan mienya itu kecil-kecil, ga kegedean. Dimaem bareng pokcoy dan topping ayam manis juga sedikit kuah irisan bawangnya, nyemek-nyemek...ehmmm nikmatnya. 

Untuk dessertnya, bisa dengan sop buah aja dan mangga indramayu potong. Mangga Indramayunya yang ydah mateng jadi manis seger....






































Sarden, Tahu & Tempe Goreng, Oseng Kacang Panjang

Menu selanjutnya adalah sarden, tahu dan tempe goreng, sedangkan sayur ijonya oseng kacang panjang. Sarden itu biasanya cocok banget buat sahur soalnya praktis. Tapi kalau masak sarden Mbul tambahin lagi bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, garam, sejumput gula dan penyedap rasa sih. Jadi biar kerasa lebih enak gitu.

Untuk oseng kacang panjangnya, aku paling senang kalau dapat kacang panjang yang kecil tapi panjang. Yang kacang panjang warnanya hijau banget...Itu kalau menurutku lebih kranci rasanya hehehhe...

















Es Buah Singkawang, Karedok

Selain mie ayam, menu bukaan yang biasanya pengen beli itu karedok. Biasanya belinya di bapak gado-gado depan minimarket langganan nih. Di situ yang dijual ga cuma gado-gado aja sih. Tapi juga ada karedok dan ketoprak. Nah, biasanya Mbul tuh sukanya karedok dengan bumbu kacang kental dan remasan krupuk yang renyah.

Untuk dessertnya, bisa melipir ke es teller Singkawang langganan. Es teller Singkawang ini aslinya dari Kota Singkawang. Seger banget. Isiannya itu ada cincau, tape singkong, kolang-kaling, kacang ijo, ager-ager, alpuket, kelapa muda, kacang tanah sangrai, dan yang paling khasnya adalah kacang merah. Nanti dia disirem sirop jambon yang wangi banget dan juga kental manis coklat, makanya pas gunungan serutannya mencair dia bakal merah jambu kecokelatan. Untuk siropnya emang racikan kede ini sendiri jadi emang udah jadi khasnya sih.



















Ikan Bakar, Cumi Goreng Tepung, Ayam Bakar, Cah Kangkung, Sop Buah

Terus kalau udah mentok mau masak apa, bisa pula beli bukaan sekalian sahur di Seafood Nasional dimana menu favorit kami adalah ikan bakar dengan sambal kecapnya, cumi goreng tepung, ayam bakar dan juga cah kangkungnya. Tau ga sih, bumbu marinasi sebelum dibakar untuk ayam dan ikannya ini loh yang sepertinya Tamas masih menerka-nerka karena enak rasanya. Bumbunya tuh meresap sampai ke dalam. Jadi biarpun pakenya ayam lehor tetep aja enak hihi. Terus sambel terasinya juga pas. Lebih ke sambel manis sedikit pedes yang mana aku lebih suka yang kayak gitu ketimbang yang pedes banget. 

Untuk dessertnya, kali ini juga pake sop buah yang seger banget. Ada potongan buah naga, melon, apel dan ager-agernya. Disirem sirop merah jambu dan kental manis. Segernya pake banget...






































Bening Bayam, Telor Dadar Nyempluk, Telor Asin, Lalap Timun, Sambel, Kolak, Kurma

Next menu ada bening bayem dan telur dadar nyempluk selain juga ada telor asin. Telur dadar Mbul bikin nyempluk karena Mbul pake beberapa butir telur bebek nanti biar makin sedep lagi Mbul kasih irisan bawang merah, garam dan penyedap rasa. Lalapnya ada timun yang paling pas dicolekin ke sambel.

Untuk dessertnya bisa dengan kolak bikin sendiri. Biasanya Mbul pake ubi, kolang-kaling dan singkong. Kalau pisang kadang malah jarang hehehe..

































Nasi Goreng Daun Mengkudu, Kue Potong, Sop Buah

Menu selanjutnya adalah menu di kala 'mager' dan cuma punya bahan seadanya. Nasi dan juga daun mengkudu atau pace. Jadi langsung aja diolah jadi nasi goreng daun mengkudu. Daun mengkudu ini bikin nasi gorengnya ada kranci-krancinya tapi tulang daunnya dibuang ya...biar ga pait. 

Untuk dessertnya ada kue potong dan juga sop buah...Kue potongnya agak basah jadi manisnya tuh enak. Ga kering hehehhe...


































Oseng Kulit Melinjo, Oseng Pare, Dadar Mie, Paru Goreng

Paling favorit lainnya adalah oseng kulit melinjo dan juga pare. Nanti lauknya itu ada paru goreng yang dikasih tepung beras dikit juga dadar mie. Sebenernya ini makanan olahan buat ngehabiskeun sisa mie goreng yang sempat dibikin sebelumnya. Jadi biar ga mubazir diolah lagi dengan dicampur kopyokan telur jadilah dadar mie.




