Kamis, 30 Januari 2020

Menu Masakan Akhir Bulan



Jadi, pada kesempatan kali ini, kayak biasanya admin blog ini akan ngomongin tentang meni masakan akhir bulan yang kebanyakan bikin kita-kita bingung mau masak apa. Huhu..... Kalau mau masakin mie instan kok ya kayaknya ga begitu sehat kalau keseringan. Makanya alternatif lain ya paling andalanku adalah sesuatu yang sederhana namun ketika dimakan pake nasi pun udah enak-enak aja. Kalau versiku sih lauknya pake ginian huahahha...(biasa banget sih sebenarnya postinganku ini, mohon jand diketawain ya hahha).





Sambel Tempe/Tempe Goreng

Tempe ini kayaknya emang lauk yang paling gampang deh mau diolah jadi apa aja, terutama pas tanggal-tanggal tua. Mau digoreng oke, mau dibikin sambel juga oke. Ya walaupun kalau disambel jatohnya jadi ribet juga sih. Sebab aku prefernya nyari tempe yang belum 'jadi' kalau toek disambel sih. Jadi kedelainya itu masih kelihatan bulet-bulet. Dan fermentasi atau yang bagian putih-putihnya belum begitu nutupin. 








Nah, si tempenya ini kalau mau disambel tentunya digoreng terlebih dulu dong ya. Setelah sebelumnya dipotong segi empat agak tebel. Kalau ketipisan pas diuleg takut cepet hancur. Soalnya aku suka yang masih ada teksturnya sih. Untuk permukaan tempenya sendiri, mau digaris-garis oke, mau polosan juga ga masalah. Kalau mau diiris-iris, ntar pas direndem pake bumbu bawang putih campur garem biasanya lebih remesep dan menjadikan rasa tempe lebih gurih sih. Tapi kalau mau langsung digoreng juga ga masalah andai ga sempet ngasih garis-garisnya. Toh nanti juga bakal diuleg bareng bumbu-bumbu lain juga, jadi rasanya juga akan tetep gurih. Pokoknya goreng aja dulu deh tih trmpe ke dalam minyak panas sampai keemasan pada setiap sisi. Habis itu, tiriskan sebentar biar minyaknya ga ada.

Sambil nungguin tempenya agak dingin, langsung aja deh kupas-kupas bawang merah dan bawang putih. Saranku sih jumlahnya banyakin aja. Terutama yang bawang merahnya. Soalnya dia bikin gurih sih. Abis itu cabe merah besar/cabe merah keriting, rawit (buat pedes-pedes), juga terasi secuil. Semuanya ini silakan digoreng sebentar aja kira-kira sampai kelihatan layu dan mengeluarkan aroma wangi. Walaupun harus ati-ati banget, sebab nyemplungin cabe dkk-nya ke dalam minyak panas itu bisa menimbulkan letusan-letusan kecil dan hasrat untuk berchacyim-hacyim karena bau nyegraknya. Kalau perlu sih pake helm aja biar selamet atau ya biar ga aneh-aneh banget ya sok weh tutupin pake tutup panci wajannya #wakakka...saran yang cukup menyesatkan kalau yang pertama.

Nah setelah itu barulah uleg semua bumbu yang udsh digoreng, berikut tempenya tadi, abis itu kasih garem dikit. Terus ratakan lagi, walau ngulegnya ga perlu alus banget. Bisa juga sih dikasih kemangi biar makin manteb lagi atau ada sensasi semriwing-semriwingnya.






Kacang Tanah Goreng

Andai-andai uda bokek banget nih, mengingat kebutuhan semakin hari semakin banyak. Apalagi ketika uda nambah 2 personil bayi, maka opsi nyetok makanan yang bisa digorang-goreng ketika uda kepepet adalah ga ada salahnya. Misalnya apa? Kacang tanah. Nah, makan kacang tanah pake nasi aja pun sebenernya udah nikmat, wakakak. Tapi ya itu makanan emak bapaknya aja. Anaknya mah kudu tetep dipikirkan gizinya.

Untuk menggoreng kacang tanah sendiri kudu punya triknya nih. Sebab salah-salah bisa meletus-letus atau kecipratan muka ama tangan. Kan pedih ya kena cipratan minyak panas. Mana bikin kulit jadi belang lagi. Sudah gitu, menggorengnya jangan kelamaan. Apalagi sampai minyaknya panas banget. Soalnya kacang tanah tuh cepet gosong. Jadi begitu uda keliatan cokelat, segera angkat biar ga kebanyakan minyak. Inget ya, makannya nunggu dingin dulu. Sebab kalau yang baru mentas dari wajan itu puanas banget !


Telor Ceplok atau Dadar

Telor juga penyelamat banget nih buat tanggal-tanggal tua.  Makanya sering sekalian beli banyakan buat persediaan 2 minggu. Ntar 2 minggu abis ya nyetok lagi. Lumayan buat diceplak-ceplok atau dibikin dadar. Kalau dadar aku sukanya pake irisan kubis agak banyakan. Terus taburin dikit pake royco atau masako. Kasih irisan cabe juga oke, tapi awas ati-ati kena ranjau waktu nyeplusnya.

Teri Nasi

Yang sederhana, dan tentu terenak sedunia adalah teri nasi. Teri nasi atau ikan asin juga bisa sih. Teri nasinya ini biasanya aku pake teri medan. Nanti dia digoreng, terus dimakan aja pake nasi. Udah, gitu aja uda enak banget. Cuma ya emang teri nasi itu mahal sih Cuy. 

Bumbu Pecel

Bumbu pecel juga cakep nih dijadiin stok buat tanggal-tanggal tua. Bumbu pecel jadi yang lebih praktis boleh (karena bikinnya tinggal kasih air panas aja), bumbu pecel bikin sendiri pakai kacang tanah dan segala bumbu-bumbunya juga sok weh. Yang penting stok kacang tanahnya uda ada kan. 

Nah, keberadaan bumbu pecel ini akan terasa lebih nikmat jika kita udah nyetok sayur-sayuran yang mau diblend dengannya. Misalnya aja, bayam, kangkung, kubis, kentang, wortel, daun singkong, daun pepaya, turi, semua oke. Bahkan kalau di kampung juga ada loh model pecel jantung pisang, dimana bagian dalam jantung pisangnya direbus dulu untuk dijadikan campuran pecel. Ya dikira-kira aja deh cocoknya ama yang mana. 














Telor Asin

Telor asin ini rada tricky deh milihnya. Sebab, mauku itu yang kuningnya masir. Kan ada tuh yang kuningnya malah kayak telur rebus. Kurang pekat dan kurang berminyak alias ga ada masir-masirnya sama sekali. Aku ga akan makan deh kalau nemu telor asin yang ga ada masir-masirnya sama sekali. Ya aku tau sih mungkin hal tersebut dipengaruhi juga sama pakan bebeknya. Kata suamiku sih yang bebek angon hasil telornya lebih kuning pekat, karena pakannya dibebaskan nyari di alam bebas. Jadi kualitas kemasirannya uda terjaga. Kalau yang dikasih pur, bakal beda lagi kualitas kemasirannya.

Ngomong-ngomong soal telor asin, sekarang di pasaran kena harga berapa ya ? Kadang nemu yang mahal bener, kadang juga nemu yang murah. Di pasar sih kalau mau yang murah. Kalau tempatku mah aku uda tau mana yang bisa kasih harga murah tapi telur asinnya bagus. Yaitu Pasar Baru depan Pabrik Panarub. Cuma adanya pas jem-jem 12 malem ke atas dimana pasar mulai rame ama para pengepul. Nah, kalau uda belanja di jem-jem segitu, per butirnya masih dapet yang Rp 2.700,- Makanya langsung beli agak bamyakan buat stok. Kalau uda siangan dikut bakal beda harganya.

Oh ya, supaya telur asin ga cepat basi atau berbau ga enak, aku kasih tipsnya nih. Yaitu, biarkan dia lepas dari plastik pembungkusnya. Sebab kalau masih dalem plastik bisa-bisa cepat keringetan dia. Nah, kalau uda keringetan telor asinnya bakal cepat basi dan berbau anyir. Pokoknya taruh aja dah di atas piring pada suhu ruangan. Kuncinya itu biar telor asinnya fresh !







Oke, sekian dulu up datean ku kali...

Panjang kan ?....Panjang lah kayak ga tau aja kebiasaan Sugembulwati ini, hahhaha #sebab dia emang spesialis tulisan panjang dan ngalor ngidul wkwkkw...

Sudah ah, bye bye

Ketemu lagi di postingan selanjutnya ya !



11 komentar:

  1. Bha ha ha... Itu makanan lengkap, waktu UK zaman sekolah dulu klo bulan tua cuma bisa rebus indomie

    BalasHapus
  2. kurang drmatis, kalau itu masih dalam kategori lengkap dan sehat wkwkw, harusnya tanggal tua itu makanya mis. garam doang atau kuah micin. actualy kalau udah punya keluarga, pasti ada aja rejekinya, mau tanggal tua, muda, sama aja, apalag ikalau hidup di desa, piara ternak terus punya kebun, jadi santuuy aja sih gak mikirin makan apa, semuanya tersedia dan alami.. haha

    BalasHapus
  3. Wah kayaknya enak nih, saran aja buat fotonya di siang hari aja, jadi lebih bagus

    BalasHapus
  4. Kalo sambel tempe goreng, gak tanggal tuapun saya tetap makan. Sebagai anak yang terlahir menjadi penyuka tempe, saya merasa bersalah kalo gak makan tempe sehari aja. Hahaha...

    Apalagi kalo ditambahin daun kemangi segar (bagi yang suka) wuich bisa jadi obat menambah berat badan tuh. Hahaha..

    BalasHapus
  5. Aku sukaaaa postingan iniiiii :D. Utk referensi ku kalo sdg tgl tua nit :p. Yg kacang goreng, biasany aku msk Ama teri juga, balado teri kacang jadinya. Fav bangetttt :D

    Td liat resep tempe penyetnya jd pgn nit. Besok bikin ah. Resep2 gampang dan ga mahal gini, aku biasa jg liat dr Ig Bu @yanesthi. Lumayan gampang utk aku yg masak aja srg gagal hahahahaha. Dan yg terpenting murah tp gizi terjaga :D.

    Eh telur asin itu memang masalah bgt sih. Susaaaah beneeer cari yg Masir tp tingkat asin jg g parah2 banget. Even aku beli di Brebes yg pusatnya telur asin, kdg aja dpt yg ga Masir :(. Temenku sbnrnya ada yg penjual dan bikin telur asin. Tapi jauuuuh bangettt hahahahaha. Kalo beli ma dia mnding banyak sekalian jd g rugi onkir :p

    BalasHapus
  6. Tempe penyet sama telur asin favorit aku nih! Nggak tanggal tua atau muda sama aja makan tempe, hihihi.

    BalasHapus
  7. samaan mbak kadang sih udah stok sambel terasi sambal merah dll tinggal ceplok telur sama goreng terong wkwkwkw. Makasi alternatif menunya mbak

    BalasHapus
  8. Hahaha. Kalo udah nyampe di Minggu terakhir tuh, harus mulai muter otak gimana biar ngirit. Tapi dulu saya selalu bawa dari rumah Ibu itu sambel kacang tanah keringan. Soalnya lumayan ngirit banget tuh. Setoples bisa untuk 2 mingguan. Tambahannya tinggal cari lalapan atau kerupuk.

    Beberapa menu sederhana di atas patut dicoba nih. Terutama yang telur asin. Belum kepikiran kesitu, tapi kayaknya enak juga. Tinggal nyari menu tambahannya lagi itu mah.

    BalasHapus
  9. Weeee....isinya foto makanan sungguh tidak sopan, hahahahaha.
    Ceritanya sore ini tadi aku mau masak juga tapi ternyata Mama di dapur sudah masak dan bilang "Hani mau ngapain, Mama sudah masak" ihirr....gagal lagi aku masak hahaha.

    Kalau tanggal tua aku sukanya makan mie, nasi goreng, sosis, hahahaha

    Tempe, adalah makanan favorit. Kalau bisa ini ga boleh telat baik di tanggal mudah ataupun tanggal tua. Sebab, tempe ini makanan yang murah dan kaya akan gizi melebihi daging!Zafa juga suka gadoin masalahnya, hahaha

    Kalau di sini penyet tempe itu ga dipenyet, maksudnya kalau beli di tukang lalapang, hahaha. Tapi, kalau aku yang bikin aku kasih daun kemangi yang aromanya sungguh mengundang

    BalasHapus
  10. duhhhh masakan ini dari rebusan ,bumbu pecel dll adalah guwe banget Mbak.Saya bisa lahap dan nambah kalau menu yg beginian.

    Jika suatu saat Mbak butuh Relawan Pencicipan, segera inbox saya yah Mbak.hahahah.....

    BalasHapus
  11. Mbuull, dirimu persis anak saya hahaha.
    Dia bisa nulis, kalau ada panduannya, ya foto itu.
    Jadi biasanya dia lihat-liat foto dulu, mana yang mau dia tulis, setelah dipilih, masukin foto di atas, dan dia bisa nulis deh hahaha.

    Betewe, ampun deh, menu tanggal tuwahnya enyak sekaliiiii :D

    Saya mah nggak ada bedanya menu tanggal tuwah atau mudah, soalnya sama-sama nggak bisa masak juga, palingan berputar di ayam kecap, ayam bumbu tomat, tahu tempe dihaluskan dicampur telur pake bumbu lada dan bawang putih trus digoreng, ikan nila goreng, telur goreng, itu saja.

    Kalau tanggal muda ya palingan ketambahan ada tambahan sosis, bakso dan keju di setiap gorengan :D

    Duh ya, mamak nggak suka ama dapur ya gini :D

    BalasHapus