Rabu, 29 Juni 2022

Menu Masakan Mbul Seminggu : Paling Favorit Oseng Godong Kates dan Oseng Rebung!




Oleh : Mbul Kecil
Assalamualaikum...

Mbul masak-masak lagi. Tapi nanti ada ketambahan beli sedikit yaitu yang bagian mentog gorengnya. Juga ada apem isi selai atau di sini disebutnya kue samir. Mbul bilang apem karena rasanya mirip, cuma dia diisi selai, entah itu selai tobeli, nenas, cokelat atau pisang. Ada kacang ijo juga. Agak asin dikit luarnya. Ya gurih gitu deh. Sebelas dua belas sama apem. Warnanya aja yang putih, kalau apem kan biasanya Mbul bikinnya yang pink dan biasa ada di kendurenan desanya Tamas. Aduh ngomongin kendurenan, Mbul jadi pengen nasi berkatan yang buat slametan itu, hehehe.



Selasa, 28 Juni 2022

Mbul, Hujan, Mie Nyemek, dan Nasi Goreng

 


Oleh : Gustyanita (Mbul Kecil)

Assalamualaikum wr wb...

Hujan dan Mie Nyemek

Hujan deras di kotaku. Aku meringkuk seperti kucing menutup jendela. Angin di luar bertiup kencang. Daun-daun di dahan seperti menari. Bunga pukul sembilan kuncup dan basah lagi, menyembunyikan kelopaknya yang berwarna ungu dan juga merah hati. Merah jambu~merah dadu, semuanya sembunyi. Walau semalam bulan seperti potongan melon. Tapi tidak dengan hari ini. 



Senin, 27 Juni 2022

Potongan-Potongan Memori Manisnya Mbul




Oleh : Gustyanita (Mbul Kecil)
Assalamualaikum wr wb.....

Hallo apa kabar teman-teman semua. Semoga selalu dalam keadaan baik ya. Lagi pada sibuk apa nih? Kalau Mbul kemarin baru beli beberapa alat tulis di toko buku dan stasioner. Ga sengaja ngliat binder yang covernya beruang warna coklat, lucu deh. Aku jadi teringat boneka beruangku hadiah dari Tamas (jaman dulu masih pacaran). Ya udah aku ambil aja dan bayar di kasir. Kayaknya asyik juga nulis-nulis di binder lagi kayak dulu. Jaman masih pake seragam putih biru dongker atau jaman SMP. Jaman masih rambut bob sepundak kayak anggota paskibraka dan kalau ke sekulah pakenya sepatu pantofel yang disemir Kiwi sampe mengkilat wkwkwk. 

Foto Mbul Gustyanita Pratiwi, gembulnita blog, saat dah dewasa seperri sekarang...cuma aku emang suka nulis kenangan masa kecil sih 😂😁🤭

Minggu, 26 Juni 2022

Keliling Kota Solo Sore-Sore....



Oleh : Gustyanita
Solo how are you today? Hehehe....

Solo sore itu lumayan mendung. Sekitar pukul 14.30 WIB, becak yang kami tumpangi mengantarkan hawa kantuk sesekali karena angin kecil menerobos celah-celah becak dan membelai pipi. Kudongakkan wajahku ke arah langit. Sudah hampir hujan, tapi belum. Hanya ada desau-desau angin kering yang menerbangkan dedaunan dari arah pepohonan yang ada di kanan kiri jalan. 

Sabtu, 25 Juni 2022

Siang-Siang Mbul Menikmati Indahnya Bangunan Berarsitektur Belanda



Oleh : Gustyanita (Mbul Kecil)
Assalamualaikum wr wb......

Hari sudah di penghujung siang menuju pukul 12.00 WIB. Matahari bersinar terik di atas Kota Solo. Kami tidak langsung pulang, tapi mampir dulu ke suatu tempat yang bisa dibilang penuh sejarah. Sebenarnya ini adalah agenda dadakan. Tapi tak mengapa. Sebab, kaki ini sudah terlanjur dibawa ke Kota Solo, kalau tidak putar-putar kota rasanya kok rugi, hehe. Maka, tujuan pertama yang akan kami datangi adalah Gedung Djoeang 45 yang terletak di Jl. Kapten Mulyadi No.113, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133. Depannya banyak stand kuliner juga loh. Tapi kami ga mampir.



Jumat, 24 Juni 2022

Review Indomie Rasa Soto Banjar Limau Kuit (versi Nyemek)




Oleh : Gustyanita
Assalamualaikum...

Kali ini aku akan membuat indomie nyemek pake varian rasa soto Banjar Limau Kuit. Kalau sebelum-sebelumnya mie nyemeknya biasanya kupakaikan yang indomie goreng rasa original. Nah, kali ini kelinci percobaanku pake soto banjar limau kuit. Bumbu dan bahan-bahannya seadanya yang ada di kulkas apa. Toppingnya ga pake banyak-banyak karena aku lebih suka begitu. Ga pake sosis atau bakso. Tapi kalau telur dan kubis sih harus ada ya hehehe. Okey langsung aja ya ini dia resepnya.