Bebek Gorengnya Kemal, Sop Buah

Nah, berhubung Mbul sering banget spill bebek goreng kemal yang sebenernya warung tendanya itu lebih terkenal pecel lelenya, maka kali ini Mbul sertakan pula laukan dari warung tenda Kemal yang mana paling Mbul suka adalah bebek gorengnya. Nanti sambelnya pake sambel ijo dan juga lalap timun en kemangi. Sementara itu, dessertnya sop buah lagi. Seger banget pokoknya.



















Demikianlah kira-kiranya menu yang bisa menjadi inspirasi Mbul ketika nanti Ramadhan bingung mau sajikan apa pas buka atau sahurnya. Memang ga musti saklek kayak gini...tapi seenggaknya bisa menjadi gambaran andaikata nanti pas menuju buka dan sahur ingin masak atau makan apa. 

Catatan : 
*Kucing Oranye & Kucing Boy (Sam),  selalu menjadi pemanis tiap post-post...Maklumin pose-posenya yang semakin nggemesin ya Teman-Teman. 
*Mbul lagi pengen ngrapiin lagi kebun kecil di rumah Mbul. Pengen Mbul tata lagi, dan juga tambahin dengan anggrek bulan atau mawar 
ヾ(❀╹◡╹)ノ゙ฅ(^・ω・^ฅ)

Okey, segitu aja dulu update-anku kali ini. See you and bye bye...


~Mbul Kecil~

18 komentar:

  1. I love your garden! Those fried fish look really great.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Angie...
      untuk ikannya, rasanya enak...ikan sungai dapat yang ukuran sedang...ditambah bening bayam + lembayung, seger banget

      Hapus
  2. ...I LOVE the Orchids! We have several blooming now. Enjoy a wonderful week.

    BalasHapus
  3. jajanan tradionalnya sangat menggoda selera
    cocok buat takjilan
    waktu masih muda, saya suka sekali puasa sunah
    eh sekarang kok loyo
    menu sahur dan buka, saya orangnya juga sangat sederhana, yang penting ada kopi

    BalasHapus
  4. Boa tarde de domingo. Um bom início de semana com muita paz e saúde. Gostaria de um dia experimentar a culinária de vocês.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Sahabt Luiz atas apresiasinya terhadap masakan Mbul 😊🙏

      Hapus
  5. Waduh daftar menu nya udah siap.. jadi bikin ngiler.. mantap dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. uda siap buat persiapan ramadhan kang 😂

      Hapus
  6. Ngga terasa sebentar lagi bulan ramadhan. Mohon maaf kalo banyak salah selama ini mbul.🙏

    Kalo puasa biasanya menu makanan tidak terlalu aku pedulikan sih, yang penting ada es buah biar segar kalo buka.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas Agus 😊🙏
      Semoga Bulan Puasa ini bisa lancar, salam buat Mba Sarilah Istrinya, semoga mas agus dan keluarga sehat-sehat selalu 😊

      Hapus
  7. Wah banyak banget ide-ide makanan baik untuk berbuka puasa maupun untuk sahur nih Mbak.

    Sepertinya sama nih Mbak, kalau berbuka harus ada es... tapi tetap diimbangi dengan air putih yang cukup.

    Anehnya lagi Mbak, berbuka puasa harus selalu tersedia goreng-gorengan, semacam goreng tempe, goreng tahu, keroket. Makanya gak aneh kalau jelang buka puasa tukang gorengan diserbu banyak pembeli. Padahal di hari biasa gak gitu amat deh sama goreng-gorengan.

    Salam,

    BalasHapus
  8. Niiit, thank you loooh , ini bisa jadi referensiku jugaa ❤️. Jujur dah pusing kalo puasa, Krn aku ga jago2 amat masak kan. Masak pas puasa yg ada keseringan bumbu ga pas 🤣. Pernah jadinya hambar lah, atau keasinan.

    Mau masak pas udh buka, ya udh telat.

    Makanya aku banyak nyetok frozen yg tinggal digoreng atau kukus. Biar aman soalnya. Udh pasti enak. Kayak ayam ungkep dll. Restoran kayak sederhana juga udh jual lauk Frozen kan. Kalopun masak, pilih yg pasti jadi aja, kayak bening bayam , telur dadar dan sambal 😅

    BalasHapus
  9. Kiranya di rumah Mbul ini banyak sekali makanan tradisi yang enak-enak. Memang Kak Amie sentiasa berlama-lama di sini, belajar memahami dan mengenali segala perkongsian budaya yang Mbul paparkan.

    BalasHapus

I'm Mbul. Thanks for visiting here and dropping by. Your comments are always appreciated. Happy blogging ฅ(^・ω・^ฅ)