Kamis, 23 Juni 2022

Review Buku : Gemas-Gemas Disayang, Abdullah Harahap




Oleh : G Nita

Blurb : 

"Sial!", Larasati memberengut waktu ia berdiri seraya menepis-nepiskan butiran pasir dari roknya yang basah kuyup.

Seorang laki-laki muda bergegas mendatanginya.

"Mari kubantu," menawarkan jasa
"Terima kasih, Prana. Sudah bersih sekarang." Ekaprana menggeleng.

"Blousemu juga basah. Mengapa tidak kau buka saja. Nanti kau masuk angin..."

"Aku tak pakai behaa...." wanita itu bergumam malu. 
"Apa salahnya? Tak ada orang lain di sekitar tempat ini,"

"Ada.."
"Siapa?"
"Kau!"


Senin, 20 Juni 2022

Review Buku : Red Leaves, Thomas H. Cook



Sinopsis Red Leaves, Thomas H. Cook

Oleh : G Nita

Eric Moore mulanya hanyalah seorang pemilik toko cuci cetak biasa di kawasan Wesley. Hidupnya normal layaknya orang tua pada umumnya. Ia tinggal bersama seorang istri yang tampak menarik, Meredith dan anak laki-laki mereka Keith. Abangnya Warren (Paman Keith), sempat menumpang sebentar di rumahnya saat dalam masa penyembuhan pinggulnya yang patah pada akhir September lalu. Ia menempati kamar Keith yang ada di lantai atas. Ia hanyalah pria menyedihkan sejak masa kecilnya dulu. Selalu diejek sang ayah, diacuhkan sang ibu, hingga sekarang saat dewasa pun kelakuannya masih seperti bayi. Tipe lelaki yang suka mencari simpati dan kekanak-kanakan. Ia doyan merengek, juga betah membujang. Tidak punya anak dan juga istri. Sehari-harinya ia habiskan untuk minum minuman beralkohol usai mengerjakan aktivitas mengecat rumah-rumah warga. Badannya gemuk dan juga gombyor. Ia sering mengantar Keith ke tempat cuci cetak karena Keith punya tugas mengantarkan foto yang sudah dipigura. 



Minggu, 19 Juni 2022

Bagaimana Cara Mbul Menyiasati Agar Tumis Daun Kates Tidak Pahit



Assalamualaikum....
Apa kabar hari ini? 

Mbul masak daun kates kemarin. Dan sukses tidak pahit dong. Sebelumnya dah dibelanjain macem-macem kebutuhan dapur, sekalian agak banyak biar ga bolak-balik pasar. Lumayan bahan segitu bisa untuk semingguan. Termasuk bumbu-bumbuan aka bawang merang, bawang putih, cabe keriting dan cabe rawit. 


Jumat, 17 Juni 2022

Mbul Menggambar Anime Men with Guitar dan Nemu Lagu Bagus Lagi



Oleh : Gustyanita
Assalamualaiku wr wb...

Kali ini Mbul akan mencoba menggambar anime dengan kategori ngejam alias sedang main musik. Sebab aku menemukan 2 lagu bagus yang bikin semangat memulai hari akhir-akhir ini. Lagunya Audioslave yang Like a stone dan Be Yourself. Hehehe...Lagu lama, tapi baru didengerin sekarang. Yang penting di kuping enak jadi aku masukin aja ke list song of the week. Nah, langsung saja ini dia video youtubenya. Jumlah view video musik officialnya udah 900 sekian juta...hehehe...Keren ya. Terutama yang Like A Stone. Ntah kenapa dengerin nih lagu kayak ada sesuatunya. Maksudnya musiknya itu ketukannya magic gitu. Keren dan gimana ya...bingung ngungkapin pake kata-kata mengenai musikalitasnya. Soalnya bagus gitu deh. Pantesan aja banyak yang nonton, soalnya lagunya aja bagus hehehe.



Selasa, 14 Juni 2022

Review Bakso Pak Jenggot Prembun




Oleh : Gustyanita (Mbul Kecil)
Assalamualaikum....

Aku lupa belum review Bakso Pak Jenggot Prembun di postingan tersendiri. Soalnya yang kemarin digabung ama kulineran lain. Maka dari itu aku mau review lagi. Kebetulan kami berkesempatan mencicipi bakso Pak Jenggot Prembun saat Lebaran kemarin usai pulang dari Salaman. Belum nyampe rumah, mampir indomaret bentar buat beli es krim karena kakak A dan Mas A yang ikut mobing kami ribut. Yaudah beli es krim dulu hahahha. Habis itu kontekan ama Mbak mau beli mam di luar pow. Yo hayuk, kataku. Dan Mbak langsung tercetus ide mbakso. Walau makannya dibungkus (bawa pulang). Soalnya kalau makan di tempat ga memungkinkan. Hari udah terlanjur malam. Jadi ya udah Mbakku yang motoran sama suaminya dan beli deh buat dimaem bareng-bareng sekeluarga di rumah. 



Selasa, 07 Juni 2022

Minggu Pagi, Bunga-Bunga Mungil pun Berayun-Ayun Dibelai Sang Angin...




Oleh : Beby Mbul
Assalamualaikum wr wb...

Hari Minggu matahari bersinar cerah. Tak terasa bangun bobok, kami semua kesiangan. Tapi udah subuhan loh. Memang setelah subuhan biasanya jadi beruang lagi. Hibernasi hihihi. Tapi kemudian kami bangun bebarengan. Mbul cuci-cuci dan bikin tutuw. Minumin Kakak A dan Mas Montogh. Jemur sprai karena kakak A mengompol, begitupula dengan Mas Montogh. Memang sekarang Kakak A lagi manja. Jadi tiap malam minta dikelonin terus sama Mbul. Eh, Mbul keompolan. Jadi sebelum subuhan Mbul harus mandi dulu, hahaha.



Senin, 06 Juni 2022

Jambu Muda, Warna Jilbab Kesukaan Mbul


Aku teratjoeni postingan  Mbak Rani Soalnya temanya cukup menarik, yaitu waktu lagi ngebahas tentang style jilbab, soalnya aku suka pembahasan yang cewek banget hehehheh....Jadinya pengen nulis juga. Aku banyakan jadi tim jilbab segiempat daripada model jilbab pasminah yang dililit-lilit muter dari muka, turun ke dagu, nglewatin leher, terus kepala, gitu terus ampe beberapa kali ulangan. Sering kali aku malah mraktekinnya jadi keliatan wagu.


Mbul dah kadung jatuh hati dengan warna jambu muda, Mbul itu identiknya dengan warna jambu muda alias pink lagie dan pink lagi, gegeggegeg, sampe Mbul sering diomelin Tamas karena suka warna yang menurutnya di Mbul pribadi agak kekanak-kanakan hwahahha...#canda

Minggu, 05 Juni 2022

Mbul Nyobain Indomie Soto Lamongan dan Indomie Soto Banjar Limau Kuit dalam 1 Mangkok



Sebenernya kalau masalah peremie-emiean, Mbul banyak belajar dari Tamas. Aku banyak nyerap ilmu masak mie instan dari Pak Suami supaya tidak cepat ndlodrog dan tingkat kekenyalan mienya pas. Juga terpenting lagi, kuahnya yang sedep ada rasanya. Karena ada campuran kecap dan saos sambalnya. Ga pure bumbu bawaan. Apalagi ditambah dengan sayuran hijau dan juga telur supaya dianya tuh tetep nyempluk bagian kuningnya. 



Sabtu, 04 Juni 2022

Review Buku : Digital Fortress, Dan Brown



Oleh : Gustyanita P
Sinopsis Digital Fortress, Dan Brown

Diawali dengan kembang tidur seorang wanita cantik bernama Susan. Ia bermimpi sedang dipinang oleh kekasihnya yang bernama David di sebuah tempat yang sangat romantis, sebuah penginapan di Smoky Mountains. Sayangnya, tiba-tiba terdengar bunyi lonceng dari arah kejauhan dan kekasihnya itu tiba-tiba menjauh. Beberapa saat kemudian, telepon berdering. Susan pun terbangun dari tidurnya dan menggeliat untuk mengangkat teleponnya. Ternyata dari David. Susan tersenyum dan berguling di atas ranjang. Ia bercerita bahwa baru saja ia memimpikannya karena saking kangennya. Makanya ia bilang supaya David cepat datang dan bermain cinta dengannya. 



Jumat, 03 Juni 2022

Review Buku : Sekuntum Mawar Gunung, Maria A Sardjono



Sinopsis Sekuntum Mawar Gunung, Maria A. Sardjono


Oleh : Gustyanita P

Dalam suasana masih berkabung setelah ditinggal suaminya Herman untuk selama-lamanya dalam 8 bulan terakhir, membuat Utari akhirnya memutuskan untuk pindah ke rumah baru yang ada di pinggiran kota. Bersama 2 anaknya yang masih kecil-kecil, ia dibantu pindahan oleh sahabat Herman yaitu Baskoro yang amat sangat perhatian padanya. Baskoro tak segan-segan menawarkan bantuan tentang pemilihan jasa tukang, dan menghandle tata ruang rumah mungil itu. Bagaimana pemasangan pagar, pengecatan dinding rumahnya, juga penataan kamar. Sebenarnya ia menaruh hati pada Utari sejak lama. Tapi hal itu hanya ia pendam saja